Ocean Park Hong Kong , Wisata Air Terbaik Untuk Anak Dan Keluarga

ocean-park-1

Berlokasi di Wong Chuk Hang dan Nam Long Shan di selatan Hong Kong, Ocean Park Hong Kong adalah sebuah tempat wisata di Hong Kong berupa taman ria sekaligus kebun binatang dan taman pertunjukan binatang.

Di Ocean Park terdapat sekitar 12 ribu binatang yang terdiri antara lain dari panda, ikan paus, lumba – lumba, dan banyak lagi lainnya. Ocean Park Hong Kong adalah salah satu taman ria terbesar di Hong Kong selain Disneyland. Selain menjadi taman ria, Ocean Park Hong Kong juga menjadi tempat penelitian kehidupan laut.

Ocean Park Hong Kong wisata petualangan di tengah kota yang telah dibangun sejak 1977 oleh gubernur Hong Kong saat itu, Sir Murray MacLehose, mulai terkenal sejak tahun 2005 dan memperoleh kunjungan sekitar 7,6 juta orang hingga tahun 2014. Tempat ini memasuki urutan ke 13 sebagai taman ria yang paling banyak dikunjungi dan juga merupakan tamanr ia terbesar di Asia. Kebanyakan pengunjungnya datang dari China, meski banyak juga wisatawan dari negara lain yang datang.

DIkenal dengan wisata lain seperti Victoria Peak, Ocean Park Hong Kong lebih menawarkan petualangan dalam format pertunjukan dan pameran koleksi binatang. Beberapa binatang yang paling terkenal di sini adalah Hoi Wai, seekor paus dari Islandia serta An An dan Jia Jia, sepasang panda yang hidup cukup lama. Selain itu ada juga banyak binatang lain seperti hiu, lumba – lumba, kura – kura, buaya, penguin, dan panda merah yang menjadi ikon Ocean Park Hong Kong.

Sekilas Ocean Park Hong Kong

ocean-park-3Dibuka pada bulan januari 1977, Ocean Park Hong Kong merupakan bagian dari Hong Kong Jockey Club yang merupakan operator kegiatan balap kuda. Ocean Park Hong Kong dipimpin oleh Allan Zeman sejak 2003 dan sejak saat itu mulai mengukuhkan namanya sebagai salah satu taman ria paling terkenal di dunia. Mulai dari membuka program yang memamerkan binatang langka, wisata kota Hong Kong tua, hingga akuarium.

Koleksinya mencapai ribuan dan ada juga transportasi funikuler yang langsung membawa pengunjung ke atraksi yang ada. Keramaian tempat wisata ini membuat obyek turisme Ocean Park Hong Kong wisata petualangan di tengah kota. Khususnya sejak semakin banyaknya binatang didatangkan sebagai bagian dari beragam lokasi atraksi yang ada di dalam area Ocean Park, membuatnya menjadi seperti lokasi wisata Pulau Lamma dalam kota.

Atraksi Menarik di Ocean Park Hong Kong

Atraksi di Ocean Park Hong Kong dibagi dalam dua area utama yaitu The Waterfront dan The Summit. Dari kedua area utama, ada delapan zona yang bisa kamu kunjungi dengan hanya membayar satu tiket.


The Waterfront

  1. Aqua City

Berdiri sejak 2011, di dalam Aqua City ada Grand Aquarium yang memiliki sekitar 5.000 ikan dari 400 jenis, juga Lorong Karang dan Galeri Panorama Samudera yang memiliki aquarium dengan kubah paling besar di dunia dengan diameter 5,5 meter dan 13 meter panel untuk melihat ke dalam aquarium.

Ada juga Sea Life Carousel, komidi putar terbesar di Hong Kong dengan panjang sebesar 15,1 meter. Komidi putar ini memiliki 61 tempat yang menggunakan 13 design berbeda terinspirasi dari binatang laut langka. Sekitar 81 orang bisa naik komidi putar ini di satu waktu.

Old Hong Kong akan membawa kamu melihat budaya, sejarah, dan kuliner Hong Kong sejak tahun 1950 hingga 1970an. Ada replika jam menara pelabuhan ferry Edinburgh Place dan banyak jajanan khas Hong Kong. Mungkin kamu juga bisa melihat Tian Tan Buddha. Sementara bila ingin melihat pertunjukan, kamu bisa pergi ke Waterfront Plaza.

