8 Souvenir Khas Madinah Terfavorit Yang Wajib Anda Bawa Pulang

Setiap tahunnya ada jutaan orang yang pergi ke Mekkah atau Madinah untuk menunaikan ibadah Umrah maupun Haji. Perjalanan haji atau umrah kini tidak hanya di jadikan sebagai perjalanan ibadah saja, namun juga sebagai perjalanan wisata untuk mengunjungi tempat wisata di Arab Saudi.

Sebelum berangkat haji biasanya Jamaah yang akan berangkat meminta doa ke tetangga dan keluarga untuk meminta doa agar selamat saat di perjalanan. Namun ketika para Jamaah sudah pulang tidak sedikit juga yang ingin berkunjung untuk meminta doa maupun untuk mendapatkan oleh-oleh ataupun souvenir khas Mekah atau Madinah.

Setelah menunaikan ibadah Haji, biasanya para Jamaah ini akan langsung mencari berbagai oleh-oleh dan souvenir khas Madinah atau Mekah yang akan mereka beli untuk di bagikan kepada keluarga yang sudah menunggu di rumah. Adapun souvenir khas Madinah yang paling sering di buru Jamaah Haji atau Umrah adalah sebagai berikut.

  • Air Zam-Zam

air zam zamAir ini menjadi oleh-oleh yang wajib untuk di beli ketika melaksanakan ibadah Umrah atau Haji di Madinah. Air Zam-Zam terkenal dengan seribu manfaatnya, antara lain seperti menyembuhkan berbagai macam penyakit dan mendatangkan keberkahan bagi siapa saja yang meminumnya. Air ini juga terkenal dengan kualitas yang sangat baik serta unggul dan tidak ada tandingannya di dunia.

Dahulu untuk mendapatkan Air Zam-Zam para Jamaah harus membawa botol kosong sendiri untuk di isi Air Zam-Zam di Masjid Nabawi ataupun Masjidil Haram. Namun kini di era yang semakin maju dan canggih ini, Pemerintah Arab Saudi membangun perusahaan khusus untuk mengelola Air Zam-Zam. Perusahaan ini kemudian di beri nama Zamazimah dan berlokasi di Kuday yang tepatnya bersebelahan dengan daerah parkir Bis Haji. Jika Anda melakukan perjalan Ibadah Haji maupun Umrah Anda juga dapat mencoba jalan-jalan murah ke Vietnam yang masih menjadi negara bagian Asia.

Untuk mendapatkan Air Zam-Zam di perusahaan ini para Jamaah harus membayar sebanyak 5 riyal. Namun harga ini bukanlah harga untuk menjual Air Zam-Zam tetapi harga untuk memasarkan bungkus dan labelnya. Hanya dengan 5 riyal para Jamaah akan mendapatkan 10 liter Air Zam-Zam yang sudah di bungkus di dalam botol besar. Di tempat lain Air Zam-Zam dijual dengan harga 10 hingga 15 riyal.

  • Kurma

kurma 1Kurma juga menjadi oleh-oleh yang wajib di bawa pulang. Tumbuhan yang mempunyai nama latin Phoenix Dactylifera ini merupakan tumbuhan yang mengandung banyak gizi, seperti serat, protein, kabohidrat, air, mangan, sedikit lemak, dan juga Vitamin C.


Kurma merupakan tumbuhan yang familiar dan populer di kota Madinah dan tanaman ini tumbuh di seluruh tanah Arab. Namun ada satu kurma yang hanya dapat tumbuh di tanah kota Madinah yaitu kurma Nabi atau di kenal dengan nama kurma Ajwa.

Kurma Ajwa ini sangat di sarankan Nabi Muhammad SAW untuk di konsumsi sebanyak tujuh buah di saat pagi hari atau waktu sahur dan saat buka puasa. Seperti diriwayatkan dalam hadist Shahih Al-Bukhari, “Barang siapa di waktu pagi hari memakan tujuh buah kurma Ajwa, maka pada hari itu dia tidak mudah keracunan dan terserang penyakit.”. Untuk harga kurma Ajwa sendiri di banderol dengan harga 60 hingga 80 riyal untuk perkilonya. Terbilang cukup mahal di bandingkan dengan harga kurma jenis lain. Namun harga ini setara dengan sisi khusus yang dimiliki kurma Ajwa. Di Madinah juga banyak toko yang menjual oleh-oleh makanan khas Arab.

  • Sajadah

sajadah asli madinahPilihan souvenir khas Madinah yang dapat Anda beli sebagai buah tangan keluarga di rumah adalah Sajadah. Banyak sajadah di kota Madinah yang memiliki gambar yang unik dan indah. Seperti sajadah bergambar Masjid Nabawi kota Madinah, bergambar Masjidil Haram, ataupun sajadah dengan gambar kaligrafi dengan motif Islami.

Hingga saat ini sajadah masih menjadi salah satu souvenir utama yang wajib untuk di bawa pulang. Sebagian besar sajadah yang di perjualbelikan di kota Madinah adalah sajadah yang di buat di kota Turki.

Namun ada juga sajadah yang terbuat dari negaara China maupun dari negara Saudi. Sedangkan untuk harga, sajadah bercorak cantik ini bisa Anda dapatkan dengan uang 10 hingga 100 riyal. Jika Anda membeli kodian, sajadah ini biasanya di jual dengan harga 250.000,- hingga 3.500.000,- setiap kodinya.

