Wisata Ko Pha Ngan , Wisata Pantai Favorit Wisatawan

Ko Pha Ngan Thailand – Ko Pha Ngan adalah sebuah pulau yang berada di selatan Thailand dan merupakan bagian dari kepulauan Chumphon. Ko Pha Ngan adalah bagian dari Provinsi Surat Thani. Ko Pha Ngan yang berada di antara pulau Ko Samui dan Ku Tao ini dikenal sebagai pulau pohon kelapa dan dikenal dengan pesta bulan purnamanya yang cukup dikenal di kalangan wisatawan internasional, biasanya diadakan di pantai Haad Rin.

pantai thong nai panDari sudut pandang sejarah,kisah pulau Ko Pha Ngan belum diketahui terlalu mendalam. Namun bangunan tertua yang bisa ditemukan di sana adalah Wat Chai Nedi, yang dipercaya pemerintah dibangun oleh kelompok biksu Budha yang menetap di tahun 1800. Penduduk yang pertama kali menetap di sana diperkirakan adalah suku Moken atau suku Semang. Ko Pha Ngan juga tercatat sebagai pulau favorit raja-raja Thailand terdahulu seperti Rama V dan Chulalongkorn.

Thong Sala adalah ibu kota atau lebih tepatnya kota utama di Ko Pha Ngan. Di sana ada pelabuhan ferry utama yang menghubungkan pulau dengan daerah lainnya seperti Ko Samui. Thong Sala juga menyediakan cukup banyak akomodasi mulai dari hotel, penyewaan kendaraan hingga restoran.

Pantai di Ko Pha Ngan

  1. Ao Nai Wok

Juga dikenal dengan nama Baan Manali, Ao Nai Wok adalah pantai berpasir putih yang terletak paling dekat dengan Thong Sala. Hanya 7 menit berjalan kaki. Di sini biasanya wisatawan melakukan selancar, kayaking, atau berlayar karena anginnya yang stabil.

  1. Haad Rin

pantai ao ban thaiPantai paling turistik di Ko Pha Ngan, di mana semua kebutuhan tersedia. Laut di Haad Rin cukup nyaman untuk berenang saat musim kemarau dengan ombaknya yang tidak terlalu besar dan warna lautnya yang biru terang. Namun wsspadalah dengan sampah yang sesekali mengapung.

  1. Ban Kai

Meskipun pantai dan lautnya tidak terlalu bersih,namun Ban Kai memiliki cukup banyak pilihan penginapan dan penyewaan motor murah. Letaknya juga tidak jauh dari Haad Rin.

  1. Thong Nai Pan

Bagi kamu yang ingin berenang, Thong Nai Pan bisa menjadi alternatif karena lautnya yang cukup stabil sepanjang tahun kecuali di bulan November. Area yang indah berada di timur laut. Lokasi ini cocok bagi keluarga dengan anak ataupun pasangan yang ingin leyeh-leyeh di pantai, lengkap dengan pilihan restoran berbagai kelas.

  1. Haad Khom

Bisa dicapai dengan sepeda motor selama beberapa menit atau berjalan kaki ke arah timur Chalok Lam melalui jalanan yang agak curam, pantai ini memiliki laut yang kerap dikunjungi untuk snorkeling. Namun usahakan snorkeling di pagi hari, karena di siang hari laut akan surut dan dasar laut yang berbatu bisa membahayakanmu.


  1. Pantai Botol

Dikenal juga dengan nama Haad Khuat, merupakan pantai yang cukup terisolasi dan perlu waktu 1,5 jam dengan kapal dari Chalok Lam. Namanya sendiri berasal dari botol-botol plastik yang digunakan untuk menandai jalan menuju pantai. Namun perjalanan ke sini akan menghadiahkanmu dengan pantai berpasir putih dan laut tenang yang aman untuk berenang. Sayangnya, ATM atau restoran tidak tersedia serta jarangnya akomodasi ke sana.

Atraksi di Ko Pha Ngan

  1. Kegiatan Alam

Ko Pha Ngan memiliki taman nasional Than Sadet dan air terjun Phaeng, yang biaa dilihat setelah mendaki 15 menit. Sebagai pulau dengan laut cantik, snorkeling dan menyelam adalah dua kegiatan yang bisa membawamu melihat makhluk bawah laut yang luar biasa. 

  1. Pesta

pesta bulan purnama di ko pha nganPesta Bulan Purnama yang diadakan setiap bulannya memberimu kesempatan untuk bersenang-senang semalam suntuk di pantai hingga pagi tiba. Klub dan bar akan memainkan musik dan banyak makanan enak yang murah yang akan disediakan. Bila kamu melewatkan Pesta Bulan Purnama, kamu bisa bergabung dengan pesta lainnya seperti Half Moon, Black Moon, atau Shiva Moon. Cobalah untuk membantu menjaga kebersihan pantai setidaknya dengan cara membuang sampah sendiri ke tempat sampah.

