11 Oleh – Oleh Makanan Khas Australia Yang Wajib Dibawa Pulang

Siapa yang tak mau berkunjung ke Australia, negara sekaligus Benua yang berada di Timur Indonesia ini adalah salah satu gerbang terdekat wisatawan Indonesia untuk merasakan berwisata ke negara dengan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utamanya. Australia yang juga dekat dengan bagian Timur dari Indonesia ini juga tidak membutuhkan perjalanan jauh untuk mencapainya seperti Times Square New York yang berada jauh di Amerika Serikat.

Tidak hanya terkenal sebagai negara yang memiliki banyak budaya dan atraksi yang menarik, karena tempat wisata di Australia yang memang beragam jenisnya mulai dari wisata modern, alam, hingga yang lebih unik. Australia juga kerap dikunjungi bahkan diidam-idamkan untuk menjadi tempat tinggal karena kehidupan bermasyarakatnya yang multi budaya dan pesonanya yang tidak bisa dibantah.

Meski telah banyak orang Indonesia mengunjungi negeri yang terkenal dengan binatang endemiknya seperti kanguru dan koala, belum banyak orang Indonesia yang mengetahui makanan khas apalagi oleh – oleh kuliner setempat yang bisa dibawa pulang agar bisa dicicipi dan dinikmati oleh seluruh keluarga dan kerabat yang berada di tanah air. Berikut ini kami rekomendasikan beberapa oleh-oleh makanan khas Australia yang perlu dibawa pulang yang dijamin akan membuat lidah bergoyang.

  • Vegemite

vegemite 1

Makanan ini bisa dibilang adalah yang paling Australia dan yang paling terkenal dari semua yang ada di daftar ini. Hampir semua pesohor Australia di kelas dunia akan menyebut vegemite sebagai salah satu makanan khas yang harus dicicipi dan betapa mereka merindukannya. Sebenarnya vegemite adalah sejenis selai yang dibuat oleh Cyril Percy Callister di Melbourne pada 1922.

Vegemite dibuat dari ekstrak ragi yang dicampur dengan beragam sayur mayur dan bumbu rempah. Warnanya hitam dan teksturnya sangat pekat. Vegemite biasanya dimakan sebagai saat sarapan atau di saat waktu makan lainnya untuk dioles di atas permukaan roti tawar yang telah dipanggang terlebih dulu. Selain dimakan langsung, Vegemite juga biasa dipakai untuk campuran kaldu atau saus gravy sebagai penambah rasa karena unsur MSG alaminya yang kuat.

  • Milo

miloBanyak makanan yang mungkin sekarang telah mengglobal sehingga setiap orang di berbagai negara mengenal mereknya, seperti Milo yang tersedia di berbagai negara. Namun kenyataannya, rasa milo tetap berbeda dari satu negara ke negara lainnya.

Milo di Australia kerap menarik minat wisatawan untuk dijadikan oleh – oleh pulang karena rasanya yang memang cocok untuk melengkapi secangkir susu hangat. Lagipula membeli sebuah produk langsung dari negara asal produksinya tentu tak salah, bukan?


  • Muesli

Makanan ini mungkin sebenarnya adalah miliki Jerman, namun bila kamu tengah melakukan kunjungan ke Australia, muesli adalah salah satu makanan yang juga tak boleh dilewatkan karena variannya yang cukup banyak dan juga tentunya harganya yang lebih murah dibandingkan muesli di Indonesia, yang mungkin juga cukup sukar didapat. Muesli adalah salah satu alternatif sarapan sehat dan enak yang bisa dimakan bersama buah, susu, dan madu.

  • Coklat Tim Tams

Banyak daru kita mungkin sudah mengenal merek coklat satu ini karena produknya yang memang berjejer sebagai salah satu biskuit coklat favorit di supermarket. Namun tak banyak yang tahu bahwa produk ini adalah salah satu oleh – oleh khas Australia yang perlu kamu bawa pulang. Karena coklat tim tam yang ada di Australia ini memiliki rasa berbeda yang jauh lebih terasa coklat susunya.

Coklat tim tam juga merupakan salah satu menu utama cemilan di meja seluruh orang Australia, jadi tentunya cocok sekali untuk dimasukkan daftar oleh – oleh makanan khas Australia yang perlu dibawa pulang.

  • Coklat Haigh’s

haigh's coklatHaigh adalah produsen coklat tertua di Australia yang memulai produksinya sejak tahun 1915. Mereka telah menjual banyak coklat baik di dalam maupun luar Australia yang menjadi coklat ini wajib di beli dan di jadikan oleh oleh.

