10 Tempat Bersejarah Di Selangor Yang Wajib Dikunjungi

Tempat Bersejarah di Selangor—Menyusul Kuala Lumpur, Selangor adalah salah satu negara bagian di Malaysia yang ikut berkembang sebagai tujuan wisata. Selangor terletak tepatnya di Semenanjung Malaysia.

Sejarah penjajahan dan perebutan kekuasaan yang panjang membuat negara bagian ini kaya akan peninggalan bangsa-bangsa terdahulu. Ada beberapa suku dan ras yang pernah membangun wilayah ini dimulai dari ras Melayu, Aceh, Minangkabau, hingga Portugis, dan Inggris.

Hal tersebut membuat Selangor memiliki banyak tempat bersejarah. Tempat bersejarah di Selangor menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan, termasuk ke dalam tempat wisata di Kuala Selangor paling memukau yang harus Anda kunjungi ketika berwisata ke Malaysia.

Liburan ke Selangor bisa Anda lakukan setelah menikmati berbagai tempat wisata di Malaysia yang terletak di Kuala Lumpur. Ada beberapa tempat bersejarah yang bisa Anda masukkan ke dalam rencana perjalanan, yakni sebagai berikut.

  1. Istana Shah Alam

Istana Shah AlamSalah satu tempat bersejarah di Selangor yang harus Anda kunjungi ketika berwisata ke Malaysia adalah Istana Shah Alam. Istana Shah Alam terletak di ibu kota negara bagian Selangor dan menjadi istana resmi Sultan Selangor.

Dibangun pada tahun 1905, hingga kini Istana Shah Alam menyimpan banyak perjalanan bersejarah selayaknya tempat bersejarah di Sabah. Inisiasi pembangunan istana ini dilakukan pada masa Sultan Sir Alaeddin Sulaiman Shah yang merupakan sultan ke lima di Selangor. Sultan Sir Alaeddian Shah menempati Istana ini hingga meninggal pada tahun 1938.

Hingga masa modern, Istana Shah Alam sudah mengalai berbagai renovasi. Salah satu renovasi terbesar dilakukan pada tahun 2000 yang diawasi secara langsung oleh Sultan Selangor yang berkuasa saat itu yakni Sultan Salahuddin Abdul Aziz Shah. Mengenai fungsinya selain istana resmi Sultan Selangor, Istana Shah Alam juga merupakan rumah bagi berbagai perayaan seperti perayaan penobatan Sultan baru Selangor.

  1. Sri Shakti Temple

Sri Shakti TempleMeski kental dengan nuansa Islam, Selangor tetap tidak dapat memisahkan dirinya dari pengaruh budaya Hindu. Salah satu bukti dari pengaruh tersebut adalah dengan berdirinya situs yang menjadi salah satu tempat bersejarah di Selangor yakni Sri Shakti Temple.

Candi ini menjadi salah satu tempat rekreasi di Selangor yang bisa Anda kunjungi, tepat terletak di Bukit Rotan, Kuala Selangor, Malaysia. Sri Shakti Temple bisa Anda kunjungi baik siang mau pun malam hari, tentu keduanya akan memberikan kesan yang berbeda.

Sebelum memasuki candi ini, Anda akan disambut oleh gerbang utama berupa pahatan granit setinggi 18 kaki dengan berat hingga 4 ton. Gerbang utama ini dipahat langsung oleh pemahat handal dari kota kuno Mahabalipuram di Tamilnadu, India.

Hal yang bisa Anda nikmati dari tepat ini adalah arsitektur kuno yang kental serta berbagai pahatan indah dari batu granit seperti pahatan seekor singa, bayi gajah, dan lainnya yang berasal dari mitos-mitos Hindu.

  1. Sultan Salahuddin Abdul Aziz Shah Mosque

Sultan Salahuddin Abdul Aziz Shah MosqueSelangor memiliki banyak destinasi wisata murah di Asia yang bisa Anda kunjungi dengan cuma-cuma tanpa perlu membayar tiket masuk. Salah satu tempat wisata tersebut adalah Mesjid Sultan Salahuddin Abdul Aziz Shah yang terletak Persiaran Mesjid Seksyen 5.

Sebagai mesjid agung dan terbesar di Selangor, bangunan ini terhitung sebagai salah satu tempat bersejarah di Selangor yang berasal dari kebudayaan Islam. Kendati demikian, ukurannya tidak lebih besar dari mesjid agung nasional Malaysia di Kuala Lumpur.

Sebagai mesjid Agung kebanggaan masyarakat Selangor, Mesjid ini menjadi rumah bagi sejarah dan kebudayaan islam masyarakat lokal. Tidak jarang juga menjadi tempat diadakannya berbagai seremoni keagamaan semenjak tahun 1988 ketika Mesjid ini benar-benar rampung.

