11 Dessert Di Kuala Lumpur Yang Enak

Salah satu negara di Asia tenggara ini terletak tidak jauh dari Indonesia, bahkan kedua negara tersebut memiliki daratan yang berbatasan langsung. Karena kondisi geografis dan letak wilayahnya tersebut, tidak mengherankan jika kedua negara ini memiliki kemiripan dalam kebudayaan dan makanannya.

Namun, kedua negara ini tidak menyebutkan kemiripan tersebut secara gamblang. Karena kenyataannya, memang terdapat banyak perbedaan dan keunikannya masing-masing. Selain tempat wisata di Malaysia yang cukup terkenal hingga ke mancanegara, negara ini juga dikenal memiliki kudapan-kudapan yang mengunggah selera.

Berjuluk Negeri Jiran, Malaysia juga punya tarian hingga atraksi kebudayaan yang mengundang penasaran bagi traveler dari negara manapun. Nah, berikut ini daftar dessert di Kuala Lumpur yang enak, dan pantas untuk anda cicipi.

1. Es ABC

Es ABC

Hidangan penutup ini cukup populer di berbagai negara, termasuk juga Malaysia. Es ABC merupakan singkatan dari “Air Batu Campur” yang terdii dari es serut dengan aneka macam rasa sirup.

Biasanya es segar ini dilengkapi dengan berbagai macam toping seperti, jagung, kacang merah, dan ditambah susu kental manis. Bahkan menu dessert di Kuala Lumpur yang enak ini, sekarang juga ditambah dengan topping ice cream aneka rasa untuk menambah cita rasa sekaligus memenuhi keinginan pembeli.

2. Sago Gula Melaka

Dessert di Kuala Lumpur yang enak ini tidak kalah loh dari makanan khas India yang terkenal memiliki cita rasa unik dan otentik. Sago gula melaka adalah olahan hidangan yang terbuat dari sagu yang dicetak serta dibentuk di dalam mangkuk. Hidangan ini memiliki tekstur kenyal yang membuatnya terasa unik dan berbeda dari dessert negara lainnya.

Makanan ini juga memiliki cita rasa unik dan manis, sehingga banyak orang Malaysia yang menjadikannya dessert favorit. Sago gula melaka memiliki isian sagu yang kenyal dan legit yang dicampur dengan gula merah cari serta santan. Perpaduan tersebut menjadikan makanan ini memiliki rasa manis, gurih yang menggoyang lidah.

3. Sea Coconut & White Fungus Sweet Soup

 Sea Coconut & White Fungus Sweet Soup

Hidagan khas Malaysia lainnya yang tak kalah unik adalah Sea Coconut & White Fungus Sweet Soup. Sekilas sup ini tidak berbeda jauh dari makanan khas Korea yang memiliki rasa gurih, namun ternyata sup ini jauh berbeda dari sup-sup pada umumnya loh.

Isiannya bukan terdiri dari sayuran, melainkan buah kelengkeng, kuram, leci, dan yang tak boleh ketinggalan adalah jamur. Sup ini juga tidak terasa asin gurih, melainkan manis dan disajikan ketika masih hangat. Orang Malaysia biasanya mengkonsumsi dessert di Kuala Lumpur yang enak ini ketika musim hujan.

4. Bubur Cha Cha

Berbeda dari makanan khas Singapura, nampaknya orang Malaysia yang menyukai olahan yang berbahan dasar sagu. Termasuk bubur yang satu ini, yang juga menggunakan sagu sebagai bahan utamanya. Bubur cha cha terbuat dari sagu yang dicampur dengan potongan ubi jalar dengan berbagai pelengkap lainnya.

, nampaknya orang Malaysia yang menyukai olahan yang berbahan dasar sagu. Termasuk bubur yang satu ini, yang juga menggunakan sagu sebagai bahan utamanya. Bubur cha cha terbuat dari sagu yang dicampur dengan potongan ubi jalar dengan berbagai pelengkap lainnya.

Seperti buah pisang, kacang, atau juga bubur mutiara. Dessert di Malaysia yang enak ini adalah salah satu hidangan yang berkuah santan putih dengan rasanya yang manis. Bubur cha cha juga tidak terlalu sulit ditemukan, akrena hampir di semua wilayah Malaysia terdapat penjual bubur ini. Bahkan di gang-gang sempit sekalipun.

