10 Oleh Oleh Umroh Unik Favorit Jamaah

Umroh adalah ibadah yang dilakukan di tanah suci. Akhir-akhir ini, masyarakat Indonesia banyak yang mendaftar umroh karena lebih cepat berangkat daripada haji. Tentunya setelah pulang dari perjalanan, para jamaah umroh ingin memberikan oleh oleh umroh unik kepada sanak saudara dan tetangga. Apa saja oleh-oleh unik yang direkomendasikan? Berikut beberapa di antaranya.

1. Kosmetik Arab

Kosmetik ArabMemberikan sajadah, mukenah, atau hijab mungkin sudah menjadi hal biasa. Jika Anda ingin menghadiahi kerabat dengan oleh-oleh yang unik sepulang dari ibadah umroh, coba berikan mereka kosmetik Arab.

Kosmetik Arab dikenal dengan kualitas yang baik. Dan lagi, kosmetik Arab pastilah halal, karena penduduknya mayoritas adalah orang Islam. Di Arab juga ada brand kosmetik internasional yang sebenarnya sudah ada di Indonesia.

Namun tentu kualitasnya akan berbeda, karena kosmetik tersebut dibuat sesuai dengan iklim Arab yang termasuk ke dalam iklim gurun. Anda bisa membeli Oleh Oleh Khas Umroh berupa kosmetik mulai dari lipstik, pelembab, dan semacamnya.

2. Perhiasan Arab

Perhiasan ArabSalah satu oleh oleh umroh unik yang menarik untuk dibeli sepulang dari tanah suci adalah perhiasan. Baik di Makkah maupun Madinah pasti ada toko perhiasan yang menjual banyak koleksi.

Salah satu yang paling laris adalah gelang Arab yang berwarna warni. Gelang ini ada yang dijual dengan harga murah dan ada juga yang dijual dengan harga mahal. Tergantung kualitasnya masing-masing.

Perhiasan Arab memang unik dan khas. Oleh-Oleh Khas Arab Untuk Wanita ini juga memiliki desain yang berbeda dengan negara lain. Sehingga sayang jika tidak membelinya langsung di Arab.

3. Gamis dan Abaya

Gamis dan AbayaGamis atau abaya merupakan oleh-oleh yang menarik untuk dibawa pulang dari ibadah umroh atau haji. Tentunya karena orang Arab kebanyakan menggunakan gamis sehari-harinya, Anda bisa membeli beberapa yang sesuai dengan selera.

Untuk gamis laki-laki, ada banyak penjual di sekitar masjid. Baik itu di pertokoan atau di pasar. Ukuran dan warnanya bervariasi. Bahan yang digunakan pun juga bervariasi. Anda bisa membeli yang sesuai dengan kebutuhan.

Abaya perempuan juga banyak dijual di sekitar masjid, dengan warna yang beragam dan desain yang sederhana. Walau sederhana, abaya Arab tetap menarik dan terlihat indah. Harga yang ditawarkan ada yang murah dan juga mahal.


4. Camilan Arab

Camilan ArabSalah satu benda yang pasti dibawa pulang oleh jamaah umroh adalah makanan Arab. Misalnya kacang Arab, kurma, kismis, cokelat, dan sebagainya.

Untuk kurma, yang paling baik adalah kurma nabi yang bernama Ajwa. Kurma ini memang lebih mahal dari jenis kurma lainnya. Namun rasanya juga paling enak. Ciri khasnya adalah berwarna hitam pekat dan memiliki serat berwarna putih.

Oleh oleh umroh unik lain yang sering dibawa pulang adalah roti yang dijual di supermarket. Roti ini memilikii cita rasa yang enak. Namun harganya juga cukup mahal. Ada banyak rasa yang bisa dibeli.

5. Al Quran

Al QuranAl Quran adalah kitab suci yang juga banyak dibawa pulang oleh jamaah umroh sebagai kenang-kenangan. Jika Anda ingin membeli Al Quran, carilah yang asli terbitan Madinah. Karena tidak semua Al Quran yang dijual pedagang adalah terbitan Madinah.

Ciri Al Quran terbitan Madinah adalah memiliki stempel khusus. Al Quran asli inilah yang bisa diwakafkan di masjid. Harganya memang akan lebih mahal dari Al Quran lainnya. Namun Al Quran selain yang bertanda tidak bisa diwakafkan di masjid.

