Tempat Wisata Hong Kong Disneyland, Salah Satu Taman Ria Terbaik Di Asia

gerbang utama hong kong disneyland

Jika Marina Bay Sands adalah tempat wisata yang wajib dikunjungi di Singapura, maka Hong Kong Disneyland berada pada urutan pertama sebagai tempat wisata di Hong Kong yang wajib dikunjungi. Hong Kong Disneyland yang berdiri sejak September 2005 ini memiliki sekitar 8 – 9 juta pengunjung setiap tahunnya. Di tahun 2013, Hong Kong Disneyland masuk dalam urutan 13 sebagai taman bermain yang paling banyak dikunjungi di dunia menurut AECOM dan TEA.

Hong Kong Disneyland berada di pulau Lantau yang lahannya digunakan untuk pelabuhan Penny sebelum taman bermain ini dibangun. Seluruh areanya berada di atas tanah seluas 27,5 hektar. Disneyland Hong Kong juga adalah satu-satunya taman bermain dalam lini bisnis Disney yang dibuat dengan mempertimbangkan nilai feng shui untuk menghormati kebudayaan dan norma-norma Cina.

Taman Bermain di Hong Kong Disneyland

istana di hong kong disneyland

  1. Main Street, USA

Di area bermain Main Street, kamu akan bisa bertemu dengan banyak tokoh klasik Disney seperti Putri Belle, Cinderella, Aurora si Putri Tidur, Putri Salju, Goofy, Minnie dan Mickey Mouse, juga Donald dan Daisy Bebek. Kamu juga bisa mengunjungi Animation Academy dan Art of Animation yang menampilkan di balik layar pembuatan kartun-kartun. Seluruh atraksi di area Main Street buka pukul 10.30 namun tutup di jam yang berbeda-beda.

  1. Fantasyland

Fantasyland memberikanmu pengalaman menaiki beragam wahana yang didesain menyerupai tokoh-tokoh maupun cerita film-film Disney seperti Dumbo, Cinderella, istana kerajaan, Mickey Mouse, juga Alice in Wonderland. Seluruh wahana di sini dapat dinaiki oleh pengunjung dengan segala usia tanpa mempedulikan tinggi badan.

Wahana yang tersedia bersifat interaktif dan beberapa merupakan permainan indoor di mana kamu akan memasuki lorong gelap seperti Mickey’s PhilharMagic dan It’s A Small World. Kamu juga bisa menjadi ksatria di Sword in Stone. Sebagian besar atraksi di Fantasyland buka sejak pukul 10.30 dan tutup paling lambat pukul 19.30.

  1. Tomorrowland

Bila ingin merasakan wahana permainan yang lebih menegangkan kamu bisa berkunjung ke Tomorrowland dan menaiki Hyperspace Mountain atau Iron Man Experience. Untuk kedua wahana ini, kamu harus memiliki tinggi badan minimal 102 cm. Namun apabila kamu tidak terlalu menyukai wahana menegangkan, kamu juga bisa menikmati wahana lain seperti Orbitron atau Star Wars Command Post yang lebih santai.

  1. Adventureland

Di Adventureland, kamu bisa mengunjungi rumah Tarzan dalam suasana rimba yang bisa menjadi langkah awal sebelum kunjungan nyata ke hutan Amazon yang merupakan salah satu tempat wisata di Brazil. Jika bukan penggemar Tarzan, ada Jungle River Cruise, petualangan di atas kapal untuk menemukan dunia baru dan Liki Tikis yang mengajakmu berbasah-basahan. Semua wahana di Adventureland tidak memiliki aturan tinggi badan dan buka sejak pukul 10.30.


  1. Toy Story Land

Siapa yang tidak kenal Toy Story, film yang menghidupkan mainan-mainan seperti Woody dan Buzz Lightyear ini akan bisa kamu temui di area Toy Story Land lewat permainan-permainan seperti Barrel of Fun, RC Racer, Slinky Dog Spin, dan Toy Soldier Parachute Drop. Tidak hanya tokoh-tokoh utama saja yang akan kamu temui, tetapi juga teman-teman Woody yang lain seperti para tentara hijau dan anjing yang perutnya terbuat dari per.

  1. Grizzly Gulch

Grizzly Gulch juga menawarkan beberapa wahana yang mengajak berbasah-basahan seperti Big Grizzly Mountain Runaway Mine Cars dan Geyser Gulch. Kedua wahana ini buka sejak pukul 11.00. Namun Big Grizzly hanya bisa dinikmati oleh pengunjung dengan tinggi badan minimal 112 cm. Bila kamu sekedar ingin berfoto dalam suasana Wild West atau zaman koboy, Wild West Photo Fun akan menawarkan pengalaman yang tidak kalah serunya.

