12 Tempat Wisata Di Semporna Malaysia Surga Pencinta Alam

    Semporna merupakan sebuah kota kecil yang ada di sebelah timur Sabah Malaysia yang bisa ditempuh selama 2 jam perjalanan kendaraan. Kota semporna juga menjadi salah satu kota yang menjadi destinasi wisata alam Malaysia , khususnya wisata bahari yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Semporna juga merupakan merupakan pulau besar dimana di sekelilingnya juga terdapat banyak pulau yang juga memikat hati para wisatawan yang datang. Untuk menuju  ke wilayah samporna bisa menggunakan penerbangan menuju ke Bandara Tawau kemudian dilanjutkan dengan perjalanan sekitar 1,5 km menuju semporna.

Wilayah Semporna ini juga menjadi salah satu persinggahan atau tempat traansit ketika akan berkunjung ke berbagai pulau kecil yang ada di sekitarnya. Berikut ini merupakan tempat wisata di Semporna dan sekitarnya yang bisa menjadi referensi untuk liburanmu ke Malaysia yang tentu akan lebih sempurna jika pergi bersama teman maupun keluarga.

1. Pulau Timba-Timba

Pulau Timba-Timba

Pulau Timba-timba merupakan salah satu pulau cantik di Semporna yang bisa menjadi salah satu tempat wisata di Semporna Malaysia yangjuga sempurna untuk dikunjungi. Pulau timba-timba juga menawarkan kehidupan bawah laut dengan hewan laut seperti kepiting, belut laut, kura-kura, lobster, belut biru, dan lainnya.

Pulau Timba-timba ini memang belum cukup populer dan ramai dikunjungi oleh para wisatawan ,dan informasi tentang pulau timba inipun juga masih terbilang sedikit. Namun hal inilah membuat pulau Timba-timba yang juga terkenal dengan warna air 3 layernya yang cantik ini masih terjaga keindahan alaminya.

Pasir Pantai yang putih, air laut di tempat ini yang juga jernih dan banyak nya hewan-hewan laut nan cantik yang ada di pulau ini menjadikan pulau Timba-timba sebagai salah satu pusat penyelaman terbaik di Malaysia. Maka tak heran kalau scuba diving dan juga snorkelling menjadi salah satu aktivitas favorit para pengunjung kerika berwisata di pulau Timba-timba.

2. Bukit Tengkorak

bukit tengkorak

Bukit tengkorak merupakan sebuah situs arkeologi yang terletak di sebuah bukit di jalan Tampi-tampi yang berada sekitar 10 KM selatan pusat kota Semporna. Situs arkeologi ini merupakan pusat tembikar terbesar se Asia Tenggara  yang sudah ada lebih dari 3.000 tahun lalu.

Bukit tengkorak menjadi salah satu tempat bersejarah di Sabah, tepatnya di Semporna yang berada di ketinggam sekitar 600 kaki diatas permukaan laut. Bukit temgkorak ini juga merupakan salah satu situs perlindungan batu vulkanik dan bagian dari mulut gunung berapi dengan diameter sekitar 2 km.

Eksplorasi dilakukan di bukit tengkorak sudah dilakukan sejak tahun 1994 oleh para peneliti dari Pusat Arkeologi Universiti Sains Malaysia. Bekerjasama dengan Departemen museum Sabah Malaysia, kegiatan eksporasi ini bertujuan untuk melakukan penelitian secara ilmiah dan sistematis di situs arkeologi bukit tengkorak ini


Hasil eksplorasi tersebut menemuka puluhan ribu gerabah yang dihiasi dengan berbagai pola dan juga sumber tanah liat yang digunakan untuk pembuatan tembikar juga ditemukan di bukit ini. Beberapa hasil studi yang dilakukan juga mengungkapkan kalau pembuatan tembikar ini masih dilakukan oleh suku Bajau yang ada di Semporna ini.

Sayangnya untuk mencapai ke situs arkeologi bukit tengkorak di Semporna ini belum ada akses untuk kendaraan umumnya kecuali menggunakan Taxi. Untuk menggunakan taci menuju bukit tengkorak ini bisa dari pusat kota Semporna dengan biaya sekitar 60 ringgit termasuk waktu menunggunya.

Bukit tengkorak di wilayah Semporna ini dibuka untuk pengunjung setiap harinya mulai pukul 09.00 pagi hingga 17.00 petang waktu setempat. Untuk berwisata dan menikmati keindahan di situs arkeologi di bukit tengkorak ini pengunjung juga tidak dikenakan biaya tiket masuk alias gratis.

