Minuman Khas Amerika Terfavorit Dan Paling Terkenal Di Dunia

amerika serikatSetiap negara pastilah memiliki makanan atau minuman khas tersendiri yang akan mereka tawarkan kepada para turis yang berkunjung kesana. Tidak terkecuali dengan Amerika Serikat. Negara yang di sebut sebagai negara adidaya untuk semua negara di berbagai belahan ini pun juga memilki minuman khasnya sendiri.

Selain itu tempat wisata di Amerika Serikat sangatlah banyak. Mengingat negara ini memiliki beberapa kota yang menawarkan destinasi wisata yang sanggup membius para wisatawan untuk datang kembali ke negara ini. Tidak hanya tempat wisata banyak kuliner Amerika yang dapat Anda cicipi ketika berkunjung ke negara ini. Namun kali ini Alowisata ingin sedikit membahas tentang minuman khas Amerika yang sudah terkenal di berbagai negara di dunia.

Sebut Coca Cola. Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa coca cola adalah minuman dengan rasa yang unik ini berasal dari Amerika. Tidak mengherankan, karena kadang kita makan atau minum tanpa memperhatikan darimana makanan atau minuman kita di buat. Apakah produk asli negara sendiri atau impor dari negara lain.

  • Asal Mula Coca Cola

coca colaMinuman coca cola terkenal dengan rasa yang unik seperti mint dan memberikan efek kembung ketika meminumnya. Minuman ini juga dikenal memiliki banyak akibat negatif ketika kita mengkonsumsinya secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama. Namun tahukah Anda bahwa coca cola di buat pertama kali oleh seorang ahli farmasi bernama Dr. John Stith Pemberton yang berasal dari Atlanta, Georgia, Amerika Serikat.

Nama coca cola sendiri di ambil dari nama campuran minuman tersebut yang terbuat dari stimulant cocaine yang di campur dengan cola nuts (kaffein).Kemudian sahabat Dr. John yakni Frank M. Robinson mengusulkan untuk menamai minuman yang di buat Dr. John dengan nama coca cola. Frank berpendapat jika penggabungan dua huruf C di depan dan di belakang adalah nama yang menarik untuk sebuah minuman. Akhirnya terbentuklah huruf-huruf miring yang mengalir, Spencer. Kemudian lahirlah logo yang terkenal di seluruh dunia hingga saat ini.

Pada awalnya Dr. John Stith Pemberton mengaku bahwa coca cola dapat mengobati berbagai macam penyakit seperti dyspepsia, morphin addiction, neurasthenia, sakit kepala, hingga impotensi. Minuman coca cola tidak di temukan dari hasil satu kali percobaan. Dr. John adalah orang yang sangat terobsesi untuk menemukan hasil dari gabungan obat yang sempurna dengan minuman yang luar biasa.

  • Proses Penjualan Coca Cola

Coca-Cola-Company-InternshipDr. John Stith Pemberton pertama kali memperkenalkan coca cola kepada masyarakat pada tanggal 8 Mei 1886. Minuman ini pertama kali di jual di apotik Dr. John dengan harga 5 sen pergelas. Promosi yang dilakukan Dr. John adalah dengan cara membagikan ribuan kupon yang dapat di tukarkan untuk mencicipi satu minuman coca cola secara gratis.


Di awal mula masa promosi Dr. John menghabiskan dana hingga $46 hanya untuk biaya iklan. Kemudian di tahun 1887, Dr. John menjual hak cipta coca cola kepada Asa G. Chlander sebesar $2.300. Lalu Chlander mendirikan perusahaannya sendiri pada tahun 1892 yang dia beri nama The Coca Cola Company dan berlokasi di Georgia, Amerika Serikat.

Chandler adalah orang yang ahli dalam mengelola perusahaan miliknya. Dia memulai iklannya dengan mencuri perhatian para konsumen dengan cara membuat berbagai macam cindera mata yang bertemakan coca cola. Berbagai macam cindera mata tersebut lalu di bagi-bagikan Chandler di pusat pemberlanjaan di Georgia. Metode iklan yang tergolong cukup efektif tentunya agar coca cola dapat di kenal baik di kalangan masyarakat luas. 

Setelah proses iklan tersebut akhirnya coca cola terkenal di kalangan masyarakat. Namun masyarakat lebih senang menyebut minuman ini dengan julukan coke. Semula hal ini di tentang oleh perusahaan The Coca Cola Company namun karena lambat laun banyak masyarakat yang meminatinya dengan nama coke akhirnya The Coca Cola Company menyerah dan mengikuti nama pasaran coca cola.

