5 Tips Liburan ke New Zealand Yang Paling Berguna

Mengunjungi New Zealand atau Selandia Baru bisa menjadi salah satu  rekomendasi liburan yang seru bersama teman ataupun keluarga. Beberapa tempat wisata yang ada di kota di New Zealand ini juga sudah populer di kalangan para wisatawan sebagai salah satu destinasi wisata saat jalan-jalan ke New Zealand, seperti tempat wisata di Auckland, ataupun tempat wisata di Christcurch yang ramai diberitakan media akhir-akhir ini.

Supaya liburan ke New Zealand bersama teman ataupun keluarga bisa tetap nyaman dan menyenangkan tentu kita harus melakukan persiapannya sematang mungkin. Berikut ini adalah beberapa tips liburan ke New Zealand yang bisa dicoba sebagai salah satu bentuk persiapan liburan ke New Zealand agar tetap nyaman dan menyenangkan.

1. Persiapkan visa dan Paspor

Persiapkan visa dan Paspor

Salah satu dokumen utama yang wajib ada dan dibawa saat liburan ke New Zealand tentu saja visa dan juga paspor.

Satu hal lainnya yang juga perlu diperharikan dalam paspor atau visa yang kita miliki tersebut adalah tanggal atau masa berlaku dari visa atau paspor tersebut

Jika masa berlaku paspor kita kurang dari 6 bulan atau hanya tinggal 3 sampai 4 halaman kososng, ada baiknya untuk mengurus dulu perpanjangan dari paspor tersebut sebelum pengurusan visa untuk liburan. Hal ini tentu untuk menjaga keamanan dan juga kenyamanan selama kita liburan ke New Zealand tersebut, terutama saat diperiksa oleh petugas imigrasi.

Selain paspor, dokumen lain yang perlu kita perhatikan untuk masa berlakunya saat liburan ke New Zealand tentu saja adalah visa. Masa berlaku visa New Zealand untuk visa berkunjung turis Indonesia adalah 12 bulan yang memungkinkan orang untuk berkunjung selama 3 bulan di setiap periode visa tersebut.

2. Pilih waktu yang tepat untuk berkunjung

Pilih waktu yang tepat untuk berkunjung

Hal lainnya yang perlu juga diperhatikan saat memutuskan untuk berkunjung ke New Zealand adalah pemilihan waktu yang tepat untuk berkunjung. Mengetahui waktu yang tepat untuk berkunjung juga membantu kita untuk mengrtahui iklim apa yang sedang berlangsung di New Zealand saat kira di sana sehingga mempermudah kita menyusun rencana perjalanan dan juga memilih pakaian dan perlengkapan lainnya yang dibawa saat liburan ke New Zealan.

New Zealand sendiri setiap rahunnya mempunyai 4 musim yang berbeda, yaitu musim semi antara bulan September hingga November, musim panas antara bulan Desember hingga Februari, musim gugur antara bulan Maret hingga Mei dan Musim dinhin antara bulan Juni hingga Agustus.

Jadi sebelum berlibur ke New Zealand buatlah rencana perjalanan yang matang dan juga perhatikan musim apa yang sedang berlangsung di New Zealand di waktu pilihan kita berlibur tersebut agar pakaian dan peralatan lainnya yang kita bawa saat liburan bisa sesuai dengan musim yang ada tersebut.

3. Tentukan Destinasi Wisata yang Ingin Dikunjungi

Tentukan Destinasi Wisata yang Ingin Dikunjungi

Hal lain yang perlu dipersiapkan untuk menyusun rencana perjalanan liburan ke New Zealand adalah tentu memilih tempat wisata di New Zealand yang ingin dikunjungi.

Salah satu tips memilih tempat wisata yang ingin dikunjungi di New Zealand agar liburan bisa efektif dan juga efisien adalah pilihlah tempat wisata yang searah dahulu sehingga bisa menghemat biaya transportasi selama liburan di New Zealand.

