6 Tempat Yang Di kunjungi Saat Umroh

Umroh atau ada yang menyebutnya juga sebagai haji kecil adalah salah satu ibadah yang cukup penting bagi umat islam. Ibadah umroh pada dasarnya adalah salah satu ibadah yang bisa diaktakan hampir mirip dengan ibadah haji.

Ada beberapa amalan yang dilakukan pada saat ibadah haji dan juga di lakukan pada saat ibadah umroh. Namun, ada juga beberapa hal yang membedakan keduanya.

Salah satu hal yang membedakan keduanya adalah waktu pelaksanaanya. Ibadah hai hanya bisa dilaksanakan satu kali dalam satu tahun yaitu pada saat bulan haji. Sedangkan ibadah umroh dapat dilakukan beberapa kali dalam satu tahun. hal tersebut karena ibadah umroh jauh lebih fleksibel jika dibandingkan ibadah haji.

Pada saat pelaksanaan ibadah umroh ada beberapa lokasi yang bisa dikatakan wajib hukumnya untuk di kunjungi. Kali ini kita memang akan membahas mengenai beberapa tempat yang di kunjungi saat umroh. Lokasi tersebut kebanyakan adalah lokasi wisata religi yang cukup sakral bagi umat islam. Beberapa tempat yang biasa di datangi saat umroh adalah.

1. Masjid Bir Ali

Masjid-Bir-AliTempat yang di kunjungi saat umroh pertama kali ini berada di kawasan kota madinah. Kawasan  masjid Bir Ali ini merupakan salah satu dari beberapa tempat bersejarah di Madinah yang posisinya sangat penting bagi mereka yang akan melaksanakan ibadah umroh.

Berdasarkan sejarah yang ada, kawasan Masjid Bir Ali ini dulu adalah lokasi Nabi Muhammad beristirahat ketika hendak menuju makkah untuk Umroh. Pada awalnya lokasi istirahat nabi tersebut adalah sebuah pohon yang berasal dari jenis akasia.

Namun, oleh Syyaidina Ali bin Abi Thalib Ra kawasan tersebut kemudian di rubah menjadi masjid. Penamaan Bir ali sendiri karena pada masanya Syyaidina Ali bin Abi Thalib Ra banyak sekali membuat sumur di sekitar kawasan tersebut.

Namun, kini sumur-sumur tersebut sudah banyak yang tidak nampak. Bagi mereka yang akan melaksanakan umrah akan berkunjung terlebih dahulu di masjid yang satu ini. Ketika berada di masjid ini, maka mereka akan mandi dan sholat sunnah ihram dan kembali mengucapkan niat ihram.

2. Masjidil Haram

Masjidil-Haram1Lokasi berikutnya yang akan selalu di kunjungi adalah sebauh lokasi yang sangat penting bagi pelaksanaan ibadah umroh.

Masjidil haram merupakan salah satu tempat bersejarah di Makkah yang bisa dikatakan tak akan pernah terlewatkan.

Pada masjid inilah pusat utama dari seluruh kegiatan umroh yang akan di langsungkan. Hal tersebut karena di masjid ini terdapat bangunan Ka’bah yang menjadi pusat kiblat ibadah setiap muslim yang ada di dunia.

Masjidil Haram sendiri merupakan salah satu masjid yang sangat besar dan bisa dikatakan tak pernah sepi dengan mereka yang datang berkunjung untuk beribadah. Bahkan hingga tengah malam pun kita masih akan menemukan orang-orang yang datang beribadah. Terkadang ada juga beberapa jamaah umroh yang akan menghabiskan waktu malam mereka di masjid ini.

Mereka yang menghabiskan waktu di lokasi ini bisanya lebih banyak berdoa. Sebagai salah satu tempat yang sakral, maka tak mengherankan jika kawasan Masjidil Haram di anggap suci. Jika di anggap sebagai sebuah destinasi wisata, maka Masjidil Haram adalah lokasi wisata yang memiliki tingkat kunjungan tertinggi di dunia.

3. Maqom Ibrahim

Maqom-IbrahimTempat yang di kunjungi saat umroh selanjutnya pada dasarnya masih berada dalam lingkungan Masjidil Haram. Tempat yang satu ini disebut dengan Maqom Ibrahim, namun jangan sampai kalian berpikiran bahwa tempat ini tempat dimana Nabi Ibrahim di makamkan.

