6 Tips Backpacker Ke Siem Reap Kamboja Dengan Budget Minim

Halo para viewers.. Akhir tahun sudah mendekati nih, ingin berlibur tetapi memiliki budget yang minim, tidak perlu khawatir, kami punya solusinya. Berlibur memang sangat menyenangkan terlebih jika kita hanya mengeluarkan sedikit uang. Caranya adalah kalian perlu melakukan beberapa tinjauan baik secara browsing ataupun bertanya kepada orang – orang yang sudah pernah pergi berlibur dengan tujuan yang sama. Tujuannya agar kalian mengerti destinasi wisata yang akan di tuju dan range – range harga untuk setiap aspek seperti harga transportasi, harga penginapan, harga makanan, sebagai contoh backpacker ke jeju island, backpacker ke krabi, dan backpacker ke hokkaido

Nah dalam kesempatan kali ini yang akan diulas adalah berlibur ke kamboja, lebih tepatnya backpacker ke siem reap. Jika kalian masih asing dengan siem reap, adalah ibu kota provinsi siem reap di kamboja. Kota ini terletak di bagian barat laut negara dan merupakan pusat wisata budaya penting di negara tersebut dikarenakan menjadi gerbang masuk ke kota angkor. Kalian juga bisa mengunjungi beberapa wisata lainnya di siem reap yang sesuai dengan minat kalian yang notabene tempat wisata nya dan kuliner nya memang kurang lebih mirip seperti tempat wisata di kamboja.

Langsung saja mari kita ulas tips – tips apa saja untuk ber backpacker ke siem reap.

  • Menuju siem reap lewat jalur darat agar lebih murah

c360_2012-08-30-17-00-04Ada baiknya kalian menuju siem reap naik bus. Bus yang menuju siem reap hanya  di pagi hari yaitu jam 8:30 dan 9:30.  Bus adalah transportasi paling murah dibandingkan jika kita lewat jalur udara. Kalian bisa menaiki bus tersebut dari terminal kedatangan hatyai atau dari chatuchak. Saran dari kami jika kalian bisa sedikit berbahasa lokal tidak masalah kalian membeli tiket secara on the spot, namun jika tidak, ada baiknya kalian membeli lewat online.

Harga tiket bus itu sendiri dengan tujuan ke siem reap sebesar 750 baht. Perjalanan yang di tempuh kurang lebih selama tujuh jam saja. Rata – rata bus yang menuju ke siem reap memang kurang bagus, namun jangan salah, pelayanan yang di tawarkan sangat nyaman. Kita akan mendapatkan snack dan mendapat makan. Selain itu kita akan diberi ID card biar terlihat identitas dari bus tersebut dan tidak menyasar. Jadi yang perlu kalian tekankan disini adalah harus lebih bersabar karena memang menaiki bus akan membutuhkan waktu lebih lama.

  • Menyewa sepeda agar lebih hemat

66096_10151138485073213_1490989535_n

Tentunya sebagai wisatawan kita ingin mengeksplor tempat yang baru kita kunjungi sekalipun itu bukan merupakan tempat wisata atau kita hanya sekedar ingin tahu seperti apa keseharian para penduduk lokal. Dengan mengeksplor seperti itu yang kita perlukan adalah memiliki kendaraan atau menaiki transportasi umum seperti taksi dan transportasi online atau bisa juga menaiki tuk tuk yang merupakan icon transportasi negara tersebut.

Hal yang sangat kami rekomendasikan adalah kalian menyewa sepeda untuk mengeksplor kota ini. Dengan bersepeda kalian tentunya menjadi lebih sehat dan juga kalian tidak perlu mengeluarkan kocek yang dalam untuk membayar transportasi umum. Menyewa sepeda hanya perlu mengeluarkan 2 usd untuk sehari penuh. Kalian dapat menyewa di pusat kota di siem reap. Ketika menyewa sepeda ini, mereka akan meminta barang jaminan, biasanya orang – orang meninggalkan paspor atau kartu identitasnya sebagai jaminan.


  • Membawa mata uang lokal yang cukup

Riel-Kamboja

Mata uang kamboja adalah KHR atau biasa disebut dengan Riel Kamboja. Jika kalian ingin berlibur ke siem reap ada baiknya kalian menukar di money changer di Indonesia terlebih dahulu agar lebih praktis.

