20 Makanan Khas Singapura Terenak Wajib Dicicipi Wisatawan

Makanan khas Singapura—Salah satu kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan ketika jalan-jalan murah ke Singapura adalah mengeksplorasi dunia kulinernya. Sebagaimana yang Anda ketahui, negara kecil yang terletak di ujung semenanjung Malaka ini dihuni oleh berbagai ras yang mengembangkan budayanya. Budaya-budaya tersebut kemudian saling berasimilasi dan memberikan pengaruh yang besar kepada berbagai aspek, salah satunya makanan.

Ada banyak makanan khas Singapura yang bisa Anda nikmati setelah mengunjungi tempat belanja oleh-oleh di Singapura, baik makanan asli maupun hasil asimilasi budaya setempat. Anda bisa mendapatkan makanan-makanan tersebut baik dari penjual pinggir jalan, restoran, hingga kafe besar. Cukup sediakan uang tunai yang cukup dan nikmatilah Singapura dari piring saji Anda. Sebagai rekomendasi, berikut adalah beberapa jenis makanan khas Singapura yang harus Anda coba.

  1. Wanton Mee

Wanton MeeSetiap negara di Asia tampaknya memiliki makanan olahan mi sebagai makanan khasnya, begitu juga dengan Singapura. Salah satu makanan khas Singapura dengan bahan utama mi adalah Wanton Me (云吞面).

Makanan ini bisa Anda temukan di berbagai sudut kota di negara Singapura terutama di  tempat makan enak di Singapura yang sudah populer di kalangan masyarakat lokal maupun wisatawan asing.

Wanton Mee asli negara Singapura biasanya disajikan kering tanpa kuah. Mi dibalut dengan bumbu saus manis dengan topping potongan daging babi Char Siew, pangsit isi daging babi, serta satu mangkuk kecil berisi sup. Anda bisa memesan pedas sesuai dengan selera kepada pemilik kedai.

Biasanya, akan ada tambahan saus cabai atau cukup saus tomat untuk anak kecil. Jenis makanan ini merupakan hasil asimilasi kekayaan kuliner Singapura dengan negara Hongkong. Di negara asanya, Wanton Mee disajikan menyatu dengan kuah.

Salah satu kedai Wanton Mee yang direkomendasikan adalah Fei Fein Wanton Mee yang beralamat di 62 Joo Chiat Place. Wanton Mee akan terasa lebih nikmat jika dikonsumsi sebagai makan malam. Selain Wanton Mee, Anda juga perlu mencicipi makanan Singapura dengan bahan dasar mi lainnya seperti berikut ini.

  • Bak Chor Mee (肉脞面)
  • Hokkien Prawn Mee
  • Mee Siam
  • Mee Rebus

  1. Bak Kut Teh

Bak Kut Teh Jika Anda jalan-jalan ke Singapura dengan anak, jangan lupa untuk mengunjungi Ya Hua Bak Kut Te di 7 Keppel Road atau Song Da Bak Kut Teh di 11 New Bridge Road. Ajaklah anak Anda untuk mencicipi Bak Kut Teh
(肉骨茶), makanan khas Singapura yang tidak hanya kaya akan rasa melainkan juga penuh pesan baik.

Makanan berkuah ini disinyalir sudah ditemukan dan tumbuh bersama negara Singapura sejak dahulu kala. Bak Kut Teh yang terbuat dari tulang babi sisa dengan bumbu rempah murahyang membuat kuahnya sewarna teh. Di awal penemuannya, Bak Kut Teh disajikan oleh seorang penduduk untuk pengemis yang kelaparan. Namun karena memiliki cita rasa yang nikmat, Bak Kut Teh banyak disukai dan menjadi salah satu makanan yang populer di Singapura.

Saat ini, Bak Kut Teh terbuat dari bahan makanan yang lebih baik dan tentu disajikan dengan cara yang lebih menggugah selera. Kendati demikian, Bak Kut Teh tetap menjadi masakan yang membumi. Selain Bak Kut Teh, cobalah makanan berkuah lainnya di Singapura seperti berikut ini.

  • Laksa
  • Curry Fish Head
  • Fish Head/Sliced Fish Bee Hoon Soup
  • Fish Head Steamboat

  1. Oyster Omelette (Orh Lua)

Oyster Omelette (Orh Lua)Jika Anda pencinta makanan laut, maka sudah sepatutnya Anda memburu makanan khas Singapura yang berbahan dasar seafood. Ada banyak jenis restoran lokal maupun internasional yang menyajikan makanan jenis tersebut.

Jika harga yang Anda perlu bayar terlalu mahal, cobalah imbangi dengan mengunjungi tempat wisata di Singapore yang murah sehingga Anda bisa menyisihkan uang untuk menikmati makanan seafood.

