9 Tempat Wisata Anak Di Hongkong Terbaik Yang Wajib Di Kunjungi

Sejak lama, Hongkong sudah dikenal sebagai destinasi wisata favorit. Terutama untuk masyarakat Indonesia. Terkenal dengan julukan ‘east meet west’, Hongkong memiliki banyak sekali tempat wisata yang tidak boleh Anda lewatkan. Apalagi mendekati liburan anak sekolah seperti ini. Tidak ada salahnya untuk menikmati liburan di Hongkong bersama dengan keluarga, karena siapa sangka ada banyak tempat wisata anak di Hongkong yang tidak kalah unik dengan tempat wisata di tokyo Jepang.

Berbicara tentang liburan yang melibatkan anak-anak, Anda sebagai orang tua memang harus mempersiapkan dan memikirkan tempat yang tidak hanya seru dan berkesan bagi mereka. Ada beberapa pertimbangan lainnya yang harus Anda pikirkan ketika mengajak si kecil berlibur.

Nah, sebelum kita membahas tempat wisata anak di Hongkong, tidak ada salahnya kalau kita mengetahui apa saja sih pertimbangan memilih tempat liburan untuk anak-anak.

Hal yang harus dipertimbangkan ketika memilih tempat liburan untuk anak-anak

Menjadi salah satu hal yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak, liburan haruslah menjadi hal yang sangat berkesan. Apalagi jika liburan dalam rangka libur sekolah. Biarkan si kecil istirahat sejenak dari rutinitasnya di sekolah. Ketika memilih tempat liburan  bersama si kecil, Anda harus ingat bahwa anak harus menjadi faktor utama. Agar menghindar dari kemungkinan terburuk yang terjadi selama liburan bersama si kecil, alowisata.com akan memberikan tips memilih tempat liburan yang ramah bagi anak-anak. Seperti halnya tips liburan ke Jepang.

  • Diskusikan dengan anak Anda – Saat memilih tempat wisata yang akan dikunjungi bersama anak-anak, ajaklah sang anak ikut serta dalam pengambilan keputusan. Biasanya anak-anak memiliki tempat yang ingin mereka kunjungi. Sebagai orang tua, Anda harus mendengarkan pilihan mereka, mengarahkan dan buat keputusan yang bijak.
  • Pilihlah tempat wisata yang tidak berbahaya – Beberapa tempat wisata memiliki resiko bagi mereka. Misalnya ke goa atau air terjun. Pilihlah tempat wisata yang relatif aman bagi mereka.
  • Edukatif – Selain menyenangkan, tempat wisata yang bagus untuk anak-anak adalah yang ada nilai edukasinya. Jadi selain menyenangkan, anak-anak bisa belajar dari tempat-tempat menyenangkan yang mereka kunjugi selama liburan.
  • esuaikan budget – Inilah yang terpenting. Walaupun Anda ingin memanjakan anak, namun  harus tetap disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Berwisaata tidak perlu mahal.

Tempat liburan di Hongkong yang ‘ramah’ anak

Kita tadi sudah membahas cara memilih tempat liburan untuk anak-anak. Sekarang alowisata.com akan mengulas tempat wisata anak di Hongkong yang menjadi rekomendasi. Simak ulasannya

1. Hongkong Disneyland

DisneylandJika membawa anak-anak berlibur ke Hongkong, tidak lengkap rasanya jika belum mampir ke tempat yang satu ini. Tempat wisata ini bahkan dijuluki sebagai ‘the happiest place on earth’. Anak-anak tentunya akan suka ketika bertemu dengan karakter Disney favorit mereka dan juga mencoba wahana-wahana permainan seru disini.

Yang tidak boleh dilewatkan lainnya adalah parade para karakter Disney dan pesta kembang api pada malam hari. Selain berbagai macam wahana, parade para tokoh Disney dan pesta kembang api, Disneyland ini merupakan rumah bagi pertunjukan musik.  Beberapa pertunjukan musik yang bisa anda nikmati adalah Golden Mickey, Festival of the Lion King, Stitch Encounter, dll. Tidak hanya menyenangkan untuk anak-anak, tempat ini juga akan membawa Anda seperti kembali ke masa kecil.