  1. Amazing Asian Animals

Saksikan banyak hewan seperti panda raksasa langka, ikan emas, monyet, buaya, berang – berang Asia dan bahkan tumbuh – tumbuhan serta bunga yang ditata dengan cantik. Ada juga Hong Kong Jockey Club Sichuan yang sekaligus menjadi tempat tinggal binatang dalam konservasi.

  1. Whiskers Harbour

Area ini sengaja dibuat untuk melayani pengunjung cilik dengan wahana ramah anak seperti balon terbang, komidi putar, bouncer (arena untuk anak – anak melompat – lompat agar bisa merasakan terpantul), edukasi tentang binatang melalui cerita menarik, dan masih banyak lagi.

The Summit

  1. Marine World

Ada Chinese Sturgeon Aquarium yang menawarkan spesies asli dari sungai Yangtze seluas 3.500 meter persegi. Ada juga pameran ubur – ubur di Sea Jelly Spectacular. Juga terdapat banyak wahana permainan seperti turbo drop, jet coaster, komidi putar, dan kebun.

  1. Thrill Mountain

Wilayah ini menawarkan banyak permainan bertema karnaval, yakni lima wahana, delapan kios permainan dan banyak tempat makan. Mulai dari rollercoaster, ontang anting, bom bom car, dan trampolin.

  1. Adventure Land

Di sini terdapat Mine Train yang mengajak pengunjung memasuki area pertambangan dengan kereta roller coaster. Selain itu ada juga Raging River, wahana air yang akan mengajak pengunjung berbasah – basahan melalui air terjun di daerah tropis.

  1. Polar Adventure

Area ini dibuka sejak 2012 dan memiliki banyak binatang khas kutub seperti berbagai jenis penguin, musang Arktik, burung hantu, singa laut, dan anjing laut. Tidak hanya itu, ada juga wahana yang ditawarkan seperti roller coaster. Dan ada juga area untuk bisa menyaksikan para binatang sambil mempelajari dampak kegiatan manusia untuk hidup mereka.

  1. The Rainforest

Seperti namanya, area ini akan mengajak wisatawan berkunjung dan mengenal kehidupan alam dan binatang di daerah tropis dan hutan hujan. Mulai dari dengan berjalan kaki hingga menaiki wahana perahu bundar.


Jam Buka dan Tiket Masuk Ocean Park Hong Kong

  1. Buka sejak pukul 10 pagi sampai 6 sore, area puncak tutup pada pukul 6 sore.
  2. Tiket masuk harian untuk anak umur 3 – 11 tahun adalah 240 dolar Hong Kong.
  3. Sedangkan pengunjung umur 12 tahun ke atas diwajibkan membayar 480 dolar Hong Kong.
  4. Tiket gratis bisa didapatkan oleh anak di bawah umur 3 tahun, di atas umur 65 tahun, dan penyandang disabilitas.
  5. Ada juga tiket jalur cepat seharga 250 dolar Hong Kong untuk tujuh akses prioritas pada wahana dan atraksi. Selain itu ada lagi tiket jalur cepat lain seharga 350 dolar Hong Kong dengan akses prioritas ke semua wahana dan atraksi serta VR Main Train.
  6. Anak di bawah umur 11 tahun harus didampingi orang lain di atas umur 15 tahun.
  7. Khusus untuk pengunjung senior di atas 65 tahun dan penyandang disabilitas harus menyertakan kartu ijin tinggal dan kartu keterangan dari pemerintah Hong Kong.

Akses Transportasi Untuk Mengunjungi Ocean Park Hong Kong

Ada beberapa cara untuk mengakses Ocean Park Hong Kong wisata petualangan di tengah kota. Karena letaknya yang berada di tengah kota mulai dari bus hingga mobil bisa kamu gunakan.

  1. Naik MTR turun di stasiun Ocean Park.
  2. Naik bus yang melalui rute Hong Kong Island, Kowloon, dan New Territories turun di beberapa titik seperti Aberdeen Tunnel Toll Plaza, Wong Chuk Hang San Wai, dan Ocean Park.
  3. Ada juga cross-border coach atau bus antar kota seperti Trans-island dan Chinalink.
  4. Naik kapal feri dari pelabuhan Central Ferry sejak pukul 9.30 hingga 11.30 dengan interval setiap 30 menit.

, , , ,
Post Date: Saturday 12th, May 2018 / 04:03 Oleh :
Kategori : Hong Kong