5 Makanan Khas Brunei Darussalam Terenak Yang Populer Dikalangan Wisatawan

Brunei Darussalam merupakan sebuah negara yang ada di Asia Tenggara dimana negara tersebut merupakan salah satu negera setelah Malaysia yang menerapkan hukum islam. Brunei Darussalam memang terkenal merupakan sebuah negara yang makmur dan disiplin meskipun jika kita berbicara mengenai ukuran atau luas wilayah negara tersebut tentunya Brunei Darussalam termasuk salah satu negara kecil yang ada di Benua Asia.

Meskipun begitu, Brunei Darussalam memiliki banyak destinasi wisata yang sudah menjadi tujuan favorit bagi para wisatawan yang berasal dari berbagai dunia, khususnya para wisatawan yang berasal dari Asia. Ada banyak tempat wisata yang bisa anda kunjungi mulai dari tempat ibadah sampai tempat makanan yang tentunya akan semakin membuat liburan anda semakin berkesan. Di sini anda juga bisa mendapatkan cinderamata yang tidak kalah dengan oleh – oleh makanan khas Australia dan oleh – oleh makanan khas Jepang.

Anda harus tahu bahwa rasanya tidak lengkap jika misalnya anda mengunjungi Brunei Darussalam tanpa menikmati berbagai macam olahan makanan khas Brunei Darussalam. Banyak menu makanan khas Brunei Darussalam yang bisa anda temui di berbagai restoran atau tempat makana tradisional yang ada di Brunei Darussalam.

Bagi anda yang penasaran mengenai apa saja makanan khas Brunei Darussalam, maka pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kepada anda semuanya berkaitan dengan makanan khas yang ada di Brunei Darussalam yang wajib anda coba ketika anda berlibur di salah satu negara penghasil minyak terbesar di Asia ini.

1. Ambuyat

Ambuyat

Makanan khas Brunei Darussalam yang bisa anda cicipi adalah Ambuyat. Ambuyat merupakan salah satu makanan tradisional yang bukan hanya digemari oleh masyarakat atau penduduk asli Brunei, namun juga makanan ini banyak digemari oleh para turis yang berkunjung ke Brunei Darussalam.

Perlu anda tahu bahwa satu set Ambuyat di dalamnya terdiri dari bubur sagu yang mana teksturnya sangat lengket dan juga berwarna putih, kemudian dicampur dengan sup ikan atau yang lebih dikenal dengan sebutan ampap ikan.

Selain itu, Ambuyat juga disajikan dengan sambal belacan, saus tempoyak, lalapan, ikan goreng, dan lain sebagainya yang tentunya akan membuat anda ketagihan ketika anda mencoba makanan ini. Hal yang membuat makanan ini unik adalah cara menyantapnya dimana anda harus menyendokkan bubur sagu tersebut dengan menggunakan sumpit kayu tebal yang di sana disebut sebagai candas.

Kemudian bubur sagu tadi digulung dan dicampurkan dengan sup ikan dan juga sambal. Tentunya rasa yang akan anda dapatkan benar – benar sangat lezat, terlebih lagi bagi anda yang memiliki hobi makan makanan yang pedas. Untuk satu porsi Ambuyat biasanya akan dinikmati oleh 3 sampai dengan 4 orang. Rasa yang akan anda dapatkan juga tidak kalah dengan makanan khas Argentina dan juga makanan khas New York.


2. Nasi Katok

Nasi Katok

Makanan khas Brunei Darussalam yang juga harus anda cicipi adalah Nasi Katok. Bagi anda yang memang suka nongkrong di angkringan tentunya tidak akan asing ketika mendengar atau mengetahui istilah nasi kucing.

Memang, nasi kucing sudah menjadi salah satu menu makanan favorit di angkringan, hal ini juga sama ketika anda mencicipi Nasi Katok.

Nasi Katok merupakan salah satu nasi yang menjadi menu makanan favorit bagi masyarakat yang tinggal di Brunei Darussalam. Sekedar informasi bahwasanya satu porsi Nasi Katok terdiri dari nasi, potongan ayam, dan juga sambal yang mana semua bahan tersebut nantinya dibungkus menjadi satu dengan menggunakan kertas atau plastik pembungkus yang memang digunakan untuk membungkus nasi.

