10 Tempat Wisata Di Yangon Paling Diminati Wisatawan Dunia

Di kawasan Asia ada banyak sekali tempat wisata yang dapat dikunjungi untuk menghabiskan waktu liburan atau untuk mencari pengalaman baru. Anda mungkin sudah pernah ke tempat wisata di Filipina dan cenderung mulai bosan dengan tempat wisata di Singapura, jadi untuk tujuan wisata berikutnya kami rekomendasikan tempat wisata di Yangon menjadi destinasi prioritas anda berikutnya.

Apa saja yang ada di Yangon? Berikut informasi singkatnya.

1. Shwedagon Pagoda

shwedagon_pagoda_myanmar

Tempat wisata di Yangon yang pertama yang kami tawarkan untuk anda ialah Shwedagon Pagoda. Tempat wisata ini memiliki kemiripan dengan tempat wisata di China yang juga memiliki pagoda tinggi. Walaupun begitu, kedua tempat wisata tersebut memiliki perbedaan yang mendasar. Shwedagon Pagoda merupakan landmark kota Yangon, salah satu kota wisata di Myanmar.

Shwedagon Pagoda disebut juga dengan Pagoda Yangon karena lokasinya persis di jantung kota Yangon yang bisa diakses dari empat gates, dari arah timur, barat, utara, dan juga selatan. Pagoda Yangon dikenal sebagai budha tertua di Myanmar dan dibangun pada kurun waktu sekitar 2.600 tahun lalu.

Pagoda ini bisa diakses dari jalan U Wisara Road. Ketika anda sampai di sini, ada beberapa kegiatan kecil yang dapat anda lakukan sebagaimana turis lain ketika melakukan kunjungan ke Pagoda Yangon. Salah satunya ialah berjalan-jalan di sekitar Pople Park yang letaknya tidak berjauhan dengan Pagoda Yangon. tempat ini biasanya ramai dikunjungi oleh wisatawan asing dan juga wisatawan lokal. Khusus untuk wisatawan asing, dikenakan tiket sebesar 8000 kyats.

2. Inya Lake

inya-lake

Inya Lake merupakan tempat wisata di Myanmar yang terkenal ke seluruh dunia dari kota Yangon. tempat wisata yang berlokasi di kota Yangon ini diakui sebagai landmark kota.

Inya Lake atau Danau Inya dulunya dimanfaatkan sebagai penampungan air dan dibangun pada masa pemerintahan Inggris menduduki Myanmar. Sekarang Inya Lake memiiki fungsi ekonomis sebagai tempat wisata rekreasi dan olahraga air.

Banyak wisatawan lokal dan wisatawan asing yang menghabiskan waktunya di sekitar danau ini. kalau anda penasaran ingin melihat pesona INya Lake, kami sarankan untuk mendatanginya tepat di pagi hari saat sunrise, anda bisa melihat kea rah Pyay Road. Tepat saat itulah anda bisa mengabadikan momen terbaik sunrise dan bila anda ingin mengabadikan momen senja di Inya Lake, datanglah pada saat menjelang senja dan pastikan spot anda merupakan spot terbaik untuk melihat ke arah jalan Kaba Aye Pagoda Road.

Untuk menikmati kawasan wisata ini tidak diperlukan biaya tiket, kawasan ini terbuka untuk umum karena itulah kawasan ini sering menjadi alternative hiburan bagi masyarakat. Area umum ini juga ramai sampai jam 12 malam, namun tidak disarankan bagi backpacker yang berlibur ke Yangon untuk tidur di kawasan ini ya, karena petugas keamanan setempat bisa jadi akan membawa anda ke kantor polisi.


3. Sule Pagoda

sule-pagoda

Seperti tempat wisata di Thailand yang memiliki banyak candi atau kuil sebagai daya tarik wisatawan dunia menjelajahi Thailand, di Myanmar terdapat banyak sekali pagoda, simbol agama BUdha yang sangat dihormati oleh umatnya.

Tempat wisata ini juga merupakan landmark wisata di kota Yangon. landmark kota Yangon ini berada di persimpangan jalan Sule Pagoda Road dan Maha Bandoola Road. Anda akan merasa berada di dalam tiga atmosfer kultur sekaligus, sebab tepat di depan Sule Pagoda terdapat masjid dan gereja.

Kawasan ini ramah untuk para backpacker karena di kawasan ini terdapat toko-toko yang ramah harganya untuk backpacker. harga tiket masuk untuk wisatawan asing hanya USD 3 atau 3000 Kyats. Perlu anda ketahui ketinggian Sule Pagoda mencapai 46 meter. Kuil Sule Pagoda ini usianya mencapai 2.500 tahun dan dibangun di masa pemerintah kolonial Inggris berkuasa di Yangon. Jadi, tidak perlu heran jika anda bisa melihat gedung-gedung tinggi bercorak arsitektur khas Inggris.

Keunikan dari Sule Pagoda ialah bentuknya yang memiliki stupa berbentuk octagonal. Stupa segi delapan itu dikelilingi oleh 4 pyatthat yakni struktur atap berundak khas Burma. Sementara itu, di sekeliling Stupa terdapat bangunan ruko modern yang difungsikan sebagai tempat bisnis. Anda bahkan bisa membeli oleh-oleh di sekitar tempat ini.