Di tahun 1891, setelah menjalankan bisnis ini selama 5 tahun Candler mendapatkan keuntungan sebesar $2.300. Candler sempat mencoba untuk memproduksi minuman lain dan di perjual belikan ke masyarakat. Namun respon masyarakat tidak sebaik ketika Candler memperkenalkan coca cola. Pada akhirnya Candler hanya fokus terhadap perkembangan coca cola. Tahun 1893, Candler mendaftarkan nama resmi Coca Cola di kantor paten Amerika Serikat dan membayar sebanyak $20.

Untuk resepnya, Clander secara pribadi terjun langsung untuk membuatnya. Resep ini lalu di kenal dengan nama 7X dan hanya di ketahui oleh rekan kerja yang sangat di kenal Clander. Tidak berselang lama, tiga tahun kemudian seiring dengan perkembangan metode iklan dan promosi saat itu coca cola tembus pasar mancanegara. Berbagai pasar di Amerika Serikat telah di masuki minuman satu ini melalui sebuah promosi di souvenir kalender. Kalender ini menampilkan perempuan muda yang mempromosikan coca cola dengan hal baru lainnya. Ketika Anda pergi ke wisata Amerika, Anda wajib mencoba minuman ini langsung dari negara asalnya.

Berkat promosi melalui souvenir, logo minuman coca cola tersebar di seluruh penjuru Amerika Serikat. Jika kita ingin menghitungnya sekitar 2,5 juta kali persegi. Hal ini membuktikan bahwa Clander sukses untuk membuat penduduk Amerika merasakan dan membeli minuman buatannya. Dengan ini presepsi Clander di catat sejarah, di mana dia berhasil memperkenalkan minumannya sebagai minuman yang enak di konsumsi bukan hanya sebagai minuman soda biasa.

  • Kemasan Coca Cola

minuman coca colaSetelah coca cola terkenal maka permintaan pasar pun meningkat. Hal ini kemudian membuahkan ide seorang pemilik toko permen misisipi untuk memasukan minuman coca cola ke dalam botol. Tujuannya agar pembeli dapat membawa minuman ini kemanapun mereka pergi. Karena ide pembotolan coca cola ini sukses maka pada tahun 1899 teknik pembotolan dalam skala besar di lakukan oleh dua orang dari Chattanoga yakni enterprenur Tenesse yang membeli hak untuk membotolkan minuman coca cola ini sebesar $1 dari perusahaan aslinya The Coca Cola Company.

Kemudian dua orang ini menjual coca cola dalam botol secara besar-besaran di seluruh penjuru Amerika Serikat. Hal ini kemudian menjadi pelopor untuk jaringan produksi dan distribusi terkenal di seluruh dunia. Sedangkan untuk desain botolnya di ciptakan pada tahun 1915. Di mana desain botol coca cola ini di sebut dengan nama countour bottle atau banyak juga yang menyebutnya hobble skirt. Botol coca cola ini hasil dari ide seseorang yang bernama Alexander Samuelson. Di mana Alexander bekerja di perusahaan yang menyuplai botol ke The Coca Cola Company.

Lalu di awal abad ke 20-an minuman ini sudah menembus pasar penjualan antar negara. Di mana coca cola kemudian juga di jual di Kanada. Di waktu yang sama The Coca Cola Company mencoba mengembangkan sayapnya dengan memproduksi minuman sirup yang di ekstrak. Hal yang sangat di sayangkan dari perkembangan minuman coca cola adalah Dr. John Stith Pemberton yang tidak dapat menyaksikan perkembangan pesat minuman hasil racikannya ini. 


Nah, itulah salah satu minuman khas Amerika yang mendunia hingga kini. Dan siapa yang tidak kenal dengan minuman coca cola? Bahkan di seluruh penjuru dunia Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan minuman unik satu ini. Ketika Anda berwisata ke Amerika Serikat jangan hanya pergi ke tempat wisatanya atau mencoba makanan atau minumannya saja. Tapi cobalah untuk pergi juga ke tempat belanja murah di Amerika Serikat.

Semoga artikel ini dapat memberi informasi lebih tentang asal coca cola. Semoga hari Anda menyenangkan.

, , , ,
Post Date: Thursday 12th, April 2018 / 02:51 Oleh :
Kategori : Amerika Serikat