6 Tempat Wisata Di Melbourne Terfavorit Yang Wajib Dikunjungi

Berlokasi di tepi utara sungai Yarra dan melebar ke Teluk Port Philip, hanya 5 km dari Central Business District (CBD), kota terbesar kedua di negeri kangguru ini merupakan salah satu kota tempat wisata di Australia yang komplit. Kota ini memang didesain  sebagai kota rekreasi yang teratur dan nyaman bagi turis lokal maupun mancanegara.

Banyak tempat wisata di Melbourne yang bisa anda kunjungi. Mulai dari menikmati keindahan tumubuhan eksotis, bersenang-senang dengan wahana di Luna Park, hingga melihat keindahan biota laut di Sea Life Melbourne Aquarium. Jangan lupa juga menikmati salah satu daya tarik Australia yaitu wisata anggur di Yarra Valley. Dan melakuakn berbagai kegiatan outbond yang seru.

Berikut ulasan dan panduan komplit untuk berbagai tempat wisata di Melbourne.

1. Royal Botanic Garden’s Victorial

melbourne.2Royal Botanic Garden satu ini merupakan salah satu tempat wisata wajib yang dikunjungi karena sudah terkenal di kalangan turis mancanegara. Kebun raya ini menyimpan banyak koleksi tumbuhan khas dengan suasana yang teduh dan menyejukan. Kebun raya serupa juga berada di Sydney, yaitu Royal Botanic Gardens.

Kebun raya ini memiliki eran penting di lingkungan Australia sebagai sarana edukasi yang memiliki misi untuk menyadarkan manusia akan kebutuhan manusia akan tumbuhan sebagai pendukung ekosistem masa depan. Mengingat banyaknya pengurangan ruang hujau untuk kebutuhan industri atau ekonomi. Itu juga menjadi alasan adanya beberapa kaebun raya di Australia.

Memiliki luas sekitar 83 hektar, Royal Botanic Garden’s Victorial menampung 50.000 tanaman dengan 85.000 spesies berbeda. Selain tumbuhan, anda juga bisa melihat beberapa jenis satwa yang sengajah diletakan di kebun raya ini untuk memberi kesan natural

Jam Buka

  • Royal Botanic Garden’s Victorial berlokasi di Birdwood Avenue, sebelah selatan wilayah Yarra yang buka untuk turis setiap hari mulai dari jam 7.30 pagi hingga 18.00 sore.

2. Yarra Valley

melbourne.3Tidak hanya tempat wisata di Argentina yang terkenal dengan paket wisata anggurnya, Yarra Valley juga merupakan surga tempat wisata di Melbourne bagi para pencinta anggur. Anda bisa menelusuri keindahan  kebun-kebun anggur, mencicipi anggur, serta berkesempatan membawa pulang oleh-oleh khas Australia satu ini.

Selain menikmati anggur, banyak kegiatan outdoor yang bisa dinikmati di Yarra Valley.


Bersepeda bisa menjadi pilihan seru untuk menikmati keindahan Yarra Valley. Kunjungi Cog Bike Cafe, disini anda bisa menikmati secangkir kopi serta meminjam sepeda dengan berbagi jenis. Harga sewa sepeda di tempat ini berkhisar dari 15AUD (sekitar Rp 160.000) hingga 155AUD (sekitar Rp 1,650 juta), tergantung jenis sepeda yang dipilih dan berapa lama anda ingin menyewa sepeda (paling cepat tiga jam, paling lama seminggu)

HTM

  • Anda juga bisa menikmati paket wisata balon udara di Yara Valley. Hubungi agnecy balon udara sekitar yang akan menawarkan berbagai paket wisata muali dari 405AUD (sekitar Rp 4,3 juta) hingga 480AUD (sekitar Rp 5,1 juta).

3. Melbourne Zoo

melbourne.4Australia memniliki banyak kebun binatang yang bisa dijadikan wisata edukasi seperti Taronga Zoo yang berada di Sydney. Kunjungi Melbourne Zoo, kebun binatang ini berad di bawah naungan Zoos Victoria dengan dua kebun binatang lainnya, Werribee dan Healesville.

Melbourne Zoo memiliki koleksi hewan yang didominasi oleh satwa asli Asia, juga satwa asli Australia seperti Koala. Di sini anda bisa melihat secara langsung Harimau Sumatra, berbagai jenis monyet, gorila, dan orang utan.

Melbourne Zoo juga memiliki berbagai jadwal acara menarik untuk menarik pengunjung seperti movie night di area kebun binatang, pertunjukan atraksi, acara minum teh, dan lain-lain mengikuti musim. Ada baiknya anda akses website resmi Melbourne Zoo untuk memastikan anda tidak melewatkan even tertentu yang mungkin berdekatan denga jadwal liburan anda di Australia.