Selain lebih praktis, kalian akan mendapatkan harga tukar jauh lebih murah, karena pada umumnya nilai mata uang rupiah jika langsung di tukarkan di kamboja akan sangat turun dibandingkan dengan jika kita menukar di negara kita sendiri. Hal tersebutlah yang akan menjadikan pengeluaran kita semakin membengkak.

  • Mencari penginapan yang nyaman dan murah

15Jarak antara tempat turunnya bis untuk menuju ke pusat kota kurang lebih sekitar 15 menit, ada baiknya jika kalian tidak menerima tawaran orang – orang yang membawa tuk – tuk jika mereka langsung menawari pada saat kalian langsung turun dari bus. Saran dari kami jika kalian benar – benar ingin ber backpakcer ke siem reap ini kalian perlu untuk melakukan riset mencari hotel ataupun hostel lewat online agar harga yang di tawarkan adalah harga pas.

Ada baiknya kalian mencari hotel yang ada di pusat kota, carilah hotel yang menyediakan sarapan dan juga menyewakan seperti sepeda, selain bisa lebih membuat kalian fleksibel, kalian juga bisa menghemat untuk mengeluarkan biaya transportasi jika ingin mengeksplor siem reap.

Biasanya jika kalian menyewa di hostel, sistem bayarnya per orang. Kalian bisa menyewa di siem reap green guesthouse, kamarnya besar, & lokasinya strategis, ke pubstreet juga bisa berjalan kaki dengan waktu 15 menit, di sini untuk 2 malam dikenakan 15 USD per orangnya.

  • Wisata malam hari yang murah

Pub-Street-Siem-ReapTips – tips ber backpacker ke siem reap selanjutnya adalah wisata malam hari yang murah. Wisata yang  populer di tempat ini adalah pub street. Untuk kalian yang ingin sekedar mengobrol dan minum santai kalian bisa mencoba di salah satu penjaja makanan di sepanjang pub street. Untuk kopi harga nya sekitar 2.5 USD kalau bir botolan sekitar 1 USD. Kalian dapat menyaksikan apsara dance, merupakan tarian khas kamboja dengan gratis.

Nah di pub street ini terdapat sungai, dimana sepanjang pinggir sungai tersebut banyak orang – orang yang menjual makanan makanan khas kamboja. Jika kalian ingin mencicipi mie kalian cukup mengeluarkan uang sebesar 1 USD, meskipun porisnya tidak banyak tapi lumayan. Semisal kalian kurang puas dengan makanan ataupun jajanan yang ada di pub street kalian dapat berjalan kaki menuju ke night market yang hanya berjarak satu menit saja. Kalian dapat menemui street food yang enak dan murah seperti kebab,dll.


  • Tempat kuliner ekstrem yang murah

IMG_6094Di siem reap ini kalian akan banyak menjumpai daging buaya yang dijadikan olahan makanan, contohnya seperti amok buaya, steak buaya, sampai – sampai ada yang menjual burger buaya. Ya memang benar siem reap ini adalah kota dengan penangkaran buaya terbesar di daerahnya. Banyak penduduk lokal yang memang menjual daging buaya dan hal tersebut memang mendatangkan profit yang tinggi bagi penduduk lokal.

Tips untuk kalian yang ingin mencoba kuliner ini, kalian ada baiknya mencoba crocodile burger yang ada di pub street saat malam hari, selain harga yang relatif terjangkau, kalian juga dapat mencicipi olahan daging buaya lainnya di tempat ini.

Selain daging olahan buaya, sebetulnya ada juga makanan ekstrem lainnya yang sebenernya kurang tepat bagi penduduk Indonesia, yaitu happy pizza herb. Happy pizza herb adalah pizza ganja, memang benar ganja dan opium itu ilegal dijual di siem reap, namun menurut para penduduk lokal sudah terbiasa.

Nah sekian tips – tips dari kami untuk dijadikan pedoman bagi kalian para backpacker yang ingin berlibur ke kamboja, lebih tepatnya berlibur di siewm reap. Semoga bermanfaat ya para viewers.. Happy holiday..

, , ,
Post Date: Tuesday 07th, August 2018 / 05:23 Oleh :
Kategori : Kamboja