  1. Kampung Gajah

Sebagai obyek wisata Thailand, Ko Pha Ngan tidak melewatkan pengalaman turisme bersama gajah. Di pulau ini ada 3 kampung gajah. Terletak di antara Baan Tai dan Thong Nai Pan, Thong Sala dan Chalok Lam, juga di air terjun Phaeng, gajah-gajah di sini boleh kamu naiki selama 30 menit. Ingatlah untuk tidak menyakiti gajahnya.

  1. Lain-lain

Banyak kegiatan lain yang bisa dilakukan di Ko Pha Ngan seperti sauna herbal si Wat Pho yang menyediakan kabin terpisah antara laki-laki dan perempuan. Atau kelenteng Cina yang menghadap pelabuhan Chalok Lam. Juga konser musik elektronik house dan progressive underground lengkap dengan penari dan pemusik.

Cara Menuju Ko Pha Ngan

  • Pesawat

pulau ko pha ngan dari kejauhanAda tiga bandara yang menjadi pemberhentian menuju destinasi Ko Pha Ngan. Banyak penerbangan dari Bangkok dan Phuket menuju ketiganya. Beberapa negara lain seperti Singapura, Kuala Lumpur, dan Hongkong juga menyediakan penerbangan langsung setidaknya beberapa kali seminggu. Bandara Ko Samui adalah yang paling dekat, setelah mendarat kamu cukup menaiki ferry dan tiba di Ko Pha Ngan. Namun biaya ke bandara Ko Samui lebih mahal dibanding kedua bandara lainnya.

Kamu bisa menaiki pesawat low-cost carrier dari bandara Don Mueang ke Chumphon secara langsung, durasi perjalanannya sekitar 60 menit. Kemudian dilanjutkan dengan ferry cepat Lomprayah ke Ko Pha Ngan via Ko Tao. Bila tak ingin repot, kamu bisa memilih pesawat Nok Air yang menawarkan paket tiket pesawat dan ferry sekaligus yang bisa dibeli melalui situsnya.

Pilihan berikutnya adalah via bandara Surat Thani yang memberikan harga tiket lebih murah. Kamu bisa memilih pesawat murah seperti Nok Air atau Air Asia melalui Dong Mueang atau Thai Airways (yang kerap menawarkan tiket jauh lebih murah ketimbang tujuan Ko Samui) dari Suvarnabhumi menuju Surat Thani. Namun rute ini bisa jadj kurang efektif karena setelah itu kamu masih harus melanjutkan perjalanan dengan bus dan kapal.

  • Kapal

Sama seperti pesawat, kapal juga berangkat dari tiga tempat. Dari Ko Samui kamu bisa langsung mencapai Haad Rin dengan ferry yang beroperasi sekitar tiga kali sehari. Dari Ko Tao, kapal berangkat pukul 9.30. Kamu bisa menggunakan kapal cepat seharga 450 baht untuk perjalanan 1.25 jam atau kapal biasa seharga 350 baht, perjalanan sekitar 1.30 – 2 jam. Ferry dari Surat Thani berangkat di malam hari dan menyediakan kasur. Kapal ini sampai di Thong Sala pada pukul 6.00. 


Transportasi di Ko Pha Ngan

  • Banyak penyewaan sepeda motor yang harganya bisa ditawar dan akan lebih murah semakin lama durasi penyewaan.
  • Songathaew adalah sejenis bemo dengan ongkos berkisar 100 baht per perjalanan, tergantung jauh dekatnya tujuan.
  • Kapal berfungsi seperti taksi dan mengantar menyeberang pulau atau ke laut. Tarifnya mulai dari 300 baht, namun bisa bertambah jika ombak sedang tinggi atau cuaca tidak mendukung.

Akomodasi di Ko Pha Ngan

Kamu bisa memilih villa, hotel, hingga penginapan murah di pulau ini. Beberapa di antaranya:

  • Blue Parrot Resort

Merupakan hotel yang berada di Baan Tai lengkap dengan wifi dan kamar mandi di masing-masing kamar. Ada pilhan AC atau kipas angin. Memiliki restoran menu Thailand dan jasa tur. Tarifnya mulai dari 400 Baht.

  • Grand Sea Resort

Berlokasi di Ao Nai Wok dekat dengan pantai dan hanya 1 km dari Thong Sala. Namun suasananya tenang dengan fasilitas bungalow yang berada di bagian atas pantai. Masing-masing bungalow dilengkapi dengan AC, mini bar, TV kabel. Juga tersedia fasilitas kolam renang. Tarifnya mulai dari 1.100 Baht.

, , ,
Post Date: Monday 26th, February 2018 / 02:38 Oleh :
Kategori : Thailand