16 Tempat Wisata Di Pulau Ubin Singapura Yang Menarik Perhatian Wisatawan

Jika berencana Jalan-jalan ke Singapura dengan anak, maupun keluarga atau teman dan mencari destinasi wisata alam bahari di sana,  mungkin pulau Ubin yang ada di timur laut singapura bisa menjadi jawabanya. Pulau ubin memang menjadi salah satu tempat wisata di singapura yang juga menjadi habitat bagi beragam jenis flora dan fauna dari berbagai negara, bahkan yang langka sekalipun.

Pulau kecil yang mempunyai luas 10 km² ini selain terdapat beragam fauna dan flora juga merupakan salah satu lokasi tambang  batu granit. Karena batu granit inilah yang dijadikan oleh orang Melayu pada zaman dahulu sebagai bahan untuk membuat ubin atau lantai sehingga pulau ini dinamakan Pulau Ubin.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di pulau Ubin yang menjadi favorit para wisatawan dan sangat sayang untuk dilewatkan.

1. Chek Jawa

Chek Jawa

Rekomendasi tempat wisata di pulau Ubin yang pertama adalah Chek Jawa yang merupakan sebuah tanjung yang terletak di wilayah tenggara pulau ubin.

Chek Jawa menjadi tempat ekosistem terkaya di Singapura dan menjadi habitat bagi beragam jenis flora dan fauna dari berbagai negara.

Chek Jawa ini terdiri daei 7 ekosistem yang saling tergantungan satu sama lainnya yaitu hutan pantai,hutan bakau, pantai berbatu, pasir, laguna, dan puing karang. Ketujuh ekosistem inilah yang menjadi tempat hidup atau habitat dari beragam flora dan fauna yang ada di pulau ubin tersebut

Chek Jawa ini tadinya direncanakan akan direklamasi oleh pemerintah singapura pada tahun 2000 namun akhirnya tahun 2001 pemerintah memutuskan penangguhan pelaksanaan reklamasi hingga nanti akhirnya diperlukan. Pada awal tahun 2007 Chek Jawa ini ditutup sementara untuk umum akibat rusak krena hujan lebat pada Desember 2006 dan dibuka kembali pada bulan Juli 2007.

Untuk mengunjungi Chek Jawa ini dari pusat kota Singapura pengunjung bisa berkendara menuju Desa Changi yang memakan waktu sekitar 45 menit. Kemunian dari Desa tersebut pengunjung bisa menyebrang menggunakan Fery menuju dermaga ubin dan dilanjutkan dengan berjalan kaki maupun bersepeda untuk akhirnya sampai di Chek Jawa,

Chek Jawa ini dibuka setap harinya bagi pengunjung mulai dari jam 8.30 pagi hingga 18.00 sore waktu setempat, dan tempat wisata Chek Jawa ini juga merupakan salah satu tempat wisata gratis di Singapura sehingga pengunjung tidak dipungut tiket untuk masuk ke tempat wisata

2. Menara Jejawi

Menara Jejawi

Masih berada di wilayah Chek Jawa, pengunjung juga bisa mengunjungi menara Jejawi sebagai salah satu tempat wisata di Pulau Ubin yang menarik untuk dikunjungi dan menjadi favorit para wisatawan.

Menara Jejawi ini mempunyai tinggi sekitar 20 meter dan dari atas menara tersebut bisa terlihat jelas pemandangan hutan dan juga laut di pulau ubin ini yang indah dan fantastis.

Menara ini mempunyai 7 lantai dan menara ini hanya bisa menampung sekitar 20 orang di dalamnya, sehingga untuk masuk ke menara ini pengunjung terkadang harus mengantre terlebih dahulu.

Selain menikmati pemandangan hutan dan juga laut yang bergitu indah, pengunjung juga berkesempatan melihat pemandangan Johor, pulau tekong dan kota Singapura dari kejauhan serta burung yang berterbangan dan juga monyet jika beruntung.

Waktu untuk menikmati Menara Jejawi ini sama dengan jam operasional chek Jawa yaitu mmulai pukul 8.30 pagi hingga 18.00 sore waktu setempat setiap harinya. Untuk masuk ke menara Jejawi ini pengunjung juga tidak dikenakan biaya masuk alias gratis.

