19 Oleh-Oleh Dari Hongkong Yang Wajib Dibeli

Berwisata dan pulang membawa sejumlah oleh-oleh dari negara yang dikunjungi merupakan hal umum yang dilakukan oleh wisatawan di seluruh dunia. Anda pun bisa mendapatkan beberapa oleh-oleh khas ketika datang ke tempat wisata di Shuzhou Tiongkok atau Hongkong yang memiliki kekhasan mandarin dan budaya Chinanya.

Jadi, kira-kira, apa oleh-oleh dari Hongkong yang tepat untuk dibawa pulang? Hongkong memiliki beberapa oleh-oleh khas yang memperlihatkan ciri khas negara China. Nah, berikut meupakan oleh-oleh dari Hongkong yang terbaik untuk anda bawa pulang dengan aman.

  1. Batu Jade dan Produk Batu Mulia Lainnya
jade

Giok adalah batu favorit orang Cina. Mereka percaya bahwa itu membawa keberuntungan dan kesehatan yang baik, umur panjang, dan keberuntungan dalam hal material. Tidak heran, setiap pasar di Hong Kong memiliki aksesoris Jade.

Paling populer adalah pesona batu jade yang dijadikan gelang, kalung, atau pun hiasan wanita lainnya. Bahkan ada juga hiasan jade yang dibuat dalam bentuk zodiak. Ada pesona untuk masing-masing zodiak. Anda dapat mengikatnya ke dompet Anda, tas Anda atau gelang Anda.

Ambil gelang atau anting atau cincin yang terbuat dari batu Jade sebagai oleh-oleh. Ini bisa dikemas dengan mudah di dalam koper sehingga anda tidak perlu kesulitan untuk membawanya. Dan jika jumlahnya tidak terlalu banyak, anda pun bisa membawanya tanpa membayar bea cukai.

Untuk produk Jade yang berkualitas baik, Anda dapat mengunjungi toko-toko di Pasar Jade Street. Di sini Anda bisa mendapatkan Produk Jade yang lebih indah. Mereka, tentu saja, harus dibayar mahal.

Namun, tenang saja Anda bisa mendapatkan aksesoris batu giok dasar hampir di mana-manadi Tempat Belanja murah di Hong Kong, sehingga ada kemungkinan anda bisa mendapatkan jade yang harganya lebih miring daripada yang ada di Pasar Jade Street.

2. Sumpit

chopsticks

Tak hanya tempat wisata di Jepang yang menjual sumpit. Anda bisa membeli dan menjadikannya oleh-oleh untuk orang di rumah.

Meskipun anda tidak menggunakan sumpit untuk makan di rumah, anda pun masih bisa memanfaatkannya sebagai hiasan.

Di Pasar Hong Kong anda akan menemukan berbagai macam set sumpit yang indah. Akan nampak bahan yang paling banyak digunakan adalah yang dari kayu, meskipun ada juga yang terbuat dari keramik dan porselen. 

Jika tidak digunakan sendiri, bagaimanapun, sumpit akan menjadi suvenir yang sempurna dari Hong Kong. Sumpit-sumpit ini dikemas dalam kemasan yang indah, membuatnya sangat menarik untuk dipakai atau pun dijadikan hiasan belaka.

3. Souvenir Kayu Ukir Khas Hong Kong

hongkong temple-charms

Anda juga bisa membawa pulang souvenir yang berupa kayu ukiran dari Hongkong. Kayu ukir ini dibuat dari batang pohon Cypress. Sehingga disebut juga dengan nama Cypress Souvenir.

Pengrajin yang mengukir di atas kayu ini kerap mengukirkan mantra doa dalam bahasa Tionghoa. Ada juga yang dibuat menyerupai bentuk alam, hewan liar, atua makhluk-makhluk mitos.

Mereka juga kadhang mengukir Buddha atau Boddhisatva. Ada juga yang membuatnya menjadi tempat dudukan gelas yang cantik dengan hiasan ukiran di sisi-sisinya.

Kalau anda bisa berkomunikasi dengan pengrajinnya langsung, anda mungkin bisa meminta desain khusus yang sesuai dengan yang anda inginkan. Jika tidak, anda mungkin bisa menanyakan desain yang paling laris atau paling unik di antara semua desain ukir yang ditawarkan.

Membawa pulang Cypress souvenir akan menjadi souvenir yang menarik untuk diletakkan di buffet rumah anda. anda juga bisa menghadiahkannya kepada teman anda di rumah seperti souvenir oleh-oleh khas dari China lainnya.

4. Lace Work atau White on White Embroidery

White Embroidery

Sulaman yang halus di Hongkong yang terkenal ialah lace work atau white on white embroidery.

