Koh Lipe, Pulau Indah Yang Wajib Dikunjungi Di Thailand

Koh LipeAnda tahu pantai Pattaya? Ya, tentu pantai ini merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup popular di Thailand. Pantai Pattaya terdapat di pulau Koh Lipe. Sebuah pulau yang terletak 60 km dari daratan utama Thailand, dermaga terdekat ada di Pak Bara. Pulau ini merupakan pulau paling selatan di Thailand; dan dari pulau ini, Anda dapat melihat Pulau Langkawi di Malaysia yang berjarak hanya sekitar 30 km .

Pulau ini merupakan bagian dari Kepulauan Adang, sebuah kepulauan yang terdiri  dari sekitar 10 pulau tak berpenghuni. Dan Pulau-pulau ini juga merupakan bagian dari Taman Laut Nasional Tarutao, yaitu sebuah cagar alam yang didirikan pada tahun 1974; sebagai salah satu Taman Nasional dan Tempat Wisata Di Thailand . Yang terdiri dari sekitar 50 pulau dan mencakup sekitar 1500 km².

Pantai-pantai di Koh Lipe memiliki pasir putih yang menawan dan sangat cocok untuk bersantai. Disni anda bisa menikmati keindahan bawah laut Pulau ini. Dimana terdapat banyak tempat yang menyediakan fasilitas snorkeling dan penyelaman disini. Disini juga banyak penginapan yang beragam mulai dari pondok bambu sederhana hingga resor mewah dengan fasilitas kolam renangnya. Serta bagi anda pecinta wisata kuliner, Ada berbagai macam restoran di pulau ini mulai dari makanan khas Thailand hingga makanan internasional yang lezat. Anda juga bisa bersantai di bar atau kafe sambil menikmati indahnya Pulau ini.

Koh Lipe adalah pulau kecil dan relatif datar, dimana dalam bahasa setempat berarti “Pulau Kertas”. Ada 3 pantai utama di Koh Lipe dan beberapa pantai kecil yang disewakan secara pribadi. Jalan utama Koh Lipe disebut “Walking Street” dan jalanan ini ditutup untuk kendaraan dari pukul 18:00 sampai 24:00 saat musim liburan.

Cara menuju kesana

  1. Dari Bangkok, Anda bisa naik pesawat ke Hat Yai (1,5 Jam),
  2. Lalu naik minibus ke Pak Bara (2 jam),
  3. Dan selanjutnya dari Pak Bara anda bisa naik feri ke Koh Lipe (1,5 jam).
  4. Anda juga bisa naik bus atau kereta api langsung dari Bangkok. Namun, Perjalanan bisa memakan waktu hingga 6 atau 7 jam, atau bahkan lebih lama hingga sampai di Pak Bara.
  5. Dari Langkawi, Malasia, Anda bisa naik feri dengan perjalanan selama 1,5  – 2 jam. Anda langsung tiba di Pantai Pattaya. Koh Lipe merupakan salah satu pulau terbaik di Thailand dan tempat yang ideal bagi anda yang menyukai pantai yang sepi dan menakjubkan.

Pantai dan Snorkeling

pantai Koh lipePantai-pantai di Koh Lipe memiliki pasir putih dan air laut yang berwarna biru bening. Bahkan koh Lipe dijuluki sebagai Maladewa-nya Thailand. Banyak Penginapan-penginapan diatas air yang bisa anda sewa untuk bersantai. Selain Pantainya yang indah dan bersih, di Koh Lipe juga terdapat beberapa spot untuk snorkeling bagi anda yang ingin menikmati kehidupan bawah laut di sekitar pulau ini.