4. Maha Bandoola Park

Maha-Bandoola-Park

Maha Bandoola Park merupakan tempat wisata di Yangon yang berupa taman. Taman ini juga menjadi tempat wisata favorit unutk warga lokal maupun turis asing terutama backpacker yang tidak ingin terlalu banyak mengahbiskan uang dengan memasuki berbagai macam tempat wisata yang bertarif mahal.

Anda bisa bersantai di kawasan ini, bertemu dengan warga lokal dan melihat pemandangan Sule Pagoda tanpa harus membeli tiket masuk ke area Sule Pagoda. Tak ada tiket masuk untuk menikmati kawasan taman Maha Bandoola Park di kota Yangon ini.

Di area taman ini, tidak hanya puncak Sule Pagoda yang dapat terlihat dan menjadi objek foto, melainkan ada juga monument kemerdekaan Myanmar, gedung tua City Hall serta High Court yang merupakan gedung tua yang memiliki ciri khas khusus menjadikan jantung kota Yangon terlihat klasik dan menarik.

Kalau anda berminat untuk bersantai di kawasan taman ini, kami sarankan agar anda datang sebelum jam enam sore, meski gratis, taman ini tidak dibuka selama 24 jam untuk warga sekitar. Taman ini akan ditutup tepat jam 6 waktu setempat dan akan ada petugas keamanan yang berkeliling menjaga taman dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

5. Kandawgyi Nature Park

Kandawgyi

Satu lagi tempat wisata yang berada di jantung kota Yangon ialah Kandawgyi Nature Park. Tempat wisata yang juga berupa taman ini letaknya tidak jauh dari Shwedagon Pagoda. Seperti halnya Maha Bandoola Park, tempat ini ramai dikunjungi oleh wisatawan baik warga lokal maupun wisatawan asing di akhir pekan.

Di area ini, anda tidak hana bisa menjadikan Shwedagon Pagoda sebagai latar belakang toko, anda pun bisa menikmati pesona air Danau Kandwgyi yang memiliki air berwarna kehijauan. Kalau anda sedang beruntung datang di kala karaweik hall ramai oleh pertunjukkan, anda pun bisa bergabung dengan warga lokal dan wisatawan asing lainnya untuk menikmati pertunjukan.

Untuk waktu berkunjung ada dua perlakuan yang berbeda, jika anda bekrunjung sebelum jam 8 pagi, anda tidka akan dikenai biaya, pada saat itu taman ini sedang ramai dimanfaatkan warga lokal untuk berolahraga. Namun, berbeda ketika anda datang setelah jam 8 pagi, anda akan dikenai biaya tiket masuk sebesar 2000 kyats. Peraturan ini beralku juga untuk warga lokal.

6. Sunset di Sungai Yangon

sungai-yangon

Salah satu tempat di mana anda bisa berkenalan atau berinteraksi dengan warga lokal ialah Sungai Yangon. tempat wisata di Yangon yang ramai di kalangan wisatawan lokal dan dunia ini sering menjadi tempat tujuan utama untuk melihat matahari tenggelam karena spotnya yang sangat luas.

Anda bisa langsung menikmati matahari tenggelam dari dergama di pinggir sungai Yangon. ada banyak sekali pemandangan yang dapat anda saksikan di kawasan ini, selain sunser, ada aktifitas penduduk lokal di dermaga, ribuan burung merpati dan gagak yang meramaikan suasana, serta kapal-kapal yang berlayar atau menepi di dermaga, semua itu bisa menjadi objek foto untuk anda.

Daripada hanya duduk dan berjalan-jalan melihat-lihat saja, kami sarankan agar anda menikmati sunset dengan naik kapal cruise, ada beberapa cruise provider dermaga, harga sekali naik hanya USD 25 di hari biasa dan USD 30 di hari libur atau weekend. Jadi, daripada hanya datang, melihat, lalu pergi, silahkan membuat kenangan yang berarti.

Tips berjalan-jalan di tempat wisata di Yangon

Agar acara jalan-jalan anda semakin nyaman, berikut kami berikan tips teraman untuk berjalan-jalan di tempat wisata di Yangon.


  • Memakai pakaian Sopan

Anda wajib memakai pakaian sopan terutama ketika memasuki shwedagon atau pagoda Yangon karena tempat tersebut sebetulnya merupakan tempat ibadah. Ada tata cara berpakaian yang harus anda taati, di antaranya untuk wanita dilarang memakai tank top untuk masuk ke kawasan Pagoda Yangon, dan untuk pria dilarang memakai celana pendek.

  • Saat terbaik untuk jalan-jalan di Yangon adalah senja hari

Seperti ketika berjalan-jalan di sekitar pantai atau kawasan wisata lain, waktu menjelang senja adalah waktu terbaik untuk berjalan-jalan karena cahaya matahari tidak terlalu terik dan anda bisa melanjutkan ke tempat hiburan malam.

Tempat Wisata Rekomended di Yangon

Selain tempat wisata di atas, kami juga merekomendasikan list tempat wisata berikut ini untuk anda kunjungi selagi masih ada kesempatan berlibur di Myanmar. Tempat wisata rekomended lainnya untuk anda antara lain:

  • Rumah Aung San Suu Kyi
  • Pazundaung Street
  • Gedung Sakura
  • Bogyoke Market
  • Dan lain sebagainya

, , , ,
Post Date: Thursday 21st, June 2018 / 04:05 Oleh :
Kategori : Myanmar