12 Oleh-oleh Khas Doha Yang Wajib Dibawa Pulang

Oleh-oleh khas Doha – Doha merupakan salah satu kota di Timur tengah yang cukup populer. Meskipun tak sepopuler tempat wisata di Dubai, Doha juga memiliki berbagai tempat wisata menarik yang juga sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Doha merupakan ibu kota dari negara Qatar, dan merupakan destinasi utama bagi wisatawan luar negeri yang pergi ke negara ini. Ya, selain menjadi pusat pemerintahan Doha juga memiliki berbagai fasilitas wisata yang cukup lengkap.

Ketika mengunjungi Doha, tak lengkap rasanya jika tak membawa pulang oleh-oleh khas Doha untuk sanak saudara di rumah. Nah, apa sajakah oleh-oleh khas Doha yang wajib dibeli, Yuk simak ulasan berikut ini.

1. Dallah

Dallah

Dallah atau juga disebut teko kopi Arab merupakan salah satu oleh-oleh khas Doha yang unik. Berwarna mengkilap serta memiliki berbagai ornamen yang unik dan khas membuat dallah menjadi salah satu favorit wisatawan untuk dijadikan oleh-oleh khas Doha.

Dallah sangat cantik dipajang di ruang tamu anda. Selama berabad-abad, Dallah digunakan untuk menyeduh kopi tradisional khas Qatar. Kopi yang disajikan dengan dallah merupakan sambutan untuk menyambut para tamu. Saat ini dallah juga masih digunakan oleh penduduk Doha, terutama untuk penyajian kopi di hotel ataupun ketika ada acara-acara tertentu di Doha.

2. Peralatan Falconry

falconry

Elang merupakan salah satu hewan yang cukup populer di Qatar. Falconry sendiri merupakan sebuah tradisi olahraga yang melibatkan burung elang di Qatar dimana tradisi ini sudah ada sejak zaman dahulu.

Terdapat banyak toko  yang menjual peralatan falconry, bahkan juga terdapat Falcon Souk di kota Doha, yang khusus menjual peralatan Falconry. Falcon Souk terletak tidak jauh dari Souk Waqif yang terkenal.

Anda juga bisa mencarinya di bandara di Doha dimana terletak di  Duty Free Plaza North dan Duty Free Plaza South, Bandara Internasional Hamad, Doha, Qatar.

3. Parfum

Parfum

Parfum-parfum timur tengah memiliki aroma yang khas dan unik, jadi tidak mengherankan jika banyak orang Indonesia cukup tertarik untuk membeli beberapa parfum sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Apalagi parfum-parfum di Doha dikemas dengan botol-botol unik yang juga bisa anda jadikan pajangan.

Anda bisa membelinya di berbagai toko souvenir yang tersebar di seluruh Doha. Salah satu toko yang menjual parfum khas Doha adalah di 24 Seven yang buka selama 24 jam, dimana toserba ini terletak di Duty Free Plaza North dan Duty Free Plaza South, Bandara Internasional Hamad, Doha, Qatar.

4. Perhiasan

perhiasan

Qatar terkenal sebagai pusat mutiara di dunia, dan Anda dapat membeli perhiasan yang luar biasa dan indah yang terbuat dari mutiara seperti anting-anting dan kalung, dengan harga yang bervariasi. Terdapat banyak perhiasan yang terbuat dari emas, amber, dan batu semi mulia lainnya yang bisa anda beli di Souq Emas ataupun di Kuartal doha.

Jadi ketika anda sudah puas berjalan-jalan mengelilingi tempat wisata di Doha, anda bisa membelikan salah satu perhiasan khas Qatar yang mewah untuk orang kesayangan anda di rumah.

5. Ommi

ommi

Ommi merupakan boneka kain yang cocok untuk oleh-oleh anak-anak dirumah. Boneka unik ini juga bisa dipajang di rak ruang tamu anda. Boneka Ommi tersedia dalam berbagai ukuran dan dengan lebih dari empat puluh desain karakter yang berbeda, termasuk pria, wanita dan anak-anak.

Anda bisa mencampur dan mencocokkan ukuran dan karakter unik ini dan membuat avatar keluarga Ommi kecil Anda sendiri. Selain boneka kain, Ommi juga menawarkan bantal, notebook berukuran saku, dan berbagai gambar yang menampilkan desain karakter.

6. Wadah Garam & Merica unik

wadah

Secara teknis, garam dan merica tidaklah begitu eksklusif untuk dijadikan oleh-oleh, dan benda-benda tersebut bisa anda dapatkan dimanapun anda berada. Namun, jika garam dan merica tersebut dikemas dengan sangat unik, dimana wadah garam dan merica tersebut berbentuk pria dan wanita dengan pakaian Arab yang lucu tentu akan menjadi sangat istimewa.