  1. Mystic Point

Di arena Mystic Point kamu akan bisa merasakan keajaiban-keajaiban yang biasanya kerap kamu lihat di dalam film-film Disney. Di sini ada Garden of Wonders dan Mystic Point Freight Depot yang terletak di luar ruang dan buka sejak pukul 11.00 – 19.30. Serta Mystic Manor yang akan mengajakmu memasuki istana misterius dengan beragam suara di dalam kegelapan. Mystic Manor buka di jam yang sama namun tutup lebih awal yakni pukul 19.00.

Kegiatan Menarik di Hong Kong Disneyland

carousel di hong kong disneyland

Selain menaiki beragam wahana, kamu juga bisa menikmati beberapa kegiatan lain seperti:

  • Mengunjungi Bibbidi Bobbidi Boutique untuk mendapatkan make-up dan kostum layaknya putri di dunia Disney
  • Bergabung dalam Disney Spectacular Tour untuk mendapatkan akses utama ke seluruh atraksi, kursi prioritas dan lainnya.
  • Beberapa acara juga kerap diadakan meski tidak selalu ada setiap waktu seperti perayaan Tahun Baru Imlek dan Easter yang akan mengajakmu untuk berburu telur berlukiskan tokoh Disney.

Tiket Masuk Hong Kong Disneyland

  1. Disneyland Hong Kong menawarkan tiket harian, dua harian, dan tahunan.
  2. Tiket harian dimulai dari harga 619 Dolar Hong Kong sementara tiket dua harian sebesar 689 Dolar Hong Kong (sudah termasuk waffle gratis).
  3. Bila kamu pengguna kartu kredit Standard Chartered, ada diskon khusus yang Disneyland Hong Kong sediakan.
  4. Beragam jenis tiket tahunan disediakan Disneyland Hong Kong mulai dari 1.178 Dolar Hong Kong dengan beragam bonus keuntungan.
  5. Kamu juga bisa membeli tiket ekspres Disneyland Hong Kong di stasiun MTR Hong Kong – Tung Chung Line Concourse dari Senin – Jumat pukul 9.00 – 18.00 dan akhir pekan / hari libur pukul 9.00 – 17.00

Jam Operasional Hong Kong Disneyland

Hong Kong Disneyland memiliki jam operasional yang berbeda-beda untuk setiap atraksinya, namun pintu utama dibuka sejak pukul 9.00 hingga 21.00.


Akses Menuju Hong Kong Disneyland

tokoh-tokoh disney di main street

Sebagai taman bermain sekaligus resort yang cukup besar, akses menuju Hong Kong Disneyland sangatlah mudah. Mulai dari MTR hingga kapal ferry, semua bisa kamu naiki untuk mencapainya.

  1. Dengan MTR dari stasiun Kowloon dan Hong Kong menuju stasiun Disneyland Resort
  2. Sementara bila naik MTR dari stasiun Hong Kong International Airport kamu harus turun di stasiun Tsing Yi dan transfer ke stasiun Sunny Bay melanjutkan hingga ke stasiun Disneyland Resort
  3. Dengan bus dari Downtown Hong Kong kamu bisa menggunakan bus R33 dan R42 menuju Disneyland resort Public Transport Interchange
  4. Dari Lantau Link Toll Plaza kamu bisa naik bus R8 yang interval kedatangannya sekitar 20 menit sekali
  5. Dengan Guangdong Cross Border Bus yang tiketnya dapat kamu beli paling lambat 15 menit sebelum keberangkatan.
  6. Dengan mobil kamu bisa berangkat dari Hong Kong International Airport, Hong Kong Island dan New Territories.
  7. Disneyland menyediakan area parkir yang cukup besar yakni sekitar 1.000 mobil, 240 bus, dan 40 motor dengan biaya dihitung per hari
  8. Dengan kapal Ferry, kamu bisa menuju Disneyland Resort Pier dari Tsim Sha Tsui Star Ferry Pier yang sekilas mengingatkan pada suasana Harbour Bridge dalam skala lebih kecil.
  9. Apabila kamu menginap di salah satu hotel yang dikelola Disneyland Hong Kong, kamu juga bisa menggunakan shuttle bus mereka.
  10. Kamu juga bisa menggunakan taksi berwarna biru, merah atau hijau sebagai alternatif yang lebih cepat. Perhitungan taksi di Hong Kong bisa berdasarkan waktu tempuh ataupun jarak.

, , , ,
Post Date: Friday 09th, March 2018 / 06:54 Oleh :
Kategori : Hong Kong