18 Tempat Wisata Di Waitomo Caves Terfavorit Wisatawan Dunia

Distrik Waitomo adalah otoritas teritorial yang terletak di wilayah Waikato yang merupakan salah satu bagian dari wilayah Pulau Utara Selandia Baru. Namun, sebagian kecil dari distrik Waitomo yakni  kota Tiroa, terletak di wilayah Manawatu-Wanganui.

Distrik Waitomo mencakup pantai barat dari Te Maika, di Pelabuhan Kawhia, di utara Taharoa, hingga Mokau di selatan dan meluas ke daratan ke Benneydale dan Gunung Pureora.

Pintu masuk gua di Distrik Waitomo yang terkenal dengan gua kapurnya. Distrik Waitomo adalah daerah pedesaan, yang didominasi oleh peternakan sapi perah. Industri utama daerah ini meliputi peternakan domba, kehutanan, dan penggalian batu kapur.

Daerah ini dikenal dengan Waitomo Caves dan populer di kalangan wisatawan karena gunung karst dengan stalaktit, stalagmit dan glowworm sepanjang 12 kilometer ke barat laut Te Kuiti. Waitomo juga memiliki hotel gaya lama yang pertama kali dibangun pada tahun 1908 dan ada juga yang dibangun pada tahun 1930-an.

Di Distrik Waitomo Caves terdapat beberapa tempat wisata yang menakjubkan dan cocok untuk dikunjungi oleh wisatawan dari mana saja. Berikut beberapa tempat wisata di Waitomo Caves yang baik untuk anda.

  1. Ruakuri Bush Walk
Ruakuri Bush Walk

Salah satu tempat wisata di Selandia Baru yang menarik perhatian wisatawan dunia ialah Ruakuri Bush Walk yang terdapat di kawasan wisata Waitomo Caves.

Distrik Waitomo atau tempat wisata di Waitomo Caves memiliki Ruakuri Bush Walk yang berupa tebing alami untuk melihat pemandangan kota yang indah di malam hari.

Lokasi ini disebut juga Loop walk juga menampilkan tebing batu kapur alami yang terkenal dengan Waitomo dan Gua Ruakuri. Di sana ada juga lengkungan dan terowongan yang menggoda untuk dijelajahi.

Meskipun berjalan hanya membutuhkan waktu 45 menit untuk menyelesaikannya, beri diri Anda satu jam untuk lebih santai dalam menyaksikan pemandangan alamnya. Sekaligus mengambil foto-foto yang menawan sebagai kenang-kenangan untuk dibagikan melalui website atau blog pribadi anda.

2. Jembatan Natural Mangapohue

Natural Bridge

Jika Anda memiliki kendaraan, kunjungi lebih banyak keajaiban alam di tempat wisata di Waitomo Caves. Kami rekomendasikan kepada anda untuk melakukan perjalanan menyusuri Te Anga Road  drive yang menakjubkan.

Selain itu ada juga wisata berjalan-jalan ke Natural Bridge yang dapat anda lalui dengan berjalan kaki melewati ngarai yang dalam. Jika anda mengambil jalur loop walk, silahkan belok kanan mengikuti penunjuk jalan “Natural Bridge” ketika Anda menyeberangi jembatan dari tempat parkir, Anda akan berjalan melalui tanah pertanian di sekitar singkapan batu kapur.

Cara wisata ini akan memberikan aktivitas rekreasi yang berbeda dan membuat anda lebih dekat dengan alam. mungkin juga jadi petualangan yang jauh lebih menyenangkan dari berjalan-jalan di taman nasional tempat wisata di Ekuador.


3. Marokopa Falls

Marokopa Falls

Tempat wisata di Waitomo Caves juga memiliki marokopa falls. Lokasi beberapa kilometer di jalan dari Natural Bridge. Air Terjun Marokopa memiliki luas sekitar 43 m.

Anda bisa menjangkaunya dengan melalui jalan lintas semak 10 menit dari Te Anga Roadside. Jalan ini akan membawa Anda ke spot yang jelas untuk melihat Marokopa Falls yang dibanggakan sebagai air terjun paling indah di Selandia Baru.

Akan tetapi, air terjun ini nampak indah hanya ketika cuaca sedang bagus, sedangkan ketika curah hujan sedang tinggi, maka air terjun akan berubah menjadi air terjun paling ganas di Selandia Baru, sebabnya debit air yang mengalir meningkat dan menyebabkan suara gemuruh yang besar.

Banyak wisatawan datang kemari dan mengabadikan pemandangan Marokopo Falls. Anda pun bisa melakukan hal yang sama dengan berbagai alat, misalnya video, fotografi, atau bahkan memanfaatkan drone untuk membuat kreatifitas anda semakin memukau. Hasil gambar anda akan jadi oleh-oleh yang luar biasa.

4. Ed Hillary Walkway

Ed Hillary Walkway

Ed Hillary Walkway adalah tempat wisata di Waitomo Caves yang berjarak sekitar 15 menit bila berkendara dari pusat Kota Waitomo. Tempat wisata ini merupakan tempat wisata yang menampilkan kekhasan Selandia Baru, pavlova ke Haka.

