7 Tempat Menarik Di Chiang Mai Bertemakan Budaya Yang Wajib Dikunjungi

Saat tiba waktu liburan, biasanya banyak orang Indonesia yang pergi ke tempat wisata di Thailand. Pada umumnya, tempat wisata yang dipilih pun yang ada di sekitar Bangkok, Pattaya, atau Phuket. Mayoritas turis juga berkumpul di sekitar Sungai Chao Phraya.

Ketika di Bangkok, wisatawan dari seluruh dunia akan mendatangi tempat wisata terkenal Madame Tussauds untuk berfoto dengan replika idola mereka. Artis Indonesia yang sudah masuk ke Madam Tussauds barulah Anggun C Sasmi, kita semua tahu bahwa Madame Tussauds memilih tokoh yang benar-benar memberikan dampak luas sesuai bidangnya masing-masing, bahkan mungkin lebih.

Oleh karena itu, mengunjungi tempat wisata kelas dunia seperti Madame Tussauds Hongkong menjadi suatu kunjungan yang tak ingin dilewatkan oleh semua orang, sebab di sana, mereka bisa bertemu dan berfoto dengan sosok yang mirip dengan idolanya.

Selain di Bangkok, Pattaya, dan Phuket, sebenarnya Thailand memiliki area tempat wisata yang sama indahnya seperti ketiga tempat tersebut. Tempat wisata di Thailand yang juga menarik perhatian selain tempat wisata atau ikon wisata di Bangkok ialah Chiang Mai.

Chiang Mai merupakan salah satu provinsi di negeri gajah putih yang memiliki daya tarik tak kalah indah. Ada beberapa tempat wisata di temapt ini yang seketika akan mengingatkan kita pada keindahan tempat wisata di negara tetangga, seperti tempat wisata di Laos atau tempat wisata di Vietnam.

Apa saja tempat menarik di Chiang Mai yang harus masuk ke dalam daftar wisata alternative Anda selama berada di Thailand? Simak deskripsi singkat tentang tempat menarik di Chiang Mai berikut ini:

1. Wat Phra That Doi Suthep

Wat-Phra-Tha-Doi-Suthep

Seketika ketika melihat tempat menarik di Chiang Mai bernama Wat Pra That Doi Suthep yang mengingatkan kita pada kuil budha di Laos yang kini menjadi salah satu bangunan terkenal di Laos. Selain mengingatkan pada kuil Budha di Laos, tempat ini juga mengingatkan pada tempat wisata di China yang sama kentalnya dengan tradisi Budha.

Kuil Budha bernama Wat Phra That Doi Suthep terletak di puncak Doi Suthep. Anda bisa menikmati pemandangan kota dari tempat ini karena lokasi Wat Phra Doi berada di puncak gunung. Untuk mencapai tempat wisata ini, setiap pengunjung harus mendaki anak tangga yang berjumlah sekitar 309.

Ada sebuah aturan yang harus ditaati, jika wisatawan ingin masuk ke area kuil utama  Wat Phra That Doi Suthep. Wisatawan diperkenankan masuk jika  berpakaian sopan. Hal ini mengingatkan kita pada Bali ya kan? Bila kita ingin memasuki kawasan Pura kita akan dijinkan jika kita memakai pakaian sopan dan melilitkan kain kuning atau kain poleng ke pinggang kita. Semua itu dilakukan karena tempat tersebut merupakan tempat suci, sehingga tidak sembarang orang bisa masuk.


2.  Nimmanhemin Street

Nimmanhemin-Street

Mengunjungi kuil saja mungkin akan membuat anda lekas bosan dengan Chiang Mai, maka direkomendasikan untuk memasuki kawasan Nimmanhemin Street, kawasan jalanan yang ramai dengan beragam outlet. Di malam hari, tempat ini akan ramai oleh wisatawan yang mengisi waktu luang.

Di sepanjang jalan ini, Anda akan dengan mudah menemukan kafe, butik, distro, bistro, salon & spa, Starbuck, tempat nongkrong, dan tempat shopping dan lain sebagainya. tempat ini menjadi tempat untuk berbelanja anak muda di Chiang Mai, sama seperti tempat shopping di Korea Selatan yang memiliki area khusus, tempat ini akan mengingatkan Anda pada tempat belanja di Korea Selatan itu.

Nah, daripada hanya mengunjungi candi atau kuil, berwisata sejarah atau melihat-lihat arsitektur, luangkan waktu untuk menikmati tempat menarik di Chiang Mai seperti Nimmanhemin Street yang menjadi tempat nongkrong anak muda lokal Chiang Mai. Jangan lupa untuk menjajal kuliner lokal di salah satu kedai yang menjual makanan lokal.