Selain menjadi lokasi yang sering di datangi saat pelaksanaan ibadah umroh. Kawasan Maqom Ibrahim sendiri juga merupakan tempat yang di kunjungi saat haji. Maqom Ibrahim merupakan tempat dimana nabi ibrahim berpijak saat membangun Ka’bah pertama kali.

Letak dari Maqom Ibrahim sendiri berada di sebelah timur Ka’bah, sebuah sangkar kaca dijadikan sebagai penutup Maqom Ibrahim. Ada beberapa hadist yang mengatakan bahwa berdoa di depan Maqom Ibrahim maka doa kita akan di kabulkan oleh Allah SWT. Jika kita menengok kedalam sangkar tersebut maka kita masih akan melihat bekas jejak nabi ibrahim ketika sedang membangun Ka’bah waktu itu.

4. Sofa dan Marwa

Sofa-dan-MarwaSebagai salah satu tempat bersejarah di Arab Saudi, keberadaan Sofa dan Marwa memang sangat penting.

Kawasan yang satu ini merupakan salah satu tempat untuk melaksanakan rukun umroh yang sangat penting. Sofa dan Marwa pada dasarnya merupakan bukit kecil yang berada tak jauh dari Masjidil Haram.

Berdasarkan sejarah yang ada, awal mula dari kegiatan Sa’i adalah untuk meniru perilaku dari Siti Hajar yang merupakan istri dari Nabi Ibrahim As. Siti hajar berlari-lari kecil di antara kedua bukit tersebut untuk mencarikan bantuan air yang akan diberikan pada Nabi Ismail As.

Untuk mengenang amalan tersebut maka Sa’i menjadi salah satu rukun wajib yang akan dilakukan oleh para jaamaah umroh maupun jamaah haji. Biasanya setelah melakukan rukun ini, maka para jamaah akan melakukan tahalul atau pemotongan rambut.

5. Masjid Nabawi

Masjid-NabawiTempat yang satu ini merupakan salah satu dari beberapa tempat wisata di Madinah yang cukup penting. Meskipun dalam kondisinya wisata tersebut berbeda dengan wisata yang pada umumnya dilakukan di beberapa tempat.

Jika di hubungkan dengan kegiatan Umroh, maka Masjid Nabawi merupakan  tempat untuk melaksanakan sholat subuh pertama sebelum melaksanakan ibadah umroh. Masjid yang satu ini merupakan salah satu masjid yang di bangun secara langsung oleh Nabi Muhammad SAW.

Hingga kini masjid yang satu ini telah menjadi salah satu masjid terbesar yang ada di dunia. Masjid Nabawi juga menjadi salah dari beberapa tempat yang di kunjungi saat umroh.

Hal ini dikarenakan Masjid Nabawi dianggap sebagai salah satu tempat suci setelah Masjidil haram yang ada di Mekkah. Pada dasarnya masjid yang satu ini merupakan masjid yang berdiri di atas bekas tempat tinggal Nabi Muhammad SAW saat berada di Madinah. Hal tersebutlah yang membuat kawasan masjid ini menjadi spesial posisinya di kalangan masyarakat muslim.

6. Raudhoh

RaudhohLetak dari lokasi yang satu ini masih berada di dalam Masjid Nabawi, atau lebih tempatnya berada di antara Makan Nabi Muhammad SAW dengan Mimbar masjid.

Lokasi yang satu tak pernah sepi dengan yang namanya pengunjung. Mereka yang datang di tempat ini akan mengutarakan doa dan harapan mereka.

Hal tersebut karena Raudhoh di anggap sebagai salah satu tempat yang sangat baik untuk menghaturkan doa kepada Allah SWT. Dengan kepercayaan itulah maka para jamaah baik haji maupun umroh akan menyempatkan waktu mereka guna mengunjungi lokasi yang satu ini.

Itulah tadi beberapa tempat yang di kunjungi saat umroh dilakukan. Lokasi yang di kunjungi pada saat ibadah umroh memang terbagi menjadi dua bagian yaitu ada di kawasan Makkah dan juga Madinah. Namun, hal tersebut pastinya tak akan mengurangi rasa Khusyuk yang selalu dirasakan oleh para jamaah Umroh. Semoga kita bisa mengunjungi lokasi-lokasi tersebut nanti.

, , , ,
Post Date: Monday 17th, June 2019 / 10:34 Oleh :
Kategori : Arab Saudi