12 Tempat Wisata Di Al Wakrah Qatar Yang Paling Indah Dan Mempesona

Bagi yang ingin mengunjungi tempat wisata di timur tengah untuk berlibur bersama teman maupun keluarga, menunjungi negara Qatar adalah pilihan yang tepat. Negara yang beribukota di Doha ini juga sudah menjadi salah satu negara yang berhasil menyulap wilayah nya yang berupa gurun menjadi bangunan-bangunan yang mewah dan mempesona.

Selain tempat wisata di Doha, Qatar yang bisa dikunjungi selama berlibur , jangan lewatkan juga untuk mampir ke kota Al Wakra. Kota ini dahulu merupakan kawasan desa nelayan yang berlokasi di antara Said dan Doha dan  juga berbatasan dengan teluk persia di sebelah timurnya.

 Kota Al wakra kini sudah berkembang dan juga banyak tempat wisata di Al Wakrah yang juga menarik dari tempat wisata di Qatar lainnya dan ramai untuk dikunjungi para wisatawan. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Al wakra yang sayang untuk dilewatkan saat berlibur ke Qatar bersama teman atau keluarga.

1. Museum Al Wakrah

 Museum Al Wakrah

Museum ini merupakan salah satu tempat wisata di al wakrah, Qatar yang cukup terkenal dan ramai dikunjungi oleh turis lokal maupun mancanegara. Museum Al Wakrah ini menampilkan perkembangan sejarah dan juga arsitektur dari negara Qatar dari zaman dahulu hingga zaman sekarang ini

Museum Al Wakrah ini memang memiliki beberapa pameran yang menckaup beberapa karya seni dan arsitektur Qatar  yang menarik perhatian para wisatawan. Selain itu di mueum Al Wakra ini juga memamerkan beberapa koleksi artefak yang memberikan informasi seputar sejarah dan kehidupan latar dari negara Qatar, khususnya Al Wakrah.

Museum Al wakrah ini terletak di pusat kota Al Wakrah yang hanya berjarak sekitar 17 km dari kota Doha, Ibukota Qatar.  Museum yang didirikan pada awal abad ke 20 ini memang bertujuan sebagai alat pelestarian dan juga promosi pariwisara wilayah Al Wakrah Qatar

2. Al Wakrah Municipality Family Beach

Al Wakrah Municipality Family Beach

Sebagai desa nelayan dan lokasinya yang juga berbatasan dengan teluk persia, tentu kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Al Wakrah Municipality Family Beach yang juga menjadi salah satu tempat wisata di Al Wakrah yang juga ramai dikunjungi turis dari berbagai negara.

Pantai ini merupakan pantai yang datar, lebar dan juga mempunyai pasir berwarna emas yang menjadi lebih ringan dan juga lembut saat semakin mendekat ke laut. Dan juga sesuai dengan namanya, pantai Al Wakrah Municipality Family Beach ini juga menjadi pantai yang cocok didatangi oleh keluarga, terutama jika membawa anak-anak.


Anak-anak akan merasa betah dan senang bermain di pantai ini karena pantai ini juga cukup luas sehingga mereka dapat puas berlarian di pantai ini. Sedangkan bagi orang dewasa bisa duduk bersantai menikmati keindahan pantai atau melakukan berbagai aktivitas lainnya di pantai,

Setelah puas bermain di pantai ini, pengunjung juga bisa membuat barberque bersama keluarga di fasilitas yang disediakan, untuk mengisi perut. Selain itu pengunjung juga bisa membeli makanan khas Arab terlebih dahulu sebagai bekal untuk dinikmati bersama keluarga di pantai ini agar suasananya semakin menyenangkan.

Pantai Al Wakrah ini terletak sekitar 15 km di tenggara pusat kota Al Wakrah dan 10 km di selatan kota Doha, Qatar. Pantai ini dibuka bagi pengunjung setiap harinya mulai jam 7 pagi hingga 10 malam, dan pengunjung juga disarankan membawa sepatu air karena ada beberapa tempat di pantai ini yang airnya dangkal dengan batu yang tajam.

