7 Tips Jalan Jalan ke Australia Hemat Ala Backpacker

Menikmati waktu liburan ke Australia akan menjadi kegiatan yang menyenangkan. Namun tentu saja persiapan mengunjungi benua yang berbeda akan lebih rumit daripada hanya sekadar berjalan-jalan di dalam negeri. Terutama masalah biaya. Sebagai salah satu negara yang dekat dengan Indonesia, Australia sering dikunjungi untuk wisata. Tidak hanya Cara Apply Visa Australia saja yang perlu diketahui. Berikut ada beberapa tips jalan jalan ke Australia hemat yang bisa Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk wisata ke sana.

1. Tiket Pesawat Murah

Tiket Pesawat MurahBagi Anda yang sering merencanakan liburan tentu sudah paham bahwa tiket pesawat bisa dibeli dengan harga yang murah. Anda bisa mencari tiket promo atau membeli tiket dari jauh-jauh hari.

Waktu keberangkatan pun bisa diatur di malam hari, karena biaya penerbangan malam biasanya lebih murah. Selain itu, tiba di Australia pada pagi hari akan membuat Anda bisa menghemat biaya untuk penginapan selama 1 malam.

Cara-cara ini bisa menghemat sekian persen biaya perjalanan Backpacker Ke Australia Anda. Sehingga sisanya bisa dimanfaatkan untuk membeli oleh-oleh, biaya makan, biaya tambahan bagasi, dan sebagainya.

Karena jarak Indonesia dengan Australia yang tidak begitu jauh, tentu tidak mengapa jika menggunakan pesawat yang tidak terlalu mewah. Yang penting Anda bisa sampai dengan selamat.

2. Akomodasi di Australia

Akomodasi di AustraliaAda banyak sekali pilihan akomodasi yang bisa ditentukan ketika jalan jalan ke Australia. Namun jika Anda ingin menikmati wisata yang lebih hemat, coba carilah akomodasi yang terjangkau.

Namun perlu diingat juga bahwa akomodasi itu berada di lokasi yang strategis. Hindari akomodasi murah yang jauh dari tempat wisata atau pusat kota, karena percuma juga jika biaya transportasi jadi lebih mahal.

Carilah hostel khusus untuk backpacker karena di penginapan sejenis hostel, harganya akan lebih murah daripada hotel kebanyakan. Hostel ini biasanya disewa per kasur, maka dair itu harganya lebih murah.

Beberapa hostel yang layak untuk direkomendasikan seperti The Emperor’s Crown Backpacker di Perth, GreenHouse Backpacker di Melbourne, dan Sydney Central YHA di Sydney. Untuk kota lain, masih ada banyak dan Anda bisa mencari sendiri referensinya.

3. Tempat Wisata Murah dan Gratis di Australia

Menikmati waktu wisata di Australia sambil jalan-jalan hemat bisa juga dilakukan dengan mengunjungi beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi secara gratis atau minimal harga tiketnya murah dan terjangkau.

Di kota besar sekalipun, Anda bisa menemukan atraksi-atraksi populer dan murah untuk dikunjungi. Misalnya di Sydney, beberapa yang direkomendasikan antara lain Sydney Opera House, Milsons Points Harbour Bridge, Mrs Macquarie’s Chair, Hyde Park, Darling Harbour, Bondi Beach, dan masih banyak lagi.


Sedangkan jika Anda berencana mengunjungi Melbourne, beberapa tempat wisata gratis juga bisa dikunjungi untuk menghemat biaya. Misalnya Arts Centre Melbourne, National Gallery of Victoria, Federation Square, Royal Archade, dan masih banyak lagi. Untuk kota lainnya, Anda bisa mencari referensi tempat wisata murah dan gratis lainnya.

4. Transportasi Murah di Australia

Transportasi Murah di AustraliaBagi Anda yang sedang berencana jalan jalan ke Australia murah, tentu masalah transportasi juga perlu diperhatikan. Karena biasanya biaya untuk transportasi bisa membengkak jika tidak direncanakan sedari awal.

Anda bisa berjalan kaki dari penginapan jika penginapan Anda dekat dengan pusat kota atau tempat wisata. Karena jalan kaki akan membuat wisatawan lebih puas mengeksplorasi tempat-tempat wisata di sekitarnya. Maka dari itu sebisa mungkin pilihlah akomodasi yang murah dan strategis.

Jika tempat wisata yang akan dituju cukup jauh, Anda bisa menaiki transportasi umum. Di Australia sendiri, transportasi umum sudah baik dan mudah digunakan untuk wisatawan sekalipun. Anda bisa menaiki bus kota atau kereta bawah tanah.

