15 Tempat Wisata Di Kota Penang Malaysia Terfavorit Yang Wajib Dikunjungi

Anda yang pernah berlibur ke negeri Sabah alias Malaysia tentu mengenal Kota Penang, bukan ?. Kota yang masih berada dalam wilayah dan negara Malaysia ini menyimpan banyak tempat wisata di kota Penang yang patut Anda kunjungi.

Untuk Anda yang belum sempat sama sekali berkunjung ke kota Penang, alangkah baiknya untuk membuat daftar pilihan objek wisata mana yang patut Anda kunjungi. Untuk mengetahui lokasi dan tempat apa saja yang bisa ditelusuri, berikut beberapa contoh destinasi pilihan tempat wisata di kota Penang untuk Anda dan keluarga :

1. Penang Bridge (Jembatan Penang)

Penang Bridge (Jembatan Penang)Sesuai dengan namanya, Penang Bridge merupakan salah satu destinasi wisata berupa bangunan jembatan yang indah dan menarik. Tentu saja ini bukan sebuah jembatan biasa. Karena, Penang Bridge merupakan sebuah jembatan yang dijadikan sebagai  jembatan terpanjang di dunia. Sangat wajar, karena jembatan ini menghubungkan kota di Malaysia yaitu antara  daerah Sebrang Prai di daratan Malaysia dan kota Bayan  yang berada di lepas di Pulau Penang; Penang Bridge memiliki panjang lebih dari 13,5 kilometer, dan sangat mempesona untuk dilihat saat Anda berkendara.

Jembatan ini diresmikan dan  dibuka sebagai fasilitas umum dan pusat wisata pada tahun 1985, Penang Bridge sendiri merupakan salah satu jembatan yang bebas hambatan seperti layaknya jalan tol. Jembatan ini sendiri memiliki keunggulan bagi masyarakat di kota Penang yaitu sebagai menyokong dalam perkembangan di Malaysia dalam berbagai sektor, diantaranya ekonomi, sosial, dan budaya.

Di tempat ini Anda dapat melakukan wisata dengan bebasnya, mulai dari berfoto dan menikmati keindahan pemandangan sekitar jembatan. Lokasi ini dapat dicapai sekitar 1 jam dari kota Penang jika Anda menggunakan kendaraan mobil maupun motor.

2. Penang Hill (Bukit Penang)

Penang Hill (Bukit Penang)Tempat wisata di kota Penang selanjutnya yaitu sebuah bukit yang indah dan asyik untuk dikunjungi.  Karena tidak sedikit pengunjung baik pengunjung domestik maupun pengunjung mancanegara yang berkunjung untuk menikmati keindahan lokasi di bukit ini.

Di tempat ini Anda akan menikmati pertunjukan yang akan membuat Anda tertegun, karena tenpat ini dikenal oleh masyarakat sekitar dengan sebutan Bukit Bendera. Termasuk destinasi wisata Owl Museum, pemandangan landscape yang indah dan menarik, suhu yang sejuk, hingga udara yang bersih dan segar. Karena di tempat ini banyak perbukitan yang menyajikan pemandangan luar biasa mempesona.

Untuk menuju lokasi Anda bisa menaiki kereta wisata yaitu Penang Hill Railway. Harga tiket masuk sebesar 30.oo RM untuk dewasa, dan seharga 15.00 RM untuk anak-anak usia di bawah 12 tahun dan khusus pelajar. Kereta ini beroperasi mulai dari jam sembilan pagi, hingga sebelas malam dari hari Senin – Minggu.  Untuk mencapai puncak bukit memakan waktu 5 menit dan jika melewati terowongan memakan waktu 10 – 15 menit. Atau Anda dapat menggunakan transport lain seperti taxi atau travel agen yang sebelumnya sudah dipesan.

3. Kek Lok Si Temple

Kek Lok Si TemplePilihan tempat wisata di kota Penang selanjutnya yaitu Kuil Kek Lok Si. Kuil yang sangat indah dan menarik untuk dikunjungi, kuil ini merupakan kuil Buddha yang terbesar di Asia Tenggara. Kuil ini juga memiliki keunikan yaitu ornamen budaya khas Tiongkok, dan gaya kuil di Thailand yang megah dan unik. Ditambah lagi usia kuil ini mencapai ratusan ribu tahun lamanya.

