7 Tempat Wisata Umroh Yang Wajib Dikunjungi

Umroh merupakan salah satu ibadah yang memiliki posisi spesial bagi umat muslim. Meskipun sama dan hampir mirip, namun ada beberapa hal yang membuat ibadah satu ini berbeda dengan ibadah haji. Salah satunya adalah ibadah umroh dapat kita lakukan lebih dari sekali dalam satu tahun. Sedangkan ibadah haji hanya isa kita lakukan sekali dalam satu tahun.

Selain itu ada beberapa amalan dan kegiatan yang kita lakukan pada saat haji, namun amalan dan ibadah tersebut tidak kita lakukan saat umroh. Tapi kini kondisi dan posisi umroh menjadi sesuatu hal yang berbeda.

Jika dulu umroh hanya fokus terhadap ibadah saja. Tapi, kini ketika seseorang pergi umroh maka terkadang ia juga melakukan perjalanan wisata. Biasanya hal ini banyak ditawarkan oleh para penyelenggara umroh.

Kali ini kita akan membahas mengenai beberapa destinasi tempat wisata umroh yang biasa di kunjungi. Lokasi wisata yang di kunjungi pun sedikit banyak masih memiliki nilai sejarah dan juga nilai religi yang berhubungan erat dengan agama islam. Ada beberapa lokasi yang bisa di kunjungi, seperti

1. Masjidil Haram

Masjidil-HaramTempat wisata umroh yang pertama kali akan di kunjungi adalah Masjidil Haram. Bangunan yang satu ini merupakan salah satu bangunan yang sangat penting bagi ibadah haji maupun umroh.

Meskipun bukan merupakan sebuah destinasi tempat wisata, namun mengunjungi lokasi yang satu ini adalah sebuah keharusan dan kewajiban. Apalagi di dalam kompleks bangunan ini terdapat ka’bah yang merupakan kiblat penting bagi umat islam saat beribadah.

Masjidil haram sendiri merupakan salah satu masjid yang sangat ramai di dunia. Bahkan jika di anggap sebagai masjidil haram adalah sebuah kawasan  wisata, maka masjidil haram adalah lokasi yang memiliki pengunjung tertinggi di dunia.

Setiap umat islam dari penjuru dunia akan menyempatkan diri mereka untuk datang ke tempat ini. dengan nilai sejarah yang cukup tinggi maka tak mengherankan jika masjid yang satu ini juga menjadi salah satu tempat wisata ziarah di mekkah yang cukup penting.

2. Jabal Uhud

Jabal-UhudLokasi selanjutnya yang cukup sering di kunjungi oleh para jamaah umroh berada di daerah madinah.

Lokasi wisata yang satu ini merupakan salah satu dari beberapa Tempat bersejarah di Madinah, yang dapat kita temukan.

Lokasi yang satu ini merupakan saksi bisu dari perang uhud yang sangat penting bagi umat islam. Lokasi wisata yang satu ini selalu dipenuhi oleh jamaah umroh yang setiap kali datang berkunjung, setelah menyelesaikan ibadah umroh mereka di Mekah.

Selain dapat melihat bukit uhud yang sangat terkenal. Maka biasanya para jamaah akan menyempatkan diri untuk berkunjung ke beberapa makam syuhada yang gugur ketika melaksanakan perang uhud.

Jika kita perhatikan tak kurang dari 70 maka yang dapat kita temukan di lokasi ini. jika kalian berkesempatan untuk mengunjungi lokasi ini, maka jangan lupa juga untuk berziarah ke makan-makam tersebut.

3. Masjid Jawatha

Masjid-JawathaKawasan tempat wisata umroh yang satu ini merupakan salah satu tempat bersejarah di arab saudi yang cukup menarik untuk kunjungi.

Kawasan wisata yang satu ini merupakan salah satu dari beberapa masjid tertua yang ada di arab saudi. Bahkan bisa dikatakan bahwa masjid yang satu ini merupakan masjid pertama yang di bangun di arab saudi bagian timur.

Namun, sangat disayangkan adalah bangunan yang satu ini kini telah menjadi reruntuhan saja. akan tetapi satu hal yang cukup menarik adalah masjid yang satu ini masih digunakan untuk beribadah seperti biasa. Walaupun sebagian besar dari bangunan masjid ini telah menjadi reruntuhan.

