6 Tips Backpacker Ke Perth Yang Wajib Diketahui

Apakah di saat liburan tiba anda berniat untuk melakukan wisata dengan cara backpackeran? Ke manakah tempat tujuan anda? pernahkah anda backpackeran sampai ke Perth?

Bila anda memiliki rencana untuk backpackeran sampai ke Perth, berikut ini merupakan saran atau tips backpacker ke Perth yang harus anda perhatikan demi keamanan, kenyamanan, dan keselamatan selama melakukan perjalanan backpacker ke Perth.

1. Simpan Nomor Kontak Darurat

Barrack-Street-Jetty-Perth

Saat bepergian di sekitar tempat wisata di Perth dan Australia Barat, catatlah nomor-nomor kontak darurat berikut ini. Untuk daftar lengkap rumah sakit di Australia Barat, kunjungi situs web Departemen Kesehatan.

  • Nomor kontak darurat
  • Kebakaran / Polisi / Ambulans: 000
  • Kebakaran / Polisi / Ambulans dari telepon seluler GSM: 112
  • Asosiasi Otomotif Australia: 13 11 11
  • Nomor kontak non-darurat
  • Polisi: 131 444
  • Ambulans: +61 8 9334 1234 (transportasi non-darurat)
  • Fire Services of WA: 1800 199 084 (pertanyaan umum)
  • Layanan Darurat Negara: 1300 130 039
  • Departemen Imigrasi dan Urusan Multikultural: 13 18 81

2. Jaga Kesehatan dan keselamatan

London-Court-perth

Banyak bacpacker yang tidak memperhatikan kesehatan dan keselamatan mereka. Oleh karena itu, kami sarankan agar anda tidak lupa untuk memastikan obat-obatan yang dibutuhkan untuk mnejaga kesehatan anda. bila anda bermaksud libuaran pendek tapi anda memiliki penyakit khusus maka sebaiknya anda siapkan obat yang anda butuhkan.

Anda juga tidak tahu kapan anda akan jatuh sakit, bisa jadi hal ini terjadi ketika anda melakukan perjalanan, maka kami sarankan untuk membawa obat yang sudah diresepkan oleh dokter maupun obat biasa yang dapat dibeli di apotik. Untuk berjaga-jaga, anda harus selalu membawa obat anda untuk menjaga kesehatan sekaligus keselamatan anda.

Ketika bepergian di daerah terpencil ingatlah untuk selalu membawa persediaan air yang cukup dan kit pertolongan pertama yang komprehensif. Nyamuk dapat membawa penyakit seperti ensefalitis dan Demam Sungai Ross jadi gunakan pengusir serangga yang tepat dan tutupi lengan dan kaki dengan pakaian longgar terutama saat fajar dan senja.


3. Kiat Menjaga keamanan pribadi

london-courtperth-city

Meskipun Australia dianggap sebagai negara yang sangat aman, jelas masih bijaksana untuk menghindari situasi berbahaya. Setiap resiko ada di setiap perjalanan. Oleh karenanya, perhatian kiat menjaga keamanan pribadi berikut ini untuk membantu Anda menikmati kunjungan Anda:

  • Hindari ruang publik yang gelap ketika sendirian
  • Hindari menumpang dan tidak pernah menumpang sendirian
  • Selalu beri tahu orang di mana Anda berada dan ke mana Anda pergi
  • Berhati-hatilah saat menggunakan mesin kasir otomatis (ATM) dan amankan uang tunai Anda dengan cepat
  • Jauhkan barang-barang berharga dari pandangan dan aman saat bepergian
  • Selalu gunakan perlindungan saat berhubungan seksual
  • Jangan minum alkohol atau hindari minum alkohol

4. Gunakan Day Pass

rottnes-island-austrlia

Backpacker ke Perth akan lebih mudah jika anda memiliki day pass. Pass ini mencakup akses ke satu atau lebih taman pada satu hari. Passing tersedia dari rangers di dalam taman. Di beberapa taman, sistem pendaftaran mandiri berlaku. Biaya per pass $ 10 per mobil. muatannya sekitar delapan orang.

sementara itu, untuk yang mengambil paket sepeda motor dibanderol dengan harga $ 5.  Selain itu, day pass untuk tur komersial dan bus dibanderol dengan harga $ 4 per orang. day pass ini mirip dengan tiket kereta api untuk menikmatitempat wisata di Jepang.

