4 Tips Utama Jalan-Jalan ke Cameron Highland Malaysia Yang Paling Berguna Bagi Wisatawan

Jalan-Jalan ke Cameron Highland—salah satu tujuan wisata favorit di ketinggian yang bisa Anda coba ketika mengunjungi semenanjung Malaysia adalah Cameron Highland. Dataran tinggi ini disebutkan sebagai tempat peristirahatan yang ditemukan oleh seorang berkebangsaan Inggris bernama William Cameron. Sempat menjadi tanah kelahiran bagi masyarakat lokal, kini Cameron Highland sudah berubah menjadi tempat wisata favorit selayaknya Lembang atau Puncak Bogor di Indonesia.

Mengunjungi Cameron Highland bisa Anda lakukan setelah menjelajahi berbagai tempat bersejarah di Selangor. Ada banyak tempat yang bisa Anda nikmati di dataran tinggi ini, terutama suasana khas pegunungan serta perkebunan berwarna hijau yang dikombinasikan dengan hamparan langit biru. Agar bisa jalan-jalan ke Cameron Highland dengan nyaman, ada baiknya Anda membuat perencanaan yang matang dengan memahami beberapa tips jalan-jalan ke Cameron Highland berikut ini.

  1. Cara Mencapai Cameron Highland

Cara Mencapai Cameron HighlandJika sebelum jalan-jalan ke Cameron Highland Anda terlebih dahulu mengunjungi tempat wisata alam di Kuala Lumpur, maka cara tempuh ke Cameron Highland cukup mudah. Begitu juga jika Anda sebelumnya berasal dari Penang.

Dari Kuala Lumpur, Anda memiliki banyak pilihan transportasi menuju Cameron Highland, salah satunya adalah bus. Anda hanya perlu menuju Terminal Bersepadu Selatan untuk mengambil jadwal perjalanan paling awal yakni pada pukul 08.30 waktu setempat. Selain menggunakan bus, Anda juga bisa menggunakan jasa taksi dari terminal ini.

Setibanya di Cameron Highland, Anda bisa menikmati jalan-kalan ke Cameron Highland dengan berbagai cara, baik dengan jalan kaki, shuttler bus, maupun dengan menggunakan taksi. Jika Anda berniat menggunakan bus, tersedia bus yang mengantar Anda dari Tanah Rata dan Brinchang, begitu juga sebaliknya.

Pada hari yang terang, cobalah untuk menikmati Cameron Highland dengan berjalan kaki. Anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 4 kilometer antara Tanah Rata dan Brinchang yang bisa dilalui selama 1 jam. Alternatif lainnya untuk menikmati salah satu wisata alam Malaysia ini adalah dengan menyewa sepeda sekitar 1.40 dollar.

Jika Anda diburu waktu, maka pilihan yang paling cepat adalah dengan menggunakan taksi. Sebab, tidak ada jalur kereta menuju Cameron Highland yang bisa Anda tumpangi. Hanya saja, budget yang harus Anda keluarkan cukup besar yakni sekitar 3.62 dollar atau 15 ringgit Malaysia. Menggunakan taksi adalah pilihan terbaik jika Anda menuju atau pulang dari Cameron Highland ketika hari sudah malam.

  1. Tempat Menginap Terbaik dan Terjangkau

Tempat Menginap Terbaik dan TerjangkauAda banyak tempat menginap bagi Anda yang berniat jalan-jalan ke Cameron Highland. Sebab, dataran tinggi ini terbagi menjadi tiga wilayah yakni Tanah Rata, Brinchang, dan Kea Farm. Masing-masing wilayah tersebut memberikan pelayanan tempat menginap yang bisa Anda jangkau selayaknya penginapan murah di Kuala Lumpur. Anda bisa menginap di hotel, hostel, maupun penginapan khusus untuk backpacker yang biasanya lebih terjangkau.

Karena kentalnya sejarah kependudukan Inggris Raya di Cameron Highland, tidak sedikit tempat menginap yang berasitektur periode kolonial atau penjajahan. Tentu, hal tersebut menjadi nilai tambahan sebab suasana lingkungan sekitar akan tampak lebih eksklusif. Salah satu tempat menginap tersebut adalah The Smokehouse Hotel atau Cameron Highland Resort. Di sisi lain, Anda bisa menginap di tempat-tempat modern seperti TJ Lodge, David Hotel Apartement, atau Mentigi Guesthouse.

