3 Minuman Khas Negara Jerman Paling Enak Dan Favorit Wisatawan

Negara Jerman merupakan negara besar di Eropa yang memiliki posisi ekonomi dan politik yang sangat penting di Eropa dan dunia. Jerman memiliki luas wilayah sebsar 357.021 kilometer persegi. Dengan luas tersebut negara Jerman memiliki banyak sekali aset bangunan, baik yang besejarah maupun yang masih baru.

Bila menyebut Jerman, orang-orang pasti mengingat tentang Hitler, kekejaman hitler sudah masuk ke dalam daftar sejarah kelam yang diingat masyarakat sebagai sebuah pelajaran. Akan tetapi, kini masyarakat sudah menjalani kehidupan baru dengan berbagai macam pembangunan yang membuat Jerman tetap menjadi negara besar sampai sekarang.

Dengan perkembangan pembangunan yang tetap, berbagai macam hal baru diciptakan di Jerman. Meskipun demikian, mereka tidak kehilangan ciri khasnya, baik itu dalam arsitektur maupun kulinernya. Ada berbagai macam minuman khas Negara Jerman yang masih ada sampai sekarang sejak jaman Hitler.

Tempat-tempat bersejarah yang dulu menjadi tempat berpengaruh atau tempat pemerintahan lama masih dipertahankan sampai sekarang, menjadi tempat wisata di Jerman. Kota-kota lama, seperti tempat tinggal para Yahudi juga masih dipertahankan menjadi daya tarik sendiri.

Sampai sekarang tidak ada yang tidak kagum dengan  Jerman. Berikut beberapa minuman khas negara Jerman yang menjadi salah satu alasan negara Jerman masih dikagumi dan disegani sampai sekarang.

1. Bir (Bier)

bir-Jerman

Setiap negara di dataran Eropa memang terkenal dengan pembuatan minum fermentasi seperti bird dan wine. Jerman juga tidak kalah, negara ini memproduksi bir dengan beragam rasa, variasi dan kualitasnya sangat bermutu sehingga menjadi komoditas yang diekspor ke seluruh dunia.

Jumlah produksinya per tahun terbilang sangat tinggi, sebab di berbagai daerah penduduk Jerman memiliki tradisi untuk memproduksi bir khas. Pusat produksi terkenal di Jerman salah satunya ialah negara bagian Bayern. Negara bagian ini memiliki pabrik bir (brauerei) terkenal dan tertua di dunia. samapi sekarang masih aktif.

Selain Bayern, terdapat kawasan lain yang memproduksi jenis bir tertentu, bahkan hasil produksinya bisa diekspor sampai ke seluruh dunia. Pabrik penghasil minuman khas negara Jerman terbanyak dan hasilnya amat populer sampai ke seluruh dunia antara lain Berlin, Hamburg, Ruhr, Hesse, dan Stuttgart. Jenis bir yang populer di seluruh dunia itu bernama Pils dan Altbier yang dirpoduksi hampir di seluruh daerah Jerman.

Selain kedua jenis bir tersebut yang terkenal sampai ke seluruh dunia, ada beberapa jenis bir lokal yang tidak diekspor ke seluruh dunia, hanya didistribusikan ke seluruh daratan Eropa saja, antara lain bir jerman standar yang disebut dengan Vollbier yang mengandung sejumlah empat persen. Selain itu, masih ada minuman lain yang mengandung alkohol dengan jumlah lebih besar mulai dari 5 persen untuk bir bernama Export dan Bockbier jumlah alkoholnya enam persen.


2. Anggur (Wein)

anggur

Bila di Korea ada minuman khas Korea bernama Soju, di Jerman juga ada beberapa minuman khas, selain bir ada Anggur yang terkenal juga dengan nama wine. Jerman menjadi produsen anggur selama berabad-abad. Pengiriman ekspor ke luar negeri baru terjadi setelah berakhirnya perang Dunia II. Diperkirakan mulai dari tahun 1970-an, produksi anggur di tahun tersebut meningkat pesat dan juga mulai dipasarkan ke negara lain.

