8 Oleh Oleh Khas Malaysia Yang Wajib Kamu Beli

Oleh-oleh khas Malaysia – Malaysia merupakan salah satu negara tujuan favorit wisatawan Indonesia untuk liburan keluar negeri. Selain letaknya berdekatan dengan Indonesia, berkunjung ke Malaysia juga tidak terlalu repot, karena Malaysia menerapkan bebas visa bagi wisatawan Indonesia. Malaysia memiliki budaya dan bahasa yang  tidak beda jauh dengan Indonesia. Ditambah tempat wisata di Malaysia juga menawarkan keindahan yang patut untuk dikunjungi. Banyak sekali tempat-tempat keren yang bisa anda kunjungi seperti menara petronas, taman tasik perdana, menara kuala lumpur, Aquaria KLCC, dan masih banyak lagi.

Tidak lengkap rasanya ketika berkunjung ke Malaysia tanpa membawa oleh-oleh khas dari sini. Ya, untuk mencari oleh-oleh anda bisa berkunjung ke beberapa tempat belanja murah di Malaysia. Lantas, apa saja yang bisa anda jadikan oleh-oleh untuk kenangan anda sendiri ataupun untuk hadiah bagi sanak saudara atau teman-teman anda. Tentunya, oleh oleh khas malaysia. Jika anda bingung ; Yuk, kita simak Oleh-oleh khas Malaysia berikut ini.

1.Songket Malaysia

SongketSongket merupakan warisan dari negara bagian Kelantan, salah satu negara bagian Malaysia yang berada di Pulau Kalimantan.  Soket sendiri merupakan rajutan benang emas dan sutra yang dijadikan kain yang mewah dan khas. Tidak mengherankan, jika songket memiliki harga yang cukup mahal. Anda dapat membeli songket pendek seharga RM40 atau sekitar Rp. 120.000 yang bisa anda beli di Pasar Sentral.

Ada berbagai warna dan motif yang bagus yang bisa Anda pilih. Songket tersebut bisa anda gunakan sebagai hiasan dinding yang bisa anda pajang  di ruang tamu anda. Anda bisa membelinya di Pasar central Anexxe, Kuala Lumpur dan beberapa tempat perbelanjaan yang tersebar di seluruh Malaysisa.

2.Miniatur Menara Kembar Petronas

Menara kembar miniaturMenara kembar petronas merupakan salah satu landmark paling populer dan juga dijadikan sebagai icon dari negara ini. Menara ini menjadi menara kembar tertinggi di dunia yang terdiri dari 88 lantai dan sebuah jembatan yang menghubungkan kedua menara ini. Selain anda bisa berfoto dengan menara ini sebagai kenang-kenangan, anda juga bisa membeli miniature dari menara ini sebagai oleh-oleh yang bisa anda pajang di lemari ruang tamu anda.

Ukuranya pun beragam mulai dari ukuran kecil dengan hara sekitar 10 RM (kurang lebih Rp.30.000) hingga ukuran yang besar dengan harga 25 RM (Sekitar Rp. 75.000). Anda bisa membelinya di toko-toko oleh-oleh di sekitar jalan Bukit Bintang.

3.Kerajinan Perak dan Timah

TimahMalaysia terkenal akan kerajinan Perak nya. Dahulu perak digunakan sebagai identitas orang-orang keturunan kerajaan Malaysia untuk menunjukan status sosialnya. Namun, sekarang Perak di Malaysia dapat dengan mudah anda temukan dan bisa anda jadikan oleh-oleh khas yang mewah dan mengenang.

Meskipun terbilang cukup mahal, Namun anda akan puas dengan oleh-oleh yang satu ini. Sangat cocok dipajang di ruang tamu anda. Harga untuk oleh-oleh dengan bentuk vas dari perak di Malaysia sekitar 100 Ringgit Malaysia atau jika dirupiahkan sekitar Rp.300.000

Selain Vas, ada juga variasi bentuk oleh-oleh dari perak dan timah yang bisa anda beli, seperti gelang, kalung, piring, teko , cangkir yang harganya pun juga bervariasi.Salah satu tempat oleh-oleh untuk membeli oleh-oleh dari perak adalah di Zakir Craft yang terletak di Jalan Hang Tuah, Kuala Lumpur.


4.Kaos khas Malaysia

kaosKaos merupakan salah satu oleh-oleh favorit wisatawan Indonesia. Selain harganya tidak terlalu mahal, kaos juga bersifat fleksibel dan bisa dipakai siapa saja. Meskipun hampir di setiap tempat menjual kaos, Namun ada kebanggan tersendiri membeli nya dari tempat yang jauh dari rumah kita, dan tentu saja kaos tersebut juga harus unik dan menggambarkan wilayah yang anda kunjungi.