Atau, Anda bisa menaiki transportasi umum yang memang gratis. Misalnya di Melbourne, memang ada trem gratis yang bisa dimanfaatkan untuk menjelajah kota. Tips bagi Anda yang akan naik kendaraan umum, sebaiknya beli tiket sekaligus pulang pergi karena biasanya harga tiket PP akan lebih murah daripada tiket sekali jalan.

5. Makanan di Australia

Makanan di AustraliaPerlu diketahui bahwa Australia adalah negara yang mahal biaya hidup sehari-harinya. Sehingga harga Makanan Khas Australia di sana diperkirakan akan mahal. Maka dari itu, urusan makanan juga perlu untuk diperhatikan selama jalan jalan ke Australia.

Tentunya cara untuk berhemat dalam perihal makanan adalah memasak makanan sendiri. Maka dari itulah memilih penginapan yang menyediakan dapur akan sangat membantu. Hostel backpacker biasanya menyediakan dapur untuk para tamunya agar bisa masak sendiri. Selain murah, bagi Anda yang beragama Islam, tentu lebih bisa memastikan halal atau tidaknya makanan yang dimasak sendiri.

Anda bisa membawa bahan makanan yang mudah dimasak dan praktis dari rumah. Seperti makanan kaleng, makanan instan, makanan kering, dan semisalnya. Anda juga bisa membeli bahan makanan langsung di Australia, seperti sayur-sayurannya. Cara ini akan sangat membantu menghemat budget.

Jangan lupa juga untuk membawa kotak makan untuk bekal di perjalanan. Terutama jika Anda merencanakan liburan seharian penuh. Sehingga saat jam makan siang, Anda tidak kebingungan mencari restoran atau cafe untuk makan.

Selain harga makanan yang mahal, harga minuman kemasan pun juga mahal. Maka dari itu Anda disarankan untuk membawa minuman sendiri di botol masing-masing. Cara lainnya adalah dengan memanfaatkan tap water. Tap water adalah teknologi air siap minum yang  banyak tersebar di Australia, khususnya di kota-kota besarnya. Anda cukup mengisi botol minum dengan air dari tap water ini.

6. Campervan di Australia

Campervan di AustraliaAlternatif lain untuk Anda yang ingin jalan jalan ke Australia secara hemat adalah menyewa campervan alias mobil kemah. Mengapa dinamakan demikian? Karena mobil ini selain sebagai alat transportasi juga bisa dimanfaatkan untuk tidur.

Mobil ini cocok untuk Anda yang berwisata secara grup. Misalnya wisata dengan satu keluarga. Mobil ini bisa disewa oleh wisatawan. Anda pun bisa keliling Australia dengan mobil ini. Sekaligus bisa menghemat juga biaya akomodasi.

Namun pengemudi harus memiliki SIM internasional. Sehingga tidak semua orang bisa memanfaatkan fasilitas unik ini selama jalan-jalan. Walau demikian, mobil ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin mengunjungi tempat-tempat yang cukup jauh dari pusat kota.


7. Musim yang Tepat

Musim yang TepatUntuk Anda yang berasal dari Indonesia, memilih waktu yang tepat untuk berwisata ke luar negeri bisa membantu menghemat biaya perjalanan. Karena di musim ramai, tentu harga akomodasi dan transportasi akan lebih mahal.

Lalu kapan waktu yang tepat untuk pergi ke Australia? Waktu yang tepat adalah ketika musim semi. Di musim ini, cuaca akan lebih menghangat namun tetap sejuk. Tidak seperti musim dingin yang sangat dingin atau musim panas yang lebih panas.

Musim semi adalah musim yang sepi dari turis mancanegara. Sehingga biaya perjalanan akan lebih hemat daripada ketika turis mancanegara berdatangan ke Australia. Selain itu, waktu siang di musim semi lebih lama, sehingga waktu untuk menikmati Australia dalam satu hari juga bisa lebih lama. Musim semi jatuh pada September hingga November.

Demikianlah beberapa tips jalan jalan ke Australia hemat yang perlu diketahui. Ketahui juga beberapa Souvenir Khas Australia yang bisa dibeli dengan harga murah untuk kenang-kenangan. Semoga bisa memberikan referensi wisata yang menarik dan bermanfaat untuk Anda.

, , ,
Post Date: Friday 23rd, November 2018 / 07:51 Oleh :
Kategori : Australia