21 Tempat Wisata Di Tavira Portugal Favorit Wisatawan Dunia

Tavira adalah salah satu kota terindah di Portugal yang berjarak 2 mill dari lautan di pesisir selatan Algave. Kota ini telah berdiri sejak jaman perunggu lalu dan terbelah oleh sungai Rio Gilao.

Tavira adalah surga bagi pejalan kaki, jalanan berbatu menurun melalui taman yang teduh, hingga kastil peninggalan masa lalu yang nampak gagah dan tinggi, melewati jembatan Romawi, dan banyak gereja Gothic dan Renaissance yang menghiasi sudut kotanya.

Walaupun berupa kota kecil, namun susana dan keindahannya tidak akan kalah dengan Tempat Wisata Di Eropa Timur Terbaik lainnya. Penasaran tempat wisata di Tavira mana saja yang bisa dikunjungi? Yuk simak artikelnya berikut ini!

1. Praia de Tavira

Praia de Tavira

Praia de Tavira adalah pantai terbaik dan paling populer di kawasan ini. Tavira dan Praia de tavira hanya bisa diakses menggunakan kapal feri.

Pantai ini terletak di sisi timur laut Ilha de Tavira, pulau pasirnya membentang sejauh 12 kilometer di sepanjang Taman Alam Ria Formosa.

Pantai ini juga menjadi pantai terdekat dengan Tavira, memiliki air laut yang bersih dan tenang tidak kalah dari Wisata Santorini. Terdapat dua rute feri menuju tempat wisata di Tavira ini. Pertama adalah layanan saat musim panas yang berangkat dari pusat Kota Tavira, dan yang kedua adalah layanan sepanjang tahun yang berangkat dari dermaga Cais das Quatro Aguas.

Air laut di Praia de Tavira sangat dingin, bahkan saat puncak musim panas sekalikup. Pada musim panas yang berlangsung mulai bulan Juni hingga Agustus suhu air lautnya berada di 22 derajat selcius hingga 20 derajat selcius.

Sedangkan saat periode musim dingin yang terjadi mulai bulan Desember hingga Februari, air lautnya berkisar di suhu 16 sampai 17 derajat selcius. Hal itu juga membuktikan jika air laut di sini lebih dingin daripada Laut Mediterania.

Praia de Tavira memiliki tempat perkemahan yang sangat terkenal bernama Camping Ilha de tavira yang buka setiap bulan Mei hingga September.

2. Praia do Barril

Praia do Barril

Pantai Barril tidak hanya memiliki pasir putih bersih dengan perairan laut yang sebening kristal. Menariknya, pantai ini memiliki peninggalan sejarah mengenai penangkapan ikan di wilayah tersebut. Hal ini menjadikannya tidak hanya memiliki pemandnagan cantik tapi juga unik, tidak kalah dari Tempat Wisata Di Davao.

Pantai ini dulunya adalah lokasi bagi komunitas nelayan tuna, dan sisa-sisa industri kuno ini telah diubah menjadi salah satu fasilitas wisata pantai. Hal paling menonjol dan menarik dari tempat wisata di Tavira ini adalah Cemiterio das Ancoras yang merupakan sebuah makam jangkar.

Makam jangkar ini adalah sekumpulan jangkar berkarat yang pernah digunakan untuk memancing dan kini tertanam di bukit pasir dekat dengan pantai. Makam jangkar ini sebagai simbol ditinggalkannya cara hidup seperti ini dan sebagai peringatan penurunan tuna di pantai ini.

Jangkar yang berkarat di Cemiterio das Ancoras ini telah ditancapkan sejak tahun 1960 an ketika mata pencaharian nelayan sekitar tidak dapat lagi berkelanjutan dan parahnya saar ini tidka ada tuna sirip biru di laut Algarev. Praia do Barril dilengkapi dengan fasilitas toilet umum, kios, dan beberapa restoran di pantainya.


3. Moinhos da Rocha

Moinhos da Rocha

Dikenal juga dengan nama Pego do Inferno, merupakan sebuah laguna kecil dnegan air yang nampak berwarna hijau toska.

Air terjun yang mengalir dari atas ketinggian membuat suasana di tempat ini terasa sangat alami.