Namun jika Anda tidak terlalu membutuhkan Al Quran yang asli terbitan Madinah, membeli Al Quran apapun tidak menjadi masalah untuk Anda sebagai Oleh Oleh Khas Arab Saudi. Di sana ada banyak Al Quran dengan berbagai macam cover serta ukuran.

6. Parfum

ParfumArab dikenal dengan parfumnya, sehingga Anda bisa membeli beberapa parfum untuk oleh oleh umroh unik. Parfum ini dijual dengan berbagai wangi dan merk serta ukuran. Ada ukuran yang paling kecil hingga yang paling besar.

Parfum ukuran kecil yang dijual dengan harga relatif murah biasanya diborong untuk oleh-oleh kerabat. Namun Anda pun bisa memilih parfum yang lebih mahal. Tentunya kualitasnya akan lebih baik.

Membeli parfum saat umroh bisa dilakukan di sekitar masjid. Atau ketika pulang dan melewati pasar, maka di sana akan ditemukan banyak parfum dari yang murah hingga yang mahal.

7. Kurma Muda

Kurma MudaSelain kurma matang, Oleh Oleh Makanan Khas Arab unik yang bisa dibeli adalah kurma muda. Kurma muda ini memiliki khasiat yang banyak untuk kesehatan. Salah satu yang terkenal adalah untuk kesuburan dan bermanfaat untuk kehamilan.

Kurma muda berwarna hijau dan biasanya dijual sudah dalam kemasan plastik. Jika ingin membelinya, sebaiknya membeli pada hari terakhir berada di Arab Saudi. Karena jika membeli di awal-awal kunjungan, kurma bisa matang sebelum sampai di tanah air.

Biasanya jamaah umroh membelinya di Pasar Balad yang berada di kota Jeddah sebelum menuju ke bandara untuk pulang.

8. Hati Unta

Hati UntaSelain kurma muda, jenis oleh oleh umroh unik yang bisa dibawa pulang adalah hati unta. Hati unta ini biasanya juga dibeli pada kunjungan terakhir jamaah umroh sebelum kembali ke tanah air.

Hati unta ini juga memiliki keutamaan dan manfaat tersendiri untuk kesehatan. Bahkan juga bisa digunakan sebagai terapi pengobatan untuk berbagai jenis penyakit. Misalnya penyakit asma.

Cara memasak hati unta juga bermacam-macam, tergantung kebutuhan. Bisa digoreng, dipanggang, ditumbuk menjadi bubuk, dan sebagainya. Hati unta juga bisa membantu mengatasi rasa lelah dan menambah energi.

9. Pernak Pernik Ibadah

Pernak Pernik IbadahAnda akan menjumpai banyak orang yang menjual pernak pernik ibadah saat berada di tanah suci. Entah itu berupa sajadah, tasbih, kopyah, dan sebagainya. Membeli pernak pernik ibadah semacam ini memang bisa dilakukan di tanah air. Namun akan membawa kenangan tersendiri jika membelinya langsung di Arab.

Misalnya kopyah, Anda bisa membeli dalam jumlah banyak. Kopyah ini biasanya memiliki motif dan warna tersendiri yang menjadikannya menarik.

Demikian pula dengan sajadah yang memiliki warna serta corak yang bervariasi. Untuk harganya sendiri dijual sesuai dengan kualitas bahan yang digunakan. Ada yang murah dan ada yang mahal


10. Surban

SurbanSalah satu ciri dari orang Arab laki-laki adalah mengenakan surban. Anda bisa membeli beberapa lembar kain surban di toko-toko dekat masjid. Biasanya Oleh-Oleh Khas Arab Untuk Pria ini dijual dengan harga yang relatif murah, sehingga Anda bisa memborongnya beberapa helai.

Ada banyak warna dan motif juga yang ditawarkan. Mulai dari kotak-kotak, polos, dan sebagainya. Surban ini bisa dijadikan penutup kepala, syal, maupun selendang untuk melindungi wajah dari terik matahari.

Mengingat Arab adalah negeri gurun yang panas dan berdebu, surban akan banyak membantu Anda saat jalan-jalan di sana. Sekaligus bisa menjadi oleh-oleh khas yang dibawa pulang.

Demikianlah beberapa oleh oleh umroh unik yang bisa dibawa pulang untuk pribadi maupun diberikan kepada orang lain. Semoga bisa memberikan referensi oleh-oleh unik yang berkesan untuk Anda.

, , , ,
Post Date: Thursday 20th, September 2018 / 10:09 Oleh :
Kategori : Arab Saudi