20 Tips Jalan-jalan Ke HongKong Yang Wajib Anda Ketahui

tips-jalan-jalan-ke-Hongkong-3Tips Jalan-jalan ke Hong Kong – Hong Kong juga merupakan salah satu kota di Asia yang terkenal dengan bangunan-bangunan tingginya. Kota ini juga dijuluki sebagai Hollywood nya Asia, karena Hong Kong menghasilkan berbagai film aksi yang cukup populer di dunia. Beberapa aktor seperti Jacky Chan, Bruce Lee, Andi Lau merupakan aktor Hong Kong yang cukup terkenal, dimana anda bisa berfoto dengan aktor-aktor tersebut di Museum Maddame Tussuds Hong Kong. Meskipun hanya replika, namun bentuk dan ukuranya dibuat sepersis mungkin dengan aslinya.

Hong Kong memiliki banyak tempat wisata yang bisa anda kunjungi. Meskipun Hongkong merupakan salah satu kota modern, Namun anda bisa jalan-jalan murah dengan cara backpacker ke Hongkong. Dalam mengunjungi Tempat Wisata di Hong kong, anda bisa memilih jalan-jalan dengan menggunakan tour dengan segala kemudahan yang diberikan, namun kunjungan anda terikat dengan waktu. Ataupun dengan jalan-jalan ke Hongkong sendiri, walaupun sedikit ribet, namun Anda bisa mengatur dan bersantai hingga puas sesuai dengan keinginan anda.  Jika anda ingin pergi ke Hong Kong sendiri, anda bisa mempelajari tips jalan-jalan ke Hong Kong tanpa tour. Untuk mengunjungi dan jalan-jalan ke Hong Kong ada beberapa tips agar liburan anda menyenangkan. Tips- tips berikut bisa anda gunakan untuk anda yang bepergian sendiri tanpa tour, namun ada beberapa yang mungkin cukup berguna ketika anda pergi berkelompok dengan agen travel. Yuk langsung saja kita simak Tips jalan – jalan ke Hong kong berikut ini.

1. Visa Gratis Liburan di Hongkong

Hong Kong menerapkan visa gratis kepada warga Indonesia yang ingin jalan-jalan di Hong Kong. Visa Gratis hanya berlaku selama 30 hari. 30 hari berkunjung di Hong kong dirasa sangat cukup karena kota ini tidaklah terlalu besar, Namun memiliki tempar wisata yang memukau seperti Hong Kong Disneyland dan Tian-tian Budha. Selain mengunjungi tempat wisata di Hongkong, biasanya wisatawan juga mengunjungi tempat wisata di Macau. Kedua kota ini meskipun berdekatan,memiliki budaya yang cukup berbeda. Jadi sangatlah direkomendasikan untuk menggabungkan dua kota ini kedalam satu tur perjalanan.

2. Gunakan Kartu Octopus Tourist Sold untuk Transportasi

tips-jalan-jalan-ke-Hongkong-3Hong Kong memiliki jaringan transportasi yang dikelola dengan sangat baik, mulai dari transportasi umum maupun pribadi. Anda memiliki banyak pilihan alat transportasi untuk jalan-jalan berkeliling di Hong Kong. Untuk kenyamanan anda bertransportasi di Hongkong belilah kartu Octopus Tourist Sold di bandara atau di toko 7 Eleven.

Octopus tourist sold merupakan sebuah kartu pintar yang dapat diisi ulang, dimana kartu ini dapat digunakan untuk membayar sebagian besar bentuk transportasi umum di Hong Kong, termasuk Bus, Kereta MTR, Feri, dan Trem. Anda juga bisa menggunakan kartu ini untuk membayar makanan di restoran cepat saji. Dengan kartu ini Anda bisa mendapatkan diskon sebesar 5-10% lebih murah daripada dengan harga murah.


Anda bisa menambahkan saldo ke kartu Anda di Mesin isi ulang di semua stasiun MTR, Pusat Layanan Pelanggan MTR, Airport Express dll. Anda bisa mengisi saldo kartu ini hingga HK $ 1.000 . Jika saldo dikartu OTS anda tersisa, anda bisa menarik ulang di Pusat Layanan pelanggan di Bandara.

3. Tips Memilih Akomodasi di Hongkong

Salah satu yang cukup diperhatikan ketika Jalan-jalan ke Hong kong adalah memilih tempat untuk menginap. Akomodasi di Hong Kong terbilang cukup mahal, jika anda memiliki budget yang pas-pasan tentunya bisa menghabiskan budget liburan anda.

Jika Anda tidak ingin menghabiskan terlalu banyak budget untuk akomodasi, Anda bisa memiih penginapan guesthouse. Guesthouses di Hong Kong bersih, nyaman, dan ber-AC. Pastikan keamanan Anda dengan tinggal di guesthouses yang berlisensi. Anda juga bisa menginap di hotel melati dengan harga yang bervariasi.

Beberapa hotel mungkin meminta uang jaminan yang bisa anda ambil lagi. Jika Anda membayar tunai, Anda akan mendapatkan pengembalian uang jaminan pada saat check-out, tetapi jika Anda membayar melalui kartu, biasanya masuk ke rekening bank Anda dalam seminggu atau bahkan lebih.

