Bianglala Singapore , Wisata Yang Wajib Dikunjungi Di Singapore

Singapore FlyerBukan rahasia lagi jika Singapura yang mendapat julukan negara dengan 1001 larangan telah menjadi destinasi wisata favorit para wisatawan. Negara dengan luas 719.9 kilometer persegi ini mempunyai bianglala terbesar di Asia yakni Singapore Flyer. Bianglala yang terletak jantung pusat kota Marina Bay ini mempunyai tinggi 165 meter.

Dengan naik Singapore Flyer kamu dapat menikmati pemandangan dari 3 negara yakni Indonesia (Batam), Malaysia (Johor) dan Singapura. Tak hanya itu, kamu pun dapat merasakan sensasi keindahan pemandangan Marina Bay yang menakjubkan. Jika kamu mengunjungi bianglala keren ini pada siang hari, maka akan mendapatkan pengalaman yang spektauler. Berbeda lagi jika berkunjung pada malam hari, kamu akan memperoleh pengalaman yang romantis kelas dunia.

Sejarah Singapore Flyer

Singapore Flyer 2Singapore Flyer merupakan bianglala di Singapura dengan biaya pembuatan sebesar Rp 1.44 triliun yang memakan waktu pembangunan selama 2.5 tahun. Bianglala ini pertama kali membawa pengunjung pada 11 Februari 2008 tepatnya pada saat Tahun Baru Cina. Tiket yang terjual pada 11-13 Februari 2008 ini mencapai S$8.888 yang merupakan angka keberuntungan pada budaya Cina.

Barulah pada hari Valentine, 14 Februari 2008 Singapore Flyer dibuka untuk umum dan soft launchnya pada 1 Maret 2008. Sedangkan pembukaan resminya pada 15 April 2008 oleh Perdana Menteri Lee Hsien Long.

Dengan tinggi 165 meter atau setara 42 lantai, Singapore Flyer mempunyai diameter sebesar 150 meter dan mencakup area sebesar 33.700 square meter. Bianglala ini merupakan bianglala tertinggi di dunia sebelum dibuka bianglala di Las Vegas berketinggian 260 meter pada 31 Maret 2014. Desainer Singapore Flyer ini adalah Dr. Kisho Kurokawa.

Singapore Flyer mempunyai 28 kapsul yang dapat membawa 28 orang di setiap kapsulnya. Dalam satu kali berputar, bianglala satu ini menghabiskan waktu 30 menit dengan berjalan melawan arah jarum jam.  Namun pada 4 Agustus 2008 berdasarkan nasehat pakar fengshui, arah berputar Singapore Flyer berubah menjadi searah jarum jam.

Dari atas bianglala kamu dapat menikmati indahnya 45 kilometer pemandangan yang berada di depan. Diantaranya Marina Barrage  yakni Bendungan Singapore, Gardens by the Bay, sebuah taman avatar di Singapore, Marina Bay Sands Skypark dengan hotel 3 tower dan perahu di atasnya yang terkenal itu. Selain itu kamu pun dapat melihat Merlion Park, Floating Platform, Helix Bridge serta pemandangan landscape Singapore yang luar biasa indahnya.

Keindahan Singapore Flyer

Singapore Flyer sangat cocok bagi kamu yang ingin merayakan acara istimewa dengan sensasi pengalaman sky dining yang dilayani butler profesional. Hidangan yang disediakan juga sangat beragam yang tentunya dipadu dengan pilihan wine terbaik serta pemandangan dari ketinggian yang luar biasa.


Kamu wajib bersantai sambil minum wine, cocktail maupun champagne di Singapore Food Trail. Sebuah food street dengan tema 1960-an ini menawarkan berbagai makanan khas Singapore.  Di Singapore Food Trail ini kamu dapat menikmati lezatnya Chicken Rice, Fried Hokkien Mee dan Fried Carrot Cake & Satay. Kamu juga perlu mencicipi Prawn Noodle, Barbeque Seafood, Oyster Omelets dan Beef Noodle yang tidak perlu diragukan lagi kenikmatannya.

Singapore Flyer 3Singapore Flyer juga merupakan salah satu surga dunia bagi kamu yang penggila belanja. Di sini kamu dapat berbelanja jam tangan dari merek ternama, barang-barang dari kulit buaya, kacamata hingga souvenir-souvenir khas. Tak hanya itu, di bianglala satu ini juga terdapat beraneka ragam tempat makan enak selain Singapore Food Trail.

Sebut saja Seafood Paradise, O’Learys & Popeye’s, Ya Kun Kaya Toast dan Bayview Tandoor. Kamu pun dapat mencoba wahana simulator atau bersantai di spa ikan. Di lantai 2 Gedung Terminal Singapore Flyer kamu dapat mencoba wahana 6D pertama di Singapore seperti di XD Theatre dan wahana Flight Experience untuk mencoba simulator 737. 

