6 Makanan Halal Di Siem Reap Kamboja Yang Wajib Di Cicipi Wisatawan Muslim

Siem Reap merupakan sebuah kota wisata yang terkenal di Kamboja dan seringkali dikunjungi orang-orang dari seluruh penjuru dunia. Kota ini terkenal dengan Angkor Wat yang merupakan salah satu landmark atau icon wisata yang terkenal. Selain Angkor Wat, Siem Reap juga memiliki cukup banyak Bangunan Bersejarah Di Kamboja lainnya yang juga menarik untuk ditelusuri oleh wisatawan mancanegara. Hal inilah yang menyebabkan kota ini sering dikunjungi. Termasuk oleh wisatawan dari Indonesia yang beragama Islam.

Sebagaimana yang diketahui bersama, Kamboja bukanlah sebuah negara yang mayoritasnya beragama Islam. Sehingga mungkin akan cukup sulit untuk mendapatkan makanan halal di sana. Namun ternyata semua itu tidaklah benar. Karena ada cukup banyak restoran halal di Siem Reap yang dapat ditemukan dengan cukup mudah. Bahkan, Anda akan mudah mendapatkan makanan khas Kamboja yang diracik dengan tata cara yang halal. Berikut beberapa makanan halal di Siem Reap yang dapat Anda dapatkan dengan cita rasa khas Kamboja.

1. Beef Climbing Mountain (Lembu Naik Bukit)

Beef Climbing MountainMakanan pertama adalah Lembu Naik Bukit atau Beef Climbing Mountain. Makanan ini merupakan salah satu makanan halal yang dapat dinikmati saat berwisata di Siem Reap. Makanan ini dalam bahasa Khemir disebut juga dengan istilah Kaw Leng Phnom.

Lembu Naik Bukit ini termasuk ke dalam salah satu Makanan Khas Kamboja yang dapat dinikmati secara halal. Dimana daging akan dimasak dengan cara yang unik dan dengan presentasi yang juga unik. Daging akan disajikan bersama sayuran dan juga bumbu yang khas.

Anda bisa memakannya dengan nasi ataupun tanpa nasi. Sehingga melihat makanan ini, Anda akan teringat dengan makanan Indonesia pada umumnya, seperti semur daging dan sejenisnya. Walau harga makanan ini cukup mahal, namun banyak wisatawan yang penasaran dengan rasanya yang terkenal enak. Sehingga menu ini memang menjadi andalan di beberapa restoran halal di Siem Reap.

Untuk bisa membeli makanan Lembu Naik Bukit yang halal, Anda bisa membelinya di tempat makan halal Siem Reap yang terkenal, seperti di Muslim Family Kitchen dan Cambodian Muslim Restaurant. Kedua restoran ini memang sangat sering dikunjungi wisatawan asing yang beragama Islam, seperti wisatawan dari Indonesia atau Malaysia.

2. Lok Lak

Lok LakSalah satu makanan halal di Siem Reap yang sangat khas Kamboja dan dapat dinikmati secara halal adalah Lok Lak atau Loc Lac. Makanan ini cukup banyak ditemukan di restoran-restoran Kamboja pada umumnya. Anda bisa mendapatkan Lok Lak yang halal di tempat makan halal di Siem Reap. Beberapa restoran yang direkomendasikan antara lain D’Wau Restaurant, Muslim Family Kitchen Restaurant, atau Cambodian Muslim Restaurant.

Lok Lak adalah makanan yang terbuat dari daging yang diiris tipis dan kecil-kecil atau diiris dadu. Daging ini kemudian dimasak dengan bumbu lokal dan disajikan dengan sayuran yang sehat. Makanan ini dimakan dengan nasi putih atau nasi goreng. Sehingga sangat cocok untuk lidah orang Asia seperti Indonesia.


Walau terkenal di Kamboja dan sudah menjadi makanan khas negara, Lok Lak sebenarnya adalah makanan dari Vietnam. Lok Lak memiliki cita rasa saus ikan dan saus tiram, sehingga daging tersebut akan semakin terasa gurih dan nikmat.

3. Fish Amok

Fish AmokMakanan halal di Siem Reap lainnya yang dapat Anda nikmati dengan cita rasa khas Kamboja adalah fish amok. Makanan yang satu ini dapat dicari di beberapa retoran halal Siem Reap yang terkenal, seperti Mulsim Family Kitchen Restaurant dan Cambodia Muslim Restaurant.

