11 Tempat Wisata Ziarah di Mekah Terpopuler Umat Islam

Tempat Wisata Ziarah di Mekah – Mekah merupakan kota di tempat wisata di Arab Saudi yang menjadi kiblat umat Islam di seluruh dunia. Kota ini memiliki banyak tempat yang indah dan bersejarah yang menjadi impian setiap muslim, dan bahkan oleh orang-orang non muslim.

Terdapat banyak sekali tempat wisata ziarah di kota Mekah, khususnya bagi anda yang beragama islam. Karena banyaknya peziarah Muslim serta untuk menjaga kesucian tempat suci, pemerintah Arab Saudi melarang non-Muslim untuk memasuki Masjidil Haram, namun tetap diizinkan untuk mengunjungi masjid-masjid lainnya di kota ini.

Bagi umat Islam, Mekah adalah pusat agama yang wajib bagi setiap Muslim untuk melakukan haji sekali seumur hidup jika mereka mampu. Bagi anda yang ingin mengunjungi tempat wisata di mekkah, dan melakukan ziarah sebagai wujud rasa syukur anda, serta untuk mendekatkan diri pada Sang Penguasa. Berikut kami sajikan tempat wisata ziarah di Mekah yang populer dan favorit Wisatawan.

1. Masjid Al-Haram

Masjid-Al-Haram

Masjid al-Haram adalah tempat ziarah paling populer di kota Mekah yang dikelilingi oleh tempat-tempat suci agama islam. Masjid ini adalah masjid terbesar didunia yang juga dijadikan sebagai kiblat bagi seluruh umat islam di dunia untuk menjalankan sholat 5 waktu.

Masjid ini juga merupakan titik dimana Nabi Muhammad SAW berpijak, sebelum menuju ke Masjid Al Aqsa yang menjadi tempat wisata di Yerusalem terpopule ketika peristiwa isra’ Mi’raj.

Luas keseluruhan masjid saat ini mencakup 400.000 meter persegi termasuk ruang untuk sholat dibagian luar dan dalam. Di pusat Masjid Al Haram terdapat Ka’bah yang memiliki Batu Hitam yang bernama Hajar Azwad.

Setiap tahunya, jutaan peziarah mengunjungi Masjid Al Haram di Mekkah. Di dalam kompleks masjid Al-Aqsa, juga terdapat Al safa dan Al Marwa, Muqam Ibrahim, dan Sumur ZamZam yang terkenal.

2. Jabal Al Nur

Jabal-An-Nur

Jabal al noor atau Bukit Cahaya merupakan tempat ziarah yang sangat populer di tempat wisata di mekkah. Jabal Al nur merupakan salah satu gunung penting dalam sejarah Islam karena  Gua Hira, tempat dimana Rasulullah menerima wahyu pertamanya terletak disini.

Dibutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan untuk mendaki gunung berbatu ini untuk sampai ke Gua Hira. Gua ini memiliki ukuran yang cukup kecil dimana mulut gua ini menghadap ke arah Ka’bah. Selain itu, Anda juga bisa menikmati pemandangan kota mekkah yang indah dari atas Jabal Al Nur.

3. Masjid Taneem

Masjid-Al-Tanim

Masjid Taneem terletak sekitar 10 kilometer dari Ka’bah. Masjid ini juga dikenal sebagai Masjid Aisha. Di Masjid ini biasanya digunakan untuk Miqa’t untuk para jama’ah haji dan umrah.

Dimana untuk para jama’ah yang akan melakukan umrah, harus pergi ke Masjid Taneem untuk mengenakan Ihram untuk selanjutnya bisa melakukan perjalanan ke Mekah untuk menunaikan ibadah umrah nya.

Masjid ini memiliki ukuran yang sangat besar serta memiliki berbagai fasilitas untuk mandi, wudhu, serta tempat untuk berganti pakaian. Dan disekitar Masjid Ini, banyak penjual yang menjual ihram, sendal, dan ikat pinggang untuk keperluan Umrah.

4. Gua Hiro

Gua-Hiro

Salah satu tempat wisata bersejarah di Mekah. Gua Hiro merupakan tempat di mana Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertamanya dari Allah SWT melalui Malaikat Jibril. Gua ini merupakan gua yang sangat penting dalam Sejarah Islam. Gua ini terletak di Jabal-al-Noor sebuah bukit yang terletak 3 kilometer dari pusat kota Mekah.

Dibutuhkan sekitar 600 langkah untuk mencapai gua ini. Gua ini memiliki panjang sekitar 12 kaki, dan lebarnya sekitar 5 kaki.

5. Bukit Arafah

Padang-Arafah

Bukit  Arafah adalah sebuah bukit kecil yang terletak di sebelah timur Mekah di dataran Arafat. Bukit ini memiliki tinggi sekitar 230 kaki. Bukit ini memiliki makna sejarah yang besar bagi umat islam. Dimana Nabi Muhammad SAW menyampaikan khotbah Terakhirnya dengan berdiri di atas bukit ini.

Setiap tahunya para jamah yang menunaikan ibadah Haji, menghabiskan satu hari penuh di Arafah untuk berdoa kepada Tuhan dan meminta pengampunan serta berkah.