Anda bisa membelinya hanya dengan membayar sekitar QR 10, selain bisa untuk wadah garam dan merica, wadah unik ini cukup bagus untuk menghiasi dapur maupun meja makan anda.

7. Abaya

Abaya

Abaya merupakan salah satu pakaian khas timur tengah yang sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Dimana Anda akan menemukan berbagai toko Abaya di Doha yang sesuai dengan budget liburan anda. Harga abaya di Doha tergantung dari  kualitas bahan dan desainya. Untuk harga satu potong Abaya mulai dari QR 100 hingga ribuan riyal.

Salah satu tempat terbaik untuk membeli Abaya adalah di Souq Al Dira. dimana anda bisa memilih berbagai jenis Abaya berdasarkan desain, dan harganya.

8. Cokelat Al Nasma

Al nasma

Oleh-oleh yang cocok untuk anda pecinta makanan manis. Jika anda sering makan cokelat-cokelat premium seperti cokelat dari tempat wisata di belgia ataupun prancis. Anda perlu mencoba coklat khas Doha ini.

Cokelat yang satu ini memiliki rasa yang unik dimana Cokelat Al Nasma dicampur dengan susu unta yang memiliki rasa yang otentik. Cokelat ini merupakan produksi dari sebuah perusahaan yang memilikisekitar 2300 ekor unta, dimana pemiliknya merupakan salah satu peternak unta terbesar di dunia Emir Dubai Sheik Mohammed bin Rashid Al Maktoum.

Ya Coklat Al nasma ini merupakan oleh-oleh eksklusif  yang hanya bisa didapatkan di Qatar. Cokelat ini pun memiliki bentuk yang unik dimana memiliki bentuk seekori unta, rasanya sayang untuk menikmati cokelat yang cantik ini.

9. Kurma Qatar

Kurma merupakan makanan yang kaya akan zat gizi, dimana kurma mengandung serat, magnesium, potassium, Zat besi, vitamin dan mineral lainnya. Kurma sendiri merupakan salah satu makanan khas di timur tengah, dimana hampir setiap negara timur tengah memiliki ciri khas bentuk dan rasa masing-masing seperti halnya kurma dari Oleh-oleh makanan khas Arab .

Selain itu, kurma juga dapat bertahan cukup lama, sehingga cukup baik digunakan sebagai oleh-oleh. Kurma dapat dibeli diberbagai supermarket maupun kios oleh-oleh yang tersebar di seluruh Doha. Namun, untuk kualitas kurma terbaik dapat anda beli di Souq Waqif.

10. Shisha Doha

Shisa

Shisha merupakan rokok khas dari timur tengah yang sudah cukup populer. Menghisap Shisha merupakan salah satu tradisi yang dipercaya sudah ada sejak 500 tahun yang lalu, dan menjadi budaya tertua dan terpopuler di Qatar saat ini.

Selain digunakan untuk merokok, Shisas di Doha juga bisa anda jadikan oleh-oleh khas Doha yang unik. Ya, Shisha – shisa ini memiliki bentuk dan warna yang unik, dimana setiap shisa memiliki ukiran yang berbeda-beda.  sangat cocok untuk dipajang di ruang tamu anda, dan akan mengingatkan liburan anda di Doha yang menyenangkan.

11. Madu Sidr

Selain Kurma, madu sidr juga merupakan salah satu oleh-oleh khas Doha yang berbentuk makanan yang juga cukup diminati. Madu sidr adalah madu murni Qatar yang memiliki rasa yang enak, serta juga bermanfaat untuk kesehatan sebagai obat alami berbagai penyakit. Madu Sidr lebih premium dan mewah, dibandingkan madu-madu lain di Timur tengah.

12. Phasmina

Phasmina merupakan selendang yang biasa dipakai untuk menutupi kepala ataupun leher di Doha. Phasmina-phasmina ini dibuat dari bahan yang lembut dan cukup nyaman untuk dipakai. Selain itu, Phasmina di Doha juga memiliki beragam corak dan warna yang indah.

Harga Phasmina di Qatar cukup murah jika dibandingkan di beberapa wilayah di Timur tengah. Anda bisa menemukan banyak pedagang phasmina di Souf waqif, dimana harganya bisa anda tawar hingga 15 QR.

Itu dia berbagai oleh-oleh khas Doha yang cukup populer dan banyak diminati oleh wisatawan Indonesia. Nah, untuk membeli sebuah oleh-oleh sebaiknya disesuikan dengan budget yang anda bawa. Selain oleh-oleh diatas, anda juga bisa membeli gantungan kunci atau magnet kulkas yang memiliki ukuran yang praktis dan tentu saja, harganya lebih murah.

, , ,
Post Date: Wednesday 25th, September 2019 / 09:34 Oleh :
Kategori : Qatar