15 Tempat Wisata Di Fatima Portugal Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan

Fatima terletak di Estremenho Limestone Massif, dan berada di 350 meter di atas permukaan laut. Geologi Serras de Aire dan Candeeiros menciptakan lanskap gersang dengan tanah berbatu.

Memiliki curah hujan tinggi selama musim dingin, dengan sekitar 900 milimeter per tahun, dan ketika musim panas udaranya menjadi kering dan hangat. Wilayah ini didominasi oleh pohon ek holly, pohon bucthorn dan zaitun yang tahan terhadap curah hujan dan iklim yang ekstrim.

Selain itu terdapat juga sabana yang dibatasi oleh lereng bebatuan. Membuat tempat ini memiliki potensi wisata yang sangat besar. Pensaran tempat wisata di Fatima mana saja yang dapat dikunjunjungi, yuk simak di bawah ini.

1. Grutas da Moeda         

Grutas da Moeda

Grutas da Moeda berada di Sao Mamede, Fatima dan ditemukan oleh dua pemburu yang sedang mengejar rubah pada tahun 1971.

Begitu sampai di gua, dua pemburu tersebut dipenuhi rasa ingin tahu dan penasaran yang membuatnya menjelajahi daerah tersebut secara menyeluruh.

Dengan rasa penuh ketakjuban mereka berhasil menemukan sebuah “kamar gembala” yaitu sebuah tempat yang dipenuhi oleh formasi batu kapur yang terlihat sangat fantastis.

Selama hampir dua bulan, kedua lelaki tersebut terus menggali celah-celah sempit yang mengarah ke gua utama. Perlahan mereka mulai menemukan ruangan-ruangan lain termasuk juga Gruatas da Moeda yang kini menjadi salah satu tempat wisata di Fatima.

2. O Castelo de Ourem

O Castelo de Ourem

Tidak kalah bersejarahnya dari Praca do Giraldo yang menjadi salah satu tempat wisata di Evora.

Kastil Ourem dikenal juga dengan nama Paco dos Condes de Ourem, terletak di kota dengan nama yang sama yaitu Kota Ourem, distrik Santarem.

Berdiri di atas desa abad pertengahan dengan sungai Seica, kastil ini dianggap sebagai istana Portugis terindah. Meskipun mini informasi mengenai pendudukan manusia.

Namun para peneliti menyakini baha situs ini telah berkembang sejak masa prasejarah yang secara berturut-turut ditempati oleh orang Romawi, Visigoth, dan Muslim. Beberapa kerusakan terjadi akibat gempa pada tahun 1755, namun kerusakan yang lebih parah disebabkan oleh perang Semenanjung.

Ketika pendudukan kota oleh pasukan Napoleon di bawah komando Jenderal Andre Massena pada tahun 1810. Hingga akhirnya pada 23 Juni 1910 bangunan ini direnovasi oleh Yayasan House of Braganca dan ditetapkan menjadi Monumen Nasional. Dan saat ini menjadi tempat wisata di Fatima yang menjadi tujuan wisatawan dari seluruh penjuru dunia.


3. Natural Monument of the Dinosaur Footprints

Natural Monument of the Dinosaur Footprints

Mungkin inilah salah satu tempat wisata di Fatima yang paling unik, berada di permukiman Bairro di ujung timur pegunungan Aire.

Tepat di tengah-tengah Serras de Aire dan Taman Alam Candeeiros terdapat ichnofossil yang menjadi catatan periode jurassic.

Pada masa itu, tempat ini memiliki iklim tropis, hangat, dan lembab, sehingga vegetasi yang ada memungkinkan dinosaurus herbivora untuk berkembang biak. Seperti sauropoda yang meninggalkan jejak kaki di lapisan tipis lumpur batu kapur yang berada di laut dangkal.

Kemudian lumpur tersebut mengering , terkubur oleh sedimen batu kapur yang akhirnya menjadi batuan. Di lempengan batu kapur inilah monumen alam jejak kaki dinosaurus terpelihara selama 175 juta tahun dan dapat dilihat hingga saat ini.

Tersebar di jalur sepanjang 147 meter dan dapat dilihat di 20 jalur, membuatnya menjadi jalur sauropod terpanjang yang ada hingga saat ini.