3. Taman Nasional Sipadan

taman nasional sipadan

Nama Sipadan memang juga tidak asing di telinga orang Indonesia karena pulau ini memang pernah menjadi sengketa antara Indonesia dan Malaysia.  Pulau Sipadan ini berlokasi tidak jauh dari Samporna dan juga terkenal sebagai salah satu spot menyelam terbaik di Malaysia dan menja

Banyak spot-spot untuk menyelam yang sangat mengagumkan dan menjadi surga bagi para pecinta olehraga menyelam seperti Turtle Tomb dan Baraccuda Points. Spot-spot menyelam yang ada dipulau Sipadan ini menawarkan keunikannya masing-masing untuk menarik para pengunjungnya sehingga menjadi salah satu tempat wisata terfavorit di Malaysia

Pulau Sipadan ini memang ditetapkan sebagai salah satu Taman Nasional di Malaysia yang menjadi habitat bagi setidaknya 3.000 spesies ikan dan juga ratusan jenis karang laut. Beberapa jenis ikan laut yang bisa dijumpai di Pulau

Untuk menjaga kestabilan ekosistem bawah laut, saat ini hanya diperbolehkan 120 penyelam saja per harinya yang boleh menyelam di Taman Nasional Sipadan ini. Selain itu demi menjaga kebersihan dan juga kelestarian di Pulau Sipadan ini, pengunjung yang ingin bermalam bisa menginap di berbagai penginapan yang ada di pulau sekitarnya seperti Pulau Mabul dan Semporna.

Untuk mendapatkan izin menyelam di pullau Sipadan ini, para pengunjung harus memesan paket non menyelam ataupun paket menyelam kepada pengelola. Jika memesan paket menyelam ini jauh-jauh hari tentu kesempatan untuk menyelam di Taman Nasional Pulau Sipadan ini juga akan semakin besar.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Taman Nasional Sipadan ini adalah sekitar bulan Maret hingga Oktober dimana cuacanya sangat cocok untuk melakukan penyelaman. Jam untuk menyelam di perairan pulau Sipadan ini juga dibatasi mulai  dari jam 8 pagi hingga jam 3 sore waktu setempat.

4. Museum Tun Sakaran

Museum Tun Sakaran

Museum Tun Sakaran ini bisa menjadi salah satu tempat wisata di Semporna yangjuga bisa dikunjungi saat berlibur di semporna, Malaysia.

Museum yang menjadi cabang dari museum Sabah ini terletak kampung Imabah Kabal yang terletak sekitar 2 kilometer dari  pusat kota semporna.

Museum Tan Sakaran yang pembangunannya memakan biaya sekitar 2,8 juta ringgit ini  dibuka secara resmi pada tanggal 25 April 2015. Museum ini memamerkan berbagai koleksi pribadi dari Tun Sakaran Dandai, yang merupakan mantan perdana menteri Malaysia dan juga memberikan informasi tentang sejarah dan perkembangan Sabah, khususnya Semporna.


Museum ini juga dinamakan sesuai dengan namanya tersebut guna menghormati dedikasi dan kontribusi yang telah dilakukan Tun Sakaran untuk Malaysia dan Sabah. Museum ini juga diharapkan dapat menjadi bahan rujukan untuk kisah sejarah para pemimpin malaysia dan juga pelestarian warisan seni dan kebudayaan Sabar

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Semporna yang sangat sempurna dikunjungi saat berlibur di Malaysia baik bersama teman maupun keluarga. Selain beberapa tempat tersebut, masih ada lagi beberapa tempat lainnya yang bisa menjadi rekomendasi tempat wisata di Malaysia, khususnya di wilayah Semporna dan sekitarnya yang bisa dikunjungi, seperti :

  • Pulau Selangan
  • Pulau Larapan
  • Pulau Bait
  • Pulau Silawa
  • Pulau Pababag
  • Pulau Menampilik
  • Pantai Sarinah
  • Dan lainnya

Semoga artikel ini juga bisa bermanfaat serta menambah inspirasi dan wawasan untuk destinasi liburan di Malaysia, terutama di wilayah Semporna. Akhir kata, terimakasih sudah membaca artikel ini, mohon maaf bila ada salah kata dan selamat berlibur,

, , ,
Post Date: Saturday 19th, January 2019 / 05:38 Oleh :
Kategori : Malaysia