6 Oleh – Oleh Khas Kamboja Yang Wajib Di Beli Wisatawan

Berlibur akan sangat identik dengan membeli oleh – oleh atau buah tangan untuk kerabat ataupun sanak keluarga. Souvenir juga dapat dijadikan untuk sebuah kenang- kenangan bahwa kita sudah pernah mengunjungi tempat tersebut. Hampir di setiap negara dan setiap tempat wisata memiliki souvenir dari icon tempat tersebut, seperti Oleh- oleh Khas Madrid, Oleh – oleh khas guangzhou, oleh – oleh khas china. Rata – rata mereka akan menjadikan icon dari tempat wisata tersebut untuk gambar sablon bagi kaos yang mereka jual ataupun tempelan magnet dan miniatur.

Nah dalam kesempatan kali ini kita akan membahas oleh – oleh khas negara kamboja, mengapa negara kamboja? karena banyak sekali para wisatawan dari negara indonesia melakukan trip ke kamboja. Dilihat dari segi kebudayaan kamboja memiliki kebudayaan yang hampir mirip dengan Indonesia. Selain alasan tersebut, tiket untuk menuju negara kamboja dinilai lebih murah dibandingkan tiket untuk menuju negara lainnya dan juga memang maskapai – maskapai rata – rata memberikan tiket promo untuk menuju negara kamboja.

Langsung saja kita bahas satu persatu apa saja oleh – oleh khas kamboja.

  • Tikar tenun

san-jorge-weavingSeperti di Indonesia tikar juga digunakan untuk berpiknik atau sekedar untuk dijadikan alas oleh penduduk lokal. Tikar yang dijual di kamboja memiliki tenunan khas yang berbeda dari Indonesia baik dari segi bahan ataupun motifnya.

Tikar ini terbuat dari bahan seperti rumput, rotan dan produk alam lainnya. Biasanya para penduduk lokal juga menggunakan tikar ini sebagai alas berdoa di kuil, alas untuk piknik, alas untuk tidur, ataupun alas untuk di ruang tamu.

Kalian bisa menemukan tikar tenun khas kamboja ini di pusat – pusat pasar yang ada di kamboja seperti osmose project di preak toal dekat danau tonle sap. Tikar ini dapat digulung dan dilipat dengan mudah jadi tidak akan memakan tempat lagi di bagasi pesawat. Jika kalian tidak ingin menggunakan alas tikar ini, kalian bisa menjadikannya sebagai hiasan gantung di ruang tamu ataupun di ruang makan di dinding.

  • Sabun dan lilin aromatherapy

Handmade-Soaps-in-CambodiaOleh – oleh khas kamboja lainnya adalah sabun dan lilin aromatherapy. Berkat kekayaan alam yang dimiliki oleh negara kamboja, para penduduk lokalnya pun tidak habis akal untuk menggunakan hasil alam tersebut.

Mereka membuat sabun dan lilin yang berbahan dasar dari hasil alam mereka, sepertu membuat sabun dan lilin yang beraroma kampot pepper dan lemongrass. Selain dapat digunakan sehari – hari, barang – barang ini juga bisa merelaksasi pikiran kita.

Barang – barang ini sangat banyak diminati oleh para wisatawan, selain memiliki harga yang relatif murah, sabun dan lilin aromatherapy tidak akan memakan tempat di koper anda. Para penduduk lokal menjual dengan ukuran kecil yang handy dan tidak memberatkan. Kalian dapat menemukannya di berbagai pusat perbelanjaan atau lebih spesifiknya kalian bisa dapatkan di senteurs d’ankor di siem reap. Toko ini sangat memanjakan para pelanggannya dengan aroma – aroma therapy yang sangat nyaman.


  • Perhiasan perak 

c7df73d80ce17d5995c91ac1ecd0a3d9Dengan kekayaan alam yang dimiliki oleh penduduk lokal. kamboja di kenal sebagai pengolah perak terbaik. Banyak sekali para wisatawan beranggapan bahwa jika kalian pergi ke kamboja tidak lengkap rasanya jika tidak membeli perhiasan perak yang ada di kamboja. Sangat bermacam – macam perhiasan perak yang dijual di kamboja. Kalian dapat memilih kadar perak tersebut, namun rata – rata kandungan perak yang ada sebesar 70 – 80 persen.

