10 Tempat Wisata Di Madeira Portugal Yang Populer Di Kalangan Wisatawan

Bagi para penggemar sepakbola, khususnya pengagum Cristiano Ronaldo pasti sudah tidak asing lagi dengan pulau Madeira yang merupakan tempat kelahiran pemail yang berjuluk CR7 tersebut. Pulau yang berlokasi di barat daya Portugal ini memang juga semakin bersinar dan terkenal di kalangan para wisatawan semenjak ketenaran pemain Portugal yang daat ini berkostum klub Juventus tersebut.

Pulau yang berlokasi sekitar 540 mil dari Lisbon, ibukota Portugal ini ditemukan oleh para pelaut dari Portugal sekitar tahun 1420. Sebagai wilayah kepulauan, tentu banyak tempat wisata di Madeira ini yang menawarkan beragam keindahan alam khas Portugal dan tak lupa juga fasilitas yang juga memadai bagi para pengunjungnya.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Madeira yang bisa dikunjungi ketika jalan-alan ke Portugal bersama teman maupun keluarga, bahkan solo travelling.

1. Pico Ruivo

 Pico Ruivo

Selain pantainya yang mempunyai pemandangan yang indah, ternyata Pulau Madeira ini juga dikelilingi oleh bukit-bukit yang juga tak kalah cantik. 

Jika hobi mendaki, atau mencari tempat wisara di Madeira yang pas untuk mendaki, bisa mendaki ke Pico Ruivo yang menjadi titik tertinggi di wilayah Madeira, yaitu setinggi 1.861 meter.

Puncak ini hanya dapat dicapai dengan berjalan kaki dari Pico de Arieiro atau jika ingin jalur yang lebih pendek dan lebih mudah bisa melalui Achada do Teixeria yang berjarak sekitar 300 meter.

Di puncak pico Ruivo ini pengunjung akan disuguhkan pemandangan pulau madeira yang indah tersbut secara lebih luas dan merasakan seperti berada di atas awan dengan langit biru yang cerah sehingga tak heran tempat ini disebut sebagai salah satu tempat palilng indah di Madeira

Namun sebelum berpetualang ke tempat ini ada baiknyya juga mengecek kondisi cuaca di tempat tersebut sebelumnya karena kondisi cuacanya yang tidak terduga sehingga perlu untuk diwaspadai.

2.  Museu CR7

Museu CR7

Seperti yang sudah diketahui banyak orang bahwa nama Madeira tidak bisa dilepaskan begitu saja dari sosok mega bintang sepakbola Cristoano Ronaldo. Bahkan bisa dikatakan nama Madeira mulai smeakin dilirik orang sebagai salah satu tempat wisata di Portugal yang wajib dikunjungi semenjak  ketenaran pesepakbola berjuluk CR7  tersebut.

Untuk menghargai dedikasi dari pesepakbola tersebut maka pada bulan Desember 2013 diresmikanlah sebuah museum di Rua Imperatriz Dona Amélia di Funchal seluas 400 meter. Museum ini diresmikan oleh Sporting FC, yang merupakan mantan klub dari Cristiano Ronaldo dan juga dihadiri oleh pemerintah dari Madeira.


Museu CR7 ini memamerkan foto-foto dan video perjalanan karir sepakbola Cristiano Ronaldo serta berbagai raihan piala yang diraihnya selama berkarir. Pengunjungpun juga dapat berfoto dengan latar belakang patung lilin Cristiano Ronaldo serta merasakan pengalaman berinteraksi dengan teknologi Augmented Reality.

Selain foto dan video dari Cristiano Ronaldo di museum ini juga dipamerkan beragam raihan trophy yang didapat oleh Cristiano Ronaldo selama berkarir di sepakbola

Bulan Juli 2015 Museum inipun dibuka kembali setelah pindah ke lokasi baru di Praca do Mar yang berada 1 gedung dengan hotel Pestana CR7. Jadi bagi pengunjung yang ingin ke museu CR 7 ini tak perlu  kebingungan untuk mencari tempat penginapan karena museum ini kini berada 1 gedung dengan hotel Pestana yang tentu memberikan fasilitas pelayan yang super lengkap bagi para pengunjungnya

Hotel Pestana CR7 ini juga merupakan salah satu usaha yang dimiliki Ronaldo dan bekerja sama dengan Grup Pestana.

