9 Rekomendasi Tempat Jalan-Jalan Ke Laos

Tidak seperti negara lain di Asia Tenggara, seperti Indonesia, Singapura dan Thailand, Laos memang jarang menjadi destinasi wisata para traveler. Namun ternyata negara ini menyajikan sejuta pesona yang sayang untuk Anda lewatkan. Sama seperti tempat wisata di Myanmar dan juga tempat wisata di Srilanka, tempat wisata di Laos ini memang didominasi oleh candi dan beragam bangunan yang sarat dengan kebudayaan setempat. Selain itu, pemandangan alam di Laos juga patut diperhitungkan.

Jika Anda memutuskan untuk jalan-jalan ke Laos untuk liburan bersama keluarga atau backpacker ke Laos bersama teman, berikut akan kami berikan sejumlah tempat yang menjadi rekomendasi untuk Anda. Berikut ulasannya.

  1. Wat Xieng Thong

Wat-Xieng-ThongWat Xieng Thong adalah candi Budha yang letaknya berada di utara semenanjung Luang Prabang. Jika dilihat secara sekilas, mungkin Anda berpikir bahwa candi Budha ini mirip denga rumah adat yang ada di Indonesia. Candi ini dibangun pada 1559 dan merupakan sebuah tempat yang menjadi simbol semangat agama dan seni tradisional.

Candi yang sudah ada sejak abad ke-16 ini sudah pernah direnovasi. Tepatnya pada tahun 1950an-1960. Walaupun suadah cukup lama direnovasi, namun candi yang didirikan pada zaman Raja Setthatirath ini masih sangat terawat dan kokoh. Letak keunikan candi ini adalah adanya pintu kayu berukir dan juga dilapisi emas.

  1. Wat Si Saket

Wat-Si-Saket1Candi Budha ini berada di Vientiane dan dibangun pada 1818. Pembangunan candi ini merupakan perintah dari Raja Anouvong (Setthatirath V) dan tema arsitektur budha gaya Siamese. Pada bagian depan Wat Si Saket, Anda bisa melihat kurang lebih 7000 patung Budha. Tidak hanya pada bagian depan, patung ini juga menjadi bagian dari interior candi ini. Sedangkan pada bagian dindingnya, terdapat 2000 perak dan keramik yang melapisinya.

Selain keindahan pada bagian arsitektur dan interiornya, Wat Si Saket juga memiliki museum pada bagian dalamnya dan menjadi salah satu tempat bersejarah di Laos. Jika Anda berminat untuk mengunjungi tempat ini saat jalan-jalan ke Laos, tidak perlu khawatir. Karena Wat Si Saket menjadi salah satu daya tarik di Vientiane dan terletak di pusat kota. Jadi mudah mencapai candi ini.

  1. Luang Prabang

Luang PrabangMerupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO. Kota ini menjadi salah satu yang terfavorit di Laos. Alasannya karena kota ini memiliki banyak bangungan dengan arsitektur unik, nyaman dan juga bersih. Sangat cocok jika Anda memutuskan untuk liburan di kota Luang Prabang.

Selain nyaman, kota ini juga memiliki sejarah panjang. Kota ini dulunya bernama Muang Suang. Berganti nama menjadi Luang Prabang ketika terjadi penaklukan  oleh Thai Khun Lo pada 689. Pangeran Thai Khun Lo berhasil menguasai kota Muang Suang ketika sang raja yang menguasai kota ini, Raja Nan Chao, sedang bertunangan di luar kota Muang Suang.


Tidak hanya kental dengan sejarah dan arsitektur yang unik, Luang Prabang juga dipercantik dengan keindahan alam, dari mulai air terjun, pegunungan hingga gua. Pada malam hari, Anda juga bisa berjalan-jalan di pusat kota sambil berbelanja dan menikmati suasana pasar malam.

  1. Pha That Luang

Pha-That-LuangJalan-jalan ke Laos belum lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Pha That Luang. Candi yang berukuran besar ini berlapis emas dan memiliki tiga tingkatan. Masing-masing tingkatannya merupakan refleksi dari ajaran Budha. Bangunan yang menjadi simbol nasional ini dibangun pada abad ke-3 dan sudah berkali-kali direnovasi. Salah satunya renovasi yang dilakukan pada tahun 1930.

Sama seperti candi Budha pada umumnya, Pha That Luang juga memiliki stupa besar. Stupa besar ini memiliki tinggi hingga 45 meter dan lebar 69 meter. Pha That Luang ini juga memiliki stupa kecil yang jumlahnya mencapai 30 buah. Bentuk keseluruhan bangunan ini seperti halnya piramida. Keunikan dari Pha That Luang adalah keseluruhan bangunan ini ditutupi dengan 500 kilogram emas murni yang sekaligus menjadi lambang kemegahan negara Laos.