5. Tau Fu Fah

Hidangan ini terbuat dari kembang tahu dan sangat terkenal di wilayah Penang. Sajian ini biasanya dilengkapi dengan topping kacang tanah, cincau, pasta kacang merah, atau choco chip untuk membuatnya terasa semakin manis dan lezat. Penyajiannya pun juga bisa dalam keadaan hangat maupun dingin.

Sebagai negara tetangga, Indonesia juga memiliki hidangan serupa yang bernama Tahwa. Layakya tau fu fah, tahwa di Indonesia juga terbuat dari kembang tahu. Namun bedanya, di Indonesia kembang tahu disajikan bersama kuah gula merah dan jahe hangat, disertai topping kacang tanah yang telah disangrai.

6. Apam Balik

Apam Balik

Bisa dibilang apam balik sekilas mirip dengan crepes yang banyak dijual di berbagai negara. Namun uniknya, apam balik di Malaysia ini memiliki perbedaan adonan dari crepes. Apam balik memiliki adonan berupa tepung terigu, telur, dan labu yang disajikan bersama isian cokelat, keju dan kacang.

Banyak orang yang beranggapan, belum lengkap ke Malaysia jika tidak mencicip gurih dan manisnya apam balik ini. Jajanan ini bisa dibilang street foodnya Malaysia, karena bisa ditemukan dengan mudah di pinggir jalan maupun tempat keramaian seperti pasar malam di Malaysia.

7. Cendol

Cendol

Olahan yang terbuat dari tepung beras ini pasti sangat populer bagi orang Asia, termasuk Malaysia. Cendol memiliki bentuk gumpalan kecil yang terbuat dari tepung beras, dalam sajiannya cedol dihidangkan bersama kuah santan dan topping kacang merah. Sebagai negara tetangga, cendol juga banyak ditemukan di Indonesia.

Namun, tetap saja cendol di Negeri Jiran memiliki cita rasa lokal yang khas dan unik serta berbeda dari olahan cendol di negara lainnya. Cendol biasanya disajikan dalam keadaan dingin, bersama es serut. Namun bisa juga disajikan dalam keadaan hangat, bersama kuah santan dan gula merah.

Selain dessert khas Malaysia di atas, berikut ini beberapa hidangan lain yang dapat dicoba ketika jalan-jalan atau travelling di negara tropis ini. Wisatawan bisa dengan mudah menemukan dessert di Kuala Lumpur yang enak di kafe-kafe, maupun di deretan pedagang food street yang banyak menjajakan makanan lokal bercita rasa khas.

  • Roti Kaya, dessert yang satu ini adalah roti panggang yang berisikan selai srikaya. Melihatnya saja sudah unik sekali bukan? Roti kaya bisa ditemukan di penjual pinggir jalan hingga di kafe-kafe cantik sampai mal berbintang di Kuala Lumpur. Karena hidangan manis ini sangat populer di Kuala Lumpur.
  • Roti Jala, dinamakan demikian, karena roti ini memang memiliki bentuk menyerupai sebuah jala. Roti ini memiliki tekstur lembut dengan rasa yang tidak begitu manis atau asin. Biasanya disuguhkan sebagai pendamping kari ayam, atau disajikan bersama saus kacang.
  • Papadum, Malaysia selain dipengaruhi oleh kuliner khas Melayu, juga kaya akan kuliner asal India. Salah satunya adalah papadum yang telah disesuaikan dengan cita rasa lokal. Papadum memiliki rasa renyah yang cocok untuk ngemil atau pendamping nasi kandar.
  • Kuih Kapit, merupakan kue tradisional crunchy dan terbuat dari adonan tepung dan telur. Kue renyah ini biasanya disuguhkan dalam acara-acara wajib atau penting di Malaysia.

Itulah 11 hidangan penutup khas Malaysia yang tentunya tidak kalah dari hidangan dari negara lainnya. Sebagai negara yang multi etnis, Malaysia memang sudah sewajarnya jika memiliki makanan yang unik dan beragam. Selain berwisata kuliner, jangan lupa untuk menyisihkan waktu, karena ada banyak bangunan terindah di dunia yang bisa disinggahi di negara ini. Jangan lupa untuk share maupun komen informasi dessert lainnya yang bisa dicicipi di Kuala Lumpur, Malaysia.

, , , ,
Post Date: Saturday 31st, August 2019 / 15:55 Oleh :
Kategori : Malaysia