2. Madame Tussauds Hongkong

Madame TussaudsIngin bertemu dengan tokoh-tokoh dunia di satu tempat sekaligus? Anda bisa langsung ke Museum lilin Madame Tussauds. Dengan koleksi sekitar 110 patung lilin, tempat ini menawarkan sensasi seakan bertemu publik figur terkenal dari seluruh dunia. Anda sekeluarga bisa berpose bareng Barack Obama, Lady Gaga, Jackie Chan atau Presiden Jokowi. Bahkan anak-anak bisa bertemu dengan pahlawan super idola mereka, seperti Iron Man atau Hulk.

Selain melihat dan berfoto dengan patung lilin tokoh terkenal di seluruh dunia, Anda juga bisa mempelajari bagaimana patung-patung lilin itu dibuat dan sejarah dibalik pembuatan patung lilin tersebut. Setelah melakukan tur museum, Anda juga bisa membeli berbagai cenderamata di toko yang terdapat di museum ini.

3. Ocean park Hongkong

Ocean ParkSebelum ada Disneyland, taman bermain dengan tema laut ini sangat difavoritkan para wisatawan. Dibuka pada tahun 1977, taman bermain ini bertemakan biota laut yang berisi hewan-hewan laut bserta wahana yang menyenangkan sekaligus bisa menegangkan. Ocean Park Hongkong memiliki luas area 915.000 meter persegi.

Tempat ini terbagi menjadi dua area besar  yaitu The Waterfront dan The Summit. Beragam wahana bisa Anda dan keluarga coba. Mulai dari Polar Adventure, Adventures in Australia, Shark Mystyque, Thrill Mountain, Aqua City dan lain-lain. Bahkan Ocean Park Hongkong ini juga menjadi lokasi pesta Halloween terbesar di Asia, yaitu Halloween Bash. Ocean Park Hongkong ini juga berkomitmen dalam mendukung konservasi di Hongkong dan Asia. Salah satu perwujudannya adalah sebagian pendapatannya dihibahkan ke Yayasan Taman Laut Hongkong.

4. Hongkong Wetland Park

Wetland ParkTaman ekowisata dengan luas 61 hektar ini cocok untuk destinasi liburan keluarga. Dibuka pada tahun 2006, Hongkong Wetland Park terletak di sebelah Mai Po Inner Deep Bay Ramsay Site. Menghadirkan flora dan fauna unik khas Hongkong, anak-anak bisa wisata sambil belajar di tempat ini. Taman ini juga merupakan rumah bagi berbagai satwa liar, seperti kupu-kupu, capung, hwan amfibi, burung, berbagai jenis reptil, dan ikan.

Disini Anda bisa menelusuri pameran dalam ruangan mengenai flora, fauna dan koservasi. Anda dan keluarga juga bisa berjalan-jalan santai di atas jembatan kayu untuk mengamati berbagai jenis flora dan fauna disana. Selain menawarkan wisata edukasi, Wetland Park juga menjadi tempat yang mudah dijangkau dengan transportasi umum, seperti light trail, bus dan sepeda.

5. Hongkong Science Museum

Science-museumMuseum menjadi salah satu tempat terbaik yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga. Seperti Hongkong Science Museum ini yang cocok dikunjungi karena memiliki sarana edukatif. Tempat ini memiliki berbagai macam alat peraga yang berhubungan dengan sains dan teknologi. Terdapat 500-an wahana yang tersebar di 4 lantai. Museum ini dibuka pada tahun 1991 dan terletak di sebelah Hongkong Museum of History.

Dari 500 lebih wahana yang terdapat di museum ini, lebih dari 70% adalah wahana interaktif. Jadi Anda dan keluarga bisa berpartisipasi bermain dan belajar dari wahana tersebut. Beberapa wahana yang tersedia adalah robotika, transportasi dan virtual reality. Koleksi di museum ini cukup lengkap, misalnya koleksi dengan tema Astronomy and Space Science.

