5 Makanan Khas Laos Terenak Yang Wajib Dicicipi Wisatawan

Selama berjalan-jalan ke tempat wisata di Laos, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi makanan khas Laos. Masakan khas Laos memiliki beragam cita rasa, berhubung Laos juga identik dengan rempah-rempah, maka anda mungkin akan menemukan cita rasa yang menyerupai masakan Indonesai atau makanan khas Thailand.

Ada juga variasi masakan yang mirip dengan kuliner ala Perancis, yaitu roti baquette, di Perancis, roti panjang ini biasanya dijadikan menu sarapan, di Laos makanan ini menjadi cemilan yang biasa dijual di pinggir jalan. Cemilan ini bisa dikatakan sebagai peninggalan budaya kuliner di Perancis, dan masih ada di ibu kota Vientiene.

Mari kita benar-benar mencicipi makanan khas Laos yang terbuat dari bumbu-bumbu lokal mereka, seperti laos, lengkuas, bawang putih, bawnag merah, serai dan lain sebagainya. makanan khas Laos biasanya disajikans at makanan sudah memiliki suhu ruangan, karena orang Laos biasa makan pakai tangan, hampir sama dengan sebagian besar orang Indonesia atau india.

Yuk, cicipi apa saja makanan khas Laos yang enak dan menunjukkan budaya lokal mereka?

1. Larb

larb-chicken-salad

Makanan khas Laos ini berupa salad daging cincang khas Laos. Memakan daging cincang di Laos bisa jadi malah mengingatkan anda pada tempat wisata di Thailand yang juga memiliki kuliner yang hampir sama dengan Larb, masakan berupa salad daging cincang.

Kembali ke Larb, masakan ini dibuat dari daging pilihan, bisa berupa daging ayam, daging bebek, ikan, sapi dan lain sebagianya. Ditambahkan dengan jamur, dibumbui dengan air jeruk nipis, saus ikan dan rempah-rempah segar.

Makanan khas Laos ini biasa disajikan dengan sayuran segar, bisa menjadi menu sarapan, makan siang atau pun makan malam. soal pilihan daging yang dijadikan bahan utama, sesuaikan saja dengan selera, karena sebenarnya daging apapun bisa dibuat menjadi Larb. Orang Laos, bias mencampurnya dengan sayur mentah dan juga beras ketan.

2. Khao Piak Sen

Khao-Piak-Sen

Khao Piak Sen merupakan makanan khas Laos yang bisa disajikan kapan saja. Orang Laos menyantapnya kapan saja mereka mau, baik saat sarapan, makan siang, atau pun untuk makan malam.

Makanan khas Laos ini berupa sajian kaldu ayam atau daging sapi yang dituangkan di atas mie beras. Akan mengingatkanmu pada gado-gadi di Indonesia.

Siap untuk mencicipi makanan khas Loas yang berbumbu rempah-rempah ini? setiap menyantap makanan Laos entah bagaimana akan mengingatkan pada tempat-tempat wisata di kawasan asia, seperti tempat wisata di Vietnam atau tempat wisata di Taiwan di mana wisata kuliner lokalnya juga dihiasi dengan bumbu rempah.

Mungkin karena sudah menjadi ciri khas bangsa asia untuk memasak dengan rempah-rempah karenanya ada kesamaan di berbagai tempat.


3. Khao Jee

khao-jee

Negara yang serumpun dengan Indonesia ini masih memiliki beragam masakan tradisional yang menjadi daya tarik wisatawan dunia untuk datang ke Laos. Salah satu makanan khas Laos yang juga wajib anda cicipi ialah Khao Jee, makanan ini berupa sajian kombinasi anta tomat, worte, keju, dan daging.

Daging favorit untuk kombinasi masakan ini bisa berupa daging ayam, daging babi atau daging asap. Bahkan ada juga yang menawarkan daging alpukat sebagai bahan tambahan ke dalam makanan khas Laos ini. tentu saja rasanya sangat bervariasi bergantung dari daging yang dipilih, silahkan bayangkan saja sendiri jika masakaan tersebut dibuat dari daging alpukat?