  • Sunrise Beach, membentang di sepanjang sisi timur pulau ini, adalah tempat yang pas untuk bisa menyaksikan matahari terbit. Pantai ini adalah pantai  terindah di Koh Lipe. Disini anda mencoba untuk bersnorkeling, dan Snorkeling terbaik di Sunrise beach berada di sekitar 2 pulau kecil yang terletak tak jauh dari Pantai ini. Yaitu Pulau Koh Kra  dan Koh Usen. Di Pulau kecil ini Anda dapat melihat berbagai macam kehidupan laut. Pada saat air laut surut, tempat terbaik untuk snorkeling di Pantai Sunrise  berada di sisi utara Pantai ini (di depan Mountain Resort). Meskipun surut, air disini cukup untuk melakukan snorkeling dengan melihat berbagai keindahan bawah laut di Pantai ini. Ada beberapa tempat di Sunrise Beach dimana Anda bisa menyewa masker dan sirip dengan harga sekitar 50 THB per bagian.
  • Sunset Beach, Disini anda bisa berkemah dan bermalam dengan menikamti indahnya pantai. Seperti namanya, pantai ini adalah tempat yang tepat untuk menyaksikan matahari terbenam. Di sisi kiri Sunset Beach, Anda akan melihat pantai berbelok yang berujung pada tebing curam. Dan disini anda akan menemukan beberapa tempat snorkeling yang menakjubkan. Waktu terbaik untuk snorkeling di pantai ini yaitu pada saat air pasang, karena saat itu terumbu karang terlihat cukup indah. Ketika snorkeling disini, Anda dianjurkan untuk memakai pengaman; karena ada beberapa arus kuat di daerah ini.

  • Pattaya Beach, memiliki hamparan pasir putih, beningnya air laut dan kolam renang yang menakjubkan. Terdapat beberapa fery di sini yang  menyediakan akses mudah ke bar dan restoran di Walking Street. Anda juga melakukan snorkeling disini, dimana Snorkeling terbaik di Pantai Pattaya terdapat di setiap ujung pantai ini. Jika Anda menuju ke  paling ujung  utara Pantai Pattaya (Di depan Situs Resort) dan ikuti pantai berbatu di sebelah kanan Anda, maka Anda akan berakhir di pantai kecil yang disebut Pantai Zanom. Di sini Anda anda bisa menemukan beberapa tempat snorkeling yang bagus di Pantai ini. Bagian tengah Pantai Pattaya juga memiliki pemandangan bawah laut cukup bagus, tapi berjarak cukup jauh dari Pantai.

Spot Diving di koh Lipe

Selain Similan Island, Kepulauan Phi Phi, Koh Ma, dan Ko Pha ngan, Spot Diving di Koh Lipe juga tak kalah menawanya. Dengan lebih dari 20 pulau, Taman Laut Koh Lipe memiliki beberapa spot untuk menyelam yang bagus. Spot seperti Honeycomb Reef dan Talang Bay adalah tempat yang sempurna bagi para pemula untuk mencoba menyelam. Anda bisa belajar menyelam di PADI Open Water Dive, dan anda juga akan mendapatkan sertifikat pelatihan menyelam.

Di spot-spot sekitar Koh Lipe, anda akan menjumpaui berbagai jenis ikan seperti Nudibranchs, Seahorses, Ghost Pipefish, Frogfish & lainnya. Saat menyelam di Taman Nasional Tarutao, Anda terkadang juga bisa bertemu dengan , Lumba-lumba, dan bahkan Hiu. Dan berikut kami sajikan tempat penyelaman terbaik di Koh Lipe.