3. Masjid Manaratain

Masjid Manaratain

Bagi pengunjung yang ingin juga melakukan wisata religi di Qatar, bisa mengunjungi Masjid Manaratain di wilayah Al Wakrah. Masjid ini juga bisa menjadi salah satu masjid di Al Wakrah yang tentu selain menjadi tempat beribadah bagi umat muslim juga menjadi salah satu tempat wisata di Al Wakrah yang ramai dikunjungi wisatawan.

Masjid ini terletak di sebelah selatan kota Al Wakrah dan dibangun sejak tahun 1940, sehingga menjadi salah satu masjid tertua di Al Wakrah. Nama Manaratain ini sebenarnya berarti dua menara, namun masjid Manaratain yang ada di wilayah Al Wakrah ini hanya mempunyai satu menara besar

Menara masjid tersebut terletak di sebelah utara Masjid dan mempunyai dibuat dengan bentuk setengah bundar dan mempunyai tinggi sekitar 10 meter. Pengunjung bisa menaiki ke atas menara masjid ini menggunakan tangga spiral yang adal di dalam menara  masjid Manaratain tersebut

Salah satu hal yang membuat para wisatawan dari berbagai negara banyak yang tertarik untuk mengunjungi masjid ini adalah arsitektur nya yang memang khas. Masjid ini berbentuk persegi panjang dengan tembok yang rendah namun tebal yang menjadi ciri khas masjid tua Qatar yang berfungsi agar ruangan di dalam masjid tetap dingin.

Di masjid ini juga terdapat sebuah kolam yang digunakan umat muslim untuk membasuh tubuh atau berwudhu sebelum beribadah sholat. Kolam ini juga mempunyai bentuk yang cukup unik dan  mempunyai air  yang bersih dan segar yang dahulu berasal dari sumur di halaman masjid tersebut.

4. Sheikh Ghanim bin Abdulrahman Al Thani House

Sheikh Ghanim bin Abdulrahman Al Thani House

Tak jauh dari Masjid Manaratain, terdapat rumah Sheikh Ghanim bin Abdulrahman Al Thani yang juga menjadi salah satu tempat wisata di Al Wakra yang juga ramai dikunjungi wisatawan. Rumah ini pada awalnya dibangun oleh seorang pedagang mutiara yang terkemuka di wilayah Al Wakrah pada awal abad ke 20 bernama Majid Bin Saed Al Saed.

Rumah ini pada awalnya berfungsi sebagai tempat untuk berjualan barang dagangan dan juga sebagai tempat untuk memproduksi makanan khas Qatar yang terbuat dari kurma yang disebut Debis. Kemudian Sheikh Ghanim bin Abdulrahman Al Thani membeli rumah tersebut pada tahun 1960 karena sejarah dan bentuk arsitektur bangunannya yang unik.

Di rumah ini, Majid Bin Saed Al Saed pada waktu itu juga juga terdapat sebuah radio yang juga merupakan radio pertama di kota Al Wakrah. Para penduduk di wilayah Al Wakrah pada saat itu sering berkumpul  di ruangan tempat radio tersebut berada untuk mendengarkan berita.


Demikianlah beberapa rekomendasi pilihsn tempat wisata di Al Wakrah yang bisa dikunjungi saat berlibur ke Qatar bersama teman maupun keluarga. Jika masih memiliki waktu untuk berkeliling di Al Wakrah atau belum puas dengan rekomendasi tempat wiata di Al Wakrah diatas, bisa mengunjungi tempat wisata di Al Wakrah lainnya berikut ini yang juga tak kalah menariknya.

  • Al Wakrah Public Garden
  • Pearl Roundabout
  • Jabal Al Wakrah
  • Sheikh Ghanim bin Abdulrahman Al Thani
  • Souq Waqif
  • Dhow Harbour
  • Wakrah Mall
  • Dan masih banyak lainnya

Akhir kata semoga artikel ini bisa bermanfaat dan juga menginspirasi bagi yang sedang mencari tempat wisata di Qatar, khususnya Al Wakrah. Terimakasih telah membaca dan berbagi artikel ini dan sampai bertemu lagi di artikel selanjutnya.

, , ,
Post Date: Friday 08th, March 2019 / 08:50 Oleh :
Kategori : Qatar