Terdapat banyak bentuk mulai dari pin, bross, cincin, kalung, hingga mahkota yang terbuat dari perak. Tidak hanya perhiasan sebetulnya, penduduk lokal banyak menjual patung budha ataupun kepala budha sebagai souvenir yang sebenarnya harganya tergolong mahal.

Kalian dapat menemukan perhiasan – perhiasan ini di pusat perbelanjaan, atau lebih tepatnya kalian dapat menemukan banyak sekali di kota phnom penh dan bisa juga di dapatkan di tul mau, hampir berada sejauh tiga puluh kilo meter dari utara kota.

  • Betel nut boxes

49ec6726f19cf4f6ca02440c00c9d984Sebenarnya oleh – oleh khas kamboja yang satu ini sangat mirip dengan kerajinan tangan khas jawa, hanya saja ukiran dan motif – motif nya saja yang berbeda. Betel nut boxes adalah semacam wadah cemilan atau roti yang biasa untuk di suguhkan ketika ada tamu ataupun di konsumsi sendiri.

Kalian dapat menjadikannya sebagai wadah kue di saat lebaran. Sangat beragam untuk ukuran ukuran betel nut boxes ini. Ukiran – ukiran yang ada di box ini sangat unik, kalian dapat memilih motif – motif dan warna yang kalian sukai.

Desain dari betel nut boxes ini sangat unik, mereka memiliki motif yang khas dari kamboja, dan yang lebih kerennya lagi, box ini terbuat dari perak. Bentuknya pun tidak hanya melulu kotak, namun juga ada yang berbentuk lingkaran. segitiga.

hingga berbentuk binatang. Para penduduk lokal membuatnya asli menggunakan tangan bukan cetakan pabrik. Kalian dapat mendapatkannya saat kalian mengunjungi tempat wisata di phon penh dan jalan – jalan ke siem reap.

  • Miniatur patung

phra_kring_amulet_1461577172_785972d7Kamboja memiliki kebudayaan budha yang sangat kental. Tempat wisata yang ada di kamboja lebih dominan berupa kuil – kuil dan tempat bersembahyang untuk orang – orang yang beragama budha, maka dari itu banyak penduduk lokal yang menggunakan kesempatan itu untuk di jadikan icon sebagai oleh – oleh khas negara tersebut.

Penduduk lokal menggunakan batu yang sudah di tambang oleh mereka dan di pahat untuk dijadikan patung – petung tersebut.

Pada kenyataanya, miniatur – miniatur tersebut tidak hanya terbuat dari batu murni, ada juga yang dilapisi perak ataupun emas. Harga – harga patung ini sangat bervariasi, mulai dari yang berukuran kecil dengan harga yang terjangkau hingga ukuran patung besar yang memiliki harga yang tinggi. Kalian dapat membeli patung ini dengan batas normal, alias kalian tidak bisa membeli dalam jumlah banyak karena memang pembelian patung budha sangat di batasi.


  • Sutera Kamboja

takeo-silk-cambodia-609

Sutra adalah salah satu oleh – oleh khas negara ini. Banyak para wisatawan yang mencari – mencari sutera khas kamboja karena memang kualitasnya bagus. Uniknya penduduk lokal tersebut membuat sutera ini masih menggunakan cara tradisional yaitu di tenun, tidak hasil produksi dari pabrik.Kain – kain sutera ini dijual ada yang berupa scraft, atau kain meteran, syal, pakaian, tas, dan masih banyak yang lainnya.

Kalian bisa mendapatkannya di koh dach, yang terletak sejauh lima belas kilo meter dari kota phnom penh. Tempat itu terletak di sebuah pulau kecil yang terkenal dengan sutera buatan tangan khas kamboja. Harga – harga yang dipatok untuk sutera – sutera ini sangat bervariasi. Ada yang murah dan ada juga yang mahal, namun rata – rata sutera ini seharga 3 USD, cukup murah bukan??

Cukup sekian list Oleh – Oleh Khas Kamboja yang bisa kalian dapatkan jika berlibur ke kamboja, happy shopping guys..

, , , ,
Post Date: Wednesday 08th, August 2018 / 07:29 Oleh :
Kategori : Kamboja