5 Tempat Belanja Murah Di Madinah Yang Paling Sering Di Datangi Wisatawan

Ibadah haji adalah ibadah yang diwajibkan dalam agama Islam bagi orang-orang yang memiliki kemampuan. Mungkin bagi orang-orang yang tinggal di Arab Saudi dan sekitarnya bisa dikatakan memiliki kemampuan lebih karena jaraknya yang dekat dengan Mekkah dan tempat beribadah haji lainnya. Yang perlu disiapkan adalah mental dan perbekalan yang diperlukan. Hal ini agak berbeda dengan orang beragama Islam yang tinggal di Indonesia atau daerah lain yang jaraknya sangat jauh dari Arab Saudi.

Untuk beribadah hadi ke Arab Saudi, diperlukan biaya transportasi yang sangat tinggi per orangnya. Belum lagi biaya akomodasi dan biaya-biaya tak terduga seperti keinginan untuk membeli oleh-oleh dari Arab Saudi, misalnya mencari souvenir khas Madinah saat kamu berkunjung ke kota itu. Sudah menjadi budaya, jika oleh-oleh itu diharapkan bagi orang-orang terdekat kita ketika kita berpergian ke suatu tempat. Apalagi ke tempat yang sangat berbeda kondisinya dengan negara kita. Banyak hal unik dan menarik yang akan kita temukan di Arab Saudi. Jangankan untuk oleh-oleh, kita juga mungkin ingin membeli beberapa makanan atau barang untuk diri kita sendiri.

Indonesia merupakan negara Islam yang banyak mengirimkan jemaahnya untuk beribadah haji. Tidak hanya untuk datang ke Mekkah tetapi juga Madinah untuk menjalani ritual wajib dan tambahan saat beribadah haji. Jangan kaget kalau kamu akan mendengan orang Arab mencoba mengajak berbicara kamu dan rombonganmu dalam Bahasa Indonesia. Tak terkecuali saat kamu sedang membeli oleh-oleh. Beberapa dari pedagang bahkan menerima uang rupiah untuk melakukan transaksi.

Pedagang-pedagang itu pun sudah paham jika orang Indonesia akan lebih tertarik jika pedagan menawarkan harga yang murah untuk produknya. Agar lebih bersemangat mencari oleh-oleh khas Arab Saudi, kali ini Alowisata akan membagikan informasi mengenai tempat belanja murah di Madinah yang bisa kamu kunjungi.

1. Pasar Kurma Madinah

pasar kurma madinahKurma adalah salah satu oleh-oleh makanan khas Arab yang paling dicari. Banyak yang berpendapat, Madinah adalah surga bagi para pencari kurma. Alasannya masuk akal. Pasar Kurma Madinah merupakan salah satu tempat belanja murah di Madinah, karena tersedia berbagai jenis kurma dengan harga yang bervariasi tetapi cenderung lebih murah dibandingkan dengan tempat yang lain. Bagi kamu yang tidak terlalu suka dengan kurma, kamu bisa mencoba berbagai makanan olahan kurma seperti biskuit atau jenis cemilan lainnya.

Pasar Madinah termasuk pasar yang sangat aktif, terutama pada musim ibada haji. Kamu yang sedang berkunjung ke Mesjid Nabawi, bisa mampir ke pasar ini. Jaraknya kira-kira hanya sekitar 60 meter kea rah selatan, dari Mesjid Nabawi. Tidak perlu khawatir kehabisan waktu, karena Pasar Kurma Madinah sudah buka sejak jam 7 pagi hingga jam 11 malam.

2. Pasar Haraj

pasar harajPasar Haraj sebenarnya bukan hanya tempat belanja murah di Madinah tetapi juga di Mekkah. Pasar Haraj ini merupakan sebuah los pasar yang panjang. Pedagang di Pasar Haraj biasanya menawarkan barang jualannya secara lesehan agar pembeli lebih leluasa saat memilih.

Di sini kamu bisa menemukan barang-barang unik dan antik, baik yang baru maupun yang bekas, lampu kristal dan barang pecah belah lainnya, karpet cantik khas timur tengah, berbagai produk fashion atau kosmetik, dan lain-lain. Nah di sini lah kemampuan tawar menawar kamu diuji. Jika tidak yakin bisa menawar dengan baik, ajaklah pasanganmu, rekan, atau mungkin tour guide yang dapat kamu percaya. Jika beruntung, kamu akan mendapatkan barang yang menarik dengan harga yang murah.