  1. Wat Si Muang

Wat-Si-Muang1Merupakan salah satu tempat wisata di kota Vientiane, ibu kota Laos. Wat Si Muang merupakan tempat ibadah yang populer di kota ini. Bangunan ini memiliki cerita menarik yang bahkan sudah menjadi legenda tempat ini. Menurut legenda, candi ini dinamai menurut nama seorang wanita, Si Muang, yang rela mengorbankan dirinya di lokasi pembangunan tempat ibadah ini lebih dari 400 tahun yang lalu.

Pengunjung yang datang ke Wat Si Muang bisa menikmati ketenangan secara spiritual sekaligus mengamati aktivitas warga setempat yang datang untuk berdoa. Jadi, jika Anda memang mencari tempat yang tenang di Viantiane, tempat ini cocok untuk Anda kunjungi.

  1. Budha Park

Budha-ParkTempat ini merupakan lokasi berupa taman yang terdapat lebih dari 200 patung budha. Budha park juga dikenal dengan ama Xieng Khuan dan berlokasi di 25 km tenggara dari kota Vientiane. Patung-patung yang berada di taman ini memang mirip dengan patung yang biasa ditemukan  pada abad ke-17 atau 18, namun ternyata tahun pembuatan patung ini adalah pada 1958.

Patung-patung yang berada di taman ini diperkirakan dibuat oleh Luang Pu Bunleua. Di taman ini, Anda tidak hanya bisa melihat banyak patung budha dengan bentuk yang unik, namun juga bisa berwisata pengetahuan dan budaya di taman ini.

  1. That Dam

That-Dam1That Dam atau black stupa merupakan bangunan yang menyerupai puncak wat namun memiliki warna hitam. Tempat ini memang tidak memiliki area khusus, karena letaknya di tengah jalan atau di bundaran. Tetapi tidak mengurangi keunikan dari bangunan unik ini. That Dam ternyata memiliki cerita tersendiri di balik bentuknya yang unik.

Berdasarkan legenda, stupa tersebut disebutkan dihuni oleh naga berkepala tujuh. Masyarakat percaya bahwa naga itulah yang akan melindungi kota Vientiane ketika diserbu, dijajah dan hancur oleh Siam pada 1827. Jika Anda berkunjung ke That Dam, yang paling tepat adalah pada waktu sore hari. Karena saat inilah Anda bisa melihat aktivitas warga setempat. Anda juga bisa bersantai di café modern yang tidak jauh dari That Dam.

  1. Phou Si

Phou-SiPhou Si juga menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Laos. Phou Si merupakan nama bukit yang terletak di kota tua Luang Prabang dengan ketinggian hingga 100 meter. Bukit ini semakin indah karena diapit oleh dua sungai, Sungai Nam Khan dan Sungai Mekong.

Di bukit ini, dapat ditemukan beberapa candi budha. Ketika Anda sudah mencapai puncak, Anda akan dimanjakan degan panorama yang indah. Termasuk Wat Tham Phou Si dan Wat Chom Si, yaitu candi budha yang menjadi salah satu magnet wisatawan saat berkunjung ke Luang Prabang. Ketika menuju ke tempat ini, Anda harus melalui banyak tanjakan dan turunan. Namun tidak perlu khawatir, karena Anda akan dimanjakan oleh panorama alam yang indah.


  1. Patuxai

Patuxai1Ini adalah monumen perang yang letaknya di Vientiane. Patuxai memiliki nama lain Victory Gate dan dahulu dikenal dengan nama Anosavari Monument. Monumen yang dibangun antara 1957 hingga 1968 ini merupakan simbol perjuangan Laos untuk bebas dari penjajahan Perancis yang berlangsung selama lebih dari satu abad. Laos sendiri akhirnya merdeka dari tangan Perancis pada 1949.

Bangunan ini memang mengingatkan kita dengan Arc de’Triomphe yang ada di Perancis, maka dijuluki juga Arc de’Triomphe dari Vientiane. Yang membedakannya dengan Arc de’Triomphe yang ada di Perancis adalah adanya stupa dan daun teratai yang merupakan simbol agama Budha serta adanya patung animisme. Patuxai sendiri terdiri dari enam lantai. Di lantai enam, pengunjung bisa melihat pemandangan kota Vientiane dari ketinnggian. Selain itu, pengunjung juga bisa membeli cenderamata di kios-kios yang ada di lantai empat, lima dan enam.

Nah, itulah beragam temat menarik yang bisa Anda kunjungi ketika jalan-jalan ke Laos. Jangan lupa juga untuk menikmati kuliner khas Laos yang unik.

, , ,
Post Date: Friday 22nd, June 2018 / 02:43 Oleh :
Kategori : Laos