5 Minuman Khas Filipina Yang Wajib Di Cicipi Wisatawan

Melakukan perjalanan liburan di negeri orang tidak cocok rasanya jika tidak mencicipi berbagai macam kuliner daerah khas setempat. Bagaimana jika kita tidak cocok dengan rasa ataupun bahan olahan dari makanan atau minuman tersebut? maka dari itu kita perlu untuk mengetahui lebih dahulu mengenai apa saja makanan atau minuman khas setempat yang cocok di lidah dan keyakinan kita. Jangan sampai kita terlanjur membeli makanan tetapi yang kurang cocok dilidah kita ya para viewers. Ada kalanya jika kalian bertanya terlebih dahulu entah kita membeli makanan ataupun minuman pada penjual tersebut bahan olahannya terbuat dari apa.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai kuliner di negara filipina yang lebih concern di sisi minuman yang sering di jajakan dan di favoritkan baik dari penduduk lokal ataupun para wisatawan. Jika kalian berkunjung ke negara filipin, kalian akan sering menemukan penjual es – es di sepanjang jalan, karena pada dasarnya filipina ber iklim tropis sama seperti negara kita ini, jadinya memang butuh yang seger – seger yaa..Kalian mungkin tidak asing lagi dengan minuman yang akan kita bahas karena pada dasarnya minuman yang dijajakan akan sedikit mirip dengan minuman di Indonesia, wisata kuliner di Bangkok dan wisata kuliner di Vietnam.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak beberapa penjelasan minuman – minuman khas filipina apa saja yang dapat kalian cicipi ketika berlibur di negara filipina ini.

  • Halo – halo

maxresdefault-5ff251589bb31dda2e3a64875c465ff7“Halo” merupakan sapaan di bahasa indonesia, namun jika di bahasa filipina “halo” memiliki artian aduk – aduk. Yaa halo – halo adalah salah satu pencuci mulut di negara ini, yang cara memakannya adalah dengan mengaduk – aduk seperti arti nya.

Jika dilihat dari tampilan, minuman ini terlihat seperti es teler ataupun es campur yaa para viewers…Isi dari halo – halo bisa bermacam – macam dan disesuaikan dengan selera anda sekalian. Biasanya orang – orang memesan dengan isian kacang merah, kolang kaling, nangka, agar – agar, sagu mutiara, nata de coco, ubi, keju, leci flan, susu kental manis, dan es krim, dimana leche flan adalah puding khas dari filipina.

Ciri khas dari halo – halo adalah dari bahannya yang berasal dari ubi, biasanya ubi yang dipakai adalah ubi ungu, semakin berwarna ungu banyak digunakan untuk olahan halo – halo karena warnanya akan memberi tampilan es ini menjadi semakin cantik.

  • Sago’t Gulaman

sagot-at-gulamanNah kalau minuman khas filipina yang satu ini dapat anda temui di berbagai tempat, yang menurut kami sebenarnya minuman ini bisa didapatkan di segala penjuru dunia, tidak jauh beda dengan minuman khas korea, minuman ini cocok disajikan ketika dingin.

Minuman apakah ini? yaa kurang lebih seperti es cincau hitam, yang mana jika di indonesia kita bisa membelinya di warung – warung terdekat ataupun di mall seperti cincau station ataupun cha time. Minuman sago’t gulaman ini di campur dengan berbagai perpaduan antara lain, cincau hitam, jus buah, dan buble tea, dan yang membuat lebih enak lagi adalah kebanyakan dicampur dengan agar – agar, sirup buah,, dan sagu mutiara atau bola – bola tapioka.