Salah satu makanan seafood yang harus Anda coba adalah Oyster Omelette atau Orh Lua. Sesuai dengan namanya, makanan ini tebat dari telur kocok dan tiram. Beberapa tempat makan yang menyediakan Oyster Omelette untuk menu sarapan Anda adalah Simon Road Oyster Omelette di 965 Upper Seranggon Road, Ang Sa Lee Oyster Omelette di 20 Kensington Park Road, serta Bedok 85 Fried Oyster Omelette di Blok 85 Bedok North Street 4, Fengshan Market.

Selain Oyster Omelette, ada beberapa jenis makanan olahan seafood  dan atau telur lainnya yang bisa Anda cicipi di Singapura, yakni sebagai berikut.

  • Crabs Chilli or Pepper
  • Kaya Toast & Soft-Boiled Eggs
  • BBQ Sambal Stingray
  • Egg White Scallop Fried Rice
  1. Nasi Lemak

Nasi LemakBerada di antara Malaysia dan Indonesia membuat Singapura tidak lepas dari pengaruh budaya Melayu, apalagi bangsa Melayu menjadi salah satu penghuni negara tersebut.

Tidak heran jika Nasi Lemak menjadi salah satu makanan khas Singapura yang populer. Anda tidak hanya akan menemukan nasi lemak di sekitar penginapan murah di Kuala Lumpur, melainkan juga banyak tempat di Singapura.

Nasi lemak termasuk jenis makanan khas yang bisa Anda konsumsi kapan pun, apalagi pada hari-hari penting untuk bangsa Melayu. Pada dasarnya, nasi lemak adalah nasi yang dicampur dengan santan dan dibungkus dengan daun pisang.

Dalam sajiannya, nasi lemak bisanya dikonsumsi dengan telur, sambal, lalapan, kacang, serta daging. Mengonsumsi nasi lemak sebelum dan setelah mengunjungi  tempat wisata gratis di Singapura tentu akan membuat Anda merasa menjadi masyarakat lokal.

Tempat Anda bisa mencicipi nasi lemak terbaik adalah di Ponggol Nasi Lemak yang beralamat di 965 Upper Seranggon Road, Sleera Rasa Nasi Lemak di 2 Adam Road, atau di Chong Pang Nasi Lemak di 447 Sembawang Road. Selain nasi lemak, beberapa makanan khas Singapura yang terbuat dari nasi adalah sebagai berikut.

  • Haninanese Chicken Rice
  • Duck Rice
  • Char Kway Teow (Fried Rice Cake Strips)
  • Biryani

  1. Tau Huay (Dou Hua)

Tau Huay (Dou Hua) Kenyang menikmati makanan khas Singapura yang berat, kini saatnya Anda mencicipi makanan asal Singapura yang bisa disajikan sebagai dessert atau makanan penutup.

Salah satu yang paling direkomendasikan adalah Tau Huay (豆花). Tau Huay merupakan makanan penutup yang berasal dari Tiongkok namun berkembang pula di Singapura dan menjadi cukup populer. Makanan ini terbuat dari tahu yang dicampur dengan sirup manis.

Tau Huay sebagai sajian penutup Tiongkok memiliki tekstur yang lembut, berbulir, dan terendam sirup manis. Namun di Singapura, Anda akan menemukan jenis Tau Huay yang lebih menyerupai produk agar-agar yang kenyal. Dalam penyajian rasanya, Tau Huay bisa Anda cicipi dengan rasa mangga, melon, dan berbagai jenis buah lainnya.

Anda akan menemukan dengan mudah makanan ini baik di cafe lucu di Singapura atau di kedai tertentu. Jangan lupa untuk mencicipi camilan manis atau asin lainnya di Singapura yakni sebagi berikut.

  • Fried Carrot Cake (菜头粿)
  • Ice Kacang
  • Chwee Kueh (水粿)
  • Popiah

Berwisata d Singapura memang tidak hanya cukup dengan mengunjungi tempat wisata paling bagus di dunia yang terdapat di Singapura. Anda juga perlu mencicipi kekayaan kulinernya. Mengingat banyak ras dan suku bangsa yang menghuni Singapura, sudah tentu Anda akan menemukan banyak makanan hasil asimilasi budaya yang unik dan menantang untuk dicoba.

Jangan lupa pula menyisihkan cukup waktu untuk mengunjungi bangunan terindah di dunia yang berlokasi di Singapura sebelum Anda memutuskan untuk mengakhiri perjalanan dan pulang ke tanah air.

, , ,
Post Date: Tuesday 12th, February 2019 / 02:26 Oleh :
Kategori : Singapura