Begitu juga di Malaysia, anda bisa membeli kaos dengan gambar menara kembar petronas, atau hanya sekedar tulisan I love Malaysia, I love KL, dan lain sebagainya. Oleh-oleh dalam bentuk kaos bisa anda temukan di banyak tempat belanja yang tersebar di Malaysia. Harga kaos di Malaysia juga jauh dari Indonesia, anda hanya merogoh kocek RM 18 atau sekitar Rp. 54.000,-

5.Cokelat Khas Malaysia

cokelat malaysisaSelain dengan membeli souvenir untuk oleh-oleh saat berlibur dari Malaysia. Cemilan unggulan dari negara ini juga bisa anda masukkan ke dalam list daftar oleh-oleh anda saat di Malaysia. Salah satunya adalah Cokelat. Ya, Malaysia sendiri cukup populer dengan produksi cokelatnya, bahkan cokelat Malaysia dikalim sebagai cokelat terenak se Asia. Penasarankan ingin mencobanya?

Salah satu toko cokelat yang terkenal adalah chocolate Kingdom yang berada di Jalan Imbi Kuala Lumpur. Selain anda bisa berbelanja aneka cokelat disini, anda juga bisa melihat proses pembuatan cokelat yang enak dan lezat. Banyak sekali jenis cokelat yang bisa anda pilih sebagai oleh-oleh. Termasuk dark chocolate, Cokelat Almond, Cokelat tiramisu, alfredo , dan bahkan anda bisa menemukan cokelat dengan rasa buah seperti rasa durian dan leci. Harga berkisar antara 20 RM hingga 60 RM (Sekitar Rp. 60.000 hingga Rp. 180.000,- tergantung rasa yang anda pilih.

6.Layang-layang Wau

WauWau adalah layang-layang tradisional Malaysia yang berasal dari negara bagian Kelantan di Semenanjung Malaysia. Pada zaman dahulu, Banyak kompetisi Wau yang diselenggarakan di daerah Kelantan dan Trengganu, dimana menampilkan berbagai bentuk, seperti Wau Bulan, Wau Burung dan lain-lain.

Wau Bulan merupakan jenis Wau yang paling populer, dimana Layang-layang Wau  Bulan juga digunakan sebagai simbol Malaysia Airlines, salah satu perusahaan penerbangan utama di Malaysia. Serta pada SEA GAMES tahun 2017 kemarin, Malaysia juga menggunakan laying-layang Wau sebagai logo utama kompetisi olahraga terbesar se Asia tenggara tersebut.

Jika anda berminat untuk membeli oleh-oleh khas yang satu ini, anda bisa membeli yang ukuran kecil, dan anda bisa meminta pedagang untuk  memackingnya agar mudah dibawa dan tidak rusak. Anda bisa membeli souvenir ini di Ka50 Central Market dimana biasanya dijual dengan harga RM 10 hingga RM 30 (Sekitar Rp. 30.000 hingga Rp. 90.000).

7.Pua Kumbu

Pua kumbuPua Kumbu merupakan  souvenir yang berbentuk kain tenunan dengan berbagai motif yang indah. Konon,motif-motif tersebut memiliki nilai magis tersendiri yang didasarkan pada pengalaman spiritual sang pembuat. Pua Kumbu sendiri sebenarnya berasal dari Malaysia bagian Timur yaitu di negara bagian Sabah dan Sarawak. Pua Kumbu juga berasal dari dua kata yaitu “Pua” yang berarti “Selimut” dan “Kumbu” yang berarti “Pembungkus”.

Jika anda ingin menjadikanya sebagai oleh-oleh, anda tidak perlu datang langsung ke Sabahh atau Sarawak. Anda bisa membelinya di Galeri Aseana yang berada di Suria KLCC. Harganya pun cukup mahal untuk selembar kain, yaitu RM 75 atau sekitar Rp. 225.000,-

8.Gantungan Kunci dan Magnet Kulkas


Gantungan KunciOleh-oleh yang satu ini bisa dibilang oleh-oleh wajib yang bisa dibeli ketika mengunjungi Malaysia. Selain bentuknya yang kecil, Gantungan kunci dan magnet kulkas sangat cocok untuk diberikan kepada teman-teman anda. Souvenir ini dapat dengan mudah anda temukan di toko-toko souvenir maupun di mall-mall besar di Malaysia. Anda bisa membeli gantungan kunci dengan gambar menara kembar petronas, Sunway Legoon, dan masih banyak lagi.

Dan itu dia beberapa oleh oleh khas malaysia yang bisa anda jadikan hadiah untuk keluarga anda dirumah, ataupun bisa anda gunakan sendiri sebagai kenang-kenangan liburan anda. Jika anda lapar saat berlibur anda bisa mampir untuk makan di Tempat Makan Favorit di Kuala Lumpur. Agar Liburan anda nyaman dan lancar adakalanya anda mempelajari dahulu Tips Liburan ke Malaysia, dan juga Tips Jalan-jalan ke Kuala Lumpur Budget Murah

, , , ,
Post Date: Thursday 05th, April 2018 / 16:11 Oleh :
Kategori : Malaysia