Rasa dan warna dari minuman ini bisa dipesan sesuai dengan selera pembelinya masing – masing. Biasanya para penjual sago’t gulaman di filipina menggunakan agar – agar dan sagu mutiara tawar dengan sirup gula merah yang diberi aroma pisang. Jus buah yang dipakai disini kebanyakan memakai jus buah instan yang notabene tidak memiliki ampas, jadi benar – benar pure cair agar ketika di minum, sagu’t gulaman ini mudah untuk dikonsumsi, rasa jus buah direkomendasi adalah pisang seperti yang sudah dijelaskan dan lengkeng.


  • Ginataan

ginataanGinataan jika di dalam bahasa filipina memiliki artian makanan yang terbuat dari santan. Seperti es – es pada umumnya yang ada di indonesia, terdapat beberapa minuman yang di campur dengan santan.

Di negara filipina, minuman ginataan memiliki beberapa versi antara lain adalah ginataan halo – halo seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya hanya saja halo – halo nya dicampur dengan santan, versi yang kedua yaitu ginataan bilo – bilo, nah untuk minuman yang satu ini sangat spesial karena minuman ginataan bilo – bilo dicampur dengan ketan putih, versi yang terakhir yaitu ginataan mais yang menggunakan jagung manis sebagai bahan olahan utamanya.

Minuman ini pada umumnya dicampur dengan es batu dan selasih, atau biasa disebut dengan biji daun kemangi. penyajiannya pun sangat bervarian, ada yang berkuah hingga penyajiannya benar – benar asat tidak memiliki kuah namun berupa es.

  • Buko Pandan

bukopandan680Minuman khas filipina yang satu ini sangat digemari oleh banyak kalangan dan para wisatawan. Kurang lebih minuman ini seperti es kelapa muda di Indonesia, yang faktanya tidak hanya di Indonesia saja, melainkan mirip dengan wisata kuliner di hong kong yang juga seperti ini. Para penduduk di Indonesia ada juga yang menyebut bahwa buko pandan ini terasa mirip seperti es kopyor.

Buko dalam bahasa tagalog memiliki arti kelapa muda, sementara kita menyebutnya dengan degan atau kelapa muda. Buko pandan memadukan serutan daging kelapa muda, susu kental manis, krim, keju, dan agar – agar yang berperisa pandan. Teksturnya lembut dan kental, jangan salah untuk rasanya sangat segar manis dan gurih. Kekenyalan agar – agar serta aroma pandan membuat buko pandan menjadi primadona di negara ini.

  • Mai chon hielo

ed871e4aa1c67e08e8946b5eefaa01e5-filipino-food-filipino-dessertsEs yang satu ini jarang kita temui di negara kita. Es mai chon hielo ini biasa disebut – sebut dengan es jagung manis. Dalam bahasa spanyol mai con hielo adalah jagung dengan es, ya memang seperti namanya es ini sebagian besar menggunakan olahan jagung. Campuran bahan – bahan es mai chon hielo adalah es serut, jagung, gula, susu, biasanya es serut diganti dengan es krim berperisa jagung.

Nah, jadi ingat jajanan di indonesia jasuke ya para viewers, ada yang tau nggak jasuke itu apa, jasuke adalah jagung susu keju, nah mai chon heilo sangat mirip dengan jasuke hanya saja dicampur dengan es. Para penjual es mai chon heilo biasanya menaruh selasih dan jeruk nipis agar rasa dari es tersebut lebih segar dan tidak terlalu manis.


Terkadang es krim yang di sajikan dengan mai chou hielo tidak melulu dengan es berperisa jagung saja, ada banyak varian seperti strorbery, vanila, dan masih banyak lainnya.  Jajanan ini bisa kalian dapatkan di sepanjang jalanan pasar tradisional, jarang ditemui jika kalian mencarinya di restoran.

Sekian penjelasan dari kami, semoga dapat memandu kalian memilih minuman mana yang cocok dengan lidah masing – masing yang mana yang sesuai dengan selera kalian, Selamat mencicipi minuman dan makanan khas filipina ya para viewers.

, , ,
Post Date: Monday 09th, July 2018 / 06:34 Oleh :
Kategori : Filipina