  • Tasbih

TasbihTasbih masih menjadi pilihan terfavorit bagi para Jamaah untuk di jadikan souvenir yang di bawa pulang. Harganya yang relatif murah hanya dengan uang 10 riyal Anda sudah mendapat 20 tasbih untuk di bawa pulang menjadikan tasbih ini souvenir utama yang harus di beli.

Dan lagi tasbih memiliki berat yang sangat ringan dan tidak memakan banyak tempat menjadikan alasan lain kenapa tasbih masih banyak di gemari sebagai souvenir khas Madinah. Namun jangan salah, bukan berarti di kota Madinah tidak ada tasbih yang mempunyai harga mahal.

Banyak tasbih yang terbuat dari batuan berharga seperti batuan fairuz, rubi, dan batuan permata dengan kualitas tinggi yang memiliki harga hingga ribuan riyal. Ketika Anda pergi ke Arab Saudi untuk beribadah jangan lupa untuk berkunjung ke tempat wisata yang di miliki kota ini.

  • Siwak

SiwakSiwak atau yang sering di kenal dengan sikat gigi tradisional yang pernah digunakan oleh Nabi Muhammad SAW ini menjadi salah satu souvenir yang di buru para Jamaah Haji.

Anda dapat dengan mudah menemukan sikat gigi tradisional ini di sekitar Masjid Nabawi dan Masjidil Haram. Biasanya para pedagang kaki lima sudah memotong dan mengukir siwak ini dan di pasarkan secara lusinan dengan harga 5 hingga 10 riyal per lusinnya.

Siwak biasanya di gunakan untuk membersihkan gigi dari kotoran setelah makan maupun setelah bangun tidur. Sikat gigi tradisional ini juga sering di bawa berpergian oleh raja Arab Saudi. Setelah Anda melakukan perjalanan ibadah ke tanah Madinah tidak ada salahnya jika Anda melanjutkan jalan-jalan murah ke Singapura, dimana negara ini masih menjadi bagian dari benua Asia.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacanganDi kota Madinah banyak sekali penjual kacang-kacang yang dapat di jadikan salah satu rekomendasi oleh-oleh yang dapat Anda bawa pulang. Meski kebanyakan kacang-kacangan di kota Madinah yang bukan berasal asli dari Saudi seperti kacang almond, namun hal kacang-kacangan tetap banyak di buru oleh para Jamaah Haji dan Umrah untuk di bawa pulang sebagai oleh-oleh khas kota Madinah.

Hal ini di karenakan kacang yang memiliki banyak serat dan di percaya dapat mencegah berbagai penyakit seperti jantung dan kolesterol tinggi. Selain itu karena kacang-kacangan memiliki berat yang ringan dan tidak memakan banyak tempat serta kacang-kacangan memiliki harga yang sangat terjangkau yakni hanya di jual seharga 10 sampai 50 riyal per kilonya.

  • Ma’moul

Kue mamooulMa’moul adalah roti yang berisi kurma. Roti ini menjadi salah satu oleh-oleh yang jarang di beli para Jamaah Umrah dan Haji. Hal ini di karenakan banyak Jamaah yang belum mengetahui tentang oleh-oleh enak satu ini.

Untuk Anda yang ingin membeli Ma’moul Anda dapat pergi ke mall atau toko-toko yang menjual roti khas kota Madinah. Ma’moul di jual dengan harga yang sangat murah yakni sekitar 5 hingga 50 riyal saja untuk roti seenak ini.

Namun kini seiring berjalannya waktu, sudah banyak Jamaah yang mengenal roti ma’moul dan mulai ketagihan dengan cita rasanya. Biasanya mereka membeli dalam jumlah banyak untuk di bagikan ke keluarga dan kerabat yang ada di rumah.

Roti ini juga dapat di jadikan camilan yang mengenyangkan dan berkhasiat karena ada kandungan buah kurma di dalamnya.


  • Zaitun

ZaitunZaitun yang memiliki nama latin Olea Europaea merupakan buah yang berasal dari pohon kecil yang dapat hidup selama bertahun-tahun dan berwarna hijau abadi. Selain di beli ketika masih menjadi buah, zaitun juga sering di beli untuk oleh-oleh dalam bentuk minyak.

Zaitun di jual dengan harga 3 hingga 7 riyal per kalengnya, ini tergantung dari kualitas buah zaitun yang Anda beli. Sedangkan untuk minyak zaitun dapat Anda beli seharga 5 sampai 15 riyal untuk setiap botolnya.

Banyak sekali manfaat yang terkandung di dalam buah zaitun maupun minyak zaitun. Salah satunya adalah buah zaitun dapat menyembuhkan penyakit seperti jantung koroner.

Itu dia beberapa souvenir yang dapat Anda beli ketika melakukan perjalan ibadah. Anda juga dapat mengunjungi Burj Khalifa yakni tempat wisata yang masih termasuk di Benua Asia. Souvenir dan oleh-oleh yang memiliki harga sangat terjangkau tentunya untuk di beli dalam jumlah besar dan di bagikan ke banyak orang. Semoga perjalanan ibadah Anda khusyuk dan menjadi Haji yang mambrur.

, , , ,
Post Date: Friday 20th, April 2018 / 03:18 Oleh :
Kategori : Arab Saudi