17 Tempat Wisata Di Siem Reap Kamboja Yang Wajib Di Kunjungi

Kamboja merupakan sebuah negara di Asia yang cukup dekat dengan Indonesia. Sebagai sebuah negara yang memiliki kebudayaan serta kondisi geografis yang unik, Kamboja mulai dikenal sebagai destinasi wisata yang layak untuk diperhitungkan. Salah satu kota yang sering dikunjungi adalah Siem Reap. Kota ini memang terkenal lengkap untuk sebuah destinasi kala liburan. Dari sana juga bisa ditemukan berbagai tansportasi yang bisa membawa wisatawan ke Tempat Wisata Di Phnom Penh. Lalu tempat wisata di Siem Reap apa saja yang menarik? Berikut beberapa penjelasannya.

1. Angkor Wat

Angkor WatSiapa yang tidak kenal Angkor Wat? Tempat wisata di Kamboja ini sudah terkenal di dunia internasional. Bahkan Angkor Wat sudah menjadi salah satu objek wisata terpopuler beberapa tahun terakhir.

Tempat wisata yang satu ini adalah sebuah situ ssejarah yang dibangun pada abad ke-12. Candi ini tergolong candi Hindu yang saat ini digunakan untuk ibadah Buddha. Area wisatanya seluas kurang lebih 40 hektar.

Tiap tahun, Angkor Wat selalu didatangi oleh wisatawan dari berbagai penjuru dunia. Jumlah kunjungan wisata di sana bisa mencapai lebih dari 2 juta wisatawan per tahun. dan jika Angkor Wat tetap menjadi tempat populer, bukan hal yang mustahil jika angka kunjungannya akan bertambah setiap tahunnya.

2. Wat Damnak

Wat DamnakTempat wisata di Siem Reap berikutnya yang menarik untuk dikunjungi adalah Wat Damnak. Tempat ini berada di Wat Bo Road dan merupakan sebuah tempat yang bisa dikunjungi secara gratis.

Jika Anda Backpacker Ke Kamboja dengan budget yang terbatas, mengunjungi Wat Damnak bisa menjadi solusi untuk menghemat pengeluaran. Tempat ini bentuknya adalah candi dan sangat mirip dengan Candi Prambanan.

Selain dapat melihat wisata candi, di sekitarnya terdapat sebuah kolam kecil dengan suasana yang cukup teduh. Pengunjung juga bisa mendengar suara burung yang hidup di sekitarnya. Tempat ini cocok untuk melihat sisi lain Siem Reap.

3. Ta Prohm

Ta ProhmKarena pernah dijadikan lokasi syuting sebuah film internasional, Ta Prohm menjadi terkenal. Tempat wisata ini sebenarnya adalah sebuah temple atau Bangunan Bersejarah Di Asia Tenggara.

Dibangun pada masa kejayaan Jayavarman VII, bangunan ini dibangun untuk ibunya. Saat ini kuil ini sudah terlihat sangat tua. Dan justru inilah yang menarik dari sana. Apalagi ada sebuah pohon yang tumbuh di bangunan.

Pohon ini mengisi dinding-dinding bangunan tersebut dan menyatu dengannya. Menjadikan suasana bangunan ini lebih menarik. Banyak wisatawan yang datang hanya untuk melihat fenomena tersebut dan berfoto-foto.


4. Banteay Srei

Banteay SreiMenikmati tempat wisata di Siem Reap selalu tidak jauh dari candi atau bangunan bersejarah. Hal ini dikarenakan Kamboja memang diisi dengan banyak bangunan candi. Salah satu yang terkenal sebagai tempat wisata adalah Banteay Srei.

Tempat yang satu ini merupakan sebuah candi yang dibangun pada abad ke-10 dan merupakan candi Hindu. Lokasinya ada di dekat bukit Phnom Dei. Bangunan ini dibangun dari batu pasir merah dan memiliki ukiran-ukiran yang cukup rumit.

Pengunjung yang berwisata di sana bisa melihat bagaimana detilnya relief di candi ini. Maka dari itulah Banteay Srei sering disebut sebagai “permata seni Khmer”. Bangunan ini pernah beberapa kali mengalami pemugaran. Namun semua itu tidak menghilangkan bangunan asli candi itu sendiri.

5. Kbal Spean

Kbal SpeanKbal Spean merupakan sebuah wisata air terjun di Siem Reap. Air terjun ini masuk ke kawasan Taman Nasional Phnom Kulen dan merupakan air terjun terkenal di Kamboja. Tempat ini merupakan alternatif wisata alam Siem Reap yang direkomendasikan.

Sungai dan air terjun di sana memiliki air yang bersih. Untuk bisa mencapai air terjunnya dibutuhkan perjalanan trekking sebelumnya. Hal menarik dari kawasan wisata air terjun ini bukan hanya dari ari dan sungainya saja, melainkan juga dari kondisi alam di sekitarnya.