4. Masjid Quba

Masjid-QubaSelain menjadi salah satu dari beberapa lokasi wisata religi yang sangat penting bagi umat islam. Nama masjid Quba juga merupakan alah satu dari beberapa tempat wisata di madinah yang selalu ramai di kunjungi.

Setiap musim haji ataupun musim umrah, masjid yang satu ini pasti akan menjadi lokasi yang banyak dikunjungi oleh jamaah. Masjid quba sendiri merupakan masjid yang pertama kali dibangun oleh Nabi Muhammad SAW.

Pembangunan masjid ini sendiri dilaksanakan pada tahun 622 Masehi atau pada 1 hijriyah. Meskipun pada awalnya masjid yang satu ini tidak semegah seperti sekarang, namun dengan berbagai macam perbaikan maka masjid yang satu ini kini berubah menjadi salah satu lokasi yang sangat indah dengan berbagai macam kelebihan yang dimilikinya.

5. Pasar Kurma Madinah

Pasar-Kurma-MadinahJika tadi kita sudah beberapa kali membahas mengenai beberapa tempat wisata Umroh yang berhubungan erat dengan wisata religi.

Maka lokasi wisata yang satu ini mungkin bisa dikatakan cukup menarik dan berbeda dari yang lain. Jika kita berbicara mengenai Arab saudi maka selain membicarakan beberapa lokasi ibadah haji dan umroh, kita juga bisa membicarakan mengenai beberapa lokasi wisata belanja di dalamnya.

Nah, pasar kurma madinah ini adalah salah satu dari beberapa tempat belanja murah di madinah yang menyediakan berbagai macam jenis kurma. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa kurma adalah salah satu jenis makanan khas yang sangat identik dengan budaya arab.

Bahkan pada waktu-waktu khusus maka kurma arab adalah salah satu jenis kurma yang cukup banyak di cari oleh para jamaah umroh maupun haji. Jika kita mengunjungi pasar kurma madinah ini, kita dapat memilih berbagai macam jenis kurma dengan cita rasa dan tekstur yang berbeda-beda.

6. Pasar Zakfariah

Pasar-ZakfariahPelaksanaan ibadah umroh yang ada di kota mekkah memang memiliki kelebihan tersendiri. Kota ini memang memiliki posisi khusus yang membuatnya berbeda dari kawasan kota lain yang ada di arab saudi.

Selain melaksanakan kegiatan peribadatan biasanya para jamaah umroh akan melakukan beberapa kegiatan lain, salah satunya adalah berbelanja. Jika kalian berkesempatan melakukan ibadah umroh dan ingin membeli oleh-oleh umroh di kawasan makkah, maka Pasar Zakfariah adalah salah satu lokasi yang pastinya tak boleh kalian lewatkan begitu saja.

Pasar yang satu ini merupakan salah satu pusat jual beli yang tak jauh dari Masjidil Haram. Jika kalian berkunjung di pasar ini maka kalian akan menemukan berbagai macam jenis barang yang cukup menarik untuk kalian bawa pulang.

7. Jannat Al-Baqi

Jannat-Al-BaqiKawasan tempat wisata umroh yang satu ini mungkin cukup berbeda dari kawasan yang lain. Meskipun dibilang sebagai kawasan wisata, namun pada dasarnya tempat ini adalah sebuah makam yang cukup luas dan cukup bersejarah.

Pada masa awalnya Jannat Al-Baqi merupakan salah satu kawasan yang digunakan untuk memakamkan baik jamaah haji mupun jamaah umroh yang meninggal di Mekkah. Biasanya mereka yang berkunjung ke kawasan yang satu ini memiliki kerabat atau saudara yang meninggal dan kemudian di makamkan di lokasi ini. Tak ada salahnya untuk kalian sejenak berkunjung ke tempat ini.

Itulah tadi beberapa tempat wisata umroh yang bisa kalian kunjungi ketika sedang melakukan ibadah umroh. Pastikan bahwa ibadah umroh yang kita lakukan dalam keadaan khusyuk terlebih dahulu. Barulah kemudian kita dapat mengunjungi lokasi-lokasi wisata tersebut. Semoga informasi tadi bermanfaat.

, , , ,
Post Date: Monday 17th, June 2019 / 09:20 Oleh :
Kategori : Arab Saudi