Waktu terbaik untuk mengunjungi Singapore Flyer adalah saat senja tiba ketika gedung-gedung pencakar langit dihiasi cahaya emas.  Kamu pun dapat mengunjungi bianglala ini pada malam untuk mendapatkan pemandangan kerlipa gemerlap cahaya gedung-gedung tersebut.

Jam Buka Singapore Flyer

  • Singapore Flyer buka setiap hari pukul 08.30 – 22.30 (untuk tiket masuk terakhir adalah pukul 22.15).
  • Dengan durasi 30 menit untuk sekali berputar, kamu pun sudah dapat mengunjungi Gallery Journey of Dreams.

Harga Tiket Singapore Flyer

Untuk menikmati segala keseruan yang ada di Singapore Flyer dikenakan tiket sebagai berikut.

Paket Singapore Flight

  • Dewasa : S$33
  • Lansia (diatas 60 tahun)    : S$24
  • Anak-anak (3-12 tahun)     : S$21

Kamu bisa mendapatkan diskon sebesar 10% jika membeli tiket secara online dengan menghubungi (65) 6333 3311.

Paket Singapore Sling Flight

  • Dewasa : S$69
  • Anak-anak : S$31

Jam beroperasi pukul 14.30, 16.30, 18.30, 19.30, 20.30 dan 21.30

Paket Singapore Flyer Sky Dining Flight

Merupakan paket makan malam spesial dua orang dengan pengalaman yang tak terlupakan bersama orang terkasih.

  • Makan malam untuk dua orang : S$299++

Paket Premiun Champagne Flight

Merupakan paket yang ditawarkan untuk menikmati wine terbaik di Singapore Flyer sambil mendapat pengalaman full-VIP.

  • Dewasa : S$79

Singapore Flyer juga menyediakan private kapsul yang terdiri dari

  • 1 rotasi dengan durasi 30 menitt
  • Express boarding
  • 1 glass of the original Singapore Sling
  • VIP-kapsul tema (tersedia beberapa pilihan)
  • Tiket gratis masuk ke interaktif galeri Journey of Dreams (pilihan)

Akses Menuju Singapore Flyer

Singapore Flyer terletak di 30 Raffles Avenue, Singapura 039803. Akses menuju Singapore Flyer dapat ditempuh dengan menggunakan beberapa pilihan transportasi, diantaranya:

  1. Menggunakan MRT (Mass Rapid Transport)

Kamu dapat menggunakan MRT menuju Promenade Station kemudian keluar di Exit A. Setelah itu kamu dapat berjalan kaki sekitar 5 menit hingga menjumpai penunjuk jalan yang menuju Singapore Flyer.

  1. Menggunakan Bus

Kamu dapat naik bus dari Marina Centre Bus Terminal dengan nomor 56, 75, 77, 97, 97e, 171, 195, 960, 961C. Lokasi terminalnya di Raffles Boulevard dengan jarak hanya 2 blok dari Singapore Flyer.  Jika kamu dari Orchard Road, naiklah bus nomor 106 dengan lama perjalanan 20 menit dan biaya kurang dari S$1.50. Kemudian barulah perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki selama 5 menit hingga menemukan petunjuk menuju Singapore Flyer. 


  1. Menggunakan Mobil

Singapore Flyer berlokasi di tengah kota. Waktu tempuhnya hanya 5 menit dari Central Business District (CBD), 10 menit dari Jalan Orchard dan 20 menit dari Bandara Changi. Jika kamu mengendarai mobil ke Singapore Flyer, sudah tersedia 284 area parkir mobil dan 3 area handicap dan 25 area parkir bus. Pengunjung juga dapat menikmati makan siang gratis di area parkir pada hari kerja dari pukul 12.00 – 14.00 (tidak termasuk akhir pekan dan hari libur nasional).

  1. Mengggunakan Taksi

Carilah taksi kemudian minta sopir untuk membawamu ke Singapore Flyer yang berada di Raffles Avenue. Hampir semua sopir taksi di Singapore sudah tau dimana letak Singapore Flyer.

Jika berlibur ke Singapore, jangan melewatkan untuk berkunjung ke Singapore Flyer. Bianglala yang tidak hanya menyajikan pemandangan fantastis dari ketinggian, tetapi juga bianglala yang memberikan pengalaman sky dinning luar biasa. Tak hanya itu, di Singapore Flyer kamu pun dapat berbelanja hingga puas. Tentunya akan menjadi pengalaman yang berkesan dan tak terlupakan di Singapore Flyer.

, , , ,
Post Date: Monday 26th, February 2018 / 03:36 Oleh :
Kategori : Singapura