Terdapat sebuah legenda yang mengatakan bahwa Pego do Onferno terhubung ke Sungai Gilao dan Sungai Guadiana dengan terowongan. Pemandangan indah ini tersusun oleh air terjun yang membentuk kolam bundar di bawahnya, dan dikelilingi oleh area arbore yang menyegarkan.

Tempat wisata di Tavira ini juga terkenal dnegan legenda lokalnya yang menyebutnya sebagai kolam neraka. Hal ini dikarenakan warga setempat percaya jika siapapun yang terjatuh didalamnya akan langsung masuk neraka.

Mereka juga mengatakan bahwa makhluk hidup yang terjatuh ke dalam kolam tidak akan pernah ditemukan. Namun sejak tahun 2000 lalu, pemerintah setempat telah memasang pengaman dan tempat sampah serta sebuah kafe kecil untuk melengkapi fasilitas di Moinhos da Rocha

4. Cabanas de Tavira Beach

Cabanas de Tavira Beach

Cabanas de Tavira Beach adalah salah satu tempat wisata di Tavira yang juga dikenal sebagai pantai Cabanas.

Pantai ini sangat panjang dan sempit serta terletak di depan kota Cabanas de Tavira. Kecantikan pantai ini tidka kalah dari tempat wisata Di Bournemouth.

Membentang sepanjang 70 kilometer dengan lebar sekitar 70kilometer, dan memiliki pasir putih yang lembut. Air lautnya sangat bersih dan jernih namun cukup dingin, pantai ini memiliki bukit pasir dan tebing yang membuatnya sedikit berbeda dari pantai lain di Tavira.

Satu-satunya akses untuk menuju pantai ini adalah menggunakan perahu. Di sebelah timur Cabanas de Tavira Beach terdapat sebuah pelabuhan bernama Cacela Velha. Pantai ini juga dilengkapi dnegan boardwalk yang menyambungkan area pantai dengan restoran, bar, dan pelabuhan.

Selain itu adalah juga sebuah desa nelayan yang inda dan terletak sekitar 7 kilometer di sebelah timur Tavira, dekta dnegan taman alami Ria Formosa. Setidaknya ada sekitar 1000 penduduk yang tinggal di desa tersebut, desa nelayan ini bergantung pada hasil tangkapan laut dan pariwisata.

5. Igreja da Misericordia de Tavira

Igreja da Misericordia de Tavira

Jika dilihat arsitekturnya, mungkin inilah salah satu bangunan paling berharga dianatara banyak gereja di Tavira. Bangunan unik ini tidak kalah artistiknya dari  Tempat Wisata Di Almeria Spanyol.

Fitur kebangkitan di kedua pintu masuk dan juga interiornya sangat unik, Santa Casa da Misericórdia (Lembaga Amal Agama) didirikan di Tavira pada awal abad ke 16 lalu.

Awalnya, lembaga amal tersebut mengambil kapel lateral Biara Sao Francisco. Namun pada tahun 1541, Andre Pilarte yang merupakan tukang batu dan penduduk Tavira lainnya, diperintahkan untuk membangun Gereja Misericordia.


Di atas pintu masuk, ada sebuah ceruk dengan patung Our Lady of Compassion yang diapit oleh perisai Portugal dan Tavira. Gereja ini berdesai dedaunan yang berwarna emas, karena desain arsitekturnya inilah Igreja da Misericordia de Tavira nampak semakin megah.

Selain tempat wisata di Tavira di atas, terdapat pula tempat wisata lainnya yang tak kalah indah dan uniknya. Beberapa tempat wisata tersebut adalah:

  • Santa Maria do Castelo Church
  • Centro Ciência Viva de Tavira
  • Museu Islamico
  • Palácio da Galeria
  • Ermida de São Sebastião
  • Ponte Ferroviária de Santa Maria
  • Igreja do Antigo Convento de Santo António dos Capuchos
  • Igreja Nossa Senhora do Carmo
  • Igreja de Sao Pedro Gonçalves Telmo
  • Centro Interpretativo do Abastecimento de Água a Tavira
  • Ponte antiga sobre o Rio Gilão
  • São Brás Chapel
  • Nossa Senhora da Ajuda Church
  • Igreja de Santiago
  • Tavira d’Artes
  • Statue Dom Marcelino Franco

, , , ,
Post Date: Wednesday 10th, April 2019 / 09:23 Oleh :
Kategori : Portugal