3. Super Market Bin Dawood

Super Market Bin DawoodLagi-lagi, ini juga bukan hanya merupakan tempat belanja murah di Madinah, tapi bisa kamu temukan di tempat lain seperti Mekkah. Kalau di Indonesia, mungkin seperti toko Rama**na, Hype**art, dan semacamnya yang membuka cabang di berbagai daerah. Super market Bin Dawood menyediakan berbagai macam kebutuhan konsumennnya.

Tempatnya jauh lebih nyaman dibandingkan pasar lain yang menyediakan barang serupa. Harga yang ditawarkan di sini memang beragam, tapi bisa menjadi pilihan bagi kamu mencari barang yang murah namun berkualitas. Kamu bisa mendapatkan harga murah dari diskon yang mereka tawarkan atau ketika kamu membeli dengan jumlah yang besar.

Misalnya untuk abaya dengan harga 40 riyal per satuannya, bisa kamu dapatkan dengan harga 30 riyal jika kamu membeli abaya tersebut sejumlah satu kodi. Oh ya, mencari barang-barang fashion di Madinah sendiri memang lebih bervariasi loh daripada di Mekkah. Kamu jangan membayangkan produk fashion yang ditawarkan ketika kamu mengunjungi tempat belanja murah di Vietnam. Style dua negara ini sangat jauh berbeda, tapi sama-sama menarik untuk digunakan.

4. Top Ten Mall

Top Ten MallSesuai namanya, Mall ini menjual berbagai jenis barang dengan harga yang sama yaitu sepuluh riyal. Kamu bisa menemukan produk fashion seperti kemeja, sepatu, tas, dan lain sebagainya. Saking beragamnya barang yang tersedia di sini, kamu tidak hanya akan menemukan barang produksi Arab Saudi tetapi bahkan juga yang berasal dari Cina.

Mungkin barang produksi asal Cina di sini, dijual juga di berbagai tempat belanja murah di Beijing. Kalau kamu tidak bermasalah dengan asal produk dan mengedepankan harga yang murah, tidak ada salahnya kamu berkunjung ke tempat belanja murah di Madinah yang satu ini. Sayangnya kamar kecil di sini agak kurang terawat dengan baik. Tapi kelebihannya, tempat ini tidak berada jauh dari kantor Misi Haji Indonesia Madinah, yang jaraknya hanya sekitar 50 meter dari wisma haji Madinah. Kamu bisa berjalan kaki dengan mudah ke sini.

5. Taiba Arac Suites Mall dan Lantai Basement Hotel Elaf Al Majeedi

Taiba Arac Suites Mall dan Lantai Basement Hotel Elaf Al MajeediSatu mall yang mudah dicari karena berhadapan langsung dengan Mesjid Nabawi di Madinah adalah Taiba Arac Suites Mall. Matamu akan dimanjakan dengan gemerlap emas di mana-mana. Tempat belanja satu ini memang menawarkan emas dalam bentuk yang beragam dan cantik sekali. Kamu tidak perlu khawatir dengan harganya.

Karena kamu akan mendapatkan penawaran yang menarik karena lebih murah dibandingkan dengan tempat lain, terutama Madinah Movenpick Hotel. Di lantai basement Madinah Movenpick Hotel, kamu memang juga akan ditawarkan perhiasan emas yang berkualitas. Namun kalau budget mu terbatas, pergi ke Taiba merupakan pilihan yang tepat.


Jika kamu tidak menemukan yang kamu cari atau ingin melihat banyak pilihan perhiasan sebelum membelinya, kamu harus berkunjung juga ke Hotel Elaf Al Majeedi. Di lantai basement hotel ini, kamu akan melihat koleksi perhiasan yang menarik. Bahkan dengan harga yang hampir sama dengan harga yang ditawarkan di Taiba Arac Suites Mall. Dua tempat ini memang seperti saudara kembar. Lokasinya pun saling berdekatan jadi kamu bisa menghemat waktu.

Kalau perhiasan dengan batu berharga merupakan salah satu oleh-oleh khas Iran, Arab Saudi memang dikenal dengan berbagai perhiasan emas yang ditawarkannya. Tapi khusus untuk perhiasan emas, kamu harus sangat berhati-hati dalam memilih ya. Bukan soal model yang memancarkan keindahannya, tetapi mengenai karat emas yang ditawarkan penjual. Akan lebih baik jika kamu memahami perbedaan karat emas. Maka dari itu, jangan malas mempelajari perbedaanya ya. Kamu bisa browsing di google atau berdiskusi dengan orang-orang yang paham, agar kamu tidak menyesal saat membelinya. Happy shopping!

, , ,
Post Date: Thursday 21st, June 2018 / 09:43 Oleh :
Kategori : Arab Saudi