Kuil yang berada di puncak Bukit Kwok San, Air Itam, Penang, di tempat ini Anda akan menemukan banyak tanjakan dan turunan yang menguras tenaga. Namun, jangan khawatir, semuanya akan terbayar dengan kecantikan dan keindahan kuil yang bisa Anda nikmati. Untuk berkunjung ke sana, Anda dapat menggunakan transportasi umum, seperti bus atau taxi, Anda dapat naik langsung dari George Town (ibukota Malaysia Utara).

Untuk memasuki tempat wisata Kek Lok Si Temple, tidak ada biaya yang dikeluarkan alias gratis. Namun, jika ingin Anda ingin mengunjungi pagoda yang terletak di kawasan kuil, Anda akan dikenakan biaya sebesar 2 RM / orang.

4. Plaza Gurney

Plaza GurneySebuah wisata belanja yang terkenal di kota Penang, Anda akan menemukan sebuah mall besar yang cukup lengkap fasilitasnya. Mulai dari toko pakaian, sepatu, aksesoris, makanan, minuman dan sebagai tempat wisata belanja yang asyik.

Kota Penang tidak hanya mengenai wisata alam dan sejarahnya. Namun bagi  Anda yang senang berbelanja, tempat ini sangat bisa dikatakan dapat memuaskan “hasrat” Anda dengan berbelanja dan mengunjungi Plaza Gurney. Di tempat ini juga, Anda akan menemukan banyak jenis toko, produk yang bervariasi, dan harga yang bervariasi mulai dari harga murah, sampai dengan yang mahal.

Jadi cukup menarik bukan ?, untuk menuju lokasi pusat belanja tersebut, Anda dapat menggunakan taxi atau berjalan kaki jika penginapan Anda dan keluarga tidak terlalu jauh dari letak lokasi belanja berada.  Jadi jangan lewatkan wisata belanja satu ini, jika Anda penasaran dengan ragam produk yang ditawarkan.

5. Sri Mahamariamman Temple

Sri Mahamariamman TempleKuil ini merupakan sebuah kuil agama Hindu yang berada di kota Penang, kuil ini sangat cantik dan menarik untuk ditelusuri. Kuil ini merupakan kuil yang tertua yang berada di kota ini, dan banyak pengunjung yang berwisata sekaligus beribadah di tempat ini.

Lokasi kuil ini masih berada di satu lokasi dengan George Town, kok. Anda akan melihat beragam ornament khas kebudayaan India kuno yang indah dan juga menarik. Tidak hanya itu, ada banyak koleksi patung dewa-dewi Hindu yang dipajang rapi dan menarik. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai pemandangan alam dan bangunan dengan gaya khas dan juga dapat melakukan foto cantik selama berada di kuil ini.

Di tempat ini banyak keindahan yang dapat dilihat dan ditelusuri, namun ada satu tempat yaitu altar utama yang sangat dilarang untuk melakukan sesi pemotretan. Untuk menuju lokasi wisata ini Anda dapat berkendara dengan mobil atau motor atau travel agen, dan juga berjalan kaki apabila lokasi penginapan anda berada di sekitar kuil. Di kuil ini tidak dipungut biaya masuk alias gratis dan jam operasional mulai Senin – Minggu, pukul 06.30 pagi, hingga jam 12 siang; lalu pukul 04.30 sore sampai dengan sembilan malam.


6. Fort Cornwallis

Fort CornwallisSebuah benteng yang sudah berdiri sejak tahun 1786, tempat ini merupakan satu destinasi wisata paling tua di kota Penang. Anda yang menyukai wisata sejarah dan tertarik untuk mempelajari sejarah di benteng tersebut, maka Penang—Fort Cornwallis adalah tempat yang sangat cocok dan sangat bagus untuk Anda.

Saat ini Fort Cornwallis sudah direstorasi sedemikian rupa, sehingga lebih menyerupai sebuah taman yang asyik dan menarik. Di tempat ini juga terdapat tembok kuat dan kokoh dan tingginya mencapai kurang lebih 3 meter yang mengelilingi tempat wisata.

Bukan hanya itu, bentuk arsitekturnya yang masih sangat kokoh dan bertahan lama hingga kini. Di sana, Anda juga dapat menemukan beragam artefak peninggalan, contohnya yaitu lampu tua, meriam, bendera kuno, sebuah kapel, juga tempat penyimpanan peluru serta penjara tua.