3. Seixal Beach, Madeira

Seixal Beach, Madeira

Kurang lengkap rasanya jika tidak memilih pantai sebagai salah satu tempat wisata di Madeira yang dikunjungi saat berlibur ke tempat ini. Pantai ini merupakan sebuah pantai yang mempunyai pemandangan alam nan indah dan alami yang ada di sebelah utara pulau Madeira.

Pantai ini terkenal dengan pasirnya yang tipis dan berwarna hitam yang semakin cantik karena dikelilingi hijaunya pepohonan yang ada di pegunungan sekitar pantai tersebut. Pantai ini juga memiliki air yang cukup tenang sehingga selain menyelam panai ini tentu juga aman bagi mereka yang ingin berenang maupun untuk anak-anak yang ingin bermain di pantai.

Bagi yang suka menyelam, di pantai ini juga terdapat sebuah kolam alami yang membuat pengunjung yang ingin menyelam merasakan sensasi penyelaman yang indah. Di Kolam yang dinamakan Praia de Club Naval do Seixa pengunjung bisa menyewa kayak untuk berkeliling maupun sekedar duduk bersantai di bar yang ada di pinggir kolam sembari menikmati keindahan alam Seixal yang menakjubkan.

Selain pantai berpasir hitam dan kolam alami tersebut , di wilayah Seixal, Madeira ini pengunjung juga bisa mengunjungi pantai lainnya seperti The Praja Da Laje yang juga sering dikenal dengan nama pantai Jamaika.

Pantai ini merupakan pantai berkerikil panjang dan juga berpasir hitam yang juga cukup unik dan sangat cocok untuk memancin dan menyelam. Selain itu di pantai ini juga terdapat hotel dengan fasilitas yang bagus maupun restoran yang menyajikan makanan khas portugal bagi pengunjung yang juga ingin berwisata kuliner.

4. Madeira Botanical Garden

 Madeira Botanical Garden

Tempat wisata di Madeira lainnya yang juga masih kental dengan nuansa alam dan menarik untuk dikunjungi adalah Madeira botanical Garden.

Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata di Funchal, Madeira, dimana terdapat suatu taman yang indah yang menjadi habitat bagi beragam macam jenis tanaman yang ada di dalamnya.

Tempat ini pada awalnya merupakan bagian dari perkebunan milik keluarga William Reid yang kemudian disulap menjadi taman Botani dan dibuka untuk umum pada tahun 1960. Taman ini berada di lahan seluas 80.000 meter dan juga dibagi menjadi 6 area, yaitu Madeiran (asli dan spesies endemik), Arboretum, tanaman sukulen, pabrik agro industri, tanaman obabt dan aromatik, serta area pohon palem dan sikas.

Selain Sebagai tempat wisata, pembangunan Madeira Botanical Garden ini juga diperuntukkan bagi penelitian dan juga tempat konsevasi berbagai jenis tanaman tersebut.


Di Madeira Botanical Garden ini juga terdapat taman burung yang mengkoleksi sekitar 300 jenis burung yang eksotis seperti Yallow Macao, dan juga beberapa jenis burung kakatua. Selain itu di taman ini juga terdapat museum sejarah alam dan juga kereta gantung yang menghubungkan tempat ini dengan Paroki Monte.

Madeira Botanical Garden ini tepatnya berlokasi di Caminho do Meio, Quinta do Bom Sucesso, Funchal dan dibuka setiap harinya untuk pengunjun mulai pukul 9.00 hingga 18.00 waktu setempat.

 Demikianlah beberapa rekomendasi tempat wisata di Madeira yang bisa menjadi insprirasi destinasi wisata ketika berllibur ke Portugal bersama teman ataupun keluarga. Tentu selain tempat wisata di aras masih ada lagi beberapa tempat wisata di Madeira lainnya seperti berikut ini yang bisa dikunjungi ataupun juga untuk membeli oleh-oleh khas Portugal untuk dibawaa pulang seusai berlibur.

  • Madeira Farmer’s market
  • Monte Palace Tropical Garden
  • Paul da Serra
  • Episcopal Sé Cathedral
  • São Vicente Caves
  • Santa Catarina Park

Akhir Kata semoga artikel ini bisa bermanfaat dan juga menginspirasi bagi yang sedang mencari destinasi wisata liburan, terutama ke Madeira, Portugal. Terimakasih banyak sudah membaca artikel ini dan sampai bertemu lagi di artikel berikutnya.

, , , ,
Post Date: Friday 05th, April 2019 / 17:00 Oleh :
Kategori : Portugal