Fish Amok adala makanan khas klasik Khmer yang sangat disukai di Kamboja. Makanan ini adalah makanan kukus yang disajikan dengan daun pisang atau juga bisa disajikan di atas mangkok. Saat melihat penyajiannya, maka makanan ini terlihat seperti makanan nusantara yang klasik.

Makanan ini adalah salah satu makanan utama yang dapat disajikan dengan nasi putih. Jika Anda berkunjung ke Kamboja, seperti Siem Reap, jangan lewatkan kesempatan tersebut untuk mencicipi beberapa kuliner khas Kamboja yang halal, seperti fish amok ini.

4. Khmer Cha Kroeung

Khmer Cha KroeungMelakukan perjalanan Backpacker Ke Kamboja memang akan sangat menyenangkan. Khususnya bagi Anda yang suka berkelana ke negara-negara lain. Dan salah satu cara untuk dapat menikmati kebudayaan sebuah negara dari jarak yang lebih dekat adalah mencicipi kuliner khas negara tersebut.

Makanan khas lainnya di Kamboja yang bisa dicoba untuk menikmati cita rasa khas negara adalah Khmer Cha Kroeung. Makanan ini adalah sejenis beef curry yang dimasak secara sederhana namun layak untuk dicicipi.

Di restoran halal Muslim Family Kitchen yang ada di Siem Reap, ada menu yang bisa dibeli, yaitu Khmer Cha Kroeung with Squi atau Khmer Cha Kroeung with Beef. Semuanya akan memiliki citarasa yang khas dari Siem Reap.

5. Khmer Soup

Khmer SoupIngin menikmati makanan halal di Siem Reap atau makanan khas Kamboja yang halal? Khmer Soup dapat dijadikan solusi terbaik. Khmer Soup adalah sop yang dimasak dengan cara khas tradisional Kamboja.

Jenis Khmer Soup ini sendiri ada bermacam-macam. Ada Khmer beef soup, Khmer chicken soup, hingga Khmer fish soup. Semuanya tentu akan terasa nikmat untuk dicicipi dan sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Di tempat makan halal Siem Reap sendiri, Anda akan dengan mudah menemukan menu yang Anda cari ini. misalnya di Muslim Family Kitchen Restaurant, ada beberapa jenis Khmer Soup yang dapat dibeli, antara lain Pra Her Khmer Soup, Khmer Soup with Banana, dan Spicy Khmer Soup.

6. Tom Yam

Tom YamTom Yam merupakan salah satu makanan di Kamboja yang sangat terkenal. Layaknya makanan khas Asia lainnya, Tom Yam adalah sejenis makanan yang tersebar di seluruh wilayah Asia, termasuk Indonesia yang menjadi makanan yang banyak di temui di indonesia dan ada juga di kamboja.

Jika Anda jalan-jalan ke Siem Reap dan bingung akan makan apa, maka Tom Yam dapat dijadikan solusi terbaik. Carilah restoran halal di Siem Reap yang cukup mudah ditemui. Biasanya di restoran halal tersebut sudah tersedia menu Tom Yam yang akan lebih mudah diterima oleh lidah orang Indonesia.


Tom Yam di Kamboja berbentuk sup pedas dan sedikit memiliki rasa asam. Bahan dan bumbunya tidak jauh berbeda dengan makanan khas Asia lainnya. Bumbu ini akan membuat Tom Yam lebih nikmat. Di Muslim Family Kitchen misalnya, Anda bisa memesan menu Tom Yam yang dibuat dari ikan, ayam, daging, atau seafod.

Demikianlah beberapa makanan halal di Siem Reap yang dapat ditemukan di beberapa restoran halal. Jika Anda adalah seorang muslim yang sedang berwisata di negara non-muslim memang ada baiknya jika memilih restoran yang sudah memiliki sertifikasi halal. Tentunya semua ini untuk kebaikan bersama.

Carilah restoran halal yang terdekat dengan Tempat Wisata Di Kamboja yang sedang dikunjungi agar dapat menikmati wisata dengan lebih nyaman. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda, khususnya yang sedang ingin makan makanan khas Kamboja yang halal.

, , ,
Post Date: Wednesday 08th, August 2018 / 03:15 Oleh :
Kategori : Kamboja