Jam Buka

  • Melbourne Zoo berlokasi di Elliott Avenue Parkville yang buka setiap hari mulai pukul 9.00 pagi hingga 17.00 sore.

HTM

  • Tiket masuk ke kebun binatang ini memiliki harga 36AUD (sekitar Rp 380.000) untuk dewasa dan 18AUD (sekitar Rp 190.000) untuk anak-anak.
  • Ingin tiket gratis untuk anda? kunjungi Melbourne Zoo pada akhir pekan atau hari-hari libur di kalender Australia.

4. Sea Life Melbourne Aquarium

melbourne.5Serupa dengan Sea Life Bangkok, Sea Life Melbourne Aquarium juga tak kalah menarik untuk dikunjungi. Aquarium raksasa ini berlokasi di King Street, Melbourne.

Banyak biota laut yang bisa anda temui di tempat wisata satu ini seperti, ikan pari, hiu, ubur-ubur, kuda laut, ribuan spesies ikan tropis dan berbagai terumbuh karang. Tidak hanya aquarium raksasa yang menakjubkan, ada pula berbagai sudut di area Sea Life Melbourne yang sayang jika dilewatkan.

Salah satunya adalah Mermaid Garden, dimana anda bisa menyaksikan Smooth Stringray (jenis ikan pari) dan Grey Nurse Shark dengan panorama kehidupan ajaib bahwa laut. Anda juga bisa menyaksikan keganasa buaya Pinjarra, jenis buaya terbesar di perairan Australia. Tersedia pula Penguin Playground dimana anda bisa melihat penguin-penguin lucu beraktivitas.

HTM

  • Ada berbagai pilihan paket tiket di Sea Life Melbourne. Untuk Tiket Standartnya, anda akan dikenakan tarif sebesar 42AUD (sekitar Rp 440.000) untuk dewasa
  • 29AUD (sekitar Rp 300.000) untuk anak-anak. Biasanya membeli tiket secara online akan dikenakan biaya yang lebih murah.

5. Luna Park

melbourne.6Selain Luna Park yang berada di Sydney, di Melbourne juga terdapat taman bermain Luna Park yang tidak kalah seru. Taman bermain satu ini berlokasi di St.Kilda, Victoria, Melbourne.

Taman bermain ini memliki corak warna warni yang serupa dengan Six Flags Discovery Kingdom yang bisa anda temukan di tempat wisata di San Fransisco. Terdiri dari berbagai wanaha yang ramah untuk anak-anak hingga wahana ekstrem bagi anda yang suka memacu adrenalin.

Salah satu wahana populer di Luna Park adalah The Great Scenic Railway. Wahana ini merupakan salah satu roller coaster tertua di dunia yang sudah beroperasi sejak tahun 1921. Meski sudah tua, pihak operasional Luna Park selalu melakukan perawatan untuk menjaga kenyamana dan keamanan pengunjung. Memiliki tinggi 17 meter, roller coaster ini memiliki panjang 967 km yang akan anda lalui dengan kecepatan 60km per jam selama kurang lebih 3 menit.

Jam Buka

  • Luna Park Melbourne buka dari pukul 11.00 siang hingga 18.00 sore setiap hari Minggu sampai Rabu.
  • Sementara pada hari Kamis sampai Kamis, taman bermain ini buka dari pukul 11.00 siang hingga 23.00 malam.

HTM

  • Untuk tiket terusan anda akan dikenakan tarif sebesar 17AUD (sekitar Rp 180.000) sampai 49AUD (sekitar Rp 520.000).
  • Anda juga bisa hanya membeli tiket masuk seharga 2AUD (sekitar Rp 21.000) kemudian membayar per wahana dengan tarif sekitar 4AUD (sekitar Rp 42.000).

6. Melbourne Star Observation Wheel

melbourne.7Serupa dengan London Eye di London, Melbourne Star merupakan bianglala ikonik tempat wisata di Melbourne. Melbourne Star merupakan bianglala dengan ketinggian 120 meter dan jarak tempuh satu putaran selama 30 menit. Namun, pada saat masa liburan yang ramai, bianglala ini akan disesuaikan kecepatannya menjadi 45 menit hingga satu jam.

Nikmati keindahan kota Melbourne melalui kapsul Melbourne Star dengan berbagai pilihan paket harga mulai dari 16AUD (sekitar Rp 170.000) hingga 350AUD (sekitar Rp 3,7 juta).

Berdiri di tepi Laut Dockland, bianglala ini merupakan salah satu dari tujuh bianglala tertinggi di dunia.

, , , ,
Post Date: Tuesday 17th, April 2018 / 07:10 Oleh :
Kategori : Australia