4 Tempat Wisata Di Hoorn Belanda Terbaik Yang wajib Dikunjungi

Kota Hoorn merupakan kota kecil nan indah di tepi Danau Ijsselmeer Belanda. Pada abad ke-17, kota Hoorn merupakan kota tersibuk di Belanda karena menjadi salah satu kota operasional utama VOC sama seperti Amsterdam dan Enkhuizen. Pada masanya Hoorn menjadi kota kaya dan makmur. Saat ini, belasan monumen dan gereja dapat anda lihat di Hoorn sebagai bukti kejayaan pada masa bersejarah tersebut.

Kalau anda sudah sampai di Hoorn, sebaiknya mampirlah ke beberapa tempat wisata di Hoorn berikut ini:

1. Signal hut and sidings, Hoorn Heritage Railway

Signal-hut-and-sidings-Hoorn-Heritage-Railway

Tempat wisata di Hoorn yang pertama ialah Jalur kereta api yang dulu dioperasikan oleh Locaalspoorwegmaatschappij Hollands Noorderkwartier. Jalur kereta api ini pernah beroperasi dari tahun 1884 – 1935.

Jalur kereta api dibuka untuk umum pada 3 November 1887. Jalur ini dibuat mengikuti rute memutar untuk mengurangi jumlah lahan yang harus dibeli secara paksa. Garis ini menggunakan traksi uap. Di Belanda, traksi diesel tenaga untuk mendorong kereta api baru masuk pada tahun 1929.

Stasiun kereta api ini mulai ditutup untuk layanan penumpang mulai 1 Januari 1936 hingga 29 Mei 1940. Kini, stasiun kereta api benar-benar ditutup permanen sebagai layanan transportasi publik di Belanda. Fungsinya dialihkan menjadi objek wisata yang cukup digandrungi sebagai salah satu tempat wisata di Belanda yang bersejarah.

Di lokasi ini, wisatawan dapat menyaksikan bekas lokomotif Nederlandse Spoorwegen 7742 Bello, satu-satunya mesin uap ringan yang diawetkan di Belanda. Lokomotif uap lain dalam menjalankan urutan termasuk tiga mesin trem, dua di antaranya adalah mesin tram tertutup (steam dummies). Selain itu, ada juga mesin buatan Jerman yang sekarang sedang dibangun kembali sebagai replika mesin shunting kereta api Belanda.

Bello dan tiga mesin trem yang ada di stasiun ini berasal dari provinsi Belanda Utara, Belanda Selatan, dan Limburg. Kereta trem uap yang dulu digunakan berasal dari provinsi Friesland, Gelderland, Belanda Utara, Belanda Selatan, dan Zeeland.

Stasiun ini memiliki kemiripan identik dengan Kereta Api Bluebell di Inggris. Banyak orang mengatakan mereka seperti saudara kembar.

2. Museum Westfries

Museum-Westfries

Selain tempat wisata berupa stasiun di atas, anda bisa mengunjungi museum Westfries. Salah satu Wisata bersejarah di Eropa yang berlokasi di Kota Hoorn, Belanda. Museum bersejarah ini telah diresmikan untuk dibuka kepada publik sejak 10 Januari 1880. Walaupun sebenarnya museum ini sudah ada sejak tahun 1632.

Bangunan ini awalnya milik Gecommitteerde Raden van West-Friesland di het Noorderkwartier, sebagai bagian dari Staten van Holland en West-Friesland, dan kemudian menjadi milik pengadilan. Hingga tahun 1932 bagian dari gedung tersebut menjadi tempat pengadilan kanton dan bagian dari museumnya.


Museum ini memiliki beragam koleksi berupa lukisan, berbagai benda yang terbuat dari perak, porselen, senjata api bersejarah, benda-benda schutterij dan VOC. Koleksi tersebut tersebar di dalam 25 ruangan yang ada di dalam museum.

Pada tahun 1953, gudang bawah tanah di museum ini yang diperkirakan peninggalan abad ke-15 ditemukan. Kondisi gudang tersebut telah dipulihkan dan kini diaktifkan pula sebagai ruang pameran untuk benda-benda purbakala yang ditemukan di wilayah tempat wisata di Hoorn dan sekitarnya.

Museum ini didukung oleh Friends Foundation of Westfries Museum yang didirikan atas prakarsa Westfries Society. Tempat wisata ini sangat menarik, seperti halnya museum-museum yang ada di kawasan tempat wisata di Perancis karena ada banyak lukisan dan karya seni agung di dalamnya.

3. Kota Halve Maen

Halve-Maen

Tempat wisata di Hoorn berikutnya ialah Halve Maen. Anda bisa langsung datang ke sini paska berjalan-jalan di tempat wisata di Amsterdam. Tempat ini ditemukan oleh Halve Maen sehingga dinamakan Halve Maen.