Jam Operasional :

  • Mulai Senin – Minggu, pukul 09.00 – 17.00 waktu setempat.
  • HTM, 20.00 RM / orang ditambah bonus 1 botol air mineral.

7. Cheong Fatt Tze Mansion

Cheong Fatt Tze MansionTempat wisata yaitu sebuah hunian Cheong Fatt Tze Mansion  yang dibangun di tahun 1880 oleh Cheong Fatt Tze seorang pedagang dan juga adalah imigran dari Tiongkok. Sebuah rumah ukuran besar yang didominasi dengan cat berwarna biru, sangat cantik dimana di rumah ini memiliki kamar sebanyak 38 kamar, dan dibangun dengan menggunakan aturan fengsui ala tradisi Cina.

Sejarah rumah ini dulunya pernah dibeli oleh seorang pengusaha asal Negara Malaysia, dimana masih tetap terjaga kelestariannya dan juga masih dalam bentuk ornamen lama, selain dibuka untuk khalayak umum, rumah ini juga sering digunakan sebagai lokasi pengambilan gambar film dan butik hotel.

Jadi jika Anda menyukai wisata sejarah dan bangunan unik, tempat ini cocok untuk dikunjungi. Anda dapat menyewa travel agen dan taxi untuk menuju ke lokasi wisata ini. Pemandangan bangunan yang klasik dan kuno, juga benda koleksi yang tertata rapi membuat tempat ini layak dijadikan sebagai pilihan liburan Anda dan keluarga.

8. Tropical Spice Garden

Tropical Spice GardenSebuah taman yang indah dan asri, Anda akan merasa betah berada di taman ini. Nikmati perjalanan liburan Anda ke kota Penang dengan mengajak anak bersenang-senang dan bermain. Di tempat ini, Anda dapat berjalan dan berkeliling untuk menelusuri hutan buatan yang cantik dan indah, dan juga dapat mempelajari mengenai jenis tanaman yang ada di tempat wisata.

Tropical Spice Garden sendiri berlokasi tidak jauh dari Toy Museum, lebih tepatnya di wilayah Teluk Bahang. Pada saat Anda berkunjung ke tempat ini, Anda tidak perlu menggunakan pemandu lokal untuk menjelajahi hutan dan taman sekitarnya. Saat membeli tiket, Anda akan “dipinjamkan” satu alat, berbentuk seperti remote yang nantinya alat tersebut akan terhubung pada palang angka yang terpasang di tempat tertentu.

Untuk mengetahui deskripsi terkait tempat tersebut, cukup tekan tombol angka, sehingga akan keluar audio terkait penjelasan tanaman yang bersangkutan. Anda, bisa meminta petugas mengubah bahasa secara otomatis ke dalam bahasa Inggris, Melayu, Mandarin, Arab, Jepang, Jerman, maupun Prancis.

Selain fasilitas di atas Anda juga dapat menikmati fasilitas lain seperti bersaniat, menjelajahi taman, bermain ayunan, wisata rumah teh, dan bermain di area seluncur yang asyik dan seru. 

Jam Operasional :

  • Mulai hari Senin – Minggu, pukul 08.00 – 17.00 waktu setempat.

HTM :

  • Dewasa 26.00 RM.
  • Anak dan Remaja 20.00 RM.

9. Penang Toy Museum

Penang Toy MuseumSebuah museum mainan anak – anak yang asyik dan seru untuk dinikmati bersama keluarga Anda. Di tempat ini Anda dan anak – anak akan melihat dan menyaksikan koleksi mainan yang terlengkap di kota Penang.

Jenis mainan yang adan di museum ini terdiri dari berbagai mainan seluruh dunia, Penang Toy Museum menjadi salah satu destinasi menarik dan tentunya membuat anak – anak merasa betah berada di tempat ini. Berlokasi di Jalan Tanjung Bungah, ada lebih dari 100 ribu koleksi mainan tersimpan di sana.

Jadi jangan lupa untuk menjadikan tempat ini sebagai pilihan tempat wisata di kota Penang yang tidak terlupakan bagi Anda dan keluarga. Untuk menuju ke lokasi ini Anda dapat menyewa taxi dan juga travel agen yang sudah dipesan sebelumnya. Atau bisa juga dengan berjalan kaki apabila lokasi penginapan Anda tidak terlalu jauh dari lokasi wisata Penang Toy Museum.