4. Grutas de Mira de Aire

Grutas de Mira de Aire

Gua yang kini menjadi tempat wisata di Fatima ini ditemukan pada tahun 1947, memiliki kedalaman mencapai 180 meter, dengan pintu masuk yang berada di ketinggian 300 meter.

Formasi batuan dan lanskap gua ini mengingatkan ke dalam jaman Jurassic Tengah sekitar 150 juta tahun yang lalu, ketika dinosaurus menghuni wilayah ini. Bahkan ditemukan pula jejak kaki dinosaurus di tempat ini.

Grutas de Mira de Aire diterangi oleh lampu berwarna-warni yang semakin menunjukkan keindahan bentuk stalagmit dan stalagtitnya. Bebatuan di dalam gua juga memiliki bentuk-bentuk unik dan terbentuk selama jutaan tahun, seperti bentuk ubur-ubur, mars, hingga organ.

5. Capela Das Aparicoes

Capela Das Aparicoes

Capela Das Aparicoes berada di jantung cagar Alam Fatima, yang dibangun oleh penduduk setempat pada tahun 1919 sebagai tanggapan atas permintaan Bunda Maria pada salah satu penampakannya. Pembangunan pertama pada tahun 1912.

Dan mengalami beberapa perubahan, karena persyaratan pemeliharaan selama beberapa tahun terakhir. Capela Das Aparicoes memiliki ukuran sedang dan mempertahankan desain kasarnya yang mirip dengan pertapaan sederhana. Gambar Bunda Maria menandai tempat pohon holm-oak, tempat dimana penampakan tersebut berasal.

6. Shrine of our Lady of the Rosary of Fatima

 Shrine of our Lady of the Rosary of Fatima

Berbeda dari Igreja da Nossa Senhora do Carmo yang menjadi tempat wisata di Faro. Kuil Fatima dikunjungi oleh sekitar 5 juta pengunjung atau peziarah setiap tahunnya.

Karena banyaknya pengunjung tersebut, membuat tempat ini menjadi salah satu pusat ziarah Katolik terbesar di dunia. Kuil fatima memiliki beberapa bangunan, yaitu:

  • Kapel Penampakkan, merupakan jantung dari Kuil Fatima. Adalah tempat Bunda Maria menampakkan diri kepada anak-anak. Kisah penampakan tersebut menceritakan  tentang penampilan terakhirnya dan sebuah permintaan untuk membangun sebuah kapel di tempat itu.
  • Basilika Bunda Maria Rosario yang di dalamnya juga terkubur tiga anak yaitu Francisco, Jacinta, dan Suster Lucia. Di depan basilika dibangun sebuah altar di mana massa dengan lebih banyak peziarah biasanya dirayakan.
  • Basilika Tritunggal Mahakudus yang diresmikan pada tahun 2007 lalu. Pembangunan ini diperlukan karena basilika Bunda Rosario tidak memiliki kapasitas untuk lebih banyak peziarah.

Selain itu tempat lain yang berada di sekitar kuil Fatima adalah rumah para penggembala yang terletak di desa Aljustrel. Ada juga sepotong Tembok Berlin yang berada di dekat kapel dan Via Sacra. Setiap tajun ada perayaan yang menandai penampakan pertama “Nyonya Rosario” di Kuil fatima dan diselenggarakan tiap tanggal 13 Mei.

Menarik sekali bukan tempat wisata di Fatima ini, sebelum berangkat jalan-jalan ke fatima, ada baiknya untuk menyimak tips jalan-jalan ke Portugal terlebih dahulu.

Selain berbagai tempat wisatanya, negara ini memiliki berbagai masakan khas Portugal yang memanjakan lidah.  Seperti Vindaloo India, yang merupakan salah satu masakan khas India yang dapat dijumpai di Portugal.

Selain tempat wisata diatas, ada beberapa tempat wisata lainnya yang tak kalah unik dan menarik, seperti tempat wisata berikut ini.

  • Casa De Francisco & Jacinta Marto
  • Capela Das Aparicoes
  • Basílica da Santíssima Trindade
  • Casa De Lucia
  • Basílica de Nossa Senhora de Fátima
  • Valinhos Sanctuary
  • Museu de Cera
  • Fátima Luz e Paz
  • A Ginjinha do Castelo de Ourem

, , , ,
Post Date: Monday 08th, April 2019 / 09:59 Oleh :
Kategori : Portugal