5 Tempat Bersejarah Di Laos Yang Paling Terkenal Akan Budaya Dan Sejarahnya

Hai para viewersbutuh referensi pergi ke luar negeri yang memiliki sejuta wisata bersejarah namun yang dekat dari Negara Indonesia?
Mungkin jawabannya adalah Laos, ya Laos adalah salah satu negara tetangga kita yang memiliki banyak arca – arca candi seperti Indonesia, dan bahkan ia memiliki gunung – gunung yang indah dan cantik.

Laos berada di bagian benua Asia Tenggara yang berbatasan dengan negara Myanmar dan Republik Rakyat Tiongkok di sebelah barat laut, berbatasan dengan negara Vietnam di sebelah timur, Sedangkan di sebelah selatan Laos berbatasan dengan negara Kamboja, dan di sebelah baratnya berbatasan dengan negara Thailand.

Negara ini biasa disebut dengan dengan LAN XANG atau nama lainnya yaitu “negeri seribu gajah”. Laos adalah negara bekas jajahan Prancis dan memperoleh kemerdekaan pada 22 Oktober 1953 dalam bentuk kerajaan. Wah sudah seperti era negara kita ya viewers…
Hal inilah yang menjadi alasan tempat bersejarah di Laos sangat banyak.

Jika para viewers ingin menikmati atau mengunjungi pantai terindah di Asia Tenggara pada saat berlibur di negara ini, anda salah besar, karena Laos adalah sebuah daratan yang di kelilingi oleh negara lain, jadi ia tidak memiliki pantai, namun jangan putus asa, Laos memiliki pemandangan gunung – gunung yang hijau serta arca – arca candi yang indah serta bangunan terkenal di Laos.

Lau tempat mana saja yang sangat direkomendasi jika paraviewers berlibur ke Laos, berikut akan dijelaskan satu – satu tempat bersejarah di Laos :

  • Budha Park

budha-park1Xieng Khuan atau yang biasa disebut dengan budha park merupakan sebuah taman wisata yang terdapat beberapa arca – arca patung budha dan hindu, jumlah dari patung – patung tersebut kurang lebih sejumlah dua ratus buah.

Patung – patung budha ini dibuat oleh Luang Pu Bunleua Sulilat pada tahun 1958, akhirnya pemerintah menjadikan taman tersebut sebagai lokasi wisata.   Bagi para viewers yang ingin berwisata kesini dianjurkan membawa topi atau payung ya, karena sinar mataharinya menyengat.

Selain digunakan untuk tempat wisata, budha park ini dapat digunakan sebagai edukasi dan menambah pengetahuan budaya dari negara lain karena banyak ilmu kebudayaan yang disiratkan dalam taman budha ini. Masing – masing dari patung budha memiliki sifat – sifat dan keistimewaan yang tersendiri.

  • Pha That Luang

Pha-That-Luang-LaosObyek wisata ini adalah bernama pha that luang yang berbentuk seperti candi budha, sama seperti tempat wisata di Thailand ya.. Candi budha pha that luang ini memiliki ukuran yang cukup besar dan berlapis emas.

Lokasi dari wisata ini berada di pusat kota Vientiane. Struktur dari candi ini memiliki 3 tingkatan yang masing – masing tingkatan diasumsikan sebagai refleksi bagian dari doktrin budha.

Arca ini dibangun pada abad ke tiga dan sudah mengalami beberapa kali renovasi tepatnya pada tahun 1930. Jangan salah, candi pha that luang ini merupakan monumen nasional paling penting dan merupakan simbol nasional, layak tempat ini dijadikan sebagai bangunan bersejarah di negara seribu gajah ini. Bagi anda para viewersyang suka hunting foto disini tempatnya.


  • Wat Xieng Thong

downloadWat xieng thong adalah sebuah candi budha. Lokasi dari wisata ini adalah berada di ujung utara Semenanjung Luang Prabang. Tempat ini dibangun pada tahun 1559, akhirnya pemerintah menobatkan sebagai bangunan bersejarah yang ada di Vietnam, selain itu bangunan ini juga merupakan monumen simbol semangat agama serta merupakan seni tradisional.