4. Tips Berbelanja di Hong Kong

Sebagian besar department store di Hong kong memiliki harga yang jelas yang tertera dalam setiap itemnya, yang berarti itu merupakan harga tetap. Namun, jika tidak  ada tertera harga disitu, anda bisa melakukan tawar menawar, dan berikut tips dalam berbelanja di Hong Kong.

  • Bandingkan harga di beberapa toko sebelum Anda membeli sesuatu karena pemilik toko cenderung menjual lebih mahal kepada wisatawan.
  • Jika Anda ingin membeli karya seni dari hongkong, Anda bisa menuju di sepanjang Wyndham Street, Sheung Wan, dan Hollywood Road.
  • Salah satu tempat belanja favorit wisatawan adalah di Tsim Sha Tsui. Anda beberapa barang dan pernak-pernik disini, seperti pakaian, perhiasan imitasi, sepatu dengan harga murah. Anda bisa menjelajahi Granville Road di Tsim Sha Tsui, dan Cheung Sha Wan Road di Sham Shui Po dimana disitu banyak menjual pakaian dengan harga murah. Selian di Tsim Shat sui anda bisa mengunjungi Temple Street di Yau Ma Tei dan Tung Street di Mong Kok.

5. Tips Berbicara dan Bertanya di Hong Kong

Akan ada banyak interaksi ketika anda jalan-jalan ke Hong kong, mulai dari bertanya jalan, menawar ketika berbelanja, dan aktifitas yang lain. Tidak semua warga Hong Kong fasih berbahasa Inggris. Dan Berikut adalah beberapa tips komunikasi dengan orang Hongkong, karena pada dasarnya Hong Kong menggunakan bahasa China Kanton pada setiap aktivitas nya.

  • Bicara pelan saat berbicara dengan mereka.
  • Jangan gunakan istilah bahasa Inggris yang mewah atau sulit. Keep it simple.
  • Anda dapat mempelajari tindakan mereka jika Anda tidak dapat menjelaskan dengan kata-kata.
  • Anda juga dapat belajar beberapa frasa bahasa Kanton secara online, seperti Hai, Berapa harganya, mohon maaf, dimana alamat ini, ada diskon dan lain sebagainya.

6. Tips memilih tempat Makan di Hongkong

Hong Kong memiliki sekitar. 10.000 restoran dan ribuan kedai makanan jalanan, mayoritas restoran di Hongkong menjual hidangan Kanton. Meskipun ada banyak pilihan tempat makan untuk Anda pilih, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya yaitu:

  • Usahakan untuk menghabiskan setiap makanan yang Anda pesan. Hal Ini menunjukkan bahwa Anda puas dengan makanan.
  • Belajar makan dengan sumpit karena sebagian besar restoran di Hong Kong menggunakan sumpit, atau ana bisa membawa garpu sendiri dari rumah.
  • Jangan meletakkan sumpit di mangkuk nasi Anda berdiri tegak setelah makan, karena menyerupai ritual pembakaran dupa saat pemakaman.
  • Jangan meletakkan sumpit terpisah satu sama lain, karena dianggap membawa kesialan.
  • Di sebagian besar kafe, teh disajikan tanpa pemanis. Jadi jika anda ingin memesan teh manis, anda bisa bilang ke pelayan restoran atau kafe.
  • Bagi anda yang beragama muslim, pastikan bahwa makanan yang anda pesan halal. Biasanya restoran halal mencantumkan logo halal di banner nya, atau jika tidak, anda bisa menanyakan terlebih dahulu apakah menggunakan bahan dari babi atau tidak.

7. Tips kemanan Saat liburan di Hongkong

tips-jalan-jalan-ke-Hongkong-2Hong Kong adalah salah satu tempat teraman di dunia bagi turis, dan sangat sedikit yang perlu dikhawatirkan. Kota ini merupakan tempat di mana tingkat kejahatan sangat rendah dan standar keamanan cukup tinggi. Namun, anda juga perlu berhati-hati dan memperhatikan hal-hal berikut:

  • Saat berjalan di jalanan Hongkong, dan tiba-tiba ada orang yang mendekati Anda di jalan. Sebaiknya anda berhati-hati jika ditawari hal-hal yang tidak anda inginkan. Karena orang asing lebih cenderung menjadi korban penipuan seperti valuta asing dan barang palsu.
  • Gunakan tempat penyimpanan di hotel Anda untuk menghindari membawa barang-barang berharga di tempat-tempat transportasi umum.
  • Saat membawa dompet, pisahkan ID Anda agar Anda tidak kehilangannya.

8. Jangan Naik kapal Ferry ketika Jam Sibuk

Star Ferry merupakan salah satu transportasi favorit wisatawan di Hongkong untuk bepergian ke pantai, ataupun ke Macau. jadi hindari jam-jam sibuk jika anda ingin bepergian menggunakan ferry, yaitu dari jam 8 hingga 9: 30 pagi dan 6 hingga 7 malam.

Dan diatas merupakan tips jalan-jalan ke Hong Kong, semoga bermanfaat dan happy travelling.

, , ,
Post Date: Sunday 13th, May 2018 / 06:19 Oleh :
Kategori : Hong Kong