6. Jannat Al Mu’alla

Jannat-Al-Mualla

Terletak  tidak jauh dari Masjidil Haram terdapat pemakaman paling terkenal kedua di dunia Islam. Jannat Al Mu’alla merupakan tempat di mana banyak leluhur Nabi Muhammad SAW dimakamkan, seperti Aminah ibu Rasulullah, Abdul Muttalib Kakek Rasulullah dan Khadijah istri pertama Rasulullah yang selalu setia menemani dakwahnya.

Tempat pemakaman kuno ini menjadi tempat yang penting  bahkan sebelum  Nabi Muhammad SAW lahir. Sayangnya, pada tahun 1925 terjadi penghancuran di area Jannat Al Mua’ala dan hanya menyisakan tumpukan batu kecil  yang digunakan untuk menandai tempat dimana jenazah dikuburkan.

7. Jabal Al Thawr

Jabal-At-Tawr

Jabal Thawr adalah salah satu bukit yang mengelilingi kota Mekkah. Di bukit ini, terdapat gua dimana Nabi SAW dan sahabatnya, Abu Bakar RA bersembunyi selama tiga hari dari suku Quraish. Untuk melindungi kedua orang itu, Allah SWT meminta laba-laba untuk membuat sarang di pintu masuk gua, untuk mencegah para orang Quraishy melihat ke dalam gua dan menemukan mereka.

Gunung Thawr terletak sekitar 12 km di selatan kota Mekah. Karena jaraknya yang cukup jauh dari kota, situs ini tidak seramai  Gua Hira di Jabal Al Nour. Selain itu dari Jabal Al Thawr, Anda bisa melihat pemandangan kota Mekah yang indah dari kejauhan.

8. Masjid Baiat

Masjid-baiah

Masjid baiat merupakan salah satu tempat penting dalam perkembangan sejarah islam. Terletak 7 kilometer dari Kota Mekah. Dimana masjid ini digunakan untuk melakukan baiat dari 12 orang laki-laki yang berasal dari kabilah Aus dan Khazraj yang berasal dari Madinah untuk beriman kepada Allah, dengan menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Kemudian, pada tahun 13 Hijriyah terjadi Baiat kedua, dimana sebanyak 73 orang laki-laki dan 2 orang perempuan datang dari Madinah untuk mengawal Rasulullah ketika akan hijrah ke Madinah. Ditempat inilah kemudian dibangun masjid Bai’at untuk mengenang tempat persejarah dalam perkembangan Islam ke seluruh dunia.

9. Gunung Abu Qubais

gunung-abu-Quabis

Gunung Abu Qubais terletak  bersebelahan dengan Gunung Safa. Gunung ini juga menjadi saksi bisu peristiwa-peristiwa bersejarah perkembangan umat islam. Diantaranya adalah puncak gunung ini diyakini sebagai tempat dimana Nabi Muhammad SAW menunjuk ke bulan dan membelahnya menjadi dua.

Selaiin Itu gunung ini juga menjadi gunung pertama yang diciptakan oleh Allah SWT di bumi. Dan Menurut at-Tabari, Nabi Adam AS wafat di kaki Gunung Abu Qubais dan dimakamkan juga disini. Hajar al-Aswad dilindungi di dalam gunung ini ketika Allah SWT mengirim banjir besar pada zaman Nabi Nuh AS.

10. Jabal Rahmah

Jabal-Rahman

Jabal rahmah merupakan sebuah bukit berbatu dimana disini merupakan tempat pertemuan antara Nabi Adam AS dan Siti Hawa, setelah dibuang ke bumi. Titik pertemuan ini ditandai dengan sebuah monumen yang terbuat dari beton dengan tinggi sekitar 8 meter dan lebar sekitar 1,8 meter.

Di bukit ini juga terjadi peristiwa penyembelihan hewan kurban untuk pertama kalinya oleh Nabi Ibrahim AS, setelah menerima mimpi untuk menyembelih anaknya sendiri, Ismail. Namun, atas seizin Allah SWT, Ismail berubah menjadi seekor domba, dan menjadi cikal bakal terjadinya Hari qurban.

11. Daar Maulid

Daar-Maulid

Daar Maulid adalah rumah Nabi Muhammad SAW, dimana terletak sekitar 200 meter dari Masjid Al-Haram, tepatnya di desa Suuq Lail. Disekitar rumah Rasulullah SAW, dahulu terdapat pasar yang sangat populer, yaitu pasar Seng.

Dimana ditempat ini Rasulullah SAW dilahirkan pada tahun gajah yaitu pada tanggal 12 Rabiul Awal. Di tempat ini pernah dibangun masjid sebagai tempat untuk beribadah, hingga pada tahun 666 Masehi, Malik Al Muzhaffar pemimpin pemerintahan saat itu, memperbaiki Daar Maulid menjadi lebih baik.

Saat ini Daar Maulid digunakan sebagai perpustakaan, dan banyak para peziarah yang belum terlalu akeab dengan tempat ini.

Itu dia beberapa tempat wisata ziarah di mekah. Selalu berpakaian sopan dan dilarang merusak segala sesuatu yang ada disini.

, , ,
Post Date: Friday 03rd, May 2019 / 16:30 Oleh :
Kategori : Arab Saudi