Adapun untuk harga yang harus anda keluarkan tentunya tidak jauh berbeda dengan harga ketika anda membeli nasi kucing yang ada di Indonesia, cuma bedanya adalah di sini mata uangnya menggunakan dolar Brunei. Banyak tempat makanan yang menjual menu makanan Nasi Katok ini.

Untuk tempat makan yang menjual Nasi Katok yang bisa anda kunjungi adalah Restoran Seri Mama dimana restoran ini dibuka 24 jam non stop. Untuk lokasinya sendiri tidak terlalu jauh dari terminal pusat Bandar Seri Begawan. Dijamin anda akan ketagihan ketika mencicipi rasa yang khas yang disuguhkan oleh Nasi Katok.

3. Soto Brunei

Soto Brunei

Jika di Indonesia ada Soto Lamongan atau Soto Betawi, di Brunei pun jug terdapat soto khas mereka sendiri yang memiliki rasa sangat lezat dan tidak kalah dengan soto khas yang ada di Indonesia. Nama dari soto tersebut adalah Soto Brunei. Untuk masalah bahan – bahannya tidak jauh berbeda dengan soto yang ada di Indonesia.

Satu mangkuk dari Soto Brunei ini berisi suwiran ayam, irisan daging sapi, potongan telur ayam rebus, dan bahan – bahan lainnya yang juga akan anda temukan ketika anda membeli Soto Lamongan maupun juga Soto Betawi. Hal yang membedakan dari Soto Brunei adalah dari segi rasa yang mana meskipun menggunakan bahan – bahan yang hampir sama, namun uniknya rasa yang dikeluarkan akan berbebda.

Makanan ini sangat mudah anda jumpai di beberapa tempat makan yang ada di pusat kota maupun juga foodcourt yang tersebar di berbagai sudut kota yang ada di Brunei Darussalam.

4. Soto Babu Nini

Soto Babu Nini

Masih berhubungan dengan soto, Brunei juga memiliki menu soto lainnya yang khas yaitu Soto Babu Nini. Soto ini juga menjadi salah satu menu makanan khas di Brunei Darussalam yang sudah menjadi primadona dan banyak masyarakat asli Brunei maupun juga para turis yang berbondong – bondong ingin mencicipi soto yang sangat lezat tersebut.

Anda tidak akan kesulitan untuk mencari tempat makanan yang menjual Soto Babu Nini karena anda bisa menjumpainya di berbagai sudut kota yang ada di Brunai Darussalam. Namun untuk tempat makan yang mejadi favorit para pengunjung yaitu Restoran Soto Babu Nini yang berlokasi di Kota Batu, Kampung Sungai Besar.

Di sini anda bukan hanya akan disuguhkan oleh kenikmatan dari Soto Babu Nini, namun anda juga akan disuguhkan oleh pemandangan yang sangat indah karena restoran ini terletak tidak jauh dari pesisir pantai yang mana bangunannya juga berada di atas air atau muara.


5. Belutak

Belutak

Makanan khas di Brunei Darussalam yang terakhir yang kami rekomendasikan untuk anda adalah Belutak. Belutak merupakan salah satu makanan tradisional khas warga Brunei dimana bahan dasar dari makanan tersebut adalah menggunakan sosi sapi.

Olahan sosi sapi tersebut kemudian akan dicampurkan dengan rempah – rempah dan bumbu khas yang berasal dari Brunei Darussalam. Anda tidak perlu meragukan rasa yang nantinya akan anda dapatkan karena tentunya Belutak merupakan salah satu makanan khas yang memiliki cita rasa yang sangat lezat.

Memiliki warna coklat kehitaman yang biasanya masyarakat Brunei Darussalam menyajikan makanan Belutak ini dengan ditambahkan saus pedas di atasnya yang tentunya akan menambah cita rasa dari makanan tersebut.

Jika anda ingin mendapatkan Belutak, anda tidak perlu sampai bingung untuk mencarinya karena makanan ini banyak dijual di berbagai restoran atau tempat makan tradisional yang tersebar di berbagai sudut kota yang ada di sini.

Mengenai harganya pun juga anda tidak perlu khawatir karena Belutak dijual dengan harga yang mudah terjangkau dengan kualitas yang terjamin serta rasa yang sangat lezat. Kami sarankan anda juga membaca tentang makanan khas Qatar.

, , ,
Post Date: Monday 14th, May 2018 / 08:43 Oleh :
Kategori : Brunei Darussalam