12 Oleh-Oleh Khas China Terlaris Yang Wajib Dibeli

Oleh-oleh khas China Murah – China merupakan negara besar dengan berbagai tempat wisata yang mengagumkan. Tempat wisata di China menawarkan berbagai keindahan yang beragam, mulai dari wisata alam, budaya, makanan, serta bangunan-bangunan kuno yang khas dan ikonik. Berlibur ke negara yang mendapat julukan tirai bambu ini tak akan lengkap rasanya jika tidak membawa pulang oleh-oleh khas yang ikonik dari negara ini.

Mencari oleh-oleh di china bukanlah perkara yang sulit. Apalagi China terkenal dengan produsen barang-barang murah. Namun, untuk mencari oleh-oleh khas yang murah dan keren, tentunya membutuhkan waktu dan juga ilmu tawar menawar yang baik. Banyak sekali tempat belanja murah di Beijing dan kota lainya di China  yang bisa anda kunjungi untuk membeli oleh-oleh. Daripada anda bingung dalam menentukan oleh-olah apa yang pas buat keluarga dan teman-teman dirumah dengan harga yang terjangkau, berikut  kami sajikan oleh-oleh khas China Murah yang bisa anda beli untuk sanak saudara anda dirumah.

1. Simpul China

simpul-chinaSimpul Cina merupakan seni kuno yang menghasilkan potongan-potongan simpul yang unik dan indah. Oleh-oleh ini memiliki bentuk dan ukuran yang bervariasi, mulai dari yang kecil yang bisa anda gunakan untuk gantungan kunci, hingga yang besar yang bisa anda pajang dipintu rumah.

Biasanya simpul china berwarna merah. Anda bisa menemukanya hampir diseluruh toko souvenir yang tesebar diseluruh China. Oleh-oleh ini sangat cocok untuk membelikan teman-teman atupun sanak saudara anda dirumah.

  • Harga : Mulai dari 6 Yuan

2. Topeng Tradisional China

topengTopeng tradisional China sangat ikonik, dan biasanya dipakai untuk petunjukkan opera China. Ada banyak pilihan topeng berbeda yang bisa anda piih, seperti topeng penari, topeng untuk bayi yang baru lahir, masker untuk acara-acara perayaan maupun topeng teater.

Topeng –topeng tersebut juga tedii dari berbagai warna, dimana setiap warna mewakil dari emosi setiap pemain. Topeng ini sangat cocok sebagai pajangan dirumah,dimana lukisan dalam topeng ini terkesan hidup.

Harga : Mulai dari 9 Yuan

3. Sumpit Buatan Tangan

supitOrang china basa menggunakan sumpit untuk menyantap makanan mereka. Sumpit dapat dengan mudah anda temukan di China. Hampir semua toko-toko souvenir di China menjual kotak sumpit yang cantik yang sngat cocok sekali untuk dijadikan oleh-oleh.

Sumpit-sumpit di China biasanya dilukis dengan gambar-gambar ataupun dengan tulisan yang sangat ikonik dengan negara ini. Harga untuk satu kotak dengan sepasang sumpit khas China sekitar 10 Yuan.

Harga : Sekitar 10 Yuan


4. Kaos Chinglish

Kaos Chinglish merupakan kaos dengan tulisan atau gambar yang menggabungkan antara bahasa  Mandarin dan Inggris. Oleh-oleh ini sangat cocok untuk semua kalangan, dan merupakan oleh-oleh yang aplikatif. Anda bisa menemukan oleh-oleh ini diberbagai pasar atau di pusat perbelanjaan.

Harga Mulai dari 19 Yuan

5. Magnet Kulkas dan Gantungan Kunci

magnet-kulkasMerupakan oleh-oleh khas favorit orang Indonesia saat keluar negeri. Selain mudah dibawa, oleh-oleh ini juga cukup ikonik dan juga mudah didapat. Selain itu, magnet kulkas dan gantungan kunci harganya juga cukup murah. Sangat cocok dibagikan kepada teman-teman kantor, ataupun sanak saudara yang tidak sempat menikmati liburan di China.

Anda bisa memilih otif-motif khas dari China seperti panda, tembok besar China, istana terlarang atau mungkin berbagai tokoh-tokoh pewayangan China yang lucu dan ikonik

Harga Mulai dari 16 Yuan

6. Kipas Kain Motif China

Kipas Tangan merupakan  Simbol kewanitaan, yang dahulu sering digunakan oleh selir pada zaman kerajaan. Hingga sekarang, para wanita china juga masih sering mengunakanya, terutama ketika musim panas. Namun kipas tangan yang digunakan sekarang tidak bermotif seperti kipas tangan pada zaman dahulu, dan lebih mengacu pada fungsinya sebagai alat untuk menghilangkan gerah. Untuk itu, kipas tangan yang memiliki motif malah sering digunakan sebagai pajangan. Harga dari kipas tangan tergantung dari bahanya, biasnya terbuat dari sutra yang dilukis tangan dengan lukisan khas China, seperti  benda-benda alam, burung, lanskap, gunung, danau, dll.