Di sana Anda bisa mendapati kupu-kupu dan hewan sehenis lainnya yang cukup banyak. Tanda bahwa kawasan ini masih alami dan bebas dari polusi udara. Wisatawan bisa menikmati air di kolam air terjunnya dan udara segar di sekitarnya.

6. Danau Tonle Sap

Danau Tonle SapDanau Tonle Sap merupakan salah satu tempat wisata di Siem Reap yang cukup terkenal. Danau ini menarik karena merupakan danau air tawar terbesar se-Asia Tenggara. Dan di sekitar danau juga terdapat beberapa desa di atas air.

Anda akan mendapati restoran dan rumah-rumah terapung, lengkap dengan beberapa fasilitas desa seperti pasar, tempat ibadah, dan juga sekolah. Bahkan di sana kantor polisinya pun terapung di atas air.

Pengunjung bisa berkeliling kawasan tersebut dan menikmati suasana yang berbeda di Kamboja. Waktu terbaik untuk berkunjung ke sana adalah saat musim kemarau karena air danau akan sedikit menyusut.

7. Landmine Museum

Landmine MuseumKamboja merupakan sebuah negara yang memiliki masa lalu yang cukup panjang. Sehingga berkunjung ke museum yang ada di Siem Reap dapat dijadikan alternatif wisata yang menarik untuk dilakukan.

Landmine Museum adalah sebuah museum yang cocok untuk mempelajari perjuangan dan kisah sejarah negara Kamboja itu sendiri. Museum ini didirikan oleh mantan tentara yang bernama Aki Ra.

Dibuka sejak tahun 1990-an, tempat wisata ini dapat menjadi refleksi kejadian di masa lalu. Dulunya tempat ini dibangun untuk merawat korban ranjau. Namun saat ini museum ini menjadi museum ranjau darat yang terkenal.

8. Old Market

Old MarketSelain wisata sejarah dan wisata alam, biasanya wisatawan yang berkunjung ke negara lain sangat tertarik dengan kondisi pasar tradisionalnya. Jika Anda tertarik, maka Old Market bisa dijadikan sebagai alternatif tempat wisata di Siem Reap yang menarik.

Walau pasar ini bukanlah sebuah pasar modern, namun tempat ini bisa dikatakan sebagai pusat oleh-oleh terbaik di Siem Reap. Semua barang yang Anda cari mungkin ada di tempat ini. Harga barang pun tentunya lebih murah.

Ada cukup banyak barang yang dijual di sana. Mulai dari spuvenir kecil, barang fashion, hingga bahan Makanan Khas Kamboja. Layaknya pasar tradisional lainnya, suasana pasar memang cukup ramai. Namun hal ini justru akan menghidupkan suasana pasar.

9. Srah Srang

Srah SrangSrah Srang merupakan sebuah danau buatan di Siem Reap yang layak untuk dikunjungi. Walau bukan merupakan tempat wisata yang populer, Anda bisa sejenak beristirahat di sana dan menikmati pemandangan yang ada.

Di sana ada bangunan kuil yang terlihat mengapung di atas danau. Selain itu hal terbaik yang bisa dilakukan di sana adalah menunggu matahari terbenam atau matahari terbit. Tempat ini memang merupakan salah satu titik terbaik untuk sunset.

Anda yang sangat menyukai suasana senja dapat mendatangi tempat ini di sore hari. Matahari yang berwarna jingga akan terpantul di permukaan danau dan menjadi pemandangan yang layak untuk diabadikan dengan kamera.

10. Sam Veasna Center

Sam Veasna CenterSuka dengan satwa khususnya burung? Anda wajib datang ke Sam Veasna Center. Tempat ini merupakan pusat konservasi satwa liar di Kamboja. Didirikan pada tahub 2003 yang lalu, objek wisata ini dikembangkan untuk mengenang Sam Veasna.

Sam Veasna itu sendiri adalah pelestari konservasi di Kamboja yang bergelut di bidang perlindungan burung langka yang terancam punah. Pengunjung yang datang dapat melakukan tr selama beberapa hari di dalamnya.

Tentunya wisatawan bisa mempelajari beberapa jenis burung yang hidup di Kamboja, serta mengetahui beberapa spesies yang terancam punah. Tempat ini cocok untuk wisatawan yang peduli dengan satwa dan keberagamannya.


Selain beberapa tempat yang sudah dijelaskan di atas, masih ada beberapa lokasi wisata lainnya yang menarik untuk dikunjungi, yaitu sebagai berikut.

  1. Kuil Bayon
  2. Bakong
  3. Terrace of the Leper King
  4. Kompong Phluk
  5. ArtBox
  6. Angkor Night Market
  7. Preah Khan

Demikianlah beberapa tempat wisata di Siem Reap Kamboja yang menarik untuk dikunjungi, baik itu berupa wisata sejarah, wisata alam, hingga wisata belanja. Semoga bermanfaat untuk Anda, terutama yang merencanakan liburan di Kamboja.

, , ,
Post Date: Thursday 16th, August 2018 / 07:58 Oleh :
Kategori : Kamboja