9 Tempat Wisata Di Pulau Madeira Portugal Terfavorit Wisatawan Dunia

Tempat Wisata di Pulau Madeira—berlibur di Portugal tidak hanya sebatas menjajal daratannya. Portugal memiliki beberapa jenis pulau wisata yang bisa Anda kunjungi sebagai destinasi wisata.

Salah satu pulau wisata di negara Portugal adalah Madeira. Tempat wisata di pulau Madeira cukup menjanjikan sebagai sebuah destinasi wisata menarik. Anda tentu harus memasukkan pulau Madeira ke dalam rencana jalan-jalan ke Portugal.

Ada banyak tempat wisata di pulau Madeira yang bisa Anda kunjungi. Banyaknya alternatif destinasi wisata tersebut tentu akan menjadi sebuah keuntungan. Anda memiliki banyak pilihan tempat untuk dijajal selama berwisata di negara Portugal.

Tempat wisata di pulau Madeira tidak kalah cantik dengan tempat wisata di Nazare yang pernah Anda kunjungi sebelumnya. Berikut adalah sepuluh pilihan tempat wisata di pulau Madeira yang bisa Anda kunjungi.

  1. Jardim Botanico

Jardim BotanicoJardim Botanico adalah salah satu tempat wisata terbaik di pulau Madeira, tepatnya terletak di Quinta do Bom Sucesso, Caminho do Meio. Taman botani ini terletak tepat di pusat kota Funchal dan bisa diakses dengan mudah oleh wisatawan yang datang.

Terletak di area lereng dari Quinta da Bom Sucesso estate, taman botani ini menjadi sangat memesona karena banyak ditumbuhi oleh berbagai flora sub-tropis. Jardim Botanico adalah salah satu tempat wisata di Portugal yang layak untuk Anda kunjungi.

Beberapa jenis tumbuhan yang bisa Anda lihat di Jardim Botanico adalah tumbuhan lokal pulau Madeira, beberapa jenis pohon serta bunga yang terhampar.

Tumbuhan-tumbuhan tersebut berbagi dengan beragam jenis tumbuhan eksotis lainnya yang berasal dari berbagai belahan dunia. Ada sebuah rumah museum bernama Natural History Museum yang terletak tak jauh dari pintu masuk.

Ketika berkunjung, cobalah untuk mengitari bagian barat dari Jardim Botanico. Di bagian barat taman botani, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang luar biasa menawan.

Anda bisa menjangkaunya dengan cable cat Teleferico do Funchal. Merasakan atmosfer Jardim Botanico dengan mengambil beberapa potret untuk kenangan adalah pilihan terbaik.


  1. Levada Walks

Levada WalksBerkeliling dengan berjalan kaki di Lavada Walks adalah salah satu wisata terpopuler di pulau Madeira. Salah satu jalur pedestrian yang bisa Anda susuri adalah sepanjang jalur irigasi sempit.

Jalur-jalur irigasi tersebut adalah hasil karya masyarakat lokal. Ada banyak jalur irigasi yang bisa Anda ikuti, masing-masing akan mengantarkan Anda pada tempat tujuan berbeda yang unik.

Levada walk dibuat pada abad ke 16. Jalur-jalur irigasi tersebut mulanya berfungsi sebagai penampungan air hujan yang digunakan untuk berbagai jenis kebutuhan masyarakat lokal. Panjang dari jalur-jalur irigasi ini mencapai 2500 km.

Levada Walk adalah salah satu tempat wisata di yang akan memberikan Anda pengalaman berlibur yang berbeda. Anda akan disuguhi dengan pemandangan alam yang cantik hampir di setiap jalur irigasi yang Anda lewati.

Tempat wisata di pulau Madeira seperti Levada Walk adalah jenis tempat wisata yang akan tidak mudah Anda temukan di sudut Portugal lainnya seperti tempat wisata di Braga.

Menyusuri Levada Walk bisa Anda lakukan sendiri. Namun akan lebih seru jika Anda melakukannya dalam rombongan wisata dengan satu pemandu lokal. Dengan demikian, penyusuran Anda akan lebih terarah.

  1. Sao Vicente Caves

Sao Vicente CavesTempat wisata di pulau Madeira lainnya yang harus Anda kunjungi adalah gua Sao Vicente. Gua ini terbentuk dari erupsi gunung vulkanis yang terjadi pada lebih dari 890.000 tahun yang lalu.