Seluruh bagian kotanya didekorasi dengan barang-barang kiwiana. Di sini anda akan lebih banyak tahu apa itu kiwiana. Kotak display yang membuat kota Waitomo makin semarak dan jadi ciri khas kota ini telah mengundang perhatian wisatawan dari seluruh dunia.

Buat anda yang ingin jalan-jalan di sini, jangan lupa untuk membawa kamera terbaik anda guna mengadikan seluruh bagian pemandangannya. Sebab tidak hanya akan siluet arsitekturnya saja yang bagus untuk diabadikan atau dijadikan oleh-oleh dekorasi rumah nantinya, melainkan pemandangan malamnya juga akan menambah pengalaman berharga anda sepanjang berada di Ed Hillary Walkway.

5. Kawhia Spring

Kawhia Spring

Anda mungkin kerap mendengar tentang pemandian air panas selama berada di tempat wisata di Jepang. Di Waitomo Caves, hal seperti itu tidak cukup terkenal, karena tidak dapat lebih terkenal dari Kawhia Spring sebuah pantai air panas yang berlokasi di Coromandel.

Pantai ini menjadi salah satu tempat tujuan wisata untuk masyarakat lokal. Mereka menggunakan kawasan ini untuk bersantai dan merilekskan tubuh.

Nah, Anda juga dapat menggali kolam air panas Anda sendiri di pasir di Sumber Air Panas Kawhia atau disebut juga Te Puia di Ocean Beach. Atur waktu kunjungan Anda dua jam sebelum dan sesudah air laut surut dan bawalah sekop untuk menggali kolam air panas Anda sendiri.

Kemudian setelah anda membuat kolam air panas anda sendiri, silahkan nikmati sensasi hangat dari kolam air panas yang mungkin dapat membuat lelah anda menghilang seketika. Objek wisata ini termasuk objek wisata santai yang baik untuk anda nikmati bersama dengan teman-teman anda.

6. Te Kuiti

Te Kuiti

Te Kuiti adalah sebuah kota kecil yang menawan di sekitar kita Waitomo Caves. Kota ini mendapatkan julukan sebagai “Shearing Capital of the World”. Kami sarankan agar anda mengunjungi Shearing Statue raksasa yang beratnya 7,5 ton pada awal State Highway 30.

Anda juga masih bisa melihat beberapa patung “besar” lainnya yang dapat Anda temukan termasuk Tembok Weta dan Bat Perunggu di Jalan Rora. Ada beberapa taman di kota ini selain Te Kuiti, di mana masing-masing taman dapat menjadi pelengkap perjalanan anda menjadi lebih semarak.

Ketika anda melihat patung-patung besar yang ada di taman, jangan kaget jika diri anda sendiri malah kagum dengan penampakan patung-patung tersebut. anda bisa bersantai sejenak di sini atau selama apapun yang anda inginkan, kemudian lanjutkan perjalanan ke tempat wisata yang lainnya di Selandia Baru atau di Waitomo Caves.

7. Walkway Waitomo

waitomo caves

Jika Anda tinggal di Desa Waitomo, maka Anda akan melihat beberapa bentuk formasi batu kapur yang terkenal dari masing-masing desa waitomo.

Masyarakat desanya memiliki kebiasaan membuat jalan setapak yang memudahkan langkah manusia dari satu tempat ke tempat lainya.

Jadi jangan heran ketika anda sampai di lokasi Desa Waitomo anda dapat menyaksikan pemandangan formasi karst demi kart yang mengagumkan. Formasi itulah yang kemudian disebut dengan walkway waitomo.


Jika anda berniat menelusurinya, bersiaplah untuk melakukannya selama dua jam 30 menit dalam satu kali jalan. Jalan ini menghubungkan anda dari Desa Waitomo ke Ruakuri Bushwalk.

Nikmati perjalanan anda atau jadikan perjalanan ini melengkapi seluruh petualangan anda selama di Selandia Baru. terkadang oleh-oleh terbaik dari sebuah petualangan adalah cerita di balik mendapatkan petualangan itu.

Rekomendasi Tempat Wisata di Waitomo Caves

Selain tempat wisata di atas, berikut kami rekomendasikan tempat wisata di Waitomo Caves yang lainnya.

  1. Opapaka Pa Walk
  2. situs Maori pa
  3. aliran Mangaokewa
  4. Air Terjun Cascade
  5.  Track Mangaokewa
  6. The Timber Trail
  7. Timber Trail di Mountain Biking di Ruapehu
  8. Waitanguru Falls
  9. Mangaotaki Walk
  10. Woodlyn Park
  11. Pantai Waikawau

Demikian pemaparan tentang tempat wisata di Caves. Semoga cocok untuk anda yang ingin berpetualang sampai ke Selandia Baru.

, , , ,
Post Date: Friday 05th, April 2019 / 08:42 Oleh :
Kategori : New Zealand