4 Tips Jalan-Jalan Ke India Tanpa Tour Guide Yang Wajib Diketahui

IndiaUntuk sebagian besar orang, India menjadi tempat wisata yang sangat menarik untuk di kunjungi. Hal ini mungkin di picu dari banyaknya film India yang di putar di Indonesia. Dari berbagai macam film ini kita bisa melihat banyaknya kesenian yang menarik di India yang bisa kita lihat atau pelajari. Selain itu

Citra buruk pasti selalu ada di setiap negara yang menjadi tujuan wisata tidak terlepas begitu juga India. Negara ini memiliki beberapa citra buruk tentang kemiskinan, tidak teraturnya sistem pemerintahan, dan juga keamanan negara. Hal itu kemudian menjadikan banyak wisatawan yang berfikir dua kali untuk ke negara Indah satu ini. Namun banyak juga wisatawan yang tetap yakin untuk pergi ke negara eksotis ini.

Tidak semua orang nyaman menggunakan tour guide saat pergi berwisata ke luar negeri. Alasannya beragam ada yang mengatakan tidak bebas, tidak enak, ataupun kurang nyaman. Nah untuk Anda yang ingin mencoba berwisata ke India tanpa tour guide ada beberapa tips yang wajib Anda ketahui seperti tips jalan-jalan ke Eopa tanpa tour. Adapun tips jalan-jalan ke India tanpa tour guide adalah sebagai berikut.

  • Persiapan Sebelum Pergi Wisata

Sebelum pergi berwisata ke India ada baiknya Anda persiapkan beberapa hal awal yang sangat penting tetapi sering di lupakan oleh para backpaker. Beberapa hal tersebut adalah:

  1. Siapkan mata uang asli India (Rupee) sebelum pergi ke India. Ada beberapa taxi di India yang tidak menerima mata uang Dollar. Kalau pun ada yang terpaksa mau dengan mata uang Dollar biasanya tarif akan di naikan lebih tinggi jika di bandingkan dengan Anda menggunakan mata uang Rupee.
  2. Pastikan destinasi wisata yang akan di kunjungi dan keadaan iklim di destinasi wisata tersebut. Negara India memiliki dua jenis musim yaitu musim sub tropis dan musim tropis. Pastikan tempat wisata mana yang akan Anda kunjungi dan persiapkan perlengkapan wisata sesuai dengan iklim destinasi wisata yang Anda tuju tersebut.
  3. Usahakan pergi wisata di saat musim semi. Karena saat musim tersebut kondisi cuaca di India terbilang cukup hangat dan ti dak terlalu dingin untuk suhu tubuh wisatawan Indonesia.
  4. Cek kesehatan badan sebelum berangkat dan selalu bawa obat-obatan pribadi. Hal ini akan sangat penting untuk perjalanan wisata Anda agar tidak terganggu. Karena biasanya banyak wisatawan yang tidak peduli dengan kesehatan mereka dan pada akhirnya tidak bisa menikmati liburan karena sakit.
  5. Pastikan Anda membeli Asuransi. Hal ini sangat penting jika Anda pergi berwisata ke India karena negara ini memiliki permasalahan di sektor keamanan. Jadi untuk berjaga-jaga ketika terjadi sesuatu Anda bisa sewaktu-waktu menghubungi layanan asuransi yang memiliki jasa customer service 24 jam penuh. Coba juga pergi jalan-jalan ke Bangkok tanpa tour.
  • Persiapkan Penginapan yang Akan Anda Tempati

Tips jalan-jalan ke India selanjutnya adalah persiapan penginapan yang akan Anda tempati ketika sampai di India. Tidak menggunakan tour guide ketika pergi berwisata ke luar negeri berarti Anda harus mempersiapkan semuanya sendiri. Termasuk riset hotel dengan harga yang paling murah dengan fasilitas yang cukup baik.


Untuk pemesanan hotel sebaiknya Anda lakukan secara online, karena hal ini akan lebih memudahkan Anda untuk membandingkan harga setiap hotel atau penginapan yang ada di India. Selanjutnya cek ulang rute peta yang Anda akan gunakan ketika berwisata ke India nanti. Atau jika di perlukan mintalah pendapat teman atau keluarga Anda yang sudah pernah berwisata ke India. Hal ini akan sangat membantu tour solo Anda.

Jika Anda ingin merasakan sensasi liburan yang berbeda, hal satu ini dapat Anda coba lakukan yaitu menginap di rumah salah satu penduduk asli India. Di sana banyak sekali penduduk asli India yang menawarkan tempat tinggalnya untuk Anda gunakan bermalam. Tetapi tetap pastikan kondisi yang punya rumah jangan sampai ada kesan yang tidak menyenangkan. Anda juga dapat mencoba tips jalan-jalan ke Hongkong tanpa tour.