Cita rasa anggur jerman sangat unik, dikenal dengan cita rasa alami yang ringan dengan keseimbangan antara rasa asam dan manis yang tepat. Komposisi itu membuat produksi anggur Jerman disukai oleh pecinta anggur. Penilaian cita rasa anggur dari Jerman tidak bisa sembarangan, para tester anggurlah yang melakukannya dengan cara tertentu, mereka paling tahu bagaimana cita rasa anggur tersebut bisa cocok dicicipi oleh banyak orang didunia.

Di tahun 1970-an, meski pusat produksinya masih kecil, namun tingkat produksi anggurnya cukup banyak dan berkualitas. Sampai sekarang, sebagian besar kebun anggur dibudidayakan di kaki bukit, terutama dipinggir Sungai Rhine dan Sungai Mosel. Alasan kenapa pusat budidaya anggur berada di kaki bukit dan di pinggiran sungai adalah karena bukit dan sungai akan menjadi tempat terbaik untuk mendapatkan sinar matahari yang dibutuhkan guna menumbuhkan tanaman anggur hingga bisa membuahkan anggur berkualitas untuk dibuat menjadi wein.

Industri anggur Jerman memiliki ciri khas tersendiri dalam memproduksi minumannya. Mereka mempertahankan cita rasa anggurnya dengan cara mempertahankan kematangannya agar daang terlambat terhadap rasa yang segar sehingga memiliki cita rasa asam yang unik.

Sejauh ini, Jerman memproduksi sedikit anggur merah, Jerman lebih banyak memproduksi anggur putih dan rose atau merah jambu. Cita rasanya seringkali cenderung trocken dalam bahasa Indonesia artinya pahir, atau cenderung halbtrocken yang artinya setengah pahit. Keterangan mengenai cita rasa ini tertera di label.

3. JERMAN – STEINHÄGER

steinhager

Makanan dan minuman khas negara tertentu selalu menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Seperti halnya minuman dan makanan khas di Thailand yang juga ditawarkan ke wisatawan di seluruh dunia, membuat Thailand dapat menarik wisatawan lebih banyak.

Hal yang sama juga terjadi di Malaysia, oleh-oleh khas Malaysia ditawarkan kepada wistawan agar meningkatkan kepercayaan semua orang untuk datang lagi ke Malaysia menikmati tempat wisata di Malaysia yang menawarkan beragam fasilitas dan keindahan.

Minuman khas di negara Jerman pun sama, minuman khasnya baik itu anggur atau yang lainnya membuat semua orang di dunia ingin menikmati Jerman dengan cara yang berbeda. Di setiap restoran di setiap negara bagian Jerman menunjukkan berbagai macam minuman khas, salah satunya seperti Steinhager yang membuat wisatawan mencari langsung ke Jerman guna mendapatkan cita rasa aslinya.

Steinhager adalah minuman khas negara Jerman yang diproduksi melalui proses fermentasi dan dibumbui dengan buah juniper. Setelah anggur difermentasi, hasilnya kemudian disuling untuk dimurnikan terlebih dahulu, sampai tidak berwarna dan menghasilkan cita rasa yang halus, kombinasi antara rasa manis dan asam yang sempurna.

Ketiga jenis minuman khas negara Jerman tersebut sudah diekspor ke seluruh penjuru dunia. Banyak orang menyukainya dan memasukkannya ke dalam salah satu jenis minuman yang ditawarkan di restoran kelas-kelas elit. Tak hanya itu, cita rasanya yang kuat membuat wisatawan tidak ingin pulang dengan tangan hampa. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Jerman akan pulang dengan membawa beberapa botol minuman khas negara Jerman tersebut. 


Kalau Anda termasuk salah satu wisatawan yang berkunjung ke salah satu tempat wisata di Eropa, dan kebetulan mampir ke Jerman, nikmati Jerman dengan cara yang berbeda. Booking sebuah restoran, kemudian pesan sebuah minuman khas negara Jerman, seperti bir, weine, atau Steinhager sebagai salah satu menu yang disajikan di meja makan malam Anda.

Menikmasi salah satu minuman khas negara Jerman yang paling tepat ialah dengan menikmatinya bersama seorang teman, pacar, atau kolega. Orang istimewa akan membuat minuman khas negara Jerman itu semakin terasa nikmat.

, , , ,
Post Date: Wednesday 02nd, May 2018 / 07:38 Oleh :
Kategori : Jerman