Jam Operasional :

  • Mulai hari Senin – Minggu, pukul 08.00 – 17.00 waktu setempat.

HTM :

  • 30.0o RM / orang.

10. Owl Museum

Owl MuseumSatu lagi museum unik yang ada di kota Penang, yaitu museum burung hantu. Di tempat ini Anda akan melihat berbagai macam koleksi burung hantu, tapi burung hantu mainan bukan burung hantu yang asli.

Museum ini juga menawarkan berbagai macam fasilitas yang dapat dinikmati, seperti lukisan burung hantu, patung, dan beragam suvenir dan merchandise bertemakan burung hantu.

Di museum ini memiliki tempat yang cukup luas, selain itu juga Anda dapat berkeliling dan menikmati setiap sudu5 museum yang memiliki keunikan akan benda dan ornamen burung hantu yang menarik. Dan juga anda dapat membeli oleh – oleh khas museum burung hantu. Museum ini merupakan museum terlengkap untuk ukuran museum burung hanti di Asia Tenggara.

Jam Operasional :

  • Mulai hari Senin – Minggu, pukul 08.00 – 17.00 waktu setempat.

HTM :

  • 10.0o RM / orang.

11. Penang Esplanade

Penang EsplanadePenang Esplanade merupakan sebuah tempat wisata yang dikenal dengan nama Padang Kota Lama Penang, terletak di pinggiran Kota George Town. Dinamakan demikian, karena Padang Kota Lama ini memang berada persis di pinggir pantai dekat Pelabuhan Penang. Nama “Padang Kota Lama” sendiri diambil dari lokasi yang biasa disebut oleh penduduk lokal sebagai “lapangan” atau alun-alun.

Di tempat ini terdapat satu atraksi yang dapat Anda nikmati di Penang Esplanade. Anda dapat melihat pemandangan kota berupa bangunan-bangunan tua bekas penjajahan bangsa Inggris. Tempat ini memiliki lokasi wisata lain yaotu seperti benteng Fort Cornwallis, City Hall yang luas, Clock Tower  yang unink, Town Hall (balai pertemuan) sampai Alun-alun (lapangan luas tempat diselenggarakan untuk upacara dan beragam acara hiburan).

Untuk berkunjung ke Penang Esplanade, Anda dapat menempuh jarak selama sekitar 30 menit dari George Town dengan bus tujuan Jetty. Atau Anda dapat berjalan kaki jika lokasi penginapan Anda berdekatan dengan lokasi wisata tersebut.

12. Beach Street (Lebuh Pantai)

Beach Street (Lebuh Pantai)Lebuh pantai merupakan wisata kota yang indah dan seru, tempat ini menjadi salah satu tempat wisata di Penang yang dimintai banyak pengunjung. Baik pengunjung lokal maupun pengunjung mancanegara, di tempat ini terlihat hiruk pikuk kondisi kota yang ramai dan padat.

Di tempat ini ada banyak fasilitas yang dapat Anda jumpai dan dinikmati. Mulai dari wisata budaya, bangunan indah, pusat belanja dan hiburan anak yang pasti membuat Anda betah untuk berkeliling kota. Anda bisa berfoto dan berkeliling di sekitar area wisata dan bermain bersama anak dan keluarga.

Banyak fasilitas yang disediakan di tempat ini, Anda dapat menikmati semuanya itu dengan mudah dan harga yang terjangkau. Untuk menuju ke lokasi tersebut, Anda dapat menggunakan armada taxi atau travel agen, dan juga jika lokasi penginapan Anda cukup dekat, Anda dapat berjalan kaki santai sambil melihat berbagai objek wisata lain yang ada di sekitar daerah tersebut.

13. Lebuh Muntri

Lebuh MuntriDi tempat ini terdapat beberapa objek wisata yang menarik dan asyik untuk ditelusuri, tempat tersebut diantaranya yaitu pertama, Anda bisa mencoba langsung sensasi memasuki Camera Museum. Museum kamera pertama yang ada di Malaysia, bahkan di kawasan Asia Tenggara. Di tempat ini, Anda dapat mempelajari beragam hal yang berhubungan dengan kamera dan kelengkapannya, meliputi sejarah dan cerita seputar dunia kamera.