Sulaman warna putih adalah yang paling terkenal, karena selain sulamannya cantik, hasil dari jerih payah para pengrajin ini benar-benar memukau. Kain putih itu jadi nampak anggun dengan sulamannya yang cantik.

Kecantikan dari hasil sulaman ini bahkan mungkin membuat anda akan merasa sayang jika menjadikannya sebagai pakaian. Anda mungkin lebih suka memajangnya atau dikenakan hanya di saat-saat penting belaka.

Bawalah pulang beberapa helai sulaman anggun ini dan jadikan hadiah untuk ibu atau para perempuan di rumah. Tak hanya kain, tapi ada juga tas sulam, dompet, dan masih banyak lagi yang lainya.

5. Patung Logam Netsuke Art

netsuke art

Di samping kerajinan dari kayu dan sulaman di atas kain, anda pun bisa membawa pulang oleh-oleh dari Hongkong yang berupa patung logam yang terkenal disebut dengan Netsuke Art.

Patung-patung logam Netsuke Art dibuat dalam bentuk patung-patung logam mini. Mereka biasanya patung-patung yang berbentuk hewan dan manusia. Mereka mungkin digunakan sebagai jumbai seperti ditempelkan di ujung pakaian. Kalau anda tertarik, anda pun bisa menjadikannya hiasan tas dan dijadikan hiasan miniatur di rumah.

Mungkin anda bisa menghadiahkannya kepada teman yang secara khusus mengoleksi boneka mini. Hiasan netsuke Art benar-benar bisa menjadi salah satu cindera mata yang menarik untuk menghiasi keindahan rumah.

6. Gaun Sutra Cina

gaun sutra

Oleh-oleh yang terkenal dari China apalagi jika bukan gaun sutra China. Di Hongkong, anda pun bisa menemukannya dengan memasuki pusat perbelanjaannya. Anda bisa memilih segala macam bentuk gaun sutra cina.

Bagaimanapun Cina dikenal karena sutranya. Di Hong Kong, Anda bisa mendapatkan gaun-gaun sutra yang bersinar ini, kebanyakan dalam warna merah tetapi kadang-kadang dalam warna-warna cerah lainnya seperti emas dan biru cerah juga.

Anda juga bisa melengkapi gaun yang anda beli dengan fashion item berupa kantung kecil atau tas tangan yang bermanfaat untuk membawa ponsel ketika anda bepergian. Hadiah ini juga cocok anda berikan untuk gadis-gadis kenalan anda atau untuk ibu anda. Gaun sutra cina sangat lembut dan cocok untuk dibawa ke dalam berbagai acara penting.

7. Souvenir Funky Hong Kong

hongkong souvenoir

Oleh-oleh lain yang bisa digunakan dan bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari misalnya label bagasi.

Anda bisa membeli label bagasi yang unik supaya tidak keliru dengan milik orang lain. label bagasi ini bisa jadi salah satu souvenir sederhana yang bemanfaat untuk dimanfaat siapa saja.

Ada juga memory stick funky khas Hongkong. Memory stick ini bisa jadi barang menarik untuk dijadikan pembatas buku atau pembatas sesuatu. oleh-oleh sederhana dan ringan ini juga biasanya dihias dengan keunikan atau landmark hongkong sehingga bisa dijadikan hiasan di rumah. Kalau jumlahnya cukup banyak, bisa anda satukan di pigura kemudian dijadikan hiasan dinding.

Di samping itu, anda juga bisa membawa satu set manikur funky khas Hongkong untuk anda sendiri. satu ser minikur ini sudah dilengkapi dengan cermin tangan untuk digunakan ketika anda manikur. Bagaimana? Banyak pilihannya bukan?

Rekomendasi Oleh-oleh Dari Hongkong

Selain oleh-oleh dari Hongkong tersebut di atas, masih ada banyak bentuk oleh-oleh yang dapat dijadikan alternatif pilihan oleh-oleh. Berikut adalah daftar jenis oleh-oleh yang bagus juga untuk anda pertimbangkan menjadi souvenir di rumah anda.

  • Mesin Pemotong Kertas Punch
  • Souvenir Cina Klasik dari Hong Kong
  • Mebel kayu
  • Lukisan Cina
  • Porselen cina
  • Game Papan Cina
  • Mahjong
  • Catur Cina
  • Barang Feng Shui
  • Teh
  • Kue bulan
  • Tar kelapa

Sebenarnya masih ada banyak lagi oleh-oleh dari Hongkong yang lain, namun kiranya daftar di atas sudah cukup mewakili semua jenis oleh-oleh yang mungkin bisa anda bawa pulang setelah berlibur di Hongkong.

, , ,
Post Date: Thursday 02nd, May 2019 / 10:20 Oleh :
Kategori : Hong Kong