Meski agak aneh, kenyataannya masakan ini menjadi masakan populer di kalangan wisatawan. Banyak yang penasaran dan ingin mencicipinya. Anda bsia mendapatkan masakan ini dengan mudah di berbagai titik jalan karena makanan ini termasuk jajanan street food. Makanan ini biasa dinikmati dengan beragam toping seperti saus sambal dan lain-lain. topping akan disediakan oleh penjualnya, dan anda bebas memilih.

4. Ping Kai

Ping-Kai-Grilled-Chicken2

Warga Laos sangat suka mengolah daging, jadi tak heran kalau ada banyak makanan yang terbuat dari bahan utama berupa daging. Salah satunya ialah Ping Kai, yang meruapkan makanan terbuat dari daging ayam yang dibumbi dengan lada hitam, bawnag putih, akar ketumbar, saus ikan, dan garam.

Ayam yang sudah dibumbui tersebut kemudian dibakar menggunakan arang sampai matang, dalam kondisi dibungkus dengan daun pisang.

Setelah matang, ayam bakar ini makin mantap disantap dengan beras ketan dan sayur mentah. Seperti kebiasaan orang Indonesia yang suka lalapan, Laos pun memilih budaya yang sama. makanan ini dapat anda pesan di berbagai restoran di area tempat wisata di Laos atau pun ketika berada di tempat  wisata kuliner Bangkok.

5. Khao Niaw

Khao-Niew-Ma-Muang

Kalau makan Khao Niaw mungkin anda akan teringat dengan tempat wisata di Bangkok karena makanan ini juga dapat ditemukan di sekitar tempat wisata di Bangkok. Khaow Nuaw merupakan makanan yang dibaut dari irisan buah mangga yang manis.

Irisan buah mangga tersebut kemudian dicampurkan dengan beras keran yang sudah dimasak. Sajian ini kemudian disempurnakan dengan santan.

Ketika dikunyah di dalam mulut cita rasanya menarik, terjadi  campuran antara asam dan manis mangga yang dipadukan dengan beras ketan yang juga memiliki rasa manis, bercampur jadi satu dengan santan kental. Sajian ini mungkin akan mengingatkanmu pada es campur di Indonesia. Cita rasanya yang nikmat enak dijadikan dessert. Sensasi kenyal beras ketan saat dimakan juga membuat lidah ketagihan untuk terus menyantapnya.

Kurang lebih itulah beberapa jenis makanan khas Laos yang seharusnya tidak anda lewatkan selama berjalan-jalan di Laos. Tips agar anda tetap bisa menikmati makanan tersebut di atas, tapi dengan harga murah ialah datangilah food court atau belilah di area street food. Jangan masuk ke restoran karena harganya pasti sangat berbeda dengan yang ada di area street food.

Bila cira rasa yang akan anda dapatkan sama rasanya, lebih baik mencicipi masakan tersebut dia area yang akan membuat anda bisa mendapatkan pengalaman berjalan-jalan dan hidup di Laos seperti warga kota biasa. Kemudian selain menikmati wisata kuliner lakukan juga kunjungan ke berbagai tempat wisata yang ada di Laos. Nikmatilah waktu untuk merasakan atmosfer di berbagai tempat wisata di Laos yang tidak dapt dijumpai di negara lain.

Berikut rekomendasi tempat wisata kuliner di Laos:

  • Restoran di Vientiane
  • Restoran di Luang Prabang
  • Restoran di Vang Vieng
  • Restoran di Pakse
  • Restoran di Don Det
  • Restoran di Savannakhet

  • Restoran di Luang Namtha
  • Restoran di Huay Xai
  • Restoran di Don Khone
  • Restoran di Nong Khiaw
  • Restoran di Phonsavan
  • Restoran di Khammouane
  • Restoran di Thakhek
  • Restoran di Pakbeng
  • Restoran di Champasak Town
  • Restoran di Muang Ngoi Neua
  • Restoran di Oudomxay
  • Restoran di Muang Sing
  • Restoran di Don Khong
  • Restoran di Muang Khua

, , ,
Post Date: Monday 04th, June 2018 / 04:59 Oleh :
Kategori : Laos