Harga : Mulai dari 20 Yuan

7. Teh

Orang-orang Cina telah meminum teh sejak ribuan tahun dan hingga sekarang masih menjadi sebuah kebiasaan. Ada banyak jenis teh yang bisa anda jadikan oleh-oleh, masing-masing teh memiliki karakteristik tersendiri, mulai dari rasa, warna dan sifat kuratifnya. Beberapa varian the di China seperti teh hijau, Teh hitam, Oolong dan teh bunga. Kualitas teh sangat bergantung pada proses budidayanya; jenis teh terbaik merupakan teh yang  berasal dari daerah pegunungan. Teh hijau merupakan anti-oksidan yang sangat baik, salah satu merk yang terkenal adalah Dragon Well. Selain itu, merk the yang populer di China antara lain Black Puer dan Tie Guanyin.

Harga : Mulai 20 Yuan

8. Lukisan Tangan

Oleh-oleh yang satu ini sangat cocok untuk anda pajang dirumah. Lukisan khas China biasanya menampilakn gambar burung, kota, desa dengan detail yang cukup baik. Untuk bisa membawa oleh-oleh ini, setidaknya anda harus merogoh kocek sebesar 30 Yen. Dan semakin tinggi kualitas bahan, ukuran dan kerumitanya maka harganya juga akan semakin mahal, bahkan bisa mencapai 1500 Yen. Lukisan dengan gambar pemandangan, biasanya memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan lukisan gambar lain.

Harga : Mulai dari 30 Yuan

9. Kaligrafi China

kaligrafiKaligrafi china merupakan oleh-oleh yang sangat terkenal di seluruh dunia. Coretan hurugf-huruf china merupakan seni yang bagi sebagian orang menganggapnya sesuatu yang indah. Dibutuhkan keahlian tersndiri untuk bisa melukis kaligrafi dari kanji china ini.

Ada banyak karakter dan gaya yang bisa anda pilih seperti  skrip segel, skrip kursif, skrip yang berjalan, skrip resmi, dan skrip formal. Dan bahkan anda bisa membuat dengan nama anda sendiri, dan nama anda berubah menjadi nama orang China. Sangat esklusif bukan? Oleh-oleh ini sangat cocok untuk dipajang di ruang tamu anda.

Harga Mulai 65 Yuan

10. Batu Giok

Giok merupakan batu yang menjadi kebanggaan nasional bangsa Cina. Selain bisa digunakan sebagai perhiasan, giok juga konon mengandung suatu zat yang bisa  membawa keberuntungan, mengusir roh jahat dan memiliki kekuatan penyembuhan, terutama bermanfaat bagi jantung jika dikenakan di pergelangan tangan sebagai gelang. Terdapat tiga warna yaitu hijau, putih dan ungu. Giok hijau merupakan jenis giok yang paling populer dan konon memiiki khasiat yang paling baik. Harga dari batu ini bervariasi tergantung pada kualitas, warna, ukuran dan jenis permata. Satu set kalung dan anting-anting khas bisa pergi untuk apa pun antara 70 hingga 200 Yuan.

Harga : Mulai dari 70 Yuan


11. Sutra

sutraSutra merupakan salah satu oleh-oleh paling populer yang bisa dibawa pulang dari China. Namun untuk Pakaian sutra yang bagus harganya bisa sangat mahal, harga juga tergantung pada kualitasnya. Untuk dress dari Sutra anda setidaknya merogoh kocek sekitar 500 Yen.

Namun, jika anda ingin membawa pulang sutra dengan harga murah, anda bisa membelinya dalam bentuk barang-barang yang lebih kecil seperti sarung bantal, tas, dan aksesori yang bisa dengan mudah anda temukan di tempat-tempat wisata. Atau anda bisa membelinya dalam bentuk kain dengan harga antara 90 hingga 180 yen per meternya.

  • Harga : Mulai dari 90 – 180 Yuan per meter

12. Snack dan makanan ringan

Kebanyakan orang Cina menyukai makanan yang manis. Anda bisa membeli oleh-oleh makanan China dalam bentuk kue, permen dan makanan ringan dari berbagai macam bahan seperti buah-buahan kering, bunga matahari, biji semangka, dan kacang. Salah satu oleh-oleh makanan yang khas di China adalah Kacang manis khas Cina dimana  kacang dipanggang dengan menggunakan bahan pemanis alami. Dan juga kue matahari yaitu kue yang didalamnya biasanya diisi dengan selai dan dibungkus dengan sangat baik layaknya snack.

Itu dia beberapa oleh-oleh khas china murah yang bisa anda pilih sesuai dengan selera anda. Selamat berlibur dan keep have fun.

, , ,
Post Date: Friday 20th, July 2018 / 15:42 Oleh :
Kategori : Tiongkok