Dia berlayar dari Amsterdam ke Arctic, berbelok ke barat daya untuk melintasi Samudra Atlantik ke Amerika Utara, lalu berlayar dari Newfoundland ke selatan untuk mencari Northwest Passage.

Dalam bukunya yang terbit tahun 1625, berjudul New World. Buku itu berisi ekstrak-ekstrak yang tak ternilai dari jurnal Hudson yang hilang.

dari sana dia kemudian berlayar bersama rekannya ke wilayah selatan ke Teluk Chesapeake dan kemudian pergi ke utara di sepanjang pantai yang menavigasi pertama Delaware Bay dan, kemudian, teluk sungai yang bernama Sungai Mauritius, untuk Holland’s Lord-Lieutenant Maurits.

Halve Maen berlayar ke sungai Hudson sampai ke Albany, New York, di mana para kru memastikan air terlalu sempit dan terlalu dangkal untuk berlayar lebih jauh. Setelah itu, dia kemudian berlayar ke timur laut dan menyeberangi Atlantik ke Inggris di mana dia berlayar ke pelabuhan Dartmouth dengan kapal dan kru dari Perusahaan Belanda Timur India.

Pada tahun 1618, atau beberapa tahun setelahnya, kapal hancur karena serangan Inggris di Jakarta di Hindia Belanda. Pada masa itu dia ditugaskan oleh VOC Chamber of Amsterdam di Republik Belanda untuk secara terselubung menemukan bagian barat China. Kapal itu dikapteni oleh Henry Hudson, seorang berkebangsan Inggris dalam pelayanan Republik Belanda.

Pada tahun 1909, Kerajaan Belanda mempresentasikan Amerika Serikat dengan replika dari Halve Maen untuk memperingati 300 tahun perjalanannya. Sayangnya replika tersebut hancur dalam peristiwa kebakaran.

Kalau anda sudah sampai di kota Halve Maein, nikmatilah suasana kota dengan pemandu tur anda. kunjungi pusat-pusat bersejarahnya dna mampirlah ke pusat perbelanjaannya untuk mendapatkan setidaknya pernak-pernik khas daerah tersebut, belanja oleh-oleh khas Belanda, atau menikmati sedikit kuliner khas Belanda.

4. Museum Abad Kedua Puluh di Hoorn

Museum-Abad-Kedua-Puluh-di-Hoorn

Tempat wisata di Hoorn Belanda berikutnya yang sangat bersejarah ialah museum abad ke-20. Museum ini berada di kota Hoorn, di provinsi Belanda, Belanda Utara.

Museum ini menampilkan interior khas periode taun 1900 hingga sekitar tahun 1980. Koleksi yang ada di dalam museum ini amat bervariasi mulai dari mainan, ruang keluarga, perabotan dapur, ruang kelas, peralatan kantor hingga peralatan visual dan audio.

Museum sudah dibuka sejak April 1994 untuk umum. Anda bisa menikmati kekhasan budaya warga Belanda di masa lalu dengan berkunjung ke sini.

Rekomendasi Kegiatan di Hoorn

Selama berwisata ke tempat wisata di Hoorn, mampirlah ke berbagai toko, restoran, monumen, dna coba juga fasilitas olahraga yang ada di sekitarnya.

Berikut kami rekomendasikan beberapa kegiatan untuk anda.


  • Melihat Danau Usselmeer

Hoorn terletak di utara Belanda dekat danau IJsselmeer, sekitar 45 menit berkendara menggunakan mobil dari ibu kota Amsterdam dan Bandara Schiphol Amsterdam. Jadi, mampirlah dahulu ke danau tersebut sebelum akhirnya menjelajahi tempat wisata di Hoorn.

  • Menginap di Medemblik

Ada banyak tempat menginap murah di kawasan Medemblik daripada di pusat kota Hoorn. Anda pun bisa sekalian berjalan-jalan di kota Medemblik.

  • Jalur kereta api Hoorn – Medemblik

Tour kereta api sepertinya bisa menjadi kegiatan yang menarik. Anda bisa merasakan kereta api yang dioperasikan oleh Museumstoomtram Hoorn Medemblik. Kereta api ini merupakan kereta api warisan budaya di Belanda. Kereta api berjalan dari Hoorn ke Medemblik, jaraknya kurang lebih hanya sekitar 20 km.

Demikian rekomendasi tentang tempat wisata di Hoorn yang mungkin dapat menarik perhatian anda berwisata ke Hoorn Belanda suatau hari nanti.

, , ,
Post Date: Thursday 06th, December 2018 / 06:57 Oleh :
Kategori : Belanda