4. Local Café Think Park

Local-Café-Think-Park

Berwisata tidak hanya melihat-lihat dan merasakan tempat menarik atau tempat wisata di Chiang Mai ketika sudah sampai di provinsi ini. ada baiknya sempatkan waktu untuk merasakan suasana sebuah kafe yang ebrada di Nimmanhemin Street, bernama Local Café Think Park.

Tempat ini bisa menjadi tempat wisata rekreasi yang akan membuat Anda menikmati es the khas Thailand, di Indonesia terkenal dengan sebutan Thai Tea. Selain minuman tersedia pula beberapa cake dan cemilan ringan lainnya.

Habiskan waktu senggang Anda di café ini untuk merasakan perbedaan atmosfer, antara café di Indonesia dengan café di Thailand. Pun juga merasakan perbedaan hawa di dalam kafe dengan yang ada di luar kafe Thailand. Pastinya akan menjadi sebuah pengalaman yang menyenangkan.

5. Wat Chedi Luang

Wat-Chedi-Luang

Wat Chedi Luang atau disebut juga dengan nama Temple of The Royal Stupa. Tempat menarik di Chiang Mai yang dibangun di masa kejayaan raja King Sean Muang Ma, DInasti Menrai ini sempat rusak karena gempa bumi tahun 1545.  Sebelum rusak akibat gempa, Wat Chedi Luang dulu terlihat sebagai bangunan pilar kerajaan yang dipergunakan untuk menandai pusat alam semesta kerajaan Lanna.

Sekarang temat wisata yang menarik di Chiang Mai ini masih aktif sebagai kuil.  Ada area khusus yang diskaralkan sebagai tempat ibadah secara bersamaa dan juga untuk melaksanakn ritual lilin malam di hari raya Visakh Buja. Mengelilingi beberapa candi dan kuil di Chiang Mai benar-benar terasa seakan-akan sedang berkeliling di kawasan Indonesia yang juga memiliki banyak kuil dan candi peninggalan kekuasaan kuno. Sangat menakjubkan!

6. Wat Phra Singh

Wat-Phra-Singh

Salah satu tempat yang namanya menyerupai Wat Arun ini terletak di dalam tembok bagian barat kota, di ujung jalan Ratchadamnoen. Wat Phra Singh merupakan salah satu tempat wisata sejarah yang masih dihormati sampai sekarang sebagia salah satu kuil suci umat BUdha.

Tempat wisata ini akan padat didatangi para jamaah untuk beribadah menjelang Hari Raya Songkran Thailand. Setiap hari Raya Sokran penduduk lokal Chiang Mai akan mengundang Phra Singh untuk memperlancar prosesi upacara agama. Jadi, jangan datang ketika penduduk Thailand sedang merayakan Hari Raya Sokran, datanglah di hari-hari biasa, di low seasson.

Keunikan tempat wisata ini ialah di bagian belakang bangunan Wat Phra Singh terdapat Viharn Laikam yang dibangun dengan gaya arsitektur khas Kerajaan Lanna. Di dalam kuil ini terdapat Budha SInga, yang diyakini memiliki pengaruh dari budaya Sukhotai dan India Pala. Bila Anda mendapatkan kesempatan untuk melihat bagian dalam kuil, anda bisa melihat mural yang mengisahkan tentang kehidupan penduduk setempat pada masa kuil itu dibangun.


7. Tha Phae Gate

Tha-Phae-Gate

Satu lagi tempat menarik di Chiang Mai yang sebaiknya dimasukkan ke dalam daftar tempat wisata favorit selama berkunjung ke Thailand. Tempat wisata itu ialah Tha Phae Gate. Tempat wisata ini selalu ramai, baik siang maupun malam hari.

Tempat wisata ini juga menjadi landmark kota di Chiang Mai, karena itulah tempat ini tak boleh dilewatkan bila memiliki kesempatan datang sampai ke Chiang Mai. Di sini, Anda tidak hanya akan melihat benteng, tapi bisa berbelanja ke beberapa outlet yang dibuka di sekitar dinding benteng.

Suasananya benar-benar akan mengingatkan kita pada area Pasar Beringharjo di Malioboro, dan juga pada Benteng Vredeburg di Yogyakarta yang sama-sama tembok benteng kota yang aktif di masa lalu sebagai benteng pertahanan. Di area sekitar Benteng Vredeburg juga ramai oleh pedagang kaki lima pada saat siang maupun malam hari. Kini, sebagian benteng Tha Phae Gate sudah runtuh.

Di samping itu, bisa dibilang tempat ini seperti Malioboro yang menyediakan beragam fasilitas dan kemudahan untuk wisatawan dari berbagai negara. Dengan datang ke sini, Anda bisa menginap di hotel dan santai di café terdekat. Karena masih satu wilayah, Anda tidak perlu berjalan  jauh.

Jadi, masihkah tertarik untuk datang ke Chiang Mai?

, , , ,
Post Date: Wednesday 23rd, May 2018 / 02:54 Oleh :
Kategori : Thailand