 3. German Girl Shrine

German Girl Shrine

Tempat wisata di Pulau Ubin lainnya yang menarik untuk dikunjungi adalah German Girl Shrine yang merupakan sebuah kuil di pulau Ubin. Kuil ini berwarna kuning dan berisi altar persembahan untuk seorang gadis Jerman yang oleh penduduk setempat dipuja sebagai dewi lokal

Gadis Jeman tersebut dikisahkan merupakan anak dari keluarga Jerman yang pemilik perkebunan kopi di Pulau ubin yang pada saat perang dunia pertama keluarganya ditangkap oleh militer Inggris.

Gadis Jerman  yang saat itu berusia 18 tahun tersebut pun  berhasil kabur dalam perkebunan tersebut namun sayangnya dia jatuh ke dalam jurang dan akhirnya meninggal dunia da jasadnya ditemukan penduduk setempat.

Abu Jenazah gadis Jerman inipun akhirnya disimpan oleh penduduk setempat dan menempatkannya di sebuah kuil kecil agar rwahnya bisa tenang di alam baka. Kuil inipun banyak didatangi oleh orang-orang terurama para penjudi dari singapura yang ingin berdoa meminta peruntungannya di kul ini.

Para orang yang berdoa meminta permohon peruntungan itupun juga tidak lupa memberi persembahan berupa kosmetik atau pernak pernik lainnya yang disukai oleh gadis remaja. Beberap tahun lalu di altar ini juga diletakkan boneka barbie yang juga dipercaya penduduk setempat dapat membawa keberuntungan sebagai pengganti guci tua tersebut.

4. Sensory Trail

 Sensory Trail

Tempat wisata di pulau ubin yang satu ini merupakan sebuah trek datar sepanjang 1,5 km dimana pengunjung dapat menikmati pemandangan di yang ada dengan semua panca indera.

Di tempat ini dilengkapi dengan pagar penuntun dan papan petunjuk dengan huruf braile yang dapat memudahkan pengunjung yang tuna netra menikmati tempat ini.

Di tempat ini kita juga terdapat sebuah taman kecil yang ditanami berbagai rempah-rempah, sayuran dan juga buah-buahan yang bisa dicium dan dirasakan. Untuk mengelilingi seluruh taman Sensory Trail ini dengan berjalan kaki dibutuhkan waktu kurang lebih sekitar 1 hingga 1,5 jam perjalanan.

Taman Sensory trail ini dahulu dibangun pada tahun 1995 sebenarnya diperuntukkan bagi penyandang penyandang cacat, khususnya para penyandang tuna netra. Jalur Sensory Trail  ini diprakarsai pembangunannya oleh kelompok pelajar dan pecinta alam di Singapura agar penyandang tuna netra dapat berkesempatan untuk menikmati keindahan pulau ubin ini dengan cara mencium dan menyentuh.

Lokasi tempat wisata Sensory Trail ini juga berada di belakang rumah desa di pulau Ubin dan di perjalanan terebut pengunjung juga bisa melihat melihat berbagai pohon buah-buahan yang tumbuh di sana seperti rambutan, sukun dan yang lainnya. Jalur Sensory Trail ini sekarang dibuka juga untuk umum padai sabtu pagi mulai pukul 09.30 waktu setempat.

Demikianlah beberapa rekomendasi tempat wisata alam di Singapura, khusunya pulau ubin yang bisa dikunjungi selain Marina Bay Sands atau Gardens by The Bay yang sudah sangat populer.Jika masih belum puas mengkesplore keindahan tempat wisata di Pulau ubin di atas, masih ada lagi tempat wisata di pulau ubin lainnya yang bisa dikunjungi, seperti :

  • Pantai Mamam
  • Kuil Kolam Lotus
  • Rumah No.1
  • Perkemahan Jelutong
  • Bukit Puaka
  • Taman Sepeda Gunung Ketam
  • Pulau Serangoon
  • Butterfly hills
  • Changi Broadwalk
  • Pulau Sekudu
  • Fo Shan Ting Da Bo Gong Temple
  • Dan Masih banyak lainnya

Akhir kata semoga artikel ini bermanfaat dan juga menjadi inspirasi untuk memilih tempat wisata yang akan dikunjungi saat liburan nanti. Terimakasih sudah membaca dan membagikan artikel ini, sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

, , ,
Post Date: Tuesday 05th, March 2019 / 14:54 Oleh :
Kategori : Singapura