Jika anda sedang backpacker ke Perth dan ingin ingin mengunjungi sejumlah taman nasional, gunakan pass by liburan taman. Izin ini memberi Anda hak untuk mengunjungi banyak taman sebanyak yang Anda inginkan untuk setiap periode empat minggu. Biaya pass by liburan taman sekitar $ 35 per kendaraan. Kendaraan tersebut muat sekitar delapan orang.

5. Kantongi Informasi pabean

tempat-wisata-di-perth

Meskipun Australia adalah negara yang ramah dan menyambut setiap pengunjung dari berbagai negara, sebagai turis lebih bijak untuk mendapatkan visa, pada atau sebelum kedatangan, untuk memastikan kelancaran masuk ke negara tersebut. Visa ini dikelola dan dipantau oleh petugas Bea dan Cukai di semua pelabuhan masuk internasional.

Petugas bea cukai mudah diidentifikasi dan dapat membantu dengan berbagai masalah, termasuk bea cukai barang dan koper, karantina dan masalah kesehatan perjalanan. Untuk informasi lebih lanjut tentang bagaimana Bea Cukai yang dapat membantu Anda, kunjungi Departemen Imigrasi.

Hal ini juga berhubungan dengan belanja oleh-oleh yang ingin anda bawa pulang. Sebagian besar wisatawan internasional menghargai kesempatan untuk berbelanja bebas bea.

Umumnya pengunjung ke Western Australia dan akan menikmati berbagai manfaat belanja bebas bea antara lain berupa parfum, kosmetik, alkohol, rokok, barang-barang konsumsi dan banyak barang lainnya. Supaya anda tidak keliru, kami sarankan supaya anda membaca brosur tentang Skema Pengembalian Pajak Turis.

6. Mata uang dan tipping

wisata_perth

Australia memiliki sistem mata uang desimal, yang mana maksudnya adalah sintetis berbasis polimer berkualitas tinggi dan dalam denominasi $ 5, $ 10, $ 20, $ 50 dan $ 100. Denominasi koin adalah 5 sen, 10 sen, 20 sen, 50 sen, serta $ 1 dan $ 2. Harga di bawah 5 sen dibulatkan ke atas atau ke bawah ke 5 sen terdekat – yaitu, 3 dan 4 sen total dibulatkan hingga 5 sen terdekat, sementara 1 dan 2 sen total dibulatkan ke bawah ke denominasi 5 sen terdekat.

Bila anda ingin menukar uang, ingatlah bahwa bank di kawasan tempat wisata Australia ini buka dari jam 9.30 pagi hingga 4.00 sore hari Senin sampai Kamis, dan jam 9.30 pagi hingga 5.00 sore hari Jumat.


Beberapa bank pinggiran kota buka pada Kamis malam dan Sabtu pagi. Mesin Teller Otomatis berlimpah dan tersedia 24 jam sehari selama tujuh hari dalam seminggu. Bank menyediakan berbagai layanan keuangan termasuk penukaran mata uang, semuanya dengan harga nominal. Mesin transfer dana elektronik (EFTPOS) umumnya digunakan di sebagian besar gerai ritel, serta oleh taksi, restoran dan hotel, dan dapat digunakan untuk mengakses berbagai jenis rekening bank dan kartu kredit.

Hal-hal Penting di Pert yang Harus Anda Perhatikan

Bila anda sudah siap dengan tips bakcpacker ke Perth di atas, berikut merupakan hal-hal lain dari Perth yang perlu anda ketahui sebelum anda backpackeran ke Perth.

  • Umumnya setiap layanan mengharapkan pemberian tip dari turis, pastikan anda memberikan sejumlah tip bila anda merasakan layanan yang memuaskan.
  • Ada tiga zona waktu di Australia yang harus anda perhatikan:
  • Western Standard Time (AWST – GMT + 8:00) yang berlaku di Australia Barat
  • Central Standard Time (ACST – GMT + 9:30) yang berlaku di South Australia and Northern Territory
  • Eastern Standard Time (AEST – GMT +10:00) yang berlaku di New South Wales, Victoria, Tasmania and Queensland.

Demikian pemaparan tentang tips backpacker ke Perth yang harus anda ketahui baik dari persiapan sampai dengan zona waktu yang harus anda perhatikan. Demikian info kali ini, semoga bermanfaat!

, , , ,
Post Date: Tuesday 11th, December 2018 / 04:05 Oleh :
Kategori : Australia