  • Henge Stone, Merupakan salah satu tempat scuba terbaik di Thailand. Stonehenge terletak hanya 5-10 menit dari Koh Lipe jika menggunakan kapal. Dibawah laut anda akan disuguhkan pemandangan terumbu karang yang indah dan semarak. Disini, Anda bisa melihat segerombolan Barracudas, Trevally & Yellow Snappers. Dan beberapa ikan yang lebih kecil termasuk Hippocampus, Udang, Kepiting, Nudibranch dan Stonefish. Karena situs ini sangat terbuka, arus disini cukup kuat, jadi untuk para wisatawan diharapkan berhati-hati.
  • 8 Mile Rock, Terletak lebih dari 8 mil dari Koh Lipe dan merupakan spot menyelam paling populer di Pulau ini. Anda akan disuguhkan berbagai ikan warna-warni; dan jika anda beruntung, anda bisa berjumpa dengan Whaleshark atau Manta Ray. 8 Mile Rock adalah tempat menyelam yang dalam, jadi hanya cocok untuk penyelam berpengalaman. Dan arus disini juga tergolong cukup kuat.
  • Far Islands, Kepulauan Far merupakan kumpulan pulau-pulau kecil di sisi utara Taman Laut Tarutao. Yang terdiri dari Ko Sarang, Hin Son, Ko Bulo & Ko Ling. Tempat penyelaman ini memiliki pemandangan wallreef yang indah yang penuh dengan terumbu karang dan beberapa spesies ikan didalamnya. Terkadang anda juga bertemudengan rays dan hiu disini.
  • Koh Taru, Situs penyelaman yang indah ini terletak 25 menit dari Koh Lipe. Di perjalanan, terkadang anda bisa melihat beberapa paus yang terlihat sedang mengambil oksigen di permukaan. Sedangkan didalam laut anda akan disuguhkan gerombolan Yellow Snapper yang menari-nari indah dan juga  Coral Cat Sharks yang dapat ditemukan di bawah bebatuan.
  • Koh Pung, Tempat penyelaman ini memiliki batu granit dalam yang penuh dengan karang lunak. Koh Pung memiliki arus yang sangat kuat. Disini anda bisa dengan mudah melihat Manta Rays dan Whalesharks, dan jika Anda beruntung, Anda bisa melihat ikan pari marble yang besar yang bersembunyi di bawah bebatuan.
  • Koh Yang, adalah lokasi yang sempurna untuk menyelam karena arus disini tidak terlalu kuat. Di Pulau ini terdapat dua tempat menyelam,yaitu di bagian timur dan barat. Disini anda bisa melihat segerombolan  Snapper, Ornate Ghost Pipefish, Peacock Mantis Shrimp dan Penyu Hawksbill yang aneh.
  • Koh Talang, Salah satu situs menyelam di Koh Lipe yang paling disukai, karena sangat cocok untuk para penyelam pemula dan pemandangan laut disini cukup indah. Talang memiliki teluk dangkal yang dihiasi dengan bommies karang.

  • Koh Adang, Koh Adang adalah pulau besar di sebelah Koh Lipe dan memiliki banyak tempat untuk penyelaman. Di sekitar Koh Adang Anda dapat menikmati beragam kehidupan bawah laut seperti  Juvenile Harlequin Sweetlips, Honeycomb Moray ,Kepiting Porselen hingga Penyu Hawksbill dan ikan Pari tutul.
  • Sail Rock, Situs penyelaman ini terletak di sebelah Koh Dong, yang merupakan salah satu spot penyelaman terjauh dari Koh Lipe. Di sini Anda bisa menemukan karang lunak yang indah dan beragam jenis gerombolan ikan seperti Barracuda, Snapper dan Trevally.
  • Seven Rock, Sebuah spot yang lebih cocok untuk penyelam berpengalaman. Seven Rocks memiliki arus yang cukup kuat, Sama halnya dengan Stonehenge. Selain anda bisa melihat berbagai macam ikan-ikan makro, anda bisa melihat Hiu Leopard dan ikan pari Marbled.
  • Pattaya Corner, Pattaya Corner hanya berjarak 5 menit perjalanan dari Pantai. Cocok untuk pemula dan penyelam profesional. Anda disini bisa menemukan segerombolan Barracuda dan Snapper, serta Pipefish dan Seahorses yang bisa anda temukan di celah-celah karang.
  • Lipe Ship Wreck, Merupakan spot diving yang terdapat kapal penangkap ikan yang tenggelam. Dan dengan  kedalaman sekitar 45 meter. The Wreck hanya dapat diakses oleh para penyelam Profesional.
  • Koh Kra, Koh Kra terletak tak jauh dari Koh Lipe dimana pulau ini sejajar dengan Sunrise Beach. Spot ini merupakan terumbu dangkal dengan kedalaman 5-20 meter. Koh Kra sangat cocok untuk anda yang baru belajar menyelam. Disini anda bisa melihat Frogfish, Harlequin Shrimp dan Bent-Stick Pipefish.

Jika anda tidak tertarik untuk melakukan snorkeling dan diving, anda bisa mencoba menyewa perahu untuk mengelilingi Pulau yang indah ini. Jangan lupa untuk mampir di tempat-tempat makan yang menyuguhkan masakan kuliner Thailand yang nikmat.

, , , , ,
Post Date: Friday 02nd, March 2018 / 08:49 Oleh :
Kategori : Thailand