Selain itu, hal lain yang bisa kita lakukan untuk menghemat biaaya, khususnya biaya transportasi selama berlibur ke New Zealand adalah memilih tenpat penginapan yang lokasinya cukup trategis untuk menjangkau tempat wisata yang akan kita kunjungi saat liburan di New Zealand tersebut.

Jika memang tempat wisata yang kita kunjungi tidak searah atau cukup jauh dari hotel, ada baiknya kita menyediakan waktu khusus untuk mengunjungi tempat wisata tersebut agar liburan di New Zealand Menjadi lebih Efektif dan juga Efisien namun tentu tetap juga menyenangkan.

4. Transportasi yang digunakan

Transportasi yang digunakan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, salah satu biaya yang perlu diperhitungkan juga selama liburan ke New Zaland adalah biaya transportasi.

Jika liburan ke New Zealand sendiri ataupun hanya berdua dan jarak ke tempat wisata nya tidak terlalu jauh dari penginapan, mungkin transportasi publik bisa menjadi pilihan selama liburan ke New Zealand.

Jika pergi rombongan bersama teman maupun keluarga, menyewa mobil juga bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk transportasi selama liburan ke New Zealand. Selain itu karena aktivitas outdoor ataupun road trip memang sangat cocok dilakukan di New Zealand, sehingga  banyak ditemukan jasa mobil biasa atau mobil Caravan bagi para pengunjung.

Salah satu keuntungan dari mobil Caravan dibandinkan dengan mobil biasa adalah pengunjung tidak perlu memikirkan penginapan karena pengunjung bisa memarkirkan mobil tersebut di tempat yang disediakan atau di Holiday park dan menginap dan berkemah menggunakan mobil caravan tersebut.

Namun salah satu hal yang juga perlu dipertimbangkan ketika memilih mobil Caravan adalah mobil Caravan ini agak kurang gesit untuk dikendalikan, mobiL terutama jika di tengah kota. Hal ini juga dikarenakan ukuran dari mobil caravan itu sendiri yang terbilang cukup bedar jika dibanding dengan mobil pribadi.

5.  Mata Uang

Salah satu yang yang perliu diperhatikan ketika berlibur ke luar negeri adalah menyiapkan mata uang sesuai mata uang negara yang dituju.

Dalam hal ini jika kita ingin liburan ke New Zealand, kita harus menukarkan mata uang kita dengan mata uang resmi yang digunakan di negara New Zealand yaitu Dollar New Zealand.

Untuk mendapatkan harga nilai tukar mata uang yang terbaik, sebaiknya kita tidak menukar mata uang di negara tujuan katema mata uang kita biasanya akan dinilai rendah. Jadi ada baiknya kita menukarkan mata uang tersebut di negara asal sebelum berangkat untuk mendapatkan nilai tukar yang lebih baik.

Selain itu patikan untuk melakukan perhitungan perkiraan biaya perjalanan dahulu dan membawa uang terebut secukupnya sesuai kebutuhan selama liburan ke New Zealand. Hal ini dilakukan untuk menjaga agar selama liburan ke New Zealand kita juga tetap meraa aman dan juga tidak merasa was-was.

Pada dasarnya di negara New Zealand atau kita juga  kenal dengan nama Selandia Baru ini tidak membatasi para pengunjungnya untuk membawa keluar ataupun masuk mata uang. Namun jika membawa mata uang Selandia Baru senilai 10.000 NZ dollar atau lebih wajib dilengkapi dengan Border Cash Report.

Demikianlah beberapa hal yang perlu untuk kita perhatikan ketika ingin  liburan ke New Zealand baik bersama teman maupun keluarga ataupun sendiri. Semoga tips ini bisa bermanfaat dan juga memberikan inspirasi bagi yang ingin liburan ke New Zealand.

Selain itu, jangan lupa juga untuk membeli oleh-oleh khas New Zealand untuk dibawa pulang seusai pulang liburan ke New Zealand. Akhir kata, terimakasih banyak sudah membaca artikel ini dan juga sampai bertemu lagi di artikel berikutnya.

, , , ,
Post Date: Tuesday 09th, April 2019 / 13:10 Oleh :
Kategori : New Zealand