Produk coklatnya yang paling terkenal adalah chocolate frogs and freckles yang dibalur coklat kecil warna-warni. Selain itu, mereka juga memproduksi coklat yang cukup mewah dalam kemasan hadiah yakni coklat buatan tangan dengan jamur truffle yang selalu digemari para penggemar coklat (yang punya uang tentunya).

  • Saus Tomat Beerenberg

Saus tomat mungkin tak terdengar terlalu spesial untuk dijadikan oleh – oleh. Namun tunggu dulu sampai kamu mendengar bahwa Beerenberg adalah sebuah perusahaan yang dikelola oleh keluarga asal Adelaide yang telah melakukan banyak ekspor untuk produk saus, selai, dan madu mereka. Saus tomatnya sendiri memiliki rasa berbeda dengan campuran tomat, apel, cabai, dan rempah di dalamnya. Orang Australia biasanya memakannya bersama sosis atau fish and chips.

  • Minuman Lemon Bickford’s

bickfordBagi yang tak punya masalah meminum minuman beralkohol, produk dari Bickford’s yakni liquor jeruk nipis dan juga campuran es kopi adalah dua produk yang mesti kamu bawa pulang untuk dinikmati bersama keluarga. Bickford’s telah memulai usahanya sejak 1840 dan dari tahun 1870 juga mulai membuat beragam produk minuman liquor, sirup, dan minuman lainnya yang selalu berkualitas tinggi. Dua produk yang kami rekomendasikan adalah yang juga kerap mendapat penghargaan.

  • Menz Fruchocs

Nama merek yang satu ini sebenarnya adalah produsen beragam buah kering, manisan, permen, dan juga produk coklat. Namun produk mereka yang paling terkenal adalah Fruchocs, yakni aprikot kering dan buah peach kering yang dilapisi dengan coklat hingga berbentuk seperti bola. Saat ini juga tersedia beragam buah kering lain yang dibuat Menz dengan baluran coklat serupa seperti nanas kering, ceri, juga black currant, namun sebagian besar masih menjadikan produk original sebagai favorit mereka.

  • Tasty Toobs

Bila kamu adalah penyuka makanan gurih dan renyah, maka Tasty Toobs tak boleh dilewatkan. Sebenarnya, dilihat dari bentuknya, ia sejenis makanan ringan biasa. Mungkin bagi kita makanan ini tidak cocok dijadikan oleh – oleh, namun makanan ini digilai orang Australia.

Produk ini juga memiliki rasa berbeda yang selalu membuat semua orang kembali ingin membelinya lagi dan lagi. Rasa tomatnya yang asin dan gurih membuat orang Australia melakukan protes ketika produksinya dihentikan karena penurunan penjualan di tahun 2000, sehingga produksi kembali dilanjutkan pada 2006.

  • Pasta Buah Maggie Beer’s

saus tomatJangan hanya bawakan teman dan kerabat di rumah dengan foto – foto kamu yang tengah berpose bersama Sydney Opera House di Australia! Biarkan mereka merasakan juga rasa negeri terbesar dari gugusan Oseania ini. Salah satunya adalah dengan membawakan pasta buah Maggie Beer’s.

Produk satu ini sangat cocok untuk dijadikan oleh – oleh makanan khas Australia yang perlu dibawa pulang karena memang makanan ini adalah salah satu kegemaran orang Australia.


Maggie sendiri adalah nama dari seorang tukang masak yang sudah sangat terkenal di Australia karena kerap tampil di televisi juga mengeluarkan buku masak dengan beragam menunya. Ia juga memiliki beberapa restoran dan produk ternama yang terdiri dari eskrim, saus, kaldu, dan juga pasta. Ya, pasta di sini adalah pasta buah seperti ara, plum, dan quince yang kerap dimakan saat sarapan bersama keju dan roti, nikmat sekali.

  • Crumpets

Kue ini sangat terkenal di banyak negara persemakmuran Inggris terutama Britania Raya, New Zealand, dan Australia. Kue ini dibuat dari campuran adonan tepung, ragi, dan susu atau air yang tidak diberikan pemanis atau gula. Biasanya kue ini dimakan saat sarapan dengan mengoleskan mentega ke atas permukaannya saat masih panas. Teksturnya sangat empuk dan lembut. Mereka tersedia di banyak supermarket dan bisa kamu beli dalam jumlah paketan.

, , , ,
Post Date: Friday 20th, April 2018 / 03:30 Oleh :
Kategori : Australia