Seperti bangunan bersejarah di Amerika, tempat wisata ini sangat banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Candi budha ini dibangun  pada masa Raja Setthatirath, pembangunan dilakukan di pertemuan antara sungai mekong dengan sungai nam khan. Bangunan candi ini seperti rumah adat, memiliki pintu kayu berukir serta dilapisi emas.

Renovasi untuk bangunan ini sudah dilakukan pada tahun 1950 – 1960an untuk memperbaiki bagian – bagian cnadi yang sudah rusak karena kurang terawat dan yangrusak akibat peperangan. Bangunan ini sekalipun sudah memiliki umur yang lama tetapi tetap berdiri kokoh dan terjaga sangat baik. Jadi sangat direkomendasikan bagi anda para viewers yang senang dengan bangunan bersejarah.

  • Wat Si Saket

watBangunan ini adalah satu candi budha yang ada di Vientiane, Laos. Candi budha in di buat sekitar tahun 1818. Wat si saket bertema arsitektur budha gaya Siamese, pada saat itu Raja Anouvong (Setthatirath V) memerintahkan untuk membangun candi budha ini.

Bangunan ini memiliki dinding yang berlapis perak serta keramik, diperkirakan jumlah perak dan keramiknya sejumlah 2000 buah. Didalam bangunan ini memiliki museum, jadi sangat direkomendasi bagi anda yang ingin mencari info tentang bagaimana sebuah kebudayaan di Negara Laos ini.

Jika dilihat dari segi bentuk, bangunan ini mirip dengan kuil. Kuil ini dijadikan sebagai satu – satunya untuk sobrevio invasi yang dilakukan oleh tentara Siam sejak tahun 1828, dan yang teristimewa lagi kuil ini adalah kuil paling tua yang ada di Vientiane, di samping itu sekalipun kuil ini sudah berdiri sejak lama namun kuil ini tetap mempertahankan bentuk aslinya.

Kuil ini dilengkapi dengan  patung – patung budha sama seperti candi – candi yang lain, hanya saja patung budha yang ada adalah sejumlah tujuh ribu patung, bayangkan saja betapa banyaknya patung – patung tersebut mengisi di area kuil ini. Para wisatawan sangat banyak yang ingin mengunjungi kuil ini karena dinilai memiliki nilai sejarah yang tinggi.

  • Phou Si

download-1Tempat bersejarah di Laos lainnya adalah phou si. Objek wisata ini sangat banyak digemari para wisatawan sama seperti wisata patung budha tidur di Thailand. Bukit phou si dengan ketinggian sampai dengan 100 meter dan lokasinya berada di kota tua Luang Prabang. Lokasinya sangat strategis karena diapit oleh dua sungai yaitu sungai nam khan dan sungai mekong, dan bukit ini merupakan rumah agama bagi warga sekitar.

Di bukit ini anda akan menemukan beberapa candi budha, jadi tidak hanya satu saja. Jika para viewers telah berhasil menaiki setengah perjalanan, anda akan dapat melihat kebawah ke arah sungai nam khan, akan terlihat wat tham phou si, dan jika anda sudah berhasil melewati hingga puncak bukit, anda akan disuguhkan dengan panorama yang cantik dari ketinggian, salah satunya adalah penampakan dari si cantik wat chom si, ia adalah sebuah candi budha yang sangat menarik para wisatawan saat berkunjung ke kota tua Luang Prabang.


Selain itu ketika berada di puncak bukit pemandangan alam juga terlihat indah. Bagi anda yang ingin menaiki bukit ini pastikan anda kuat untuk menaiki tanjakan dan juga turunan yang akan dihadapi, namun tidak perlu khawatir karena tanjakan dan turunan yang ada disini tidak terlalu terjal.

Phou si ini di kelilingi oleh pegunungan yang lebih tingi dari bukit tersebut, jadi jika kita sudah berada diatas bukit, kita akan merasa seperti di kelilingi oleh beberapa pegunungan.Sekian pembahasan tempat – tempat yang bisa anda kunjungi pada saat berwisata ke Laos, selain bisa refreshing, anda juga dapat menambah pengetahuan dan ilmu kebudayaan dari Negara tersebut.

, , , ,
Post Date: Wednesday 30th, May 2018 / 04:59 Oleh :
Kategori : Laos