  • Tips Tranpotrtasi yang Anda Gunakan

Tips selanjutnya adalah transportasi yang akan Anda gunakan selama disana. Di India transportasi yang paling aman dan efektif untuk Anda gunakan adalah kereta. Karena di negara ini kereta sangatlah terkenal dan transportasi yang paling sering di gunakan oleh masyarakat India. Ada beberapa tips untuk memilih kereta, diantaranya adalah:

  1. Pesan tiket kereta Anda jauh-jauh hari sebelum keberangkatan Anda. Sebaiknya beli tiket minimal 90 hari hingga 120 hari sebelum hari keberangkatan Anda. Hal ini untuk menghindari perebutan tiket kereta api. Karena di India kereta termasuk ke dalam transportasi dengan harga yang murah sehingga banyak sekali yang membeli tiket kereta api.
  2. Di India memang memungkinkan untuk para wisatawannya membeli tiket kereta api langsung di sana. Namun hal ini akan sedikit merepotkan untuk Anda yang melakukan tour sendiri tanpa tour gide. Karena loket pembelian tiket akan penuh dengan orang dan berdesakan juga antrian yang sangat panjang.
  3. Sebelum melakukan pembayaran pastikan cek status tiket kereta api Anda dalam kedaan aktif. Untuk Anda solo backpaker Anda wajib mencoba untuk jalan-jalan murah ke Vietnam.
  4. Sistem tiket di India yang sedikit rumit mengharuskan Anda untuk seteliti mungkin dalam melakukan pengecekan status tiket kereta api Anda. Pastikan tiket kereta api Anda berstatus Confirmed Reservation (CNF).
  5. Jika Anda kehabisan tiket yang memiliki status Confirmed Reservation (CNF) Anda dapat menggantinya dengan membeli tiket yang berstatus Reservation Against Cancelation (RAC). Tiket dengan status ini memungkinkan Anda untuk melakukan reservasi kembali jika ada kendala.
  6. Hindari pembelian tiket dengan status Waitlisted (WL). Jika Anda tidak kunjung menemukan tiket kereta dengan status CNF dan RAC maka lakukan penyusunan ulang jadwal keberangkatan dan jam keberangkatan Anda.
  7. Sebaiknya Anda datang ke stasiun 30 menit sebelum jam pemberangkatan kereta. Hal ini dapat membantu Anda dalam memasuki gerbong kereta yang benar. Karena di India setiap gerbong di beri penyekat sendiri-sendiri. Pastikan Anda tidak salah gerbong kereta agar perjalanan Anda nyaman.

Nah jika Anda memilih menggunakan transportasi umum seperti taxi atau auto rickshaw pastikan jika transportasi ini menggunakan argometer. Hal ini bertujuan untuk menghindari para supir taksi atau auto rickshaw berbuat curang kepada Anda. Jika mereka memberikan alasan rusak pada argometernya sebaiknya Anda berpindah transportasi. Atau Anda juga dapat menyiasatinya dengan membuat perjanjian harga terlebih dahulu.

Beberapa kota di India juga menyediakan transportasi umum Metro seperti di New Delhi dan Kolkata. Di dua kota ini menyediakan Metro yang cukup nyaman di gunakan dan dengan harga yang terjangkau.


  • Tips Objek Wisata

Ketika Anda memilih objek wisata pastikan Anda sudah tahu bagaimana cara membeli tiket di konter tiket yang sudah  di gunakan. Ada juga tempat wisata yang menyediakan konter tiket khusus untuk wisatawan asing sehingga dapat menghindarkan Anda dari antrian panjang dan berdesakan dengan penduduk asli India.

Usahakan datang saat pagi hari agar Anda dapat menikmati objek wisata dengan leluasa dan jangan lupa taati adat istiadat serta peraturan di sana. Anda juga harus senantiasa mengawasi barang bawaan Anda karena di setiap tempat wisata di semua negara pasti ada kejahatan yang mengintai Anda. Selain tempat wisatanya di India juga banyak oleh-oleh khas India yang wajib untuk Anda beli dan bawa pulang.

Sekian tips jalan-jalan ke India untuk Anda. Semoga bermanfaat dan liburan Anda menyenangkan. Tetap ingat jaga selalu keamanan diri Anda sendiri kemanapun Anda pergi liburan.

, , , ,
Post Date: Monday 23rd, April 2018 / 05:50 Oleh :
Kategori : India