Dimana terdapat lebih dari 300 koleksi kamera dari berbagai zaman dan eranya, mulai dari jenis kamera kuno, sampai pada kamera terkini. Di tempat ini juga terdapat beberapa fasilitas umum lainnya yaitu restoran, toko souvernir dan juga tempat berkumpul yang asyik dan menyenangkan.

Masih berada di dalam kawasan Lebuh Muntri, jangan lupa jika Anda berkunjung ke daerah ini untuk melihat Masjid Benggali sebagai salah satu peninggalan kelompok Muslim India yang terkenal di Lebuh Muntri. Didirikan pada tahun 1803, masjid ini juga termasuk dalam kategori masjid tertua di Penang, yang dibangun oleh pendatang dari kota Bengal. Adapun  lokasi lainnya yaitu sebuah kuil indah yang bernama kuil Hainan di Lebuh Muntri, yang dijadikan sebagai tempat beribadah dan menjadi tempat penghormatan kepada Dewi Mar Chor. Jadi cukup menarik dan menyenangkan, bukan ?. 


14. Kuil Khoo Kongsi

Kuil Khoo KongsiSebuah objek wisata sebuah kuil Budha yang menarik dan indah, kuil ii disenut juga dengan nama Leong San Tong Khoo Kongsi Clan House. Berada di lokasi Cannon, kuil memang sangat terpencil untuk dikunjungi dan cukup sulit untuk dijangnkau dengan akses yang perlu dicari tahu sebelumnya. Karena kuil ini terlalu masuk ke dalam dari arah jalan besar. Namun jangan salah, karena berdasarkan sejarah dan cerita para pengunjungnya, kuil ini disebut -sebut sebagai “kuil termegah” di kota Penang.

Kuil ini dulunya dibangun oleh para imigran dari Desa Sin Kang, Provinsi Hokkien, Tiongkok. Bagi Anda yang menyukai wisata religi dan budaya, dapat berkunjung ke Kuil Khoo Kongsi jam operasional mulai dari pukul 09.00 –  hingga 17.00 waktu setempat.

Untuk lokasi wisata, Anda diwajibkan membayar tiket masuk sebesar 10 RM (sudah termasuk bonus berupa kartu pos) perorangnya. Tempat ini sangat baik jika Anda berkunjung malam hari. Adanya perpaduan arsitektur khas Tiongkok, aneka kerajinan tangan, serta hiasan lentera yang menggantung di daerah wisata membuat suasana malam semakin menyenangkan dan dijamin menciptakan satu sensasi liburan tersendiri yang seru dan asyik. selama Anda berkunjung di tempat wisata di kota Penang.

15. Penang Butterfly Farm

Penang Butterfly FarmSebuah wisata taman kupu – kupu yang indah dan menyenangkan. Tempat ini sangat sejuk dan tenang, selain banyak koleksi berbagai jenis kupu – kupu yang indah. Juga Anda dapat melihat tanaman hias dan bunga yang mewarnai tempat ini menjadi teduh dan asri. Sangat menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga di taman ini.

Berlokasi di wilayah Batu Ferringhi, Penang, tempat ini dapat dikatakan sebagai satu peternakan kupu-kupu tropis pertama di kota Penang. Adapun salah satu jenis kupu-kupu populer, yakni kupu – kupu jenis raja Brookeyang yang merupakan satu jenis yang terbesar di Asia Tenggara.

Selain jenis tersebut, di tempat ini Anda juga akan melihat berbagai jenis kupu – kupu lainnya yang sudah tentu unik dan cantik untuk dilihat dari jaraj dekat. Selain itu juga ada ratusan reptil, serangga, dan hewan lain yang dipelihara di taman ini. Untuk menuju ke lokasi wisata Anda cukup berjalan kaki apabila jarak lokasi penginapan berada di dekat area sekitar wisata. Atau dengan menyewa taxi dan armada travel yang langsung dapat menuju lokasi tersebut

Semoga pemaparan dan contoh lokasi pilihan wisata, salah satunya tempat wisata di kota Penang dapat membuat wisata Anda dan keluarga semakin berkesan dan menyenangkan. Selamat berlibur dan berwisata.

, , , ,
Post Date: Wednesday 28th, February 2018 / 03:56 Oleh :
Kategori : Malaysia