6. Hongkong Global Geopark of China

Hongkong-geoparkJika pemandangan di Hongkong didominasi oleh gedung bertingkat, ternyata Hongkong juga memiliki tempat wisata dengan pemandangan alami. Inilah Hongkong Global Geopark of China. Tempat ini merupakan situs UNESCO yang penuh dengan laskap bebatuan. Bebatuan alami ini terbentuk dari erupsi vulkanik jutaan tahun yang lalu. Terletak di New Territories, Anda sekeluarga bisa menjelajah tempat ini menggunakan perahu dari dermaga Sai Kung.

Beberapa tempat yang bisa dikunjungi di Hongkong Global Geopark of China adalah Volcano Discovery Centre, High Island, Sharp Island, dan lain-lain. Berbagai tempat ini menawarkan pengalaman menariknya masing-masing. Misalnya di Volcano Discovery Centre, Anda dan keluarga bisa mengamati contoh batuan dari daerah setempat maupun seluruh dunia. Selain itu, terdapat pameran tiang batu yang terbentuk karena letusan dahsyat gunung berapi di Sai Kung pada 140 juta tahun lalu.

7. Ngong Ping 360 dan The Giant Budha

Giant-budhaNgong Ping 360 memiliki jalur kereta api terpanjang di Asia. Dengan jarak 5,7 km dari Tung Chung di Lantau Island ke Ngong Ping Village. Anda sekeluarga bisa menikmati perjalanan selama 25 menit. Tersedia juga dua jenis kabin kereta gantung, yaitu kabin standar dan kabin  kristal. Kabin kristal ini seluruhnya transparan. Selama dalam perjalanan, Anda dan keluarga akan dimanjakan dengan pemandangan perbukitan dan laut yang indah.

Jika sudah sampai di Ngong Ping Village, Anda bisa mengunjungi The Giant Budha atau Tian Tian Budha. Yaitu patung Budha duduk terbesar di dunia. Patung Budha raksasa ini memang tidak hanya ada di tempat wisata di haytai yang ada di Thailand, yang terkenal dengan patung Budha tidurnya. Jangan lupa mengunjungi Ngong Ping Village. Di tempat ini terdapat beragam toko dan restoran yang menawarkan pengalaman wisata kuliner yang tidak akan terlupakan.

8. The Peak

The-Peak-HongkongThe Peak menjadi tempat nongkrong di Hongkong yang menarik untuk dikunjungi bersama anak-anak. Tempat ini merupakan kawasan elit sejak zaman kolonial sekaligus titik tertinggi di Hongkong. Anda bisa menikmati pemandangan gedung pencakar langit yang terdapat di Hongkong sekaligus hijaunya area New Teorrities. Pada malam hari, The Peak menjadi semakin menarik dengan gemerlap lampu kota.

Anda juga bisa naik The Peak Tram yang memiliki jalur kemiringan 50 derajat. Selain itu, Anda dan keluarga juga bisa berbelanja atau membeli makanan di The Peak Galleria sambil melihat pemandangan dari ketinggian.


9. Noah’s Ark Hongkong

Noahs-ark-HongkongTaman hiburan ini terletak di Ma Wan Island dan memiliki replika perahu Nabi Nuh. Tidak hanya itu, taman ini juga dilengkapi dengan 67 pasang patung binatang seukuran asli. Taman ini tidak hanya berupa aktivitas pameran saja, namun juga edukasi. Terutama tentang nilai-nilai positif kehidupan dan hubungan dengan alam sekitar.

Noah’s Ark juga memiliki restoran yang terletak di lantai paling atas. Anda dan keluarga bisa menikmati makanan atau sekedar menikmati minuman sambil menikmati pemandangan laut yang indah.

Nah, sekarang Anda dan keluarga sudah tidak perlu bingung mencari tempat wisata anak di Hongkong. Jangan lupa untuk membeli oleh-oleh makanan khas Hongkong untuk keluarga dan kerabat di rumah.

, , ,
Post Date: Friday 08th, June 2018 / 08:53 Oleh :
Kategori : Hong Kong