Namun umumnya, wisatawan banyak menginap di wilayah Tanah Rata karena harganya yang lebih murah. Selain itu, Anda bisa memiliki akses yang lebih mudah ke berbagai tempat umum seperti restoran dan bank. Tentu jika menginap di tempat yang lebih murah, Anda memiliki cukup banyak budget untuk mengunjungi tempat belanja di Malaysia untuk membeli oleh-oleh. Untuk kemudahan pemesanan, disarankan bagi Anda untuk melakukan pemesanan secara online sebelum keberangkatan.

  1. Hal yang Bisa Dilakukan di Cameron Highland

Hal yang Bisa Dilakukan di Cameron HighlandJalan-jalan ke Cameron Highland adalah cara berlibur yang tepat jika Anda ingin melepaskan penat dari rutinitas perkotaan yang sumpek. Sebab, di tempat wisata ini Anda akan melihat lebih banyak tempat wisata alam dengan bentang perkebunan dan hutan yang memanjakan mata. Meski tampak tidak beragam, ada lebih banyak hal yang bisa Anda eksplorasi dari yang Anda bayangkan. Hal yang lebih penting adalah Cameron Highland terkenal sebagai tempat wisata anak di Malaysia yang aman dan nyaman.

Tiga di antara banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di Cameron Highland adalah mendaki tur perkebunan teh, mendaki gunung, hingga merasakan sensasi berjalan-jalan di kota Tanah Rata yang tengah berkembang. Pada tur perkebunan teh, Anda tidak hanya akan menikmati indahnya kebun teh yang hijau, melainkan juga mengetahui proses penanaman pohon teh hingga pada proses pembuatan teh.

Sementara jika Anda tertarik untuk jalan lebih jauh ke gunung, ada banyak jalar pendakian yang bisa Anda lalui. Selama perjalanan, Anda akan menemukan lebih banyak keindahan seperti air terjun hingga berbagai flora menarik seperti raflesia. Setelah lelah berjalan-jalan, jangan lupa habiskan waktu di kedai teh bergaya Inggris klasik yang bisa Anda temukan di sepanjang jalan dan membeli beberapa pernak-pernik di tempat belanja murah di Malaysia terfavorit.

  1. Hal yang Perlu Dibawa dan Dipersiapkan

Hal yang Perlu Dibawa dan DipersiapkanKarena Cameron Highland berada di dataran tinggi, tentu udara akan terasa lebih dingin dari pusat kota seperti Kuala Lumpur. Hal terbaik yang harus Anda bawa ketika jalan-jalan ke Cameron Highland adalah baju hangat untuk menghalau udara dingin yang kerap bertengger di angka 15 hingga 20 derajat celcius.

Sementara di area pegunungan, curah hujan sulit diprediksi. Oleh karena itu, jangan lupa mempersiapkan beberapa pakaian ganti, jas hujan, serta payung. Terutama jika Anda berniat untuk mendaki gunung.

Jika Anda merasa membawa baju ganti atau jas hujan cukup merepotkan, Anda perlu membawa lebih banyak uang untuk digunakan. Selain itu, persiapkan uang berlebih untuk menikmati berbagai jenis makanan khas dan makanan ringan khas Malaysia yang terjaja di sepanjang.

Ada berbagai jenis menu yang bisa Anda coba, bahkan menu internasional sekali pun. Kendati demikian, umumnya harga makanan di Cameron Highland cukup terjangkau.

Anda juga perlu mempersiapkan tas tambahan sebab ada begitu banyak jenis oleh-oleh khas Malaysia yang bisa Anda dapatkan di Cameron Highland. Selain berupa produk-produk kerajinan, tentu saja Anda harus membawa pulang produk-produk unggul seperti produk teh. Dengan demikian, Anda bisa membawa kesan jalan-jalan ke Cameron Highland sampai Anda pulang ke tanah air.

Sebagai tempat wisata yang ramah anak, Anda bisa jalan-jalan ke Cameron Highland bersama keluarga atau sahabat. Cameron Highland adalah salah satu tempat wisata yang bisa Anda kunjungi untuk membeli berbagai produk oleh-oleh khas Malaysia karena di tempat ini cukup banyak tersedia toko suvenir yang menarik dan khas.

Selepas berjalan-jalan di Malaysia, jangan lupa untuk melanjutkan perjalanan menuju negara lainnya di Asia Tenggara. Anda bisa mencoba untuk backpacker dari Malaysia ke Thailand dengan harga terjangkau. Sebab, dua negara tersebut berbatasan secara langsung sehingga terdapat banyak jalur transportasi yang bisa Anda tempuh.

, , ,
Post Date: Wednesday 06th, February 2019 / 08:54 Oleh :
Kategori : Malaysia