Waktu yang cukup lama dari masa pembentukan, ditemukan, hingga kini membentuk gua Sao Vicente menjadi tempat baru yang menarik. Semisal, eksterior gua ini merupakan lajur lava dingin yang membeku.

Lupakan terlebih dahulu tempat wisata di Albufeira di sisi Portugal lainnya. Nikmatilah karya hasil tangan alam di gua Sao Vicente. Tempat wisata ini dibuka untuk umum sejak tahun 1990an.

Ada banyak lava beku membentuk berbagai formasi unik yang bisa Anda temukan. Namun untuk sampai menemukan kemegahan gua Sao Vicente, Anda harus masuk jauh lebih dalam hingga ke Volcano Center.

Di Volcano Center, Anda bisa melihat berbagai jenis koleksi yang dipajang. Semua koleksi tersebut tentu saja berhubungan dengan gunung vulkanik, aktivitasnya, hingga gua Sao Vicente yang dibanggakan oleh masyarakat sekitar. Gua Sao Vicente adalah salah satu tempat wisata paling bagus di dunia yang harus Anda kunjungi.

  1. Porto Moniz Natural Pool

Porto Moniz Natural PoolMengakhiri perjalanan wisata Anda mengelilingi tempat wisata di pulau Madeira dengan bersantai di Porto Moniz Natural Pool adalah pilihan yang tepat.

Porto Moniz adalah destinasi wisata yang dikenal sebagai rumah bagi makanan khas Portugal yang lezat. Di sini, Anda bisa mencicipi Sugar cane dan honey cake yang menggungah selera serta berbagai jenis roti lainnya.

Selain terkenal karena makanannya, Porto Moniz juga terkenal karena natural pool-nya. Di wilayah ini, Anda bisa menemukan kolam renang yang tercipta secara alamiah. Kolam ini terbentuk karena lelehan lava yang membeku dan memerangkan air hingga menjadi kolam. Dengan demikian, air yang berada di Porto Moniz Natural Pool berasal dari laut.

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan. Aktivitas paling umum adalah berenang. Kendati merupakan kolam renang alami, tempat wisata di pulau Madeira ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang baik. Anda bisa menemukan tempat membasuh dan loker yang sangat berguna bagi pengunjung.


Kendati Porto Moniz Natural Pool adalah pemberhentian Anda, sebelum tiba di sini masih ada lima tempat wisata di pulau Madeira lainnya yang harus Anda kunjungi, yakni sebagai berikut.

  • Ponta de Sao Lourenco adalah wilayah semenanjung yang umum dijadikan lokasi hiking. Pemandangan dari tempat ini sangat mengagumkan.
  • Porto Santo memiliki pantai sepanjang 10 kilometer yang cocok bagi Anda yang menyukai aktivitas pantai dan laut.
  • Cabo Girao merupakan tebing tepi laut yang sangat tinggi. Di tebing ini terdapat banyak fasilitas pariwisata yang bisa Anda gunakan termasuk di antaranya adalah salah satu bangunan terindah di dunia.
  • Pico do Arieiro perlu dijangkau dengan berjalan kaki sejauh dua hingga tiga jam perjalanan. Tempat ini cukup tinggi dan merupakan lokasi terbaik untuk menikmati keindahan pulau Madeira.
  • Monte Toboggan Run terletak tak jauh dari Jardim Botanico atau Madeira Botanical Garden. Aktivitas wisata yang bisa Anda lakukan di sini adalah aktivitas wisata modern yang dicintai banyak anak muda.

Ketika mengunjungi tempat wisata di pulau Madeira, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Portugal. Kendati sama-sama berasal dari Portugal, oleh-oleh yang banyak ditawarkan di pulau Madeira tentu akan berbeda. Produk-produk tersebut biasanya memiliki ciri khas lain yang unik mengikuti budaya dan apa yang berkembang pada masyarakat pengrajinnya.

Menghabiskan waktu dengan berwisata di pulau Madeira adalah alternatif berlibur di Portugal yang harus Anda coba. Jangan lupa untuk mempersiapkan rencana dan kebutuhan dengan matang sebelum tiba di pulau Madeira.

Jangan habiskan seluruh tenaga Anda di pulau ini. Simpanlah sebagian untuk melakukan perjalanan wisata lainnya di Portugal. Salah satu yang paling direkomendasikan adalah menjajal deretan tempat wisata di Lisbon.

, , , ,
Post Date: Tuesday 14th, May 2019 / 09:12 Oleh :
Kategori : Portugal