Salah satu peristiwa bersejarah dari mesjid ini adalah gagasan pendirian Mesjid ini bersamaan dengan pengangkatan Shah Alam sebagai ibukota resmi dari negara bagian Selangor yang dilakukan pada tanggal 14 Februari tahun 1974. Mesjid ini menjadi tempat wisata untuk berbagai jenis usia jadi cukup pas jika dijadikan sebagai tempat wisata anak di Malaysia yang ramah dan aman terhadap anak.

  1. Batu Caves

Batu CavesTerletak di distrik Gombak, Selangor, Batu Caves adalah salah satu tempat bersejarah di Selangor yang kental dengan budaya Hindu. Tidak heran jika Batu Caves menjadi salah satu situs agama Hindu di luar Indian yang banyak diminati oleh wisatawan.

Pembangunan situs bersejarah ini didedikasikan untuk Dewa Hindu bernama Dewa Murugan. Karena kekayaan sejarahnya, tempat ini tidak jarang digunakan sebagai lokasi berbagai festival seperti festival Hindu Thaipusam di Malaysia. Karena tempatnya yang menyatu dengan bentang alam berupa bukti kapur dan sungai Batu, Batu Caves termasuk ke dalam tempat wisata alam di Malaysia yang wajib Anda kunjungi.

Berusia lebih dari 400 juta tahun, penemuan gua cantik ini dimulai oleh pemukim Tiongkok pada tahun 1860. Dalam perkembangannya, Batu Caves dipromosikan sebagai situs agama dan tempat ibadah yang didirikan oleh seorang pengelana India bernama K Thamboosamy Pillai.

Ada beberapa pintu masuk gua yang bisa Anda lewati untuk menikmati keindahan arsitektur kuil-kuil di dalamnya. Agar aksesnya lebih mudah, sebuah tangga beton dengan 272 anak tangga dibangun sehingga menambah jumlah kunjungan wisatawan lokal maupun internasional. Jika Anda tiba saat festival tertentu, Batu Caves bisa menjadi salah satu tempat romantis di Selangor yang harus Anda jajal.

  1. Selangor State Memorial

Selangor State MemorialTugu peringatan ini terletak di Shah Alam tepatnya di Pesiaran Sultan Seksyen 5. Tugu Peringatan Selangor atau Selangor State Memorial dibangun di sekitar taman Bangunan Sultan Salahuddin Abdul Aziz Shah.

Tugu ini dibangun pada tahun 1981 oleh seorang arsitek berkebangsaan Melayu bernama Dato’ Dr Hj Baharuddin bin Abu Kassim. Sejarahnya yang penting bagi negara bagian Selangor dan tentu saja ibukotanya Shah Alam membuat tugu ini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Malaysia.

Tugu ini sangat kental dengan nuansa Islam, salah sautnya adalah pola geometri bernuansa Islam yang menjadi dekorasi bagi hampir seluruh bagian dari Selangor State Memorial. Tugu ini pada dasarnya adalah tugu yang memiliki empat kaki yang saling menyatu di bagian atas membentuk octagonal dome.  Meski tak banyak yang bisa dilakukan di salah satu tempat bersejarah di Selangor ini, namun Anda bisa menikmati suasana di sekitarnya yang tenang dan tentu saja arsitekturnya yang menarik.

Selain lima tempat tersebut, masih banyak tempat bersejarah di Selangor yang harus Anda kunjungi ketika bersejarah ke Malaysia. Tempat-tempat bersejarah tersebut berasal dari berbagai kebudayaan yang turut mengembangkan identitas masyarakat dan negara bagian Selangor yakni sebagai berikut.

  • Time Tunnel Museum,
  • Sampoh Temple,
  • Ramayana Caves,
  • The Thai Chetawan Temple, dan
  • Fo Guang Shan Dong Zen Temple

Tempat bersejarah di Selangor tidak hanya menyimpan banyak peninggalan tapi juga pengetahuan bagi masyarakat masa kini. Anda bisa mengunjungi tempat-tempat tersebut sebagai tempat wisata atau tempat untuk mendapatkan banyak pemahaman mengenai masa lalu Selangor dan perkembangannya hingga saat ini.

Setelah puas berwisata di tempat bersejarah di Selangor, saatnya bagi Anda untuk menghabiskan waktu di berbagai tempat belanja murah di Malaysia terfavorit untuk mencari oleh-oleh bagi keluarga tersayang di tanah air.

, , , ,
Post Date: Monday